Advertisements

Tips nutrisi agar bisa hamil anak kembar


Ini postingan sebenarnya buat saya pribadi, karena menurutku menulis itu bisa membuat saya bisa ingat dan ngerti lebih dari cuma sekedar membaca, makanya dari tadi googling terus mengumpulkan summary dari berbagai sumber, dari kemarin saya sama Mr Big diskusi tingkat tinggi soal planning kedepan untuk segera punya anak, dan hasil diskusinya sepakat pengen punya bayi kembar emas, yang ribet kan dari keturunan kami berdua tak ada history kembar. Dan saya pun mulai mencari informasi di internet nih dan hasilnya aku simpulkan disini ya, biar bisa sharing, namanya juga usaha,anggap saja ini doa mulai usaha,  ini aku kutip dari berbagai sumber

Ternyata aku baru tahu kalau kehamilan kembar tidak selalu bergantung pada gen dan faktor keturunan, karena beberapa makanan kesuburan dapat membantu Anda meningkatkan peluang memiliki anak kembar.

Sudah terbukti bahwa diet yang sehat dapat membantu meningkatkan peluang untuk konsepsi (pembuahan). Meski tak ada jaminan bahwa makanan tertentu dapat membuat kita bisa memiliki anak kembar, tapi setidaknya bisa meningkatkan peluang kehamilan anak kembar.

Berikut beberapa nutrisi yang bisa membantu memiliki anak kembar

1. Ketela

Orang-orang suku Yaruba di Nigeria dilaporkan memiliki tingkat kelahiran kembar yang tinggi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa konsumsi ketela yang tinggi dalam pola dietnya ikut berperan besar.

Ketela masuk dalam keluarga umbi-umbian, yang merupakan sumber fitoestrogen dan progesteron. Kehadiran bahan kimia ini dapat membantu hiper-ovulasi. Orang yang mengonsumsi ketela liar telah dilaporkan memiliki tingkat kelahiran kembar tinggi.

Ada juga sumber yang saya baca ubi jalar, emang ubi jalar sama ketela kayaknya sama saja kan! Memasukkan ubi jalar dalam diet harian adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesempatan memiliki anak kembar. Singkong adalah jenis ubi jalar yang dikenal untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya bayi kembar. Ubi mengandung bahan kimia yang dikenal merangsang ovulasi hiper telur yang dapat menyebabkan konsepsi dengan kembar. Siap-siap beli untuk nyetok di kulkas, camilannya nanti ubi jalar goreng deh ….!!!

2. Produk susu

Produk susu seperti susu, mentega dan keju dapat juga membantu Anda memiliki anak kembar karena mengandung banyak kalsium. Kalsium tidak hanya bertanggungjawab untuk kesehatan tulang, tetapi juga sistem reproduksi yang sehat.

Menurut Dr Gary Steinman, seorang dokter di Long Island Jewish Medical Center, wanita yang memiliki konsumsi tinggi produk susu memiliki lima kali lebih banyak kesempatan untuk memiliki anak kembar dibanding wanita yang tidak mengonsumsinya. Sedang saya nih sekarang benar-benar malas komsumsi susu, waktunya belanja bulanan akh mau nyetok susu yang banyak.

Kan ramai kan di Indonesia banyak susu yang ditawarkan untuk proses mempercepat kehamilan, di iklan-iklan televisi, wah patut di coba deh.

3. Asam folat

Penelitian telah mengaitkan konsumsi asam folat dengan kelahiran kembar. Makanan seperti kacang-kacangan, bayam dan buat bit adalah makanan kesuburan yang baik karena kaya akan asam folat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim Australia menemukan bahwa kemungkinan memiliki anak kembar meningkat sebesar 40 persen pada wanita yang banyak mengonsumsi makanan atau suplemen asam folat ketika mencoba untuk hamil.

Buah bit ini kayaknya bakalan susah di dapat deh ya, kan masih langganan kacang-kacangan dan bayam saja cuma takutnya kena asam urat deh kalau kebanyakan kacang-kacangan.

4. Karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran adalah makanan yang sangat baik jika ingin mengalami kehamilan kembar. Nutrisi ini dapat meningkatkan ovulasi tanpa memicu kenaikan insulin. Nampaknya juicer baru untuk buat bubur sehat dari biji-bijian nih akan sangat bermanfaat buat program ini.Langsung ingat promo juicer minggu lalu di super market. cuma juicernya muahal*mulai OOT 😀

sumber : http://www.rahasiahamil.com

Jadi week end ini mau fokus ke empat hal tersebut diatas,  soalnya dari berbagai diskusi yang saya lakukan dengan teman – teman ataupun teman yang sudah menjadi dokter tetap mereka selalu pesimis kalau mendapatkan bayi kembar itu mesti ada faktor genetik dari kedua belah pihak.

Kenapa kami sangat pengen bayi kembar,  simplenya sih sekali melahirkan dapat dua, kalau bisa dapat kembar emas alhamdulilah, jadi sisa fokus untuk masa depan keduanya, jadi repotnya sekali, walau memang mungkin mengurusnya akan butuh effort dua kali dibanding punya anak tidak kembar.

Satu sih yang sedikit mengkhawatirkan jika memimpikan memiliki bayi kembar, yang bantu ngurusin nanti siapa ? soalnya Mr Big tak mau punya baby sitter dan orang tua saya juga sekarang bantu urusin cucu kesayangan anak kakak saya. Wah terbayang melihat adik ipar saya urus bayi satu saja minta ampun ribetnya, padahal ibu si anak ini tak kerja. Memang menjadi orang tua itu penuh tantangan dan amanah ya, itulah seni dan warna hidup yang mesti di lakoni episode nya. Tapi saya yakin semuanya selalu ada jalan jika kita mengupayakan dengan penuh ikhtiar. Walau sebenarnya kelihatan nya semuanya tak mudah :-). Siap-siap bekerja lebih keras untuk mencari nafkah lebih…demi mimpi punya twin B !!! 

BANNER FREE MEMBER

Advertisements

Tagged: , , , ,

27 thoughts on “Tips nutrisi agar bisa hamil anak kembar

  1. Tami Kunz February 27, 2014 at 9:43 am Reply

    Saya sempat berdoa terus dalam sholat spy dikasih anak sekaligus kembar karena faktor usia yang termasuk ketinggalan kereta.. Skr sedang hamil tua anak pertama, ngerasain beratnya di punggung, ga kebayang kalo dikali 2, huhu.. Dikasih Allah satu per satu aja dulu, alhamdulillah.
    Salam kenal 🙂

    • siti February 27, 2014 at 9:53 am Reply

      wah selamat ya mbak, iya pasti lebih berat perjuangannya kalau hamil kembar dan ngurusnya juga pasti mesti bekerjasama dan bersinergi dengan suami…salam kenal juga mbak dan semoga lancar nanti lahirannnya 🙂

  2. pursuingmydreams February 27, 2014 at 10:01 am Reply

    Kesempatan punya anak kembar lebih besar kalau hamil di usia tua, diatas 40 thn an, itu kenapa banyak artis yg usia matang punya anak kembar 😀 . Tapi beresiko juga ah hamil di usia tua 😦 .

    • siti February 27, 2014 at 10:25 am Reply

      akhhh kelamaan kalo gitu mbak, masak nunggu 10 tahun lagi…hihi mr big ntar keburu jadi kakek2 … iya sih aku juga bacanya begitu …

      • pursuingmydreams March 3, 2014 at 6:35 pm

        Hehehe iyalah, udah ga usah nunggu2 lama 😀 .

  3. nyonyasepatu February 27, 2014 at 10:19 am Reply

    pengen punya anak kembar yaa 🙂 aku dulu sempet kepengen juga sih tapi bayangin ngurusnya pasti repot ya hehe

    • siti February 27, 2014 at 10:25 am Reply

      hahhaha sama Non, saya bayangkan satu saja sudah rempong apalagi 2 apalagi 3 yaaaaaaaa

      • nyonyasepatu February 27, 2014 at 10:27 am

        bisa coplok pundakku gendongnya (lah kan ada stroller ya haheehe). kayaknya aku ketuaan nih Siti kalo pengen punya anak kembar haha. udah gak kuat lagi kakinya

  4. cerita4musim February 28, 2014 at 3:47 pm Reply

    Sering bgt nonton acara mengenai anak kembar tapi satunya gak beruntung seperti lahir dgn ukuran kecil dibanding sodara kembar nya, jd mikir dua kali lagi kpengen kembar, kesian keknya..

    • siti March 1, 2014 at 3:15 am Reply

      iya bener mbak… kadang memang lihatnya ribet banget urus nya….dan kadang ada proses lahirannya bermasalah

  5. Fascha March 3, 2014 at 3:28 pm Reply

    Lucu juga sih ya kl pny anak kembar … Tp kl dikasih satu dulu sih alhamdulillah banget deh mbak… *sambil ngunyah ketela dan minum susu*

    • siti March 4, 2014 at 12:48 am Reply

      hahahah iya mbak di cobaiiiinnn yaaa smg sukses

  6. Nisa November 28, 2014 at 5:33 am Reply

    Wah menarik nih mbak siti….kebetulan aku juga pengen kembar dan demen minum susu hehe…

    • siti November 28, 2014 at 8:58 am Reply

      iyaaa aku juga pengen

  7. margondes December 17, 2014 at 3:45 pm Reply

    anak kami sudah 2 cowok semua
    setelah baca ini jadi punya angan2 nambah cewek 2 sekalian
    heuheu

    • siti December 19, 2014 at 1:55 am Reply

      iyaa silahkan di coba yaa… siapa tahu berhasil

  8. samrai March 16, 2015 at 2:58 pm Reply

    sama2 saling mendoakan ya sist =) kami juga terus berusaha dan berdoa.
    walau ga ngotot juga sekasihnya Allah aja.
    dari riset saya sendiri melalui internet kiat punya anak itu:
    mendengarkan surah ar rahman setiap hari
    sedekah terus
    zikir astaghfirullahalazim setiap saat kecuali saat di kamar mandi
    baca doa nabi zakaria as, nabi ibrahim as saat meminta anak
    minum 1sdt madu, 1sdt minyak habatsauda, 1sdt minyak zaitun 2x sehari.

    dan usaha2 lainnya asal halal.

    kalo sista udah tokcer kasih tau resepnya biar bisa dipraktikkan juga heheh, saya doakan hamil di waktu tepat aamiin. doakan saya juga.

    salam.

  9. jojor renta maranatha May 15, 2015 at 1:48 pm Reply

    Hai mba…aku lg hamil anak kembar…keluarga suami dan keluargaku gak ada keturunan kembar…blm ketahuan sih kembar identik apa tdk, baru 2 minggu lg kata dokternya…nah menikah kurang lebih 6 bulan, aku 2x sehari konsumsi air kacang ijo dan susu kedelai (buat sendiri). Niatnya untuk menaikan hb, krn hb ku rendah. Nah setelah menikah aku gak pake kosong. Trus aku baca2, ternyata kacang2an itu sangat menyuburkan dan bs buat promil (program hamil) anak kembar. Hehehe baru tau setelah jd…

    • siti May 16, 2015 at 8:41 am Reply

      ohhh ya itu program setelah menikah tadi maksudnya gak pake? gak minum? wah selamat ya… saya aja belum serius program nih.. baru mau serius lagi tahun ini

  10. Masdalifah August 11, 2015 at 5:07 pm Reply

    Rasa.a pengen punya beby kembar jg mbak , tp apa itu yakin dengan cara kya gitu , bisa mempunya anak kembar ?

    • siti August 12, 2015 at 3:14 am Reply

      iya mbak, teorinya memang begitu….

  11. cho September 1, 2015 at 5:58 am Reply

    empat faktornya dijalankan oleh istri atau suami atau kedua ny???

    • siti September 1, 2015 at 1:13 pm Reply

      iya … wajib… biar kesuburanya sama

  12. Yana September 6, 2015 at 5:36 am Reply

    Hai bunda2…. Salam kenal.
    Seru nich kya a pnya anak kembar
    Aq pikir bisa pnya ank kmbar cma fktor keturunan ajh. Trnyta jga ada tips2 laen.
    Sekarang aq udah hamil 5minggu. Semoga tanpa tips2 tdi ttep dikasih anak kembar. Hehee……….bisa a tinggal berDoa

    • siti September 6, 2015 at 12:48 pm Reply

      aamin YRA…. semoga lancar sampai persalinana ya..

  13. ajeng September 21, 2015 at 11:43 pm Reply

    Hii, diskusi yang seruu ku kura aku aja yg pengen beli 1 gratis 1,, hehe
    Btw mba situ gimana prospek nya?? Sdh ada hasil kah dari promilnya?? Klo sdh kabarin donks..

    • siti September 22, 2015 at 12:35 am Reply

      promilnya mmg kurang fokus kemarin.. santai saja sih kami.. mungkin baru mulai di oktober ini… nanti dikabar kabari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: