Advertisements

Mari ber-bekam


Wah lama gak nulis nih, kangen nulis, cuma benar-benar padat, niatnya week end ternyata jatuhnya kalau week end malah jadi ngesot bersih-bersih. Okay kayaknya bakalan banyak postingan dua tiga hari kedepan sebelum berakhir Februari….

Beberapa minggu lalu tepatnya setahun lalu sih di akhir tahun, sudah lama kami berdua suka perhatikan orang-orang ber bekam, manfaatnya sih seperti yang saya capture di gambar dibawah ini :

bekam 4

Dulu saya ketakutan lihat orang bekam, karena belum tahu prosesnya, saya kira bekam itu kulit kita di bedah or di silet ternyata nggak juga haaahahh… nih langkah-langkah bekam yang kami lalui :

header 728 x 90 3

  1. Daftar dulu, isi form data diri biar jadi member di RSH ( Rumah Sehat Herbal ) tersebut dan disitu di isi berat badan, tinggi, riwayat penyakit dll, wanita hamil tak boleh ber bekam ya…
  2. Petugasnya menginput disistem dan masukkan nomor antrian dan kami duduk antri, untuk pria akan di handle sama terapis cowok juga dan untuk kaum wanita ya terapis nya cewek juga donk ya…ruangannya juga beda…umumnya sih yang datang pasang suami istri yang nampaknya sudah langganan deh.
  3. Cuma nunggu beberapa menit ekh Mr Big sudah di panggil duluan, karena terapis nya kurang fasih bahasa Inggris aku diizinkan masuk deh melihat prosesnya. Mr Big masuk ke ruangan deh
  4. Buka baju lalu di suruh telungkup dan rileks.
  5. Mereka menggunakan semacam sapu lidi tapi bukan dari lidi, bentuknya lebih besar dari lidi dan itu di pukul2 secara pelan ke bagian tapak kaki, betis, bagian belakang badan, fungsinya untuk merilekskan badan kita.
  6. Ditanyain apakah cuma mau 9 cup, normalnya sih 9 tapi kalau ada penyakit tertentu kayak kolesterol tinggi atau jantung bisa nambah cup di betis atau kepala atau pelipis. Kalau Mr Big sama aku sama saja cuma 9 cup yang di tempel di punggung atas sampai punggung bawah.
  7. Bagian punggung keseluruhan di lumuri minyak zaitun.
  8. Lalu satu per satu  cup di tempel ke 9 bagian dari bawah leher sampai atas tulang belakang
  9. Dibiarkan beberapa menit maka dari balik kulit akan kelihatan kumpulan darah kotor yang naik menggumpal namun masih didalam kulit, nah ini yang mesti di keluarkan.
  10. Nah bagian ini yang rada ngeri ketika satu per satu cup itu di buka dan terapis mengambil semacam jarum yang berbentuk ballpoint besi yang mirip kalau di gunakan untuk ambil darah di jari ketika test darah. Mereka akan tunjukkan pada pasien kalau itu jarum yang di pasang di pena besi itu baru dan bersih alias steril.
  11. Dan satu persatu cup dibuka dan gumpalan tonjolan darah yang terbentuk dari cup itu kemudian di tusuk berulang kali di merata di semua gumpalan, gunanaya biar melebarkan pori-pori kulit agar darah kotor yang tadi tertarik membentuk gumpalan keluar semua ke permukaan kulit. Rasanya awalnya ketakutan kirain sakit ternyata rasanya cuma kayak digigit semut dan pada saat di tusuk ke beberapa bagian jadinya rasanya digigit beberapa semut. Gak sakit kok!
  12. Lalu cup di pasang kembali nutupin gumpalan dan dibiarkan sambil kita rileks dan menunggu semua darah kotor itu naik ke permukaan kulit.
  13. Hanya berkisar 5-10 menit bagian dalam cup sudah penuh darah kotor, ada yang tingginya 1 cm atau setengah. Si terapis kemudian membuka dan membersihkan darah kotor yang warnanya kehitam-hitaman tersebut. Satu per satu lalu di pasang kembali biar dipastikan semua darah kotor  keluar. Mereka melakukan itu 2-3 x di setiap cup
  14. Setelah sudah 2x di bersihkan dan dipastikan semua darah kotor terangkat cup akan di buka semuanya dan bagian punggung belakang dibersikan dan di lumuri kembali dengan minyak zaitun.
  15. Dan di persilahkan pakai baju kembali dan selesai deh.
  16. Keluar kasir, bayar 50 ribu, dapat kwitansi dan tiap bulan akan ada sms broadcast tentang jadwal bekam yang baik menurut tanggal islam ( Hijriah ).

Simple, kan, proses di bagian perempuan sama juga kok, rasanya setelah di bekam, badan terasa ringan dan agak takut nyender sih soalnya takut bekas darah masih ada padahal gak sama sekali. cuma menyisakan bengkak dan merah di kulit Makanya kami gak bekam di kepala atau pelipis, kan kelihatan ntar dikira kami habis berantem dan main tonjok-tonjokan. Oh ya ternyata saat bekam aku sempat tanya, bisa kok dilakukan sendiri beli saja alatnya dan ada CD petunjuknya, lebih murah dan bisa dilakukan kapan saja. Ada teman Mr Big yang suka  bekam sendiri dibantu istrinya. Tapi aku belum berani, nanti aku belajar dulu deh kalo dah lancar baru aku praktek ke Mr Big dan bisa jadi ini bisnis yang bagus, semua orang mau sehat, semua manusia butuh untuk sehat dan ini kebutuhan bulanan loh biar darah kita selalu tetap sehat dan tak ada darah kotor yang mengundang penyakit. *otak bisnis ku jadi sangat lancar ya…………………..

Oh ya selain itu saya menanyakan ke terapis beda bekam sama donor darah sbb :

Kalau donor darah yang di sumbangkan adalah darah yang sehat artinya kan kita mau bagi atau bantu orang lain berarti kan disaring tuh darah yang sesuai standar dan pendonornya pasti sehat dengan pemeriksaan sebelumnya, sedangkan bekam, darah yang dikeluarkan ya darah kotor yang ber potensi jadi penyakit, dan letaknya di bawah permukaan kulit, karena kalau ini menumpuk bertahun-tahun bisa jadi potensi penyakit kronis.

Jadi memang dalam Islam , ber-bekam itu di sunnahkan dilakukan tiap bulan, dan dianjurkan dilakukan di tanggal 17, 19, dan 21  tiap bulan Hijriah. Ini berdasarkan  Hadis berikut ini

” Barang Siapa Berbekam pada tanggal 17,19 dan 21 ( di bulan hijriyah ) maka dia akan sembuh dari penyakit “( HR. Abu Dawud ).

Mengapa Bekam ? 

Karena Sampah metabolisme berupa toksin atau sel darah yang sudah tidak berfungsi adalah penyebab utama terjadinya penyakit, baik ringan ataupun berat, maka sampah metabolisme tersebut haruslah dikeluarkan  dari dalam tubuh.

Gejala-gejala tubuh jika mengalami toksin yang cukup tinggi sbb :

  • Mudah letih dan mudah mengantuk’
  • Sering mengeluh karena kurang fit
  • Sembelit ( BAB lama / sulit )
  • Cepat marah / selalu stress  ( ini mah gw banget ..!! )
  • Sering Pusing / Sakit kepala ( Mr Big banget nih….!)
  • Sakit persendian
  • Darah tinggi, gula darah tinggi dan asam urat tinggi

Nah salah satu gejala ini muncul maka cepat-cepatlah ber bekam, berasa ringan dan segar deh badannya, kami berdua sudah coba…walau paling banyak saya rasa di nomor 4 , selalu stress karena kerjaan kali…

Dan adapun dengan melakukan bekam berarti sebuah metode ideal mengupayakan kesembuhan berupa self healing dan secara klinis dan empiris mampu melakukan fungsi utamanya sbb :

  • Mengeluarkan toksin , angin & kolesterol berbahaya
  • Menghilangkan rasa sakit
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menajamkan penglihatan
  • Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan
  • Meningkatkan sistem immunitas

Nah makanya bekam ini dianggap sama dengan Tune Up mesin kendaraan yang dilakukan berkala, karena tubuh sama dengan mesin yang butuh service / tune up tiap saat seiring penggunaan kendaraan ( jarak tempuh ) dan tubuh manusia juga sama, butuh perawatan berkala ketika digunakan.

Makanya di anjurkan ber bekam itu 

  • Sebulan 2 kali / tiap 2 minggu untuk perawatan penyakit terterntu
  • Sebulan sekali, untuk menjaga kesehatan bagi yang masih sehat
  • Dan sesuai sunnah rasul di tanggal tertentu di bulan Hijriyah….

Sebenarnya fungsinya sama dengan cara menggunakan terapi gigitan lintah, ada teman di Yogyakarta yang suka terapi lintah, jadi saya lihat sang terapis menempelkan lintah penghisap darah di kakinya dan membiarkan lintah menggigit dan mengisap darah kotor dan membuatnya gemuk baru deh lintah di lepas, dan lintah-lintah tersebut memang di pelihara khusus dengan spesies tertentu dan tak berbahaya. Ihhh saya mah ngeri melakukan ini mending bekam deh…..biar 100 x …yang penting jangan lintah….

Nih aku sempat moto beberapa step proses saat Mr Big di bekam

Darah kotor mulai naik ke permukaan kulit!

Darah kotor mulai naik ke permukaan kulit!

Darah kotor di bersihkan

Darah kotor di bersihkan

 

Dan meninggalkan bekas merah deh ....

Dan meninggalkan bekas merah deh ….

sapu untuk relaksasi pasien sebelum di bekam

sapu untuk relaksasi pasien sebelum di bekam

Demikian deh sharing sedikit ilmu bekam, sebagian informasi ini saya dapat dari Rumah Sehat Herbal langganan kami ber bekam, alamatnya di Jalan Cumi Cumi Makassar, dekat dari jalan besar jl Masjid Raya. Next time kesana akan saya update gambar dan alamatnya ya, bagusnya mereka selalu follow up langganan dengan sms info tentang waktu terbaik buat ber bekam minimal sebulan sekali. Jadi saya selalu ada reminder buat kesana lagi, loyalty dan retention juga mereka lakukan.

semoga bermanfaat ……

banner 450 untuk dibawah postingan

 

 

 

 

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: