Tips & Trik jualan Barkas via online


Pengen menulis kan segudang prestasi jualan saya yang SOLD OUT, di toko bagus.com bukan karena di sponsori tokobagus ya, mungkin karena saya rasa enak saja iklankan barang disitu dari pada di lapak lainnnya yang paling mudah menurutku. Pernah coba berniaga.com tapi rada ribet ya atau mungkin saya belum terbiasa kali ya.Kalau lapak-lapak lainnya saya belum pernah ada pengalaman. Jadi ini berdasarkan pengalaman pribadi dan akhirnya saya punya beberapa tips dari hasil praktek!

Dulu awal-awalnya sih iseng-iseng doank banyak barang dirumah yang kadang numpuk tak digunakan lagi misalnya nih, pernah beli batrey HP yang ternyata lupa dipakai dan masih baru, ada speaker laptop yang masih OK juga namun cuma berdebu saja di sudut lemari. Atau ada titipan kakak mau dijual kayak HP, kompor listrik ibu, ya semua barang yang masih bernilai dan mungkin ada yang butuh di luar sana aku jual deh hahaha termasuk kalau perlu adikku yang keras kepala juga lama-lama aku iklankan 😀 atau bantuin teman jualin  mobilnya, sepedanya, atau peralatan diving ku yang sudah tak dipakai lagi.

Saya tuh menikmati banget prosesnya dari orang view berapa kali terus mereka sms dan menerima telpon negosiasi sampai deal harga lalu janjian di tempat tertentu, ihhh kadang sih ada yang menyebalkan karena sudah lihat barang tapi ternyata batal alasannya sepele, nomor sepatu kekecilan..arghh padahal saya sudah tekankan lengkap di keterangan bahwa nih sepatu nomornya kecil untuk cewek ekh si calon pembeli ini malah tak pernah DETAIL PERHATIKAN sebelum negosiasi tempat ketemuan. Kopi darat nya macam-macam juga.Ada yang depan kantorku, ada yang di mall di tengah-tengah peralatan rumah tangga, ada yang halte bus depan gedung kantor ini yang favorit, aksesnya mudah dari mana saja, saya juga bisa menyamar aja jadi buruh di salah satu perusahaan yang ada di gedung itu.Malu donk bawa nama kantor kalo mau jual-jualan secara pribadi nih, biasanya aku kalau pakai baju branding langsung ambil jaket saja brand kantornya. Ntar dikirain jual barang di kantor lagi he he padahal cuma kebetulan nego di jam break makan siang di depan kantor.

Hingga hari ini saya sudah bergulat di dunia jual beli barkas  sejak Agustus ini dan saya sudah memecahkan rekord sukses menjual yang lumayan lah ( ini menurut saya sih !) karena foto barang-barang masih ada di laptop ini sebelum dibuang sayang  jadi saya posting saja ya, biar saya tetap semangat menjual hihi!!!

  1. Mobil teman kantor saya, nih laku dalam seminggu dengan harga sama loh yang di iklankan padahal dulu waku cuma iklan koran ihh berbulan-bulan gak laku-laku. Memang online lebih cepat!!
  2. Rumah teman yang di mutasi ke Jawa, laku dalam beberapa minggu.
  3. 3 Buah modem 3G hadiah ku menang doorprize, pembelinya beda-beda semuanya mahasiswa dari 3 universitas yang berbeda. Janjian depan universitas masing-masing.
  4. Baterei HP onyx baru, janjian depan halte bus depan gedung kantor.
  5. Panci dan Kompor besar milik Ibuku, ini dibeli ibu pemilik yayasan panti asuhan karena itu aku kasih diskon gede atas izin ibu tentunya biar dapat amal jariah.Ini ibu pantinya datang kerumah.
  6. Sepeda Polygon teman kantorku
  7. Baju diving ku, ini cuma via online doank dan barang aku kirim ke Sorong dan si pembeli senang sekali dengan baju diving nya. Hiks riwayat hobby diving pun tamat 😦
  8. Sepeda Motor milik teman kantor korban Mutasi kerja
  9. Ipad 1 Mr Big ini sempat nego dan ketemuan sama calon buyer di depan pompa bensin, ekh ujung-ujungnya gak jadi karena duit calon gak cukup jadinya terjual sama MABA Polisi janjiannya di Mall.
  10. Ipod 5 Mr Big, ini prestasi pertama saya baru posting sore langsung besoknya terjual.Dan senang luar biasa. 

Yang masih ada di list daftar lapak ku masih ada 22 items, masih ada motor besar kakakku kok sepi yang minat ya, harganya mungkin ketinggian dan memang sepeda motor besar kan jarang pembelinya, terus ada alat pelangsing yang dipasang di perut, entah kenapa dulu saya beli kena hipnotis marketingnya kali, soalnya bahasa marketingnya indah sekali, bisa-bisanya saya terpedaya beli alat ini padahal saya masih dalam taraf langsing. Dicicil lagi setahun pakai KK, saya akui tuh marketing nya hebat atau pakai magic-magic kali hahahhah. Stress deh mengingatnya makanya saya malas kalau ada promo di Mall yang ajak bicara takut terpengaruh lagi. Ada juga kasus salah beli water heater untuk kamar mandi. Grasak grusuk beli terpengaruh kata HARGA PROMO cuma…Rp..sekian-sekian ternyata watt nya ketinggian untuk dirumah….Jadi terpaksa beli lagi yang sesuai daya listrik dirumah.

Ada juga sih titipan kakak kayak radio tape yang masih bagus, udah ada yang deal tapi orangnya belum datang ngambil atau lihat barangnya. Ada juga sendal ku yang waktu mau nikah ngebet beli gara-gara merk, kok di toko dipaksakan dipakai kok nyaman rasanya tapi sampai rumah kok tak nyaman jadinya beda ya  padahal harganya lumayan merusak operasional keuangan bulanan saya. Padahal ngaku-ngaku jago ngatur keuangan yaa . 

Ada juga sih beberapa speaker laptop, ya namanya dagang ya kadang tiba-tiba banyak yang nanyain barang dan deal harga kadang sepi sekali, ada lagi tuh promo perumahan mewah jualan sepupuku juga aku masukkin termasuk jualan perumahan kakak ipar, ya lumayan sudah perjanjian kalau ada yang laku tetap saya dapat komisi donk ya. Perumahan tuh banyak yang view tapi yang deal lama hahahha entah sudah ada yang deal tapi yang marketing nya tak beri tahu itu mah wallahu alam. 

Kalau saya selama bantuin teman-teman posting jualannya kan yang saya masukin di keterangan tetap hubungi yang bersangkutan jadi follow up nya ke mereka juga jadi kalo deal mereka kasih tahu tapi kalau perumahan belum pernah diberitahu nih semoga deh laku biar dapat cipratan komisi.

Saya  bisa analisa dari pengalaman tiga bulan jualan online ini sbb :

  • Barang yang paling laris ya elektronik, seperti HP, gadget, tablet, aksesoris HP
  • Barang baru juga cepat laku yang penting harga diturunkan dikit dari harga barunya
  • Kendaraan second juga cepat laku, apalagi kalau sudah modifikasi dan harga bersaing
  • Rumah second juga potensinya cepat laku yang penting harga negosiasi
  • Perlengkapan olahraga terkait hobby misalnya sepeda, peralatan diving dll

Yang rada sulit dijual itu sbb :

  • Pernak-pernik pakaian karena mungkin segmennya ya kurang
  • Akesesoris seperti sendal yang punya ukuran tertentu itu jualnya susah
  • Alat olahraga apalagi untuk pelangsing, susah laku nya book!

Nah setelah saya pelajari ada beberapa strategi biar cepat laku  barkas atau barang baru nya  sbb :

  1. Harga naikin dikit dari harga yang mau di jual otomatis pembeli bakal nawar harga deh *pengalaman deh misalnya mau jual 1 juta tulis 1,2 juta deh. Saya selalu lakukan itu dan terjualnya 1 juta atau 1,1 juta
  2. Iklannya dibuat detail dan jelas sejelas-jelasnya deh biar calon pembeli karena kebanyakan calon pembeli grasak grusuk telpon padahal belum baca detailnya. Pengalaman untuk kasus sepatu diving ku begitu, sudah tertulis nomor 5 kok masih salah pembelinya pria ukuran 8 ya tak cocoklah…
  3. Masukkan foto jelas dan lebih banyak lebih baik lebih menarik deh dijamin !!
  4. Masukkan lagi nomor kontak dan tegaskan lokasi mana saja untuk transaksinya.Misal Khusus Makassar Only, biar calon konsumen terfilter.
  5. Sering-sering cek dan edit bahasanya kalau kurang menarik biar traffic view nya naik kayak ngurusin blog gitu deh.
  6. Dan selalu refresh iklannya biar langsung di naikkan di list seperti baru pasang. Dijamin langsung banyak yang  telpon deh, pengalaman saya hari ini, telpon berdering terus sepanjang sore sejak saya refresh iklan beberapa barkas ku yang masih ada di lapak. Langsung besok ada janjian ketemuan mau lihat speaker he he…ada dua orang lagi padahal udah 3 minggu loh! Triknya berhasil kan, cara refresh ada di kolom bagian kanan sebelum edit biasanya iklan yang sudah lama sekali belum laku akan muncul option itu.
  7. Setiap calon buyer dicatat namanya dan nomornya, kumpulin dulu kalau ada yang mau beli 10 orang misalnya yaaaa nah summary dulu semuanya dan telpon satu-satu mulai dari tawaran tertinggi ya. Itu strategi temanku yang berhasil jual mobilnya dengan harga tinggi. Nah ini yang sering saya lemah secara HP ku ini yang telpon dari berbagai lini, kerjaan, barkas online, dan calon murid mr big.OMG kelihatan ka saya ini super sibuk 🙂 

Kalau mau di summary ya, dari total 40-an items yang saya buka lapak disana sudah sold out 11 items lah dalam jangka waktu 3 bulan, apakah ini prestasi? yaaaaa boleh lah ya…dari viewers ter sedikit 15 viewers yang mana iklannya super berat booo tanah seharga 13 M hahahhah itu mah bukan punya saya, tapi tanahnya teman ayah sahabat baikku *bingung kan !”Sudah lama sih disitu yang lihat sedikit, ya iyalah secara harganya eM -eM-an Mahal  amat. Terus viewers paling banyak 245-an ini MP4 ku kok belum laku-laku ya!! karena dulu sudah ada yang tawar tiga  orang cuma aku saja yang pelit turunin harga padahal penggemarnya banyak. Asik deh pokoknya posting, edit, upload dan paling seru kalo edit untuk rubah jadi TERJUAL !!! Puassss*UcapnyaBibiralaTUKUL!!! biar duitnya dikit tetap aja senangnya selangit 🙂

Kalau barkas ( Barang bekas ) titipan dari teman-teman sih  saya ikhlas kok bantuin apalagi mendengar mereka bilang sudah laku saja saya sudah teramat sungguh senang .. ibarat saya ada di padang gersang dan dapat air minum glek..glek..glek..dan hilang deh rasa hausnya…ini gara-gara barkas nya laku…………………..!!! Lebay.com

Nah aku lagi mau masukkin subject nya jasa nih, buat masarin les nya Mr Big, kalau manual sudah sebar brosur tapi kalau via online nih barusan. Semoga ada yang nelpon. Kami butuh murid dikit aja kok. Les rumahan.

Memang kalo passion melakukan sesuatu itu nikmat dan seru bakalan terasa nikmat ya… ya begitulah raport saya berhasil jual barang bekas atau barang baru yang salah beli karena maruk.com atau tergiur godaan mall dan promo diskon. Jadi insyaf sekarang kalau mau beli sesuatu benar-benar BUTUH bukan NAFSU saja, bikin penuhin rumah yang sudah sesak nan kecil pula.

 

ini punya kawan yang mutasi ke Jawa, laku dalam sehari dengan harga OK!

ini punya kawan yang mutasi ke Jawa, laku dalam sehari dengan harga OK!

Yang ini dah malang-melintang di Raja Ampat nih!!

Yang ini dah malang-melintang di Raja Ampat nih!!

ini dah sukses pindah ke panti asuhan nih, ibuku happy sekali :-)

ini dah sukses pindah ke panti asuhan nih, ibuku happy sekali 🙂

Salah Satu Barkasku yang belum laku, dah deal harga yang mau beli belum datang euy!

Salah Satu Barkasku yang belum laku, dah deal harga yang mau beli belum datang euy!

Tagged: , , , , , , ,

11 thoughts on “Tips & Trik jualan Barkas via online

  1. cerita4musim November 26, 2013 at 2:26 pm Reply

    hebat euy…..keknya kalau aku kebagian yg belanja nya, bukan yg jualan :))

    • siti November 26, 2013 at 3:07 pm Reply

      oh ya …secara cewek-cewek dimana aja pasti gila belanja….

  2. nyonyasepatu November 27, 2013 at 8:44 am Reply

    aku baru bikin iklan disana untuk rental mobilnya bokap hehe, moga2 kayak kamuuu ya, laris manis

    • siti November 27, 2013 at 11:23 am Reply

      iya seru lagi kalo posting n ngupload ..dan kalo laku waahhhh rasanya …happy..selangit!!

  3. Alid Abdul November 28, 2013 at 5:37 am Reply

    Kalau domisili Jakarta mungkin memang cepat yak, beda klo saya yg tinggal di kota kecil dan kampung lagi ahaha

    • siti November 28, 2013 at 7:50 am Reply

      tidak juga kok, saya domisili di Makassar 🙂

  4. carolin February 6, 2014 at 9:59 am Reply

    Wah hebat..

    Salam Kenal ya..
    Kemarin saya jual baju d toko bagus tapi ga ada Yang beli 😦
    Mungkin peminat Baju bekas sedikit ya?
    Kalo buku bekas laku ga ya dijual?

    • siti February 6, 2014 at 3:00 pm Reply

      salam kenal juga, ohh memang harus sabar dan harus punya startegi..foto dibanyakin, jelas detail barangnya kenapa mau dijual dan harga mesti bersaing dibawah dr harga normal walau tipis..
      kalau baju memang rada susah..aku juga pernah berhasil jual sepatu yang salah beli dan butuh 3 bulan baru laku..
      paling cepat otomatif, HP, aksesoris HP
      dan rumah juga….
      wah kalo buku bekas saya belum pengalaman… jual..aku mau coba deh ada banyak nih dirumah,..

      • Robi September 16, 2014 at 9:41 am

        Silahkan yg mau jual buku bekas
        Sms no.q 085749935996

      • siti September 16, 2014 at 9:58 am

        buku bekas, posisi dmn pak?

  5. sapienzadivita August 19, 2014 at 5:10 am Reply

    Satu faktor yang buat belanja online gampang, tinggal search, ketemu. Kalo koran, boro-boro ketemu, mesti sabar nungguinnya, bolak-balik halaman. Semoga belum pernah punya pengalama ditipu pembeli ya Mbak Siti.

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

