Syarat Menikah dengan WNA Amerika


Karena banyaknya teman-teman yang di group kawin campur atau group lainnya,suka bertanya tentang syarat dan birokrasi terkait langkah-langkah yang mesti di urus jika menikah  dengan WNA, saya merasa terpanggil untuk melakukan re-post tulisan saya yang pernah saya tulis di blogspot. Semoga nanti bisa berguna bagi banyak kaum hawa ataupun kaum adam yang kebetulan PDKT sama calon dari negeri paman SAM-sudding .

header niko 728 x 90

Jadi Mr Big itu aslinya WNA Amerikaahhh, kampungnya Saint Paul, Minnesota walau dia lahirnya sih tak disitu. Dari pada ngalor ngidul tak jelas mari kita simak syarat yang saya lengkapi sebelum terjadinya hari besar kami di tanggal 29 Juni lalu.

Ini khusus untuk dari KUA Manggala, lokasi tempat tinggal saya ya. Kec Manggala, kotamadya Makassar.

Syarat administratif sbb :

  1.  Ambil surat pengantar untuk menikah dari pak RT/ RW, kalau saya dari pak RT saja ini yang jadi pengantar ke pak lurah.Karena saya akrab sama pak RT dan suka bantuin referensikan perumahan dia jadinya saya dikasih GRATIS book ! *tsahhh
  2. Bawa surat pengantar ke kantor lurah  dan akan diberi surat N1-N5 yang kemudian diisi dan di stempel petugas keluarahan,N1 isinya nama calon mempelai, N2 kalau tak salah nama calon suami, sampai data diri orang tua, tak perlu tanda tangan mereka cukup lampirkan KK dan copy KTP kedua orang tua.Nah di kantor lurah saya kena palak Rp 50,000,- Bayangkan jika ada 20 orang butuh tanda tangan pak Lurah kali kan aja 50 ribu = 1 juta bisa beli gorengan se gerobak tuh dimakan bareng satu kantor atau dibagi-bagi kali ya,,, Tak pakai kwitansi pula.Ini hanya pungli.
  3. Setelah dapat stempel untuk N1-N5 suratnya dibawa ke KUA dengan membawa berkas copy KTP, KK dan copy KTP Kedua orang tua, dan foto berwarna latar biru 3×4, 4×6 dan 2×3 jumlahnya masing-masing 3 lembar.
  4. Berkas untuk calon suami yang dibawa ke KUA Copy passport, passfoto berwarna latar biru 4×6 & 3×4 lebih dari 2 lemba, siapkan saja sebanyak mungkin, dan surat CNI atau surat bebas menikah yang di dapat dari kedutaan USA di Jakarta atau Surabaya.Ada KUA yang hanya ambil copy-an nya ada yang ambil aslinya, kebetulan saya yang asli-nya diambil terpaksa saat ngurus KITAS suami pakai copy-an saja namun pihak imigrasi maklum saja dan tak mempermasalahkan kan ribet mesti ke KUA lagi minta dan ketemu kepalanya, oh ya untuk biaya yang saya keluarkan harusnya resminya cuma 30 ribu seperti yang kukisahkan di sin
  5. Namun karena semuanya selalu ada unsur pungli dan korup untuk urus segala hal di negeri ini alasannya acara hari sabtu jadi pak penghulu butuh biaya transport ke lokasi acara, yang paling seru menjelang hari H bahkan sudah pada saat saya didandani di subuh hari menegangkan tersebut pak KUA telpon kalau beliau kedukaan dan tak bisa hadir, hampir copot jantungku saat itu, ternyata dia menyuruh anak buahnya menggantikan beliau, ya terpaksa planning khutbah nikah versi english buat Mr Big batal karena sang staf kurang pasih*cobaan di hari H. Dan saat selesai urus surat dan tanda tangan setelah ijab kabul saya belum bayar pak KUA nya, minggu depannya saya ke kantornya membawa bingkisan dan uang dalam amplop sebesar Rp 500,000,- dan sudah menyiapkan 20 lembar copyan buku  nikah untuk di legalisir untuk urus-urus berkas suami selanjutnya.Kebetulan kepala KUA lagi keluar kota jadinya cuma titip jadi aman deh dari pemalakan.
  6. Setelah semua berkas lengkap,entah karena saya pakai jalur lurus tak mau bayar mahal saya malah diwajibkan consuling di minus tiga hari ke kantor KUA, beberapa pasangan sibuk ujian, semacam test tentang wawasan calon pengantin mengenai makna pernikahan dalam islam, lucu melihat mereka baku contek-contekan jawaban ada pilihan ganda segala. Namun karena kami manusia special case, pasangan antar bangsa, langsung masuk ke ruangan pak KUA dapat ceramah sekaligus kepala KUA praktis English sama Mr Big. Akhinya cuma ngobrol di dalam ruangan, tak ada test lagi. Dan sempat saya was-was beberapa hari sebelum hari H pak kepala KUA sms menanyakan apakah surat lapor dirinya Mr Big sudah ada, saya langsung ber-alibi waktu itu untuk surat yang mesti dilengkapi sudah lengkap, STM tak diperlukan sesuai aturan. Alhamdulilah setelah itu pak kepala tak lagi mempersulit.
  7. Dan akhirnya tanggal 29 Juni kami resmi mendapat buku nikah walau beberapa masih bolong didalamnya, pak KUA lupa menuliskan beberapa hal.Dan nanti dilengkapi setelah acara. Kami pun dapat sertfikat calon pengantin hasil test yang tak pernah di lakukan.Mana ngerti Mr Big ujian dalam bahasa Indonesia, sampai sekarang saja dia masih bicaranya cuma sebatas kata-kata ungkapan pendek.PR saya masih panjang nih.

Demikian lika liku birokrasi untuk membuat hajatan kami berlangsung dan peresmian pernikahan kami pun berjalan sesuai rencana.Untuk surat-surat setelah menikahpun akan masih banyak. Akan saya share lagi ya di postingan berikutnya.

banner 300 widget people

Tagged: , , , , , , ,

123 thoughts on “Syarat Menikah dengan WNA Amerika

  1. pursuingmydreams October 9, 2013 at 8:50 pm Reply

    Ada untungnya juga akrab dengan rt atauu rw atau petugas lainnya ya mbak, jadi bisa dilancarkan 😀 . Dikelurahan sebenarnya gratis mbak, nah sebagai imbalan klo saya ngasih petugasnya coklat Swiss (baru balik dari swiss 😀 ) .

    • dessy July 7, 2015 at 4:58 am Reply

      Hi Mba SIti,
      Mba boleh sharing ya aku akan menikah bulan depan di bali dengan WNA Amerika utk dokument sudah lengkap semua, dan setelah dapat buku nikah dari KUA proses selanjutnya di legalisir ?namun demikian dari dubes Bali menyarankan untuk di daftarkan kembali setelah sampai di Amerika, kebetulan calon suami tinggal di Minessota juga nih Mba, untuk registrasi pernikahan ini apakah syarat2 dokumen yg harus di siapkan dan dimana ya Mba alamatnya kalau di Minessota ?

      Terimakasih sebelumnya.

      salam,

      • siti July 7, 2015 at 6:06 am

        hi mbak Dessy, kalau pengalaman saya, tidak pernah melegalisir apa apa, kan seperti dikatakan teman teman senior bahwa dinegaranmanapun pemerintah US mengakui keabsahan pernikahan WN nya. Kalau pendaftaran pernikahan saya pun tak melakukannya di MN karena kami stay di Indonesia. kalau nda salah, ada senior yang menyarankan mengirimkan dokumen pernikahan ke kdutaan Indonesia terdekat dari domisili di US baru ke kantor SSN setempat, maaf saya tak punya pengalaman itu…..karena memang kami tinggalnya di Indonesia………….

  2. siti October 10, 2013 at 1:46 am Reply

    iya, cuma tak semua bisa mengakrabkan diri mbak, memang harus ulet jadinya kalo pernikahan antar bangsa, ngurus2 nya banyak banget deh, dan kekuatan hati dan jiwa 🙂

  3. nyonyasepatu November 12, 2013 at 9:50 am Reply

    ehh kamu biayanya murah dong itu hiks. aku di kelurahan aja udah kena 170 ribu dan bayar kua Rp 3 juta aja dong. masih sakit hati banget kalo nulis ini. btw…mau dong joint di group2nya itu Siti, yang aktif2 aja. aku join beberapa di FB tapi jarang aktif groupnya

    • siti November 12, 2013 at 10:36 am Reply

      oh ya soalnya auk cari tahu dulu bahkan 6 bulan sebelumnya aku dah ke KUA n gali info dari teman-teman yang punya pengalaman paling rata-rata sih 1 juta. Tapi kok KUA mu maruk banget sih smpai 3 juta itu biaya apa saja Non? add aku di FB aja biar aku suggest kamu..siti_c_salim search saja..

      • nyonyasepatu November 12, 2013 at 10:38 am

        yah gak ada biaya apa2, emang segitu biayanya mereka minta. di kelurahan tetangga minta 4 juta. sebelumnya ada yg minta 10 juta. Ada temen si matt ngomong “tuh kan karena kamu menikah islam jadi dikenain mahal, kita yang kristen dan budha smua gratis” bokap jadi maluuu banget 😦

      • siti November 12, 2013 at 10:42 am

        gila bener semacam langsung di kasih harga, di Medan memang banyak kali ya pernikahan dengan WNA makanya dijadikan bisnis sama KUA nya, kebetulan di kecamatanku dikit..jadi belum dijadikan lahan bisnis, sampai 10 juta OMG !!

      • nyonyasepatu November 12, 2013 at 10:45 am

        yg 10 juta itu gak jadi kawin karena mereka gak ada duit, sebelum pergi si bule ngomong gini “karena kamu mempersulit pernikahan saya, dosa saya dengan pacar karena kami akan tinggal bersama kamu yang tanggung jawab. Oya setahu saya, islam tidak mempersulit pernikahan, bahkan sebenarnya saya bisa dinikahkan bapak pacar saya. Saya minta dinikahkan disini karena keluarga perlu dokumen” gitu loh hahahaha. trus dia pergi dan setelah itu pindah dari medan kayaknya. yang cerita si tuan kadi (penghulunya sendiri, sinting ya)

      • siti November 12, 2013 at 12:40 pm

        wah luar biasa paketan KUA di medan untuk yang nikah sama WNA ya, Jakarta aja kalah… tapi semua berkas dia urus ya, jadi sisa duduk manis depan penghulu? gak ada lagi yg di urus? sy diuntungkan karena Mr Big namanya nama arab sih jadi kepala KUA nya senang apalagi mereka pas ketemu.. sampai peluk2an ..

  4. Tyas March 18, 2014 at 2:39 am Reply

    Salam kenal saya tyas dari malang, mohon bantuannya apakah mbaknya membuat perjanjian pranikah..? jika tidak, apakah ada kesulitan dalam pemilikan aset,..? apakah perlu juga pnjam nama dalam pembelian aset di Indonesia..? mohon bantuan dan pencerahnnya.., sheheh sedang bingung membuat atau tidak pre enuption. Makasih bnyak

    • siti March 18, 2014 at 2:47 am Reply

      buat pre enup WAJIB HUKUMNYA ya mbak Tyas, segera cari notaris dan nego ya jangan mau dimahalin, karena ketika kita pasangan wna wni mau beli aset pasti ditanyain notaris pre enup nya… nnti deh sy posting khusus pentingnya pre enup buat pasangan campur…

    • siti March 18, 2014 at 2:49 am Reply

      pinjam nama hanya dilakukan jika mbak tak ada pre enup sebelum nikah dan mbak stay di indonesia namun kalau ada pre enup bisa kok atas nama istri… kayak saya skrg bisa cicil2 aset dan atas nama saya karena saya juga kerja dan saya juga ada pre enup …

      • dewi March 20, 2014 at 3:42 pm

        halo mbak siti salam kenal.. saya dewi… boleh ga saya liat pre nup yang mbak buat… soalnya notaris ditempat saya bingung waktu saya konsul mau ngebuat prenupnya… maklum mbak saya tinggal di kota kecil… makasih sebelumnya

      • siti March 21, 2014 at 12:20 am

        salam kenal juga mbak dewi .. kalau draft biasanya di notaris itu selalu tersedia, kalau mau contoh 2 draft …. bisa saya kasih link di komunitas ntar aku email ya, bisa di share alamat emailnya…

      • siti March 21, 2014 at 12:28 am

        aku kebetulan ada contoh draft sederhana nti kamu bisa tambahkan item2 penting.. share alamat emailnya ya nti aku email dirimu.. semoga bermanfaat

  5. dewi March 22, 2014 at 1:58 pm Reply

    terima kasih banayk mbak siti.. ini email saya dee27603@yahoo.com

    • siti March 22, 2014 at 2:11 pm Reply

      sudah aku kirim yaa…

  6. dewi March 22, 2014 at 2:17 pm Reply

    ya, mbak.. sekali lagi makasih ya mbak… saya mau tanya satu lagi, apakah harus kita buat surat STM?

    • siti March 22, 2014 at 2:20 pm Reply

      iya tetap buat, itu suatu kewajiban bagi penerima tamu asing apalagi suami..berarti kewajiban kita melapor adalah sangat perlu… tiap tahun di perpanjang…

      • dewi March 22, 2014 at 2:33 pm

        begitu ya mbak… saya saat ini bekerja dikota kecil, enam jam dari kota kelahiran saya (tempat orang tua menetap). Saya akan melangsung pernikahan dikota kelahiran saya mbak, jadi STM itu mesti saya buat ditempat saya akan melaksanakan pernikahan? selanjutnya kalo nanti suami saya ke kota saya bekerja, beliau mesti buat lagi STMnya, mbak? Terus STMnya buat dimana mbak? aduh maaf mbak, saya banyak tanya ya…

      • siti March 22, 2014 at 2:37 pm

        STM dibuat setelah KITAS nya jadi atau biar aman tak mengganggu aktifitas proses pernikahan, karena ada beberapa KUA minta STM juga sebagai berkas pernikahan ya langsung saja buat STM di polsek di kota tak masalah, yang penting dah laporan saja. ini berlaku 1 tahun kok bayar saja 50 ribu. …

  7. dewi March 22, 2014 at 3:25 pm Reply

    terima kasih mbak 🙂

  8. Indah April 14, 2014 at 1:16 am Reply

    Mbak, boleh minta emailnya kah, hihi. Pengen tanya2 nihh. Lots of question. Please help me mbak. Hehehe

  9. Dewi April 25, 2014 at 1:49 pm Reply

    Halo semua, nama saya dewi, umur saya 22 thn,saya juga ada rencana nikah dengan warga negara amrik, tapi next year, bcz kntrak kerja saya di taiwan finish tahu depan, buat mba Siti, sya save alamt gmail mba, jdi klo sya ada pertanyaan, sya kirm pesan lwt gmail ya, thanks alot, salam kenal semua..

    • siti April 26, 2014 at 10:55 am Reply

      okay mbak dewi..anytime silahkan email saja kalau butuh informasi………

  10. anggi April 28, 2014 at 4:01 pm Reply

    halo mbak siti, salam kenal yah. sy anggi 23 thn, sy jg ada rencana nikah sama wna. by the way, sy save yah alamat email mbak.

    • siti April 29, 2014 at 3:20 pm Reply

      silahkan Anggi, good luck untuk rencananya semoga lancar …

  11. irene July 9, 2014 at 1:41 pm Reply

    mba, mau tanya dong. aku mau.nikah sama wna asal amerika. wkr mbs ngurus n1 n2 di kelurahan diminta fotokopi ktp sama kk orang tua calon suami juga? aku prnh tanya sn calon suami apa dia punya kartu keluarfa. dia blg di usa ga ada kartu keluarga. mungkin dia ga ngerti mksd apa. di usa kartu keluarga disebutnya apa ya? plis bantu aku, soalnya dia ttp blg ga punya kk.

    • siti July 9, 2014 at 3:57 pm Reply

      waktu saya isi n1, n2, saya cuma lampirkan social security nya suami, pasport, akte lahirnya sama sim USA nya..tak ada kk kok… di lurahku kebetulan gak ribet..

  12. nissamutia August 13, 2014 at 10:13 am Reply

    Dear Mba Dewi

    Salam kenal, nama saya nisa…saya punya rencana dengan warga negara amerika insyaAllah tahun depan. Saya ingin bertanya tentang beberapa persyaratan.seperti:
    1.Surat Keterangan dari Instansi yang berwenang di Negara ( calon Suami/Istri ) yang menyatakan bahwa calon Suamin/Istri dapat menikah tanpa rintangan apapun & akan menikah dengan WNI.
    2. Surat Keterangan bahwa Calon Suami/Istri tidak dalam status Kawin atau Memiliki Istri/Suami.

    pertanyaan saya:
    1. Apakah surat keterangan itu harus dibuat calon suami di Amerika, kalau boleh tahu apakah bisa dibuat di kantor imigrasi di amerika atau bagaimana? atau mungkin bisa dibuat di kedutaan Amerika di Jakarta?
    2. Setelah mendapatkan surat keterangan tersebut, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah yang disumpah. Apakah bisa penerjemahnya dari kolega saya atau dari kedutaan Amerika juga?

    Terima kasih sebelumnya,
    Salam.
    Annisa

    • siti August 13, 2014 at 12:59 pm Reply

      salam kenal mbak Nisa,
      1. Jika suami single gampang saja, berkasnya pasport, id card dari negaranya, akte lahir, sama social security nya saja,bisa langsung dikasih LNI/CNI kok dari kedutaan US di jakata or SBY, kalau duda cerai /meninggal kan ada surat cerai sisa tunjukkan saja juga di lampiran berkasnya. itu saja.
      2. Pengalaman saya menikah di Makassar 2013 lalu saya tidak perlu mentranslate apapun, sedang di jkt saya liat banyak yang mesti di translate, pakai kolega mbak bisa kok, biasanya orang yang gak punya kolega translator ya dikasih suggest aja yang di kedutaan….semoga membantu

      • nissamutia August 13, 2014 at 1:01 pm

        Terima kasih banyak Mba Siti, jawabannya sangat membantu 🙂

      • siti August 13, 2014 at 1:03 pm

        sama sama mbak Nisa……………..semoga bermanfaat…….satu lagi sebelum nikah buat pre enup agreement ya…PENTING deh kalo nggak bakalan nyesal seumur hidup..buat lengkapnya cari saja di postingan saya di blog ini ada kok…

      • nissamutia August 13, 2014 at 1:09 pm

        Ok mba akan saya baca postingannya. Terima kasih 🙂

  13. yenni August 17, 2014 at 6:52 am Reply

    Mbak Siti, saya mau nanya juga nih.. 😀
    Saya save ya email mbak..

    • siti August 17, 2014 at 12:33 pm Reply

      okay mbak Yenni, silahkan….

  14. HeniPure August 27, 2014 at 5:19 am Reply

    Hallo mbak Siti, seneng banget aku ketemu blog ini. aku heni di Bogor, tahun depan akan menikah dengan WN amerika dan akan menetap di USA setelah menikah tepatnya di Wisconsin, puji Tuhan semua dokumen kami sudah lengkap termasuk prenup agreement. yang ingin aku tanyain ke mbak adalah bagaimana kehidupan di USA, khususnya soal 4 musim, karena aku punya alergi dingin. Dan bisakah kita ketemu setelah nanti aku di amerika, karena aku belum punya teman indonesia di sana.
    terima kasih mbak.

    • siti August 27, 2014 at 5:26 am Reply

      hai mbak heni, salam kenal, mantaplah kalau sudah lengkap berkasnya, nikahnya di Indoensia? atau disni? saya disini cuma liburan minggu depan sudah balik di wisconsin itu banyak org indonesia kok, perbatasan sama minnesota, udah join komunitas kawian campur?
      https://www.facebook.com/groups/komunitaskawincampur/
      gabung aja disana nti posting tanya tanya siapa member disana kan bs berteman…….saya disni summer saja sudah berasa dingin dan berangin apalagi winter kagak tahan…………kami netap di indonesia kok..

    • Liana mufti January 3, 2017 at 8:33 am Reply

      Hello mba heni..salam kenal jg.aku liana.aku jg pny rencana mo tinggal di wisconsin krn calon suami org sana.rencana tahun depan kita menikah.semoga kt bs ketemu disana ya?

  15. Dinar September 2, 2014 at 1:42 pm Reply

    Hii Mba Siti,

    thanks for your post mba. seneng bener akhirnya ketemu postingan ini ^__^. Oh ya, ijin save email mba Siti yah. Siapa tau aku mau tanya2 lagi.. Makasiihh

    • siti September 2, 2014 at 4:07 pm Reply

      silahkan semoga bermanfaat…

  16. Google September 21, 2014 at 7:57 am Reply

    This post is worth everyone’s attention. When can I find out more?

    • siti September 21, 2014 at 8:16 am Reply

      sure soon, as this post really being looking for and so many indonesians need this information 🙂

      • Ratna Khaleesy October 5, 2014 at 2:47 pm

        hallo mbak…
        nama saya ratna.

        saya cuma mau tanya apa itu prenup agreement & gimana caranya ya…
        sekian dan terima kasih

      • siti October 6, 2014 at 5:46 am

        silahakn di baca tulisan saya yang ini
        http://americanindonesian.com/?s=perjanjian+pranikah

  17. A.Fatimah November 13, 2014 at 1:39 pm Reply

    Assalamu alaikum mbak siti..
    Perkenalkan,nama saya fatimah,dari kota daeng juga..😊.In sha Allah tahun depan rencananya akan melangsungkan pernikahan dengan WNA dari negara paman SAM-sudding 😁 ,domisilinya di MN juga.Beliau duda tanpa anak.
    Mau nanya mbak,kira-kira berkas apa saja yang harus MB bawa dari negaranya untuk urusan pernikahan?
    Terimakasih banyak sebelumnya..
    Btw,saya ijin save alamat emailnya mbak siti boleh ya,siapa tau besok-besok ada pertanyaan.😊

    • siti November 13, 2014 at 3:45 pm Reply

      silahkan senang ada teman senasib … wah dari MN juga… iye silakan telpon/email anytime atau mau ketemuan juga boleh…
      berkas untuk dapat CNI
      akte lahir. paport. SSN, kalau duda surat cerai……..SIM, ID Card nya………

  18. retno herıyanti December 29, 2014 at 6:33 pm Reply

    Mbak, kok kayaknya ribet banget ya prosedurnya, padahal saya mw nikah jg sm wna asal amerika. Gmn caranya mbak kalo dia msh belum jd mualaf, apa setelah jd mualaf dia harus balik lagi ke amerika ngerubah dulu di ktp nya kan sebelumnya agama katolik trus berubah jd islam. Bener2 saya gk ngerti saya mbak. Mohon dibantu

    • siti December 30, 2014 at 2:36 pm Reply

      tak mesti harus ganti nama kok, menjadi muslim kan tak wajib harus ganti nama, biasanya yang dperlukan cuma serfikat muallaf nya untuk di jadikan referensi menikahkan kalian secara Islam di KUA ..

  19. wulan February 1, 2015 at 10:45 am Reply

    Dear all,

    Saya juga berencana menikah dengan WNA dari US. Tolong di share pengalamannya berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan married visa dari US embassy jika kita married di US ataupun di Indo?

    • siti February 2, 2015 at 12:39 am Reply

      karena kasus saya berbeda, saya menikah di sini dan tinggal disini, kami tak ada pengalaman urusin visa spouse.. silahkan bisa cari di komunitas kawin campur.. atau minta gabung di sana di sana para ahlinya akan siap membantu

  20. windiarty February 6, 2015 at 2:45 pm Reply

    mba ,klw mau bikin kitas suami apa harus sudah menikah

    • siti February 15, 2015 at 4:13 pm Reply

      Pasti kan WNA harus punya justifkasi buat dapat izin tinggal… masa turis datang2 bisa dapat kitas… kecuali ada perusahaan hire n buatkan KITAS nya… option dapat izin tinggal kan karena sponsr perusahaan atau ikatan keluarga… berarti karena pernikahan atau pekerjaan..

  21. Winda Puspa April 6, 2015 at 5:22 pm Reply

    Mba siti… klo mo buat CNI.. apa harus buat janji dulu dngan kedutaan US ? Kira2 brp lama ya mba proses nya.. insya Allah aku ada rencana menikah dngan WNA… makasih info nya..

    • siti April 10, 2015 at 7:51 am Reply

      tidak mesti, kalau datang langsung antri nya lama, kalau janjian langsung bisa masuk ,..baiknya buat janji saja

  22. sustin April 16, 2015 at 3:00 pm Reply

    Dear Mba Siti,

    Salam kenal, nama saya sustin…saya punya rencana menikah dengan warga negara amerika insyaAllah tahun ini. Saya ingin bertanya tentang beberapa persyaratan. Karena saya belum tahu sama sekali tolong di bantu ya mbak…untuk lebih detailnya saya akan kirim by email ke mbak mohon ijin sebelumnya.

    Thankz & regards,
    Sustin

    • siti April 16, 2015 at 3:22 pm Reply

      salam kenal juga semoga saya bisa bantu….

  23. Lully Widjanarko April 22, 2015 at 9:37 am Reply

    Kalo menikah sama warga wni tp punya green card dan menikah di indonesia , apa nanti untuk bisa ikut suami ke As harus menunggu waktu 5th dlu ? Dan harus mengurus surat nikah di indonesia dan amerika ? Atau bahkan aku dengar sebaiknya menikah dulu di As dlu baru menikah di Indonesia

    • siti April 22, 2015 at 12:56 pm Reply

      untuk ke USA kalau nikah di Indoensia saya rasa tak perlu menunggu 5 tahun, buat saja spouse visa .. CR1 atau IR 1 ya, tapi saya murni gak ada pengalaman kami nikah di Indonesia suami tinggal disini dan saya ke kampung suami cuma 1x setahun dan itupun cuma visa turis 5 tahun… , setahu saya ada yang mesti diurus dan prosesnya kadang ada 1 tahun, 6 bulan atau 8 bulan…….coba
      masuk dikomunitas kawin campur di FACEBOOK lalu cari difile lengkap deh infonya mbak.. Lully..

  24. erny June 4, 2015 at 1:32 pm Reply

    Salam..
    mba.. calon sy skrg lg cuti ke Negaranya.. Nah, utk mendapatkan CNI ( Certificate of No Impediment) atau Letter Non Impediment ( LNI ) ini harus ke Kantor apa ya di Negaranya.
    Klu mw buat di Indonesia ga ada wkt sualnya bentrok sm jadwal kerjax. Masuk di Indonesia lewat Bali n dihari yg sama harus ke Papua. Asli ga da wkt.
    Siapa tahu bs share info.. Makasih..

    • siti June 5, 2015 at 1:53 am Reply

      CNI/LNI harus di ambil di INDONESIA donk, kan mau nikahnnya di INDONESIA, kalau mau nikah di negara calon ya ambilnya di negara calon. kalau dia nya gak mau buat di INDONESIA berarti gak ada jalan buat nikah disini. Kalau niat mau nikah ya pasti ada syaratnya nah syarat pernikahan di indonesia dengan WNA ya harus ada CNI/LNI ini kec mau nikah siri ya tak ada dokumen sama sekali. Saya rasa kalau cinta pasti rela cari waktu..kan tujuannya nikah.. masa tak ada waktu… minta sang calon untuk prioritaskan itu..pasti kalau bener cinta akan mau urus kalau tidak berarti tak serius..

  25. irene June 14, 2015 at 8:43 am Reply

    Assalamualaikum mba… aku mau tanya, sewaktu mengurus CNI/LNI?, apakah WNI nya juga harud datang mendampingi ke kedubes Amerima atau cukup WNA nya saja yang datang mengurus ke kedutaan? Lalu apakah ada dokumen yang diminta dari WNI seperti passport ktp dll? Mohon informasinya sewaktu suami mba mengurus CNI. Insha Allah saya berencana menikah dengan american bulan ini…

    • siti June 14, 2015 at 10:13 am Reply

      saya sudah jawab di koment sebelumya, CNI/LNI untuk WNA tak ada sangkut pautnya dengan WNI..tak ada dokumen WNI yang diminta dan WNI tak perlu dampingi WNA nya….

  26. airingroupPinky July 29, 2015 at 11:34 am Reply

    mbak, tolong saya dibantu dong. Untuk waktu pengurusan dari awal sampai akhir kira-kira membutuhkan waktu berapa lama? Calon saya dari Texas dan akan datang dan tinggal di Indonesia bersama anggota keluarga dia langsung di hotel, tidak menginap di rumah saya. Dia di Indonesia 6 minggu, jadi setelah proses resepsi selesai kami honeymoon sebentar dan saya ikut dia ke USA. Yang saya tidak ketahui, cukup tidak waktu 6 minggu itu utk mengurus semua dokumen? Atau saya bisa mencicil terlebih dahulu dokumen yang diperlukan sendiri? Kami rencana nikah di KUA. Dan perlu tidak saya mengurus STM? Atas bantuannya terima kasih mbak Siti..

    • siti July 30, 2015 at 9:15 pm Reply

      untuk pengurusan dokumen di Indonesia 6 minggu tak ada masalah, cuma saya pastikan urusan dokumen wni untuk ikut pasangan ke USA butuh 1 tahun – 2 tahun baru jadi jadi tak mungkin bisa langsung ikut.., untuk dok silahkan di ccil ada di blog ini judulnya “Syarat menikah dengan WNA”

      • pinky July 31, 2015 at 6:49 am

        jadi saya tidak bisa ke USA sama sekali atau ada cara lain supaya saya bisa ikut mbak? menggunakan visa turis misalnya? makasih ya mbak atas bantuannya..

      • siti July 31, 2015 at 2:22 pm

        untuk mendapatkan visa turis US tidak mudah jga, bahkan sudah menikah dengan orang Amerika , pihak kedutaan tak pernah mau beri visa turis buat pasangan baru nikah karena mereka tak mau semua orang bermigrasi kesana dengan alasan pernikahan, kalau mau ikut bersama pasangan ya mesti ambil visa spouse dan prosesnya makan waktu 6 bulan ke atas paling cepat, kadang sampai menunggu 2 tahun baru di approve silahkan googling proses applynya nama visa nya K1 …

  27. AL Minda August 2, 2015 at 7:09 pm Reply

    Salam’alaikum Mba Siti, saya di Medan, subhanallah alhamdulillah Mba, saya menemukan blok Mba Siti, insya Allah bila berjodoh saya akan merencanakan menikah dgn WNA usa juga mba di akhir tahun ini dec 2015, mohon sangat bantuan arahannya Mba saya dan beliau harus mulai mencicil tahapannya dari mana yah Mba kira kira dari beberapa persyaratan kelengkapan dok yg telah disebutkan di atas, mengingat ketika pas kedatangannya berharap kami sudah bisa menyelesaikan semua kelengkapan dokumentnya tsb. Dan Ready untuk menikah.
    Mohon dibantu sangat yah Mba Siti arahannya harus memulai dari mana sebaiknya.
    Please mba boleh di What apps ke saya juga.

    Wassalam syukron mba Siti
    Al-minda
    Medan / wa: +6287882778220

    • siti August 3, 2015 at 1:25 am Reply

      salam kenal mbak Minda, semua sudah komplit disini, yang pertama dibereskan pastinya maslah visa dulu masuk pakai visa apa, baru kita bereskan berkas untuk pernikahan, perjelas dulu jika suda h menikah mau stay disini apa balik ke negaranya..

  28. hadijah alattas August 7, 2015 at 9:00 am Reply

    Salam,
    Mba Siti izin untuk email yaa…

  29. irene August 16, 2015 at 11:34 pm Reply

    Assalamualaikum mba Siti. Alhamdulilah saya sudah menikah dengan suami saya wna amerika. Setelah ini, apakah harus melapor ke kedutaan dan melegalisir buku nikah?

    • siti August 18, 2015 at 12:35 am Reply

      kalau sudah menikah, hal pertama yangd dilakukan buat legalisur buku nikah yang banyak ya dari KUA mbak, buat persiapan ngurus2 beragam hal di masa depan..aku dulu buat 50lrmbar copy-an.. , nah pertanyaan kemudian mbak dan suami mau stay dimana? kalau di negara suami ya segara legalisiri buku nikah di 3 department buat dapatkan visa spouse. Kalau mau stay di Indonesia, ya harus mulai urus kitas buat suami.., kalau dia masuk ke Indonesia via visa sosbud bisa konversi ke kitas , kalau voa ya keluar negeri dulu baru masuk ambil vitas caranya ada di blog saya..

  30. camilanurul September 13, 2015 at 1:45 pm Reply

    Assalamualaikum mba, aku Mila aku jg sedang menjalin hubungan dengan warga negara USA. Alhamdulilah dia sudah islam sebelum bertemu saya. Waktu mba sama suami memutuskan untuk menikah apa tanggapan keluarga? Jujur saya sudah berbicara dengan ibu dan kakak dan mereka kesannya tidak setuju dan ragu karena blm mereka blm ketemu dengan pacar saya jg.

    • siti September 14, 2015 at 10:37 am Reply

      ridho orang tua sangat berkah dalam pernikahan jadi itu adalah filter pertamanhya,kalau si wna cinta minta dia datang kenalan ke keluarga besar dlu, karena cinta pun perlu pembuktian.. diri.. dan kenali dulu jangan asal mau langsung dinikahi… banyak kasus karena buru2 dan dikejar target ortu target umur dll akirnya terkesan buru buru dan kandas dalam usia pernikahan yang sangat dini.. , kenalin dulu ke keluarga ya… semoga setelah datang dan kenal ..ridho ortu terbuka…

      • camilanurul September 14, 2015 at 12:11 pm

        Mba makasih sudah dibalas. 🙂
        Saya tidak ada target menikah dr orang tua mba, saya pun masih muda. Pacar saya ingin bertemu memang dengan orang tua, dia yang usul untuk bertemu. Dia bahkan rela untuk pindah ke indonesia jika memang itu yg diharuskan. Tp orang tua, terutama ibu meminta jika bisa tidak usah ke indonesia, putuskan hubungan. Saya sedih mba. Saya ingin orang tua melihat dirinya dahulu, saya mungkin tetep minta pacar saya datang insha allah tidak diusir dan bisa dapat restu pula. Aamiin makasih ya mba mungkin suatu saat saya akan meminta pendapat dan bantuan mba lg. 🙂 x

      • siti September 14, 2015 at 12:37 pm

        oh ya, berarti kasus nya beda kali ini, kalau usul saya undang saja calonnya dulu coba yakinkan orang tua dulu kan belum mau langsung nikah tapi kenalan dulu,,

      • camilanurul September 15, 2015 at 5:35 am

        Saya pun memiliki niat seperti itu mba. Mudah mudahan keluarga saya bisa menerima ketika ia berkunjung.
        Kiranya mba punya link atau site untuk pada orang asing bekerja di Indonesia? Pacar saya melamar di EF namun ada 1 persyaratan yang sepertinya tdk dapat terpenuhi.

  31. irene October 7, 2015 at 10:06 am Reply

    Assalamualaikum mba siti. Apakah setelah kita menikah di kua dan mendapatkan buku nikah, kita harus melaporkan pernikahan kita ke catatan sipil?

    • siti October 7, 2015 at 9:31 pm Reply

      silahkan ke KUA untuk melaporkan pernikahan, tapi sebaikanya setelah suami mengurus izin tinggal sekalian saja… kan kalau sudah pegang kitas pasti urus SKTT . coba di search di website ini ada SKTT, setelah KITAS apa…

  32. ratna October 19, 2015 at 1:50 am Reply

    Thank informasinya.mb bisa menambah pengetahuan

    • siti October 19, 2015 at 1:53 am Reply

      sama sama mbak Ratna

  33. Nina October 26, 2015 at 8:46 am Reply

    Assalamualaikum mba siti, saya ada rencana untuk menikah dengan lelaki berkewarganegaraan Amerika, kami berencana untuk menikah di Indonesia dan setelah menikah saya akan ikut suami tinggal disana, pertanyaan saya kira2 proses resident visa/greencard berapa lama ya Mba? mungkin Mba siti tau atau punya teman yang pernah mengalaminya? Thank you

    • siti October 26, 2015 at 10:59 am Reply

      walaikumussalam, yang saya tahu proses para istri istri wna amrik menunggu dari tercepat 6 bulan sampai 18 bulan.. tergantung prosesnya.. kalau semua lancar ya bisa setahun atau dibawah setahun,…

  34. Ervina Silady Lovehyunjoong December 7, 2015 at 4:28 am Reply

    Permisi
    nama saya vina, berencana menikah dengan WNA Amerika 2 tahun lagi, tapi gpp ya semakin cepat informasi yg didapat kan semakin cepat prepare untuk kelengkapan berkasnya. nah yang mau saya tanyakan ( maf sebelumnya ) untuk mengurus segala urusan ( menyiapkan berkas dan tetekbengeknya ) sampai ijab kabul itu butuh biaya berapa ya?? kalau WNA nya non muslim trus mau mualaf gimana lagi tuh?? terima kasih dan salam kenal. oh iya saya save alamat emailnya mba siti ya

  35. Ervina Silady Lovehyunjoong December 8, 2015 at 2:18 am Reply

    baiklah. terima kasih mba atas info & penjelasannya 😀
    nnti klo msh ada yg nganjel dihati jiaahh heehe saya email aja ya mba..
    makasih atas bantuannya

  36. clarisa marrufo March 10, 2016 at 3:46 pm Reply

    saya juga mau nikah sma wna amerika nah ini ada rumor2 srh bayar 500 jt bner ga sih? ini rencana nikah scra islam krn clon suami islam tlong bantu… lg bingung parah

    • siti March 11, 2016 at 3:53 pm Reply

      tak ada kok..memanbg dulu ada wacana melindungi WNI yang nikah sama WNA dengan memberi aturan sang WNA wajib deposit uang ke negara 500 juta buat jaga jaga jk terjadi perceraian dkk duit itu buat sang wni nya..tapi usulan ini banyak ditentang… so ini tak ber laku kok

  37. Ulik March 22, 2016 at 12:06 am Reply

    Halo mbak siti,
    Salam kenal, saya ulik
    Saya insyaAllah akhir tahun ini mau menikah dg WNA Amerika. Sebenernya dia orang Indonesia yg lahir di Amerika dan jadi US citizen.
    Saya rencana mau langsung ikut ke amerika setelah menikah.tapi untuk buat spouse visa kan harus menikah dulu sebelumnya.apa ada cara spouse visa bs diurus sebelum resmi menikah?
    Btw, saya coba join ke fb Komunitas Kawin Campur tapi belum dpt message pertanyaan2 dan coba buka link untuk hubungin adminnya jg ga bs. Apa grupnya masih aktif mbak?
    Terima kasih banyak buat infonya mbak

    • siti March 23, 2016 at 1:22 am Reply

      hai mbak ulik terkait fb komunitas kawin campur, masih aktif kok biasanya memang lama di respon tergantung juga reason mau gabungnya apa. Untuk visa spouse setahuku bs diurus saat masih pacaran.. silahkan di search lebih detail… cuma memang agak ribet… minimal pacaran 2 tahun kalau tak salah ya.untuk detailnya saya tak paham belum pernah punya pengalaman

      • Ulik March 29, 2016 at 1:25 am

        Makasih banyak atas infonya
        Nanti saya coba join lg ke grup FBnya

    • maureen September 27, 2016 at 10:39 am Reply

      saya mau bertanya, apakah bisa mengajukan visa spouse walaupun sudah menikah? saya pikir visa spouse digunakan untuk yang ingin menikah di luar negri dan statusnya belum menikah.

      kalau memang bisa mengajukan visa spouse walaupun sudah menikah di indonesia, saya mau menggunakan visa spouse saja dari pada menggunakan visa marriage.

      mohon penjelasannya

      • siti September 27, 2016 at 3:54 pm

        ini untuk visa ke amerika ?

      • Maureen September 28, 2016 at 2:11 am

        Iya mba visa ke Amerika,

        Insha Allah saya dan calon suami saya asal amerika ingin menikah bulan desember ini, dan dia sebenernya pngennya saya pake visa fiance karena tidak memakan waktu yang lama dibandingkan visa marriage, saya pikir kalau menikahnya di indonesia jd menggunakan visa marriage.

        Rencana desember ini dia datang, hanya 3 minggu untuk menikah. Menurut mba Apakah cukup waktu yg dibutuhkan untuk menikah saja untuk mengurus surat2 dlm waktu 3 minggu?

  38. Ayu April 5, 2016 at 4:30 am Reply

    Salam mbak. Sy mau menikah bulan mei dgn warga amerika. Sebaiknya dia mengambil VoA atau visa sosial budaya ya mbak? Sy masih sangat bingung dgn visa mbak. Kami berencana tinggal d indo stlh merid. Tq mbak

    • siti April 6, 2016 at 12:30 am Reply

      saranku ambil visa sosbud karena bisa 60 hari sedang voa cuma 30 hari dan tak bisa di perpanjang ….proses persiapan pernikahan pasti banyak makan waktu jadi lebih baik jaga jaga saja…

  39. corry April 6, 2016 at 9:40 am Reply

    hai mbak siti, jadi kalau mau menikah dengan WN AS di indo dia pakai visa VoA saja tidak apa ya? karena dia juga nggak lama disini. thx
    btw kok setelah tanya2 ke KUA, salah satu persyaratan menikah dgn WNA mesti ada dokumen dari imigrasi ya? Mbak Siti nggak dimintain dokumen imigrasi ?

    • siti April 9, 2016 at 1:59 pm Reply

      kalau persiapannnya bisa dalam 30 hari sih tak masalah.. tapi kalau lebih bermasalah..kan voa tak bisa di perpanjang….

    • siti April 9, 2016 at 2:01 pm Reply

      dokumen imigrasi apa yang diminta KUA? kan dokumen itu banyak… minta lebh detail… kalau dia bilang KITAS…balikin lagi kan wna nya baru masuk pegang visa sosbud/voa mana bisa langsung dpaat kitas….kan butuh proses dan alasan diberikan kitas .

  40. terimakasih banyak informasinya mbak, wawasan saya jadi bertambah kebetulan saya sedang mencari-cari informasi seputar pernikahan

    • siti June 30, 2016 at 5:30 am Reply

      semoga bermanfaat …

  41. Jundiyyah August 30, 2016 at 8:38 am Reply

    Assalamualaikum mba, ada seorang WNA amerika muslim kerja di Algeria yang mau menikah dengan saya mba dan saya sudah bicarakan dengan mama saya Alhamdulillah kata mamaku selama dia muslim n jodohku tidak masalah. Rencananya si cowo WNA ini akan menetap dan kerja di Indonesia, kebetulan mba siti ngurus pernikahannya di kota Makassar dan saya berdomisili di Parepare. Kira kira harus gimana n apa yang harus disiapkan sama si WNAnya mba sebelum datang ke Indonesia ? Dan mulai dari ke kantor kelurahan, ijab qabul sampai urus dokumen menetap dan lainnya butuh waktu berapa lama mba ? Mohon pencerahannya mba soalnya saya masih tidak tau mengenai prosedur n persyaratan beda negara. Kalo boleh tau alamatnya di Makassar dimana mba ? . Terima kasih sebelumnya..

    • siti August 30, 2016 at 4:13 pm Reply

      Sudah ketemu orangnya ? Yakin bukan scammers ya?? Sudah berapa lama kenalan ?

  42. Adinda Utami September 1, 2016 at 9:08 am Reply

    Mbak mau tanya..aq br aj menikah dng WN Amerika,apakah saya harus registrasi pernikahan saya di US embassy? persyaratan nya apa saja yg hrs sy siapkan?terima kasih.

    • siti September 1, 2016 at 1:52 pm Reply

      tak perlu buku nikah mbak kan ada dua bahasa kan itu diterima secara sah dan amerika mengakui pernikahan antar negara termasuk dengan wni….
      jadi tak perlu di laporkan.. kecuali nanti kalau mau keluar negeri harus di syahkan pernikahannhya di 3 dept…ada caranya di blog ini.. kalau stay di indonesia kayak saya tak perlu

  43. lisa dari papua September 12, 2016 at 2:29 pm Reply

    Malam mba siti saya mau tanya sy berencana nikah bln feb dgn wna asal U. S saya berdomisili di papua aslinya dari palopo sulawesi.si bule duda krn istrix meninggal dan anak 1 dari hasil perkawinan.dia mau cuti dan berencana slma 4 bln diindo sklian urus perkawinan.sy berencana mau nikah dipalopo dan kami non muslim.kira2 berkas apa sja yg perlu dipersiapkan .krn dia berencana setelah nikah dia balik ke U.S urus pensiunnya dan pulang berinvestasi di indo.mohon infonya mba

    • siti September 14, 2016 at 1:02 am Reply

      maaf kalau non muslim saya tak tahu berkasnya mbak lisa..mungki n bisa colek di komen ini..

  44. Penghulu Muda September 23, 2016 at 2:23 am Reply

    Salam mbk Siti.. Saya seorang penghulu di KUA X di Jawa Tengah. Menyampaikan informasi, bahwa pernikahan di KUA tidak dipungut biaya alias gratis. Dan jika perniakahan dilaksanakan di luar kantor membayar Rp. 600.000 di Bank yg ditunjuk.
    Bagi pengguna jasa KUA, jangan sekali-kali memberi penghulu apapun juga, dalam bentuk apapun.
    jika terjadi pungutan, silakan adukan dan disampaikan ke http://bimasislam.kemenag.go.id/site/layanan-masyarakat/pengaduan-masyarakat-kua

  45. Erny December 7, 2016 at 12:22 pm Reply

    Mbak.. Sy udah nikah dgn WNA Amrik, sy lihat ada bbrp org yg menambah nama / marga suami dibelakang namanya . Katax utk memudahkan pembuatan administrasi di luar negeri n gampang utk masuk negara suami. Apa benar ya.. Sy jg pernah nonton TV show Amrik gt, di paspornya harus ada nama suami. Thanks infox

  46. yurika December 24, 2016 at 8:52 am Reply

    mbk saya sdh pacaran dengan warga USA dia stay di Chicago bulan january dia datang dan mau meminang saya..sekalian mengislamkan dia.. saya sedikit bingung karena dari kedutaann beliau butuh dokumentasi foto dll tanda ada hub dengan warga luar..apa mmg begitu syarat untuk menikah? dan mengenai status kewarganegaraan saya gmn mbk karena saya akan stay di Chicago?

    • siti December 25, 2016 at 11:33 pm Reply

      saat ke kedutaan urus apa? urus visa ke us? pasti diminta tak gampang urus visa US, kalau mau nikah di indonesia ambil CNI di kedutaan US di Indonesia ..kalau kwarganegaraan tak ada masalah, mbak tetap WNI.. walau nntinya mau ke US.. coba deh di kasih clear dulu mbak ini mau nikah di indonesia setelah itu mau ke negara suami.. btw sudah pernah ketemu?

  47. sabriba Yasmin January 22, 2017 at 10:34 am Reply

    Assalamualaikum Mbk siti
    Maaf aku mau tanya
    setelah nikah dengan WNA US
    Kita kan perlu laporin ke Kedubes amerika yang ada di jakarta kan.
    nah untuk biaya itu biasanya kena berapa
    karena kata teman saya dia habis 500jt
    Masa semahal itu mbak.
    Tolong kasih pencerahan Mbk
    Terimakasih

    • siti January 22, 2017 at 12:43 pm Reply

      tak ada kewajiban melaporkan pernikahan, karena USA mengakui pernikahan warga negara nya di seluruh dunia..jadi tak perlu..saya pun tak melakukanya dan tak ada masalah.. jangan percaya teman anda soal 500 juta … mungkin dia bohong..itu tak ada sama sekali..

  48. Linda Kouanak February 21, 2017 at 7:41 am Reply

    Salam,mba dewi,nama saya Linda Kouanak,pertanyaan saya ialah tolong beritahu saya persyaratan untuk menikah dengan org amerika dan kebetulan calon suamiku dari California dan rencana nya tahun ini kami berdua mau menikah,

  49. Caca March 27, 2017 at 3:46 am Reply

    Assalamu’alaikum
    Langsung aja ya mbak sy mau menikah dgan wrga negara nepal. Berhubung perwakilan negaranya tidak ada di indonesia, apkah surat CNI itu bleh di dpt kan di negaranya langsung atau hanya bisa di dpatkan di kedutaan dia di negara lain. Mohom mbak bantuanya
    Dan rencananya kami mau nikah di padang, dan meneta di padang selepas menikah nnti.
    Rencanaya calon suami masuk ke indonesia pakai visa sosial budaya. Trus klu dia alih kan ke kitas apakah akta nikah/ buku nikah hrus di legalisasi dulu, klu iya apakah bleh di legalisasinya di padang atau hrus ke jakarta mbk. Terimakasih sebelumnya mohon pencerahannya mbak sorry kepanjangan. Sy betul2 binggung mbak

    • siti March 27, 2017 at 4:49 am Reply

      aku jawab ya mbak caca, setahuku CNI itu diambil dinegara tempat pernikahan akna dilangsungkan, saya tak paham benar soal warga negara yang tak punnya perwakilan, btw mbak sudah ketemu langsung ornagnya kah? sudah benar benar kenal? untuk alih status tak perlu legalisasi..biar jelas nti email ke saya yah biar saya jelaskan sedikit terkait kawin campur dan resiko nya hidup di indonesia…

  50. rizka March 30, 2017 at 11:31 am Reply

    Assalamualaikum
    langsung saja mbak yaa 🙂
    saya rizka dan punya anak saya menikah dengan suami saya yang WN amerika, suami baru saja apply spouse visa untuk saya,
    suami bilang mau ngajuin untuk dapet passport US buat anak kita, itu gimana ya mbak caranya??
    kok saya baca tiap artikel jenisnya banyak banget
    saya bingung 😦

    • siti March 30, 2017 at 1:10 pm Reply

      mbak punya anak wni, buat jadi wna usa itu akan berproses panjang dan lama, kan baru nikah kan ya? ini stay di indonesia atau amerika, naturlasisasi jadi WNA USA tak mudah, perlu syarat dan ketentuan apalagi skrg Donald Trump jadi presiden akan semkain sulit lagi.. urs spouse visa saja butuh bsa bertahun tahun baru di approve.. apalagi mau buat paspor buat anak wni untuk paspor usa, kayaknya belum pernah dengar deh ada kayak gitu.. mungkin bisa suami mbak yang cari tahu itu kan kebijakan negaranya harusnya dia yang lebih paham..

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

