Advertisements

Pilih Tokobagus.com atau berniaga.com


Karena belum mampu buat GA jadi mending bagi ilmu aja ya, walau kata cuma ilmu nya dikit, ini hasil pengalaman enam bulan mengutak atik di dua marketplace terbesar di negeri ini khusus barang bekas ya. Tips nya pernah saya tulis disini . Nah seiring perjalanan waktu saya coba utak atik berbagai market place, karena insting dagang memang butuh penyaluran dan di rumah yang sempit banyak barang yang masih layak pakai alias junk kata mr big, junk tapi bernilai donk kalo di jual. Apalagi hobby saya bantuin teman posting dagangan tanpa komisi, dan lumayan prestasi ku lumayanlah.

Mari kita review satu persatu  :

Tokobagus.com

Situs jual beli yang gratis dan memiliki berbagai fitur yang sangat menarik sbb :

  1. Gratis ( ini paling utama ) kebanyakan marketplace lainnya sih ada fitur gratis nya cuma memang mereka tetap ada kategori member khusus berbayar dengan tambahan fitur. Namun di tokobagus.com membernya murni gratis cuma ditambahkan kategori verified atau member biasa.
  2. Bisa ber-iklan tanpa harus menjadi member
  3. Khusus member ada kategori verified yang berarti ketika kita klik bagian member dan masuk ke kolom verified akan ada halaman untuk memasukkan identitas berupa alamat rumah saat ini dan pihak tokobagus.com akan mengirimkan kode nomor unik jika nanti sudah dikirim ke alamat yang ditukiskan akan di masukkan ke kolom yang tersedia untuk diverifikasi dan jika sukses maka akan muncul dibawah foto member tulisan “verified member” berarti member / seller ini sangat terpercaya dengan alamat yang sangat jelas dan sudah terbukti verifikasi.
  4. Berbagai layanan penjualan barang  memberikan kategori 12 ( Elektronik & gadget, property, fashion, mobil, motor, kecantikan & kesehatan, Hobi & Olahraga, rumah tangga, perlengkapan bayi dan anak, hewan peliharaan, kantor & industry, jasa & lowongan kerja ). Jadinya saya suka karena bisa juga menjual jasa nih, untuk les rumahan kita ( Mr Big ) juga saya masukkan disini.
  5. Bisa jual barang bekas dan baru, di beberapa marketplace mesti baru, namun sebenarnya visi tokobagus.com adalah mempertemukan penjual barang bekas layak pakai ke pembeli yang membutuhkan. Itu lah misi nya seperti anda lihat di iklannya, segalanya masih bisa jadi uang…ini mah saya banget 🙂
  6. Tampilannya user friendly sekali, mudah digunakan tidak ribet, bisa edit setiap saat dan submit kembali. Tanpa harus mendelete dan mengecreate baru. Ini yang saya suka sekali.
  7. Membernya banyak, jutaan, visitor nya jutaan, jadi peluang jualan bakalan banyak peminat lebih besar.
  8. Bisa posting foto 6, di beberapa marketplace ada 5 ada 3.
  9. Aplikasi di mobile, android sudah ada, jadi enak bisa jualan dari mana saja.
  10. Fitur chat pun ada we chat, bbm jadi bisa chat soal produk yang di jual.
  11. Ada fitur promo point yang bisa di beli untuk membuat iklan kita di bold or menjadi top listing dan menurut saya dulu nya sih murah namun makin hari makin naik harganya. Samalah dengan harga yang kena inflasi juga.
  12. Masih terima foto brosur, gambar kurang jelas pun masih lolos moderasi jadi memudahkan ke pembeli produk baru.
  13. Ada fitur viewer, jadi kelihatan sudah dilihat berapa calon pembeli.

Nah selain fitur menariknya, yang menjadi kekurangan atau anggaplah ini komplain saya ke toko bagus sbb :

  1. Tak ada fasilitas rekening bersama  ( escort account ) jadi benar – benar di serahkan transaksinya ke penjual dan pembeli. Jadi untuk urusan setelah terhubung antara keduanya ya itu urusan mereka. Makanya sang pembeli yang mesti hati-hati  biar tak tertipu atau penjual juga sama mesti hati-hati juga, makanya paling aman COD ( Cash on delivery ) alias bayar di tempat.
  2. Waktu penayangan iklan sekarang sudah dibatasi 30 hari yang sebelumnya lebih lama 😦 padahal iklan-iklanku banyak, pengalaman 6 bulan menggunakan saya sangat puas.
  3. Jumlah iklan sekarang pun dibatasi menjadi 10, padahal iklanku 30-an 😦 jadi kecewaaaaa….jadi kalau mau nambah ya mesti kurangi yang ada baru submit yang baru, terbatas deh langkahku, mesti create account baru donk. Belum coba sih tapi akan kulakukan. Sekarang sih mereka tak langsung cut iklan yang ada tapi dikasih kesempatan sampai hari ke 30 sejak tayang awal ( termasuk edit terkahir ) dan ketika sampai hari ke 30 iklannnya pindah ke kategori expired. Mesti sabar dan keluarkan iklan yang ada untuk submit yang mau di prioritaskan.
  4. Tarif promo point semakin naik terus, dan paling mahal di property, mobil dan motor padahal itu adalah produk andalan. Dulunya murahhhhhh, semakin terkenal semakin mahal deh.
  5. Fitur refresh alias sundul, alias meng-edit iklan dan submit biar muncul di listing teratas sekarang hanya bisa dilakukan ketika setelah iklan tayang 7 hari.Padahal ini dulu andalanku tiap hari edit dan submit berarti sundul tuh iklan ke listing paling atas. Sekarang mesti nunggu tiap 7 hari kalau fitur refresh sudah muncul baru bisa di klik. Nah kalaupun sekarang di edit dan di submit ya iklannya tak dimasukkan di top listing tapi tetap di posisi awal. Sepi deh viewerku. 

Berniaga.com

Salah satu marketplace yang juga iklannya wara wiri di televisi, khusus barang bekas ataupun baru, salah satu kompetitor tokobagus.com

jual beli berniaga

Untuk berniaga.com kelebihannya menurut saya sbb :

  1. Membernya juga gratis, sisa mendaftar, boleh juga mendaftar dulu baru beriklan atau langsung masuk fitur pasang iklan tanpa registerasi.
  2. Login nya di sinkronkan dengan facebook account, ini bagi yang banyak friendlistnya bisa jadi potensi calon  buyer namun bagi saya pribadi malah mengganggu privacy saya. Malas saya dagang barang bekas ke teman di FB. Apalagi mereka mengenal saya dari sisi kerjaan. Masa tiba-tiba mereka lihat lapak saya dagang panci bekas hahahhahah malu-maluin saja.
  3. Fitur utama mengedepankan rekan dari facebook friends berdasarkan lokasi domisili, per kota atau provinsi. Jadi ketika buka account langsung muncul tawaran iklan teman-teman terdekat dari facebook dan juga dari kota yang sama. Semua dagangan yang ada di Makassar langsung muncul. Dengan tawaran terbaik.
  4. Bisa tampilkan banyak foto juga.
  5. Moderasi benar-benar ketat, jadi teks iklan juga tak boleh sembarang karena akan di reject jika tak sesuai prosedur.
  6. Bisa iklankan barang bekas ataupun baru namun mesti foto wajib foto asli bukan caplokan dari website yang ada watermark nya atau bukan foto brosur jadi mesti benar-benar ada barang dan di foto jelas.
  7. Kualitas foto asli dan bukan jiplakan atau bukan foto brosur.

Sedang kekuarang Berniaga.com di mata saya yang sudah mencoba buka lapak disini namun tak menghasilkan apa-apa sbb :

  1. Tak ada fitur edit iklan, kalau pun di edit mesti dari awal di buat di draft baru bisa di edit, ketika iklan sudah tayang dan mau di edit mesti delete dulu dan ulang lagi, Uhhhhh ribetttttt deh.
  2. Moderasi teks nya sangat super ketat, butuh dua atau tiga kali submit ulang baru bisa sukses tayang.
  3. Foto mesti asli dari barang yang akan di jual, bukan bentuk maket rumah, bukan brosur atau bukan foto yang ada tulisannnya. Pihak berniaga.com sangat ketat memoderasi ini. Alhasil foto brosur rumah yang dagangan sepupuku tak berhasil nih di tayangkan di berniaga.com kan rata-rata property cuma jualan brosur dulu tak siap huni. Jadi iklan yang bisa tayang di berniaga kalau property ya bisanya rumah siap huni atau rumah bekas yang ada fotonya.
  4. Fitur login mesti sinkron sama FB, saya tak suka mensikronkan lapak dengan friend list.
  5. Fitur dan tampilannya rada ribet. Terbukti belum ada lapak barkas saya yang laku dari berniaga.com
  6. Tak ada fitur jumlah viewer / visitor.

Kesimpulannya :

Walau value yang diberikan tokobagus.com semakin terbatas, namun saya tetap memilih tokobagus.com karena masih lebih mudah, saya masih bisa posting brosur property sepupuku, atau jadi makelar property dan masih banyak viewer dan terbukti 3 rumah telah laku dari tokobagus.com, dan puluhan barang bekas punya saya atau teman kantor yang saya  bantuin pun laku. Yang susah di jual di tokobagus.com itu cuma pakaian, kalau property, otomotif, barang elektronik lumayan cepat. Cuma yang ribet ya mesti janjian sama calon buyer komunikasi dulu, nego harga. Dan janjian ketemuan. Lumayan menyita waktu. Sedang berniaga karena saya belum dapat hasil apapun, gimana dapat hasil kalau pasang iklan saja kebanyakan di reject karena foto kurang jelas, blur lah, tak boleh foto brosur, jadinya lapak saya cuma 3 buah disana dan mau edit susah mesti ulang dari awal. Ribet lah…

Kalau gak mau ribet terkait mekanisme pembayaran dan nego harga memang enaknya buat website sendiri atau jualan di marketplace kayak tokopedia.com, shopify.com atau yang lainnya, mereka sudah komplit di lengkapi dengan metode pembayaran dan kerjasama dengan kurir jadi kerjaan penjual sisa lihat email dan check orderan dan packing dan kirim. Nah ini memang khusus untuk barang yang dijual baru. Saya sedang trial beberapa marketplace khusus barang baru, nanti aku review juga ya. Jadi selamat mencoba…. 🙂

Advertisements

Tagged: , , ,

12 thoughts on “Pilih Tokobagus.com atau berniaga.com

  1. eatsfun February 24, 2014 at 9:43 am Reply

    aku belum pernah jualan di berniaga, tapi ngerasa lebih asik di tokobagus kayaknya.. elektronik lebih cepet laku, dan waktu jual mobil juga lumayan responnya cepet… ^^

    • siti February 24, 2014 at 9:50 am Reply

      iya memang untuk saat ini tokobagus.com masih paling OK buatku cuman skrg dibatasin 10 iklan saja..hiks jadi sedih ..paling cepat laku tuh kendaraan sama elektronik sama gadget apalagi kalo harga murah dijamin telpon berdering terus….

  2. Messa February 25, 2014 at 2:38 am Reply

    tapi mbak, ada pengalaman beberapa orang, katanya sering dipakai buat modus perampokan mbak.. ngakunya mau beli, lalu datang ke rumah si penjual, tapi sambil lihat2 kondisi rumah si penjual. besok2 rumahnya dirampok. serem kan,mbak 😦 gimana tuh kalau kejadian gitu? saya jadi keder juga pengen jual barang di tokobagus

    • siti February 25, 2014 at 3:30 am Reply

      iya juga sih makanya saya tak pernah menyuruh mereka ke rumah, saya malah suka bawa barang di mobil dan janjian di depan kantor buat aman jadi tak terganggu kalo soal privacy… dan juga mengamankan dari niat jahat mereka

      • Messa February 25, 2014 at 3:31 am

        hmm.. bisa jadi pilihan solusi juga itu…

      • siti February 25, 2014 at 3:33 am

        iya sllu mesti hati2 dalam apapun…

  3. nengsyera March 11, 2014 at 9:29 am Reply

    kak..kalo aq senengnya belanja di tokopedia.com
    hehehe jauuhh lebih aman dan nyaman..
    alasannya?
    pertama karena tokopedia menggunakan rekening bersama perusahaan, jadi kita sebagai buyer membayar terlebih dahulu ke pihak tokopedia, kemudian tokopedia meneruskan pemesanan kami kpd penjual, penjual mengirim barang, trs barang sampai ke buyer habis itu klik deh brg sudah diterima..daan duit baru deh masuk ke penjual..hehehehe

    kalo misalnya brg yg dipesan kosong, pdhl sudah bayar trs gmn?weitttss ga masalah, duit bisa kita tarik lagi ato jd saldo deposit kita di tokopedia.. 🙂
    jdi klo pny saldo disana, pas qt mau belanja lagi tinggal motong saldo aja..

    utk penjual, jelas ga akan tertipu juga wlau brg sudah dikirim, dan buyer blm konfirmasi brg udh ditrima ato blm, duit ttp masuk krn pihak tokopedia juga akan membantu utk track brg tsb sudah smpai atau blm..

    brg rusak bisa komplain?bisaa dongg..nti tokopedia akan menghubungi penjual, klo penjualnya baik bisa bgt diretur ke tokopedianya..

    hehehe
    sejauh ini aq malah senang dan nyaman..
    malahan bisa dapetin harga yg lebih muraah drpd Olshop2 lain kya di fb ato bbm gt..

    dan kalo bingung2 sm cara transaksi di tokopedia, tinggal bbmin adek saya..soalnya adek kerja dsna..hahahahahaha

    FYI, tmn saya malah jd reseller loh kak sejak kenal tokopedia krn dy dptin brg murah dr tokopedia trs dijual lg ke sana.. 🙂

    • siti March 11, 2014 at 9:38 am Reply

      oh yaaaaaaa wah aku belum pernah transaksi sih karena kemarin mau beli2 sesuatu gak ada stock..iya memang aku lihat lebih murah kayak herbalife cuma 175 ribu sedang aslinya 230 an … lumayan lah………….

      aku juga cb jualan disana tapi sepi yaa…:(

      • nengsyera March 12, 2014 at 4:11 am

        bukan sepi kak, mgkn rejeki blm menghampiri..
        adekqu crita perputaran uang dsna malah besar loh, milyaran dlm sbulan 🙂
        jd sabar aja..dan hrs berani bersaing, atau gmn klo kakak jualan makanan khas makassar di tokopedia?
        misal kya sambel rawit orange itu lohh..aq cari2 ga ada yg jual di tokopedia
        atau mgkn jualan ikan kering sunu, atau sarung2 khas sana..kan siapa tau lakuuu dan byk dicari 😀

        cuma ide sihhh, krn aq trmsuk kesulitan cari makanan khas makassar kya sambel bakso ato ikan sunu..di jakarta ga ada ciiin…hehehehe

      • siti March 12, 2014 at 7:07 am

        ohhh yaaa ide yanng bagus juga yaa…. benar tuh dari kemarin sy cari produk khas disni dan kira2 banyak yang minat gak ? pasti banyak ya…nti aku hunting dulu ke home industry nya ya biar aku bisa jual produk mereka via online….idemu menarikkkkkkkkk 🙂

  4. Mameg March 18, 2014 at 3:50 pm Reply

    masih lebih asyik tokobagus yg dulu, ya kan?

    • siti March 19, 2014 at 12:30 am Reply

      iya i love toko bagus walau sekarang sisa bisa posting 10 iklan 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: