Advertisements

Cara Apply Visa 317 ( Vitas 317 / Penyatuan Keluarga ) untuk pasangan campuran


Pic taken from www.h1base.com

Pic taken from http://www.h1base.com

Header 728 x 90 (2)

Ini adalah postingan lanjutan dari cara buat KITAS yang pernah saya posting disini , jadi saya summary lagi bahwa untuk mendapatkan izin tinggal terbatas  ( ITAS ) di Indonesia ada 2 cara umum sbb :
BANNER FREE MEMBER

  1. Melalui sponsor perusahaan, yang menguruskan semua persyaratan hingga visa adalah perusahaan dan akan mendapatkan KITAS Sponsor perusahaan
  2. Melalui sponsor Istri suami dengan menggunakan izin tinggal VISA 317 ( Penyatuan keluarga ) dengan proses telex visa

Selain cara diatas banyak WNA juga menggunakan izin tinggal kunjungan ( Visa Sosial Budaya, Visa On Arrival ) namun waktunya terbatas, visa sosbud hanya 60 hari dan bisa di perpanjang 4x, tiap perpanjangan 30 hari berarti waktu yang didapat untuk tinggal di Indonesia adalah 60+40×4= 6 bulan saja. Setelah ini mesti EPO ( Exit Permit Only ) harus ke luar negeri dulu baru masuk kembali dengan visa turis atau visa sosbud lagi.

dewaweb_promo_04_728x90

Kenapa menggunakan ITAS/ KITAS ?? supaya tak pusing urusan perpanjangan visa terus, apalagi kalau mau menetap disini, masa tiap 6 bulan mesti ke luar negeri hanya untuk masuk kembali dengan visa yang baru, jadi pilihannya ya mesti apply ITAS( Izin Tinggal Terbatas )  untuk dapatkan KITAS ( Kartu Izin Tinggal Terbatas ). KITAS ini berlaku 1 tahun untuk yang mendapatkan KITAS sponsor perusahaan dalam rangka pendidikan bisa diberi langsung dua tahun. Namun kalau hanya sponsor istri ya biasanya dikasihnya setahun dan diperpanjang tiap tahunnya. Biayanya KITAS 1 THN  Rp 1,855,000/ tahun.

trade online

Dan di postingan saya ini menjelaskan bagaimana cara saya menguruskan visa kunjungan suami ( VKSB ) beralih status menjadi KITAS. Tanpa harus ke luar negeri lagi dan masuk lagi untuk VITAS Online.

Untuk mendapatkan KITAS ini, seperti penjelasan saya tadi ada dua cara :

  1. Alih status dari visa kunjungan ( Visa Sosial Budaya only, visa turis tidak bisa ) dengan cara saya pernah lakukan dan berhasil dengan tarif normal butuh proses 1 bulan.
  2. Apply Vitas Online dengan menggunakan VISA 317 tapi sang WNA perlu ke luar negeri lagi untuk masuk kembali ke Indonesia. Yang bisa apply ini hanya yang sudah resmi menikah ya, karena namanya saja visa penyatuan keluarga. Suami mau bersatu dengan istri atau sebaliknya.Atau anak atau orang tua.

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Untuk lebih detail cara apply VITAS 317 Online ini saya jabarkan sebagai berikut :

Thanks to Mbak Eka Alam Sari untuk Share foto ini

Thanks to Mbak Eka Alam Sari untuk Share foto ini

Ini baru dapat update terbaru dari teman KPCSS ( Komunitas Pernikahan Campuran Sulawesi Selatan ) tentang  syarat terbaru dari apply VITAS 317 ini

Syarat apply Vitas 317

Syarat apply Vitas 317#sumber dari sharing KKC

 

Syarat yang pertama adalah registerasi online

  1. Surat permohonan dari sponsor ( lihat contoh paling bawah, bermaterei )
  2. Surat pernyataan dan jaminan dari sponsor ( biasanya ini sepaket contoh surat ini biasanya ada di koperasi kanim bisa dibeli dan sisa di isi nama dan tanda tangan. Isinya bisa tulis tangan )
  3. Surat kuasa bermatrei, ini jika meng kuasakan ke orang lain pengurusannya atau pengambilan suratnya nanti.
  4. Copy KTP Sponsor
  5. Copy KK Sponsor
  6. Copy Rekening Tabungan dengan saldo minimal Rp 2,500,000
  7. Copy Buku Nikah / Surat Nikah
  8. Copy surat izin  menikah / CNI/LNI ( ini aturan baru tahun 2014 ), untung saya punya copy-annya karena asli diambil KUA
  9. Copy pelaporan pernikahan ke capil bagi yang menikah di luar negeri
  10. Copy passport WNA
  11. Copy NPWP Sponsor
  12. Map warna hijau
contoh surat pernyataan dan jaminan

contoh surat pernyataan dan jaminan, selalu di insert di setiap surat apapun terkait keimigrasian

Ke semua persyaratan inilah yang dibawa untuk mengurus VITAS 317 ini.

Sekarang langkah-langkah nya ada 4 step sbb :

STEP PERTAMA,

MENGAJUKAN PERMOHONAN VIA ONLINE sbb :

  1. buka ke website resmi imigasi di http://www.imigrasi.go.id
  2. Masuk ke layanan permohonan visa online
  3. Apply for visa approval
  4. Pilih perseorangan / perusahaan / biro jasa ( pilih perseorangan )
  5. registerasi, buat username, password, alamat email dan nomor NPWP ( NPWP tak wajib, kalau tak ada pakai KTP saja )
  6. Scan dan upload document sponsor,
  7. Jika sudah ada email aktifasi, silahkan login menggunakan user dengan password yang telah di daftarkan tadi
  8. Isi formulir via online, dalam sehari imigrasi memberi quota 500 applikasi dan biasanya seharian 800 yang masuk jadi harus pandai melakukan registrasi di malam hari kalau bisa tengah malam biar besok paginya sudah dapat email notifikasi penerimaan aplikasinya.pastikan terkirim dan kalau perlu ulangi berkali kali ( scan berwarna, sabar saja butuh berjam jam kadang untuk upload semuanya. Ada 3 kolom untuk upload ingat semua di upload, untuk NPWP ( kalau tak punya upload KTP saja tak masalah kok, untuk pasport semua di scan full book ya termasuk halaman kosongnya, dibagi ke dalam 5 file, setiap kolom upload bisa kok upload lebih dari 1 dokumen,  maximal 1 file besarnya  400kb, kalau kebesaran kadang error. Jangan lupa semua dokumen diatas di upload, kalau ada yang kurang tak akan di terima aplikasinya. Jadi sabar saja. Ingat semua file diberi nama misal Paspor,JPG, KTP Mrbig jpg. Tabungan Mrs Big JPG, kalau file lebih dari 1 beri tanda misal tabungan mrsbig1.jpg dst, baru cek dulu baru submit form nya tak perlu buru buru, cek attach hasil upload sudah tersubmit semua akan ada info 100% jika file terupload, bagian upload dokumen ini di page 2 ya, setelah isi form.Saat scan passport diakali, karena harus scan full book, setiap halaman passport itu di scan dan ukurannya di perkecil  di agar dalam 1 halaman A4 bisa jadi sekitar 12 halaman buku pasport, termasuk halaman kosong juga dikecilkan, dan setiap file ini dimaksimalkan  ukuran filennya 400 kb.kalau kebesaran resolusinya dikecilkan. Agar dokumen ini berhasil sukses ter upload.Biar tak bingung pakai cara mbak Bunga dibawah ini pakai corel draw
  9. Cek aktivasi code melalui email yang telah di daftarkan.
Tips scan full book pasport untuk apply visa 317 via corel draw

Tips scan full book pasport untuk apply visa 317 via corel draw

STEP KE DUA 

Mengecek email dan menerima tanda terima permohonan,jika sudah menunggu lama tak ada email cek inbox, spam terus kembali ke website imigrasi.co.id tadi masukkan user dan password coba klik  saya iseng klik ke cetak tanda terima permohonan, biasanya di sana ada slip tanda pembayaran yang meminta anda untuk datang pada tanggal sekian  ke ditjen imigrasi untuk membayar dan mengumpulkan dokumen.BerartI sisa menunggu konfirmasi kembali akan tanda persetujuan permohonan visa, kalau mulus misalnya apply tanggal 1 jika sukses dan file semua terupload by sistem akan dapat notifikasi emaill bahwa aplikasi visa 317 anda telah diterima dan akan segera di proses, jika beruntung di hari yang sama akan mendapatkan email pemberitahuan akan approval atau tidaknya permintaan anda, dan kemudian akan ada lagi email untuk di print out dan dibayarkan ke dirjen imigrasi, bukti approval visa 317 nya.Kalau dulu disebut telex visa karena pihak dirjen imigrasi mengirimkan telex visa ke kedutaan dituju nah sekarang dengan adanya bukti pengabulan /approval visa 317 sudah bisa dilampirkan/di scan ke WNA yang di LN untuk dibawa sebagai bukti untuk mengambil visa 317 nya di kedutaan tersebut.

STEP KETIGA

Proses pembayaran dan pengambilan bukti approval telex visa di kantor DIRJEN Imigrasi Kuningan Jakarta baik itu sang sponsor/pemohon atau yang mewakili dengan membawa surat kuasa dan berkas asli yang telah di scan.

  1. Pembayaran biaya PNBP sebesar Rp100,000 di bagian loket dengan membawa notifikasi email persetujuan permohonan, dilakukan dibawah pukul 11.30 WIB Dengan membawa serta surat asli surat permohonan, surat pernyataan dan jaminan serta jika diwakilka membawa surat kuasa .
  2. Pengambilan copy approval, selesai deh. Copy approval ini silahkan di scan email ke WNA untuk dibawa serta dalam berkas untuk apply visa di luar negeri.

STEP KE EMPAT

Ketika sudah mendapat approval dari dirjen, maka DIRJEN akan mengirimkan TELEX VISA ke KBRI yang rencananya WNA akan apply  VISA 317 ini, setelah kira-kira tiga hari maka KBRI tujuan akan mengkontak WNA untuk datang membawa berkas WNA dan data sponsor yang pernah di apply online saat registrasi di awal sbb :

1. Copy paspor WNA  bagian datanya aja + visa 317 + stamp waktu arrival
2. Copy surat pengabulan dirjen imigrasi ( ada dari email approval visa 317 )
3. Copy domisili WNA  ( diminta ke kelurahan domisili pasangan WNI, minta saja surat ket domisili )
4. Copy KTP + KK istri (semua harus di kertas lembaran A4 ya..ktp jgn fotokopi yg kecil2)
5. Copy akta pernikahan catatan sipil/ buku  nikah
6. Surat permohonan (hanya tanda tangan tanpa materai)
7. Surat pernyataan dan jaminan (materai rp6000)
8. Copy CNI/LNI  dari kedutaan, dan dokumen lain yang sama seperti saat apply VITAS

lalu isi form PERDIM 24, menunggu 3 hari disuruh kembali lagi.

Ini tambahan dari mbak Diah & mbak Ristan  yang sukses mendapatkan KITAS dengan vitas 317 ini

Info syarat apply KITAS dari Vitas 317 versi Kanim Cirebon dan pengalaman Mbak Ristan

Info syarat apply KITAS dari Vitas 317 versi salah satu Kanim domisili Mbak Ristan

syarat tambahan untuk proses apply KITAS di KANIM dengan proses Telex Visa 317

syarat tambahan untuk proses apply KITAS di KANIM dengan proses Telex Visa 317 #Thanks Mbak Dyah updatenya

Beberapa saran untuk proses tujuan  Telex approval vitas 317 approval adalah ke negara tetangga terdekat, Malaysia atau Singapore, jadi sang WNA kemudian terbang ke luar negeri, terserah mau di KBRI di Singapore atau Malaysia, namun rekomendasi biaya termurah bisa di KBRI di Penang Malaysia, proses bisa sehari atau dua hari. Prosesnya sama dengan semua berkas ini dimasukkan disana dan akan di informasikan waktu pengambilan visa nya. Paling lama sih dua hari sejak masuk, itu menurut info teman-teman KKC yang melakukan tahap ini. 

contoh salah satu teman yang sudah melakukan pengambilan visa di Kedutaan RI di Kuala Lumpur, Malaysia prosesnya adalah berangkat ke KL subuh dan antri kedutaan jam 9 pagi, dan dijanjikan visa sudah bbisa diambil keesokan harinya jam 2 siang dengan biaya RM 359 ( IDR 3264.1,171,776 kurs 24 juni 2016 ).Jadi kalau di KL, Malaysia butuh 1 hari saja.

Untuk proses detail bisa dilihat di foto dibawah ini

Pic belong to Mbak Eka Alam Sari, thanks for update info

Pic belong to Mbak Eka Alam Sari, thanks for  the  update info

Nah jika di passport WNA sudah dapat stempel visa 317 langsung deh terbang ke INDONESIA raya ini, langsung mendarat di Bandara Soekarno Hatta,

Per February 2016 ini, diberlakukan pelaporan online bagi WNA yg masuk ke Indonesia dengan visa 317.
Di copy approval pun sudah tertulis, begitu tiba di Indonesia harap segera mendaftarkan ke Masuk ke Indonesia, di bandara langsung registerasi online / sign up di bagian kedatangan, masukkan visa di passport yang sudah didapatkan di KJRI luar negeri, login ke link dibawah ini.

http://izintinggal.imigrasi.go.id/IT-online/ Nah setelah itu masuk ke bagian ITAS online mengisi no paspor WNA dan no.penguasaan Visa yg ada di copy approval dr Dirjen Imigrasi.

Selanjut mengisi data alamat terkini WNA dan alamat email konfirmasi. Nanti akan ada email notifikasi berisi no pendaftaran dan ke KANIM mana (sesuai alamat terkini WNA) KITAS akan diproses.

Tambahan dari mbak Hera, terima kasih update nya :-)

Tambahan dari mbak Hera, terima kasih update nya 🙂

Kisah pengalaman dari Mbak Lyz, thanks info updatenya

Kisah pengalaman dari Mbak Lyz, thanks info updatenya

Setelah tiba di kota tujuan  sesuai yang sudah di daftarkan pada pelaporan saat kedatangan, email informasi kanim tempat proses pembuatan KITAS nya  silahkan langsung proses apply KITAS nya di Kanim tujuan,  biaya terupdate saat ini  IDR 2,055,000 Itu diluar pembayaran visa 317 yang dibayarkan si WNA di kedutaan RI diluar negeri seperti contoh jika ambilnya di kedutaan RI di Singapore bayarnya hampir $140, jadi sekitar hampir 1.3 juta rupiah, atau kalau di KL Malaysia bayarnya 1,1 jutaan (RM359) total biaya di jumlahkan saja,  ( IDR3,3 jutaan ) untuk proses di KANIM prosesnya3-4 hari kerja.

Sebagai saran dari teman teman jika sang WNA di Indonesia dan mau EPO, sebaiknya setelah proses apply online dan sudah terima email approval ya, akan diberi waktu kok dalam 60 hari untuk mengambil visanya di KJRI yang dituju, biar hemat biaya, di cek hari kerja kedutaan tempat yang dituju, biar tak dapat hari libur, biasanya ada jam tertentu untuk penerimaan berkas dan pengambilannnya, kalau semua lancar dan tak ada hari libur paling 1 atau 2 hari sudah bisa diambil visa nya.Paling enak sebenarnya jika si WNA belum masuk ke Indonesia bahkan jikapun si pasangan campur masih diluar negeri sudah bisa apply asalkan semua dokumen lengkap ya, nanti di Jakarta untuk proses pembayaran kan bisa di kuasakan.Jadi si pasangan wni & wna bisa berbarengan masuk ke Indonesia jika sudah mendapatkan approval. Simple kan setelah masuk ke Indonesia sisa ke kanim buat urus KITASnya,  nah update proses pembuatan KITAS saat ini sudah  berubah bisa di cek di tarif ini ini saya tambahkan informasi tarif biaya keimigrasian terbaru versi July 2015 yang bisa dibaca detail di postingan ini.

tarif ITAS 1 Tahun update 2015

tarif ITAS 1 Tahun update 2015

Biaya ITAS 1 Thn update 2015

Biaya MERP 1 Thn update 2015, ini wajib diambil sepaket dengan ITAS 1 Thn jadi biaya buat KITAS Bengkak sekarang 😦

Mudah kan caranya, kelihatan ribet, menurutku lebih simpel dari pada proses alih status dari visa kunjungan ke visa ITAS dan menjadi KITAS, pengalaman saya proses alih status butuh 1 bulan dan melewati tiga kantor, kanim Makassar, Kanwil Hukum & HAM Makassar dan Kantor DIRJEN Imigrasi Kuningan. Prosesnya berjenjang jadi lama, dan baru juga ada teman pelaku kapur di Makassar melakukan hal yang sama dengan saya dan prosesnya dua bulan, untunglah kanim tidak mengenakan over stay ke WNA nya karena memang passport tertahan di kanim selama proses pengurusan dan ditangguhkan secara otomatis. Sedang proses telex visa ini ketika masuk Indonesia langsung bisa mengurus ke kanim setempat dan bisa sehari jadi, cuma memang kelemahannnya ya biayanya lebih mahal karena sang WNA mesti EPO ke luar negeri lagi tentunya butuh biaya akomodasi dan pesawat PP, biar lebih detail mari kita lihat plus minusnya ya…

dewaweb_promo_04_728x90

Alih status ITK ke ITAS  / Konversi visa sosbud ke vitas  

  • Murah karena jika WNA sudah di Indonesia dan mau tinggal permanent disini tak perlu ke luar negeri lagi sisa alih status menjadi KITAS

Apply TELEX Visa untuk VITAS 317 

  • Proses mudah dan cepat, ketika sudah masuk Indonesia sisa ke KANIM untuk proses pembuatan KITAS nya, yang ribet waktu apply saja dan mesti ambil copy approvalnya ke kantor DIRJEN bisa dikuasakan juga,
  • Ini menguntungkan untuk WNA yang masih di luar negeri, jadinya murah namun menjadi beban biaya lagi jika WNA sudah di Indonesia karena mesti EPO ke KBRI luar negeri terdekat untuk masuk kembali dengan stempel visa 317.

Sebagai bonus tambahan ini contoh surat permohonan sponsor  untuk apply VISA 317 ini ya

 
Makassar, —————
Kepada Yth.
Direktorat Jenderal Imigrasi RI
JL. Rasuna Said Kav.8-9, Kuningan
akarta Selatan.
Phone 021 5224658
Perihal : Permohonan Visa Izin Tinggal Terbatas (Visa 317) untuk suami a/n _________
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                       : —————–
Tempat & tgl lahir      : ———————
Pekerjaan                 : ———————
Kebangsaan              : Indonesia
Alamat sekarang       :———————————
Dengan ini kami mengajukan permohonan untuk pengajuan Visa Izin Tinggal Terbats (Visa 317)  kepada suami saya yang datanya tersebut di bawah ini:
Nama                       : ———————-
Tempat/tgl lahir         : ———————-
Passport No.            : ———————–
Kebangsaan             : ———————–
Pekerjaan                 : ———————–
Perlu saya sampaikan bahwa permohonan ini saya ajukan karena suami saya tersebut di atas akan mengunjungi saya sebagai istrinya, dan akan tinggal di _____________ (alamat istri).
Keberadaan suami di Indonesia akan menjadi tanggung jawab saya.
Demikianlah permohonan ini saya buat, atas perhatian, bantuan dan kebijaksanaan Bapak, kami mengucapkan terima kasih.
Hormat kami,
(istri )
Email : —–

Semoga info ini bermanfaat untuk kawan-kawan pelaku kapur yang sedang mau berproses ke KITAS ya silahkan di pilih proses yang termudah nya 🙂 dan informasi terkait Visa 317 ini memecahkan record dengan comment terbanyak di website ini dan saya sudah update per 24 Juni 2016, lebih dari 500 comment dan banyak yang telah sukses dan berbagi informasi update juga, saya sudah update sesuai aturan terbaru semoga makin banyak pasangan yang terbantu ya. Untuk teman teman pelaku kawin campur, selalu ada jalan buat semua urusan birokrasi kuncinya, cari tahu dengan teman yang lebih paham, temukan komunitasnya dan cari ilmunya dan langsung urus sendiri dijamin semua akan ada jalan dan selalu ada kemudahan dalam prosesnya. Salam Birokrasi 🙂

header 728 x 90 3

Kumpul Komunitas banner 300

Advertisements

Tagged: , , , , , ,

692 thoughts on “Cara Apply Visa 317 ( Vitas 317 / Penyatuan Keluarga ) untuk pasangan campuran

  1. delyan January 28, 2017 at 4:01 pm Reply

    Wadu mba beneran?? yang imigrasi belum selesai sekarang malah giliran kemungkinan muncul masalah KTP. Mikirnya aja udah pasti bakal repot urusnya. Ktp, KK dsb dsb. Waleehh -__-!

    • siti January 29, 2017 at 4:30 pm Reply

      iya mari berdoa agar kita dimudahkan yahhh… saya masih di jakarta balik ambon saya akna coba urus dulu.

  2. Betty February 17, 2017 at 2:46 am Reply

    Dear Bu Siti,

    terima kasih untuk tulisannya yang sangat berguna.
    Saat ini saya sedang berencana mengurus VITAS untuk suami saya.
    Jika suami berencana dating awal April 2017, kapan sebaiknya saya mulai mengurus VITAS nya?
    Saya kuatir apakah VITAS ini ada masa berlakunya, misalnya harus digunakan sebulan setelah dapat atau bagaimana…

    Terima kasih sebelumnya.

    Have a nice day 🙂

    Best regards,
    Betty

    • siti February 17, 2017 at 5:18 am Reply

      sengatku memang ada masa berlakunya, saya tak tahu pastinya.. sebaiknya urus 2 minggu sebelumnya biar tak kelamaan

  3. Betty February 20, 2017 at 2:27 am Reply

    Begitu ya, sip, terima kasih mbak atas replynya yang super cepat 🙂

  4. Wilda ahamed February 23, 2017 at 11:55 am Reply

    Salam Mba Siti, terimakasih atas pencerahannya tentang pembuatan kitasnya, saya ikut step2nya alhamdulillah berhasil. April ini kitas suami saya habis. Untuk memperpanjangnya apakah saya harus mulai semuanya dari awal? Bisakah saya minta kontak emailnya mba siti? Terimakasih 🙂

  5. Abu Muawiyah February 28, 2017 at 12:29 am Reply

    Assalamu’alaikum.

    Maaf mengganggu bu. Saya mau bertanya tentang Apply KITAS 317.

    Apakah saya perlu membawa bersama anak-anak dan isteri saya (WNA) sewaktu membuat pembayaran dan pengambilan bukti approval telex visa di kantor DIRJEN Imigrasi Kuningan Jakarta. Saya tinggal di Pekanbaru, Riau.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    • siti February 28, 2017 at 2:24 am Reply

      tidak perlu pak, bisa diwakilkan juga pakai surat kuasa kan cuma bayar dan ambil bukti bayar..

  6. richie ricardo February 28, 2017 at 6:59 am Reply

    apakah pengurusan vitas bisa di wakilkan atw di beri kuasa dari awal hingga penyerahan telex visa?jika di urus langsung dengan datang ke dirjen?

    jika bisa

    untuk menghemat waktu..apakah bisa kita mengambil dan mengisi formulir vitas 317..dulu dan kita bawa pulang dan di isis formulirnya di rumah dan keesokan harinya beserta kelengkapannya dokumen dalam hal ini..kita baru ke dirjennya?

    • siti February 28, 2017 at 2:00 pm Reply

      wah saya belum tahu untuk pengurusan semuanya menurut hemat saya semua bisa di wakilkan asal ada surat kuasa dan berkas lengkap ..

      • Ristan February 28, 2017 at 4:40 pm

        Barusan saya jadi baca2 lagi mbak..ternyata ada juga yang bisa walk in ya ke dirjen tanpa online..
        Saya sih disuruh pulang waktu coba ke sana dulu hahaha
        Mbak, penasaran baca yang razia WNA, itu gimana razianya ya? Tau2 dateng ke rumah gitu?

      • siti February 28, 2017 at 10:01 pm

        iya mbak asal dokumen lengkap saya rasa tak ada masalah…memang menurut info staf kanim ada kewajiban mereka melakukan sidak bagi wna yang berkegiatan di RI di cek saja apakah dokumen sesuai dengan yang di lapangan mereka tetap mau kerjakan job desk mereka di bagian pengawasan WNA

      • richie ricardo March 3, 2017 at 7:26 am

        oke mbak terimakasih atas informasinya

      • siti March 4, 2017 at 2:42 am

        sama sama…

    • Ristan February 28, 2017 at 3:40 pm Reply

      Maaf, saya agak lupa karena saya apply vitas 317 tahun 2014. Tapi seingat saya, sejak saat itu juga VITAS hanya bisa apply online. Semua dokumen pendukung upload di websitenya. Formulir juga isi online. Jadi nanti jika sudah dapat email bahwa online application berhasil, baru bawa copy dokumen (yang sebelumnya sudah diupload) ke dirjen. Ini seharusnya bisa dikuasakan asal bawa surat kuasa bermaterai.

      Mungkin yang sudah apply belakangan bisa menambahkan.

      • siti February 28, 2017 at 3:45 pm

        terima kasih mba ristan sudah update saya juga sudah mulai lupa lupa nih…

  7. ira March 14, 2017 at 7:21 am Reply

    Mbak siti ada contoh surat kuasanya ya?

    • siti March 15, 2017 at 12:58 am Reply

      redaksi surat kuasa saja, saya sudah lupa taro dimana..

  8. Erick March 29, 2017 at 10:37 am Reply

    Mbak sy mau nanya dong, istri sekarang lagi proses untuk membuat kitas dan saat ini sudah sampai ditahap dimana sudah disetujui dan tinggal mengambil visa 317 nya di KL. Sy sudah dapat email dari imigrasinya juga. Yang saya kurang jelas itu, apa saja yang perlu saya siapkan untuk dibawa ke KL? Menurut info dari mereka, yang perlu dibawa adalah print out email persetujuan, ktp istri, dan pas foto 4×6 sebanyak dua lembar. Apakah ini betul mbak? Terima kasih sebelumnya.

    • siti March 29, 2017 at 1:04 pm Reply

      sesuai informasi di email sudah benar adanya…

      • Erick March 31, 2017 at 6:00 am

        Ok terima kasih mbak. Sy mau nanya lagi apakah benar proses pengambilan telex visa di KL hanya memakan waktu satu hari? Sesuai artikel diatas, kalau misalnya submit hari ini besoknya sudah siap diambil. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: