Investasi Emas


Lanjut membahas masalah investasi, tetap donk saya paling hobby jika membahas investasi emas ini, karena banyak pengalaman pribadi saya disini, bahkan sempat saya tertipu investasi emas online, ya namanya pengen investasi tapi ya gitu deh, menghabiskan jatah gagal dulu kali ya…nah, pengen share saja tentang investasi emas yang selalu jadi idola semua orang terkhusus saya… ^_^ !!

Dulu orang investasi emas melalui emas lantakan yang biasa disimpan untuk menjaga nilai agar tak termakan inflasi, dan juga kebanyakan membeli emas perhiasan sebagai simpanan sekaligus digunakan untuk dipakai ke kondangan atau sehari hari. Sejak tahun 2009 kalau tak salah, salah satu perusahaan gadai terbesar di negeri ini menjual produk logam mulia dalam bentuk emas batangan yang di jual dengan cicilan atau cash. Saya termasuk yang ikutan mencicil setiap 6 bulan. Nanti selesai cicilan baru di ambil barangnya. Dan untuk program cicilan selalu pakai DP 20%. 

Namun sejak  PT ANTAM sudah membuka layanan beli cash untuk emas LM dari kepingan 1 gr sampai 1 kg maka sejak itu saya sudah malas mencicil, namun beralih setiap gajian membeli kepingan sesuai dana, kalo dananya ada yang kepingan agak besar kalau lagi cekak ya kepingan se gram juga tak masalah. Kalau mau cek harga LM di beberapa kota secara resmi setiap jam 9 pagi WIB di release harga sell and buy back LM ANTAM bersertfikat seperti ini 

CAST/MINTED BARS MAKASSAR

Gold Bar

Date : 07-03-2014 9:02:00
Buy Back Price :Rp491000,-/gram

Gram Price per Bar (Rp) Price per Gram (Rp) Stock
500 256.800.000 513.600 Available
250 128.500.000 514.000 Available
100 51.500.000 515.000 Available
50 25.825.000 516.500 Available
25 13.000.000 520.000 Available
10 5.270.000 527.000 Available
5 2.670.000 534.000 Available
4 2.136.000 534.000 Available
3 1.611.000 537.000 Available
2.5 1.347.500 539.000 Available
2 1.086.000 543.000 Available
1 563.000 563.000 Available

Bisa lihatkan beda harga kepingan 1 gram sama kepingan diatas nya, makanya banyak investor membeli kepingan besar karena beda harga.Dari 1 gram ke 2 gram bedanya 20 ribu. Dikalikan banyak keping kan juga banyak. Emas ini sepanjang sepengetahuanku jangka investasi menengah karena akan terasa kenaikan harga minimal setahun dan paling bagus dalam waktu lima tahun.

Beberapa kelebihan investasi emas sbb :

1. Likuiditas emas,  dapat dijual dengan relatif mudah di berbagai toko emas ataupun pegadaian. Berbeda dari investasi dalam bentuk produk keuangan, emas memiliki bentuk fisik yang bisa Anda pegang dan simpan.

2. Harga cenderung naik walau kadang ada momentun turun namun secara garis besar dalam lima tahun pasti naik dengan rata 15-20 % / tahun, jadi ketika tujuan kita mengamankan value uang dari kikisan inflasi yag 6,5% tahun sudah bisa memberikan gain lebih juga untuk pertumbuhan value nya.

3. Beli masa depan dengan harga saat ini, misalnya kita berencana beli rumah senilai 1 M untuk saat ini namun nanti belinya 20 tahun lagi, memang bisa ?? ya BISA donk!! dengan emas pasti bisa yang penting disiplin, caranya, misal harga rumah impian 20 tahun lagi yang akan di beli adalah 1,0272  M harga saat ini, kita compare dengan harga emas hari ini dan kita dapatkan dengan 2 kg emas LM harga hari ini.

Rp 513,600 x 2000 gram = Rp  1,027,200,000

dengan prosentasi kenaikan emas rata – rata 15%/tahun  dan melihat history kenaikan emas dari tahun  2000-an hingga 2013 adalah 400%  berarti asumsi 20 tahun bisa menjadi 800 %, dengan melihat contoh grafike kenaikan emas dibawah ini

Kita ambil mudahnya saja kenaikan 10 tahun terakhir dari Rp 100,000 – Rp 500,000 = Rp 400,000 berarti k kenaikannya 400% . Jadi kalau 20 tahun bisa menjadi 800 %. Bisa dibayangkan nilai uang / property kita yang kita inginkan nilainya saat ini 1,027M berarti kalau 800 % nya dalam 20 tahun menjadi = 8,1276 M  value di dua puluh tahun mendatang. Di tahun tersebut anda sudah bisa memiliki rumah yang mewah seharga 8 M. Jadi sekarng bisa mencicil emasnya di Pegadaian bisa, atau bank syariah yang membuka program cicilan LM, silahkan dengan menyetor DP 20 % dan mencicil selama beberapa tahun.  Ini maksud dari membeli nilai di masa depan. Ini tak detail tapi secara garis besar saja.

3. Bisa di gadaikan, ketika kita butuh dana kepepet untuk investasi atau melakukan bisnis dengan mudah emas bisa digadai kan atau bahasa kerennya di sekolah kan, berbagai bank syariah saat ini membuka jasa gadai emas perhiasan atau pun emas LM Antam, saya sudah pernah gunakan jasa BRI Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan terakhir saya menggunakan fasilitas gadai di Bank Sulselbar Syariah. Termasuk jasa pegadaian juga saya pernah gunakan. Karena saya selama ini memfokuskan investasi ke emas sehingga ketika kepepet dana mau invest property dan dana likuid tak ada sedang yang ada cuma LM sehingga solusi menggadai ada lah hal yang paling tepat, soalnya sayang jika kepingan yang koleksi dari beberapa tahun lalu di jual. Sayang saja rasanya, jadinya saya sekolahkan, mencari layanan gadai bisa memilih berdasarkan biaya titip per harinya berapa dan nilai pinjaman yang besar adalah cara terbaik mencari jasa layanan gadai terbaik. Jika saya hitung detailnya dalam penggunaan jasa gadai ini biaya titip yang saya bayarkan dalam setahun adalah 1,4 % / per bulan. Cuma kelemahannya jika di BANK SULSELBAR SYARIAH, biaya titip / sewa mesti bayar dimuka. Jadi pihak bank tak perlu pusing dengan nasabah yang lupa atau menunggak sewa dengan penalty atau lainnya. Namun berat di nasabah kayak saya. Untuk layanan jasa gadai lainnya yang belum pernah saya coba adalah danamon.So far layanan gadai ini sangat membantu setiap saya butuh pinjaman baik untuk bisnis / investasi saya pasti menggadai di bank syariah. Saya tak menyarankan  Pegadaian beban biaya titip lebih mahal.

Selain dari kelebihan manfaat investasi emas diatas beberapa kelemahan dari investasi emas sbb :

  1. Ada perbedaan harga dari perbedaan kepingan, makin besar kepingannya makin murah sedang harga buy back / jual kembali malah sama. Mereka tidak bedakan buy back dari besarnya kepingan jadi merugikan investor ketika menjual kembali.Beda sama kepingan dinar yang beratnya sama berarti harga jualnya seragam tanpa membedakan soal terkait perbedaan kepingan.
  2. Sarana penyimpanan, ketika sudah membeli LM atau emas lantakan akan sangat riskan jika disimpan dirumah jadi mesti memiliki safe deposit box untuk kemanan atau mesti sewa SDB di bank umum dan itu butuh biaya sewa lagi. Kalaupun di taro dirumah ya tetap saja sang investor akan was-was setiap saat bisa di santroni pencuri.
  3. Liquiditas tak secepat investasi tabungan yang bisa langsung di cairkan ketika urgent, emas bisa langsung di jual sih cuma kalau kepingannya besar maka hanya toko tertentu yang bisa menerima atau langsung ke PT ANTAM yang melakukan transaksi jual beli. Dan tentunya harga buy back nya lebih dibawah 2-5% dari harga beli. Makanya disarankan membeli kepingan terkecil saja dari pada membeli kepingan besar. Kenapa? karena ketika butuh di jual peminatnya kebanyakan yang kecil dan juga ketika di gadaikan ketika menebus dengan dan kecil hanya bisa menebus kepingan kecil untuk menebus kepingan besar maka butuh dana besar pula. Makanya saya sudah mulai dari tahun lalu beli kepingan kecil saja tanpa pikirkan harga naik atau turun karena memang ini untuk jangka panjang.
  4. Tren turun naik di jangka pendek, ada moment ketika harga emas turun dan lama jadi kadang jika cuma melaukan summary dalam satu tahun itu kenaikkannya kecil dan tak signifikan jadi kadang tak sesuai harapan investor jangka pendek yang mau high return.
  5. Resiko dari investasi emas adalah hilangnya aset, dan penurunan harganya jika dijual saat harga turun.

Balik lagi bahwa investasi emas adalah salah satu instrumen investasi dari sekian banyak pilihan, menurut para pakar hanya menyarankan 10% dari keseluruhan aset di invest di emas sisanya bisa membeli reksdana , property, ORI atau trading saham.

Jadi ayoo mari di hitung apakah portfolio aset emas sudah 10 % atau belum ? atau punya tujuan investasi yang ingin di capai di masa depan ? bisa menggunakan cara beli emas dengan harga saat ini ukun digunakan di masa datang.

Kalau impian pribadi saya cukup 5 kg emas*mulaingawur.com + pohon duit sudah tumbuh dan berbuah maka akan bersegeralah  akan buat draft surat resign dan segera keluar dari kuadran karyawan dan hmm pensiun muda …hidup dari hasil investasi saja.. alias passive income dan no more jam kantor 8-5 ……………….!! Itulah impian terbesar saya………….!!!

Tips investasi emas LM / Lantakan :

  • Beli lantakan lebih murah 10 ribuan dari emas LM sertfikasi ANTAM ketika di gadai nilai gadai perbankan harga LM bersertfikat atau lantakan mereka samakan jadi mending beli lantakan saja.
  • Beli kepingan yang kecil saja maksimal terbesar 10 gram biar ketika mau di jual ke teman bisa terjangkau dan gampang di tebus ketika di gadai.
  • Daripada menyimpan di SDB bank umum mahal mending simpan di Pegadaian, mereka saat ini ada layanan penyimpanan yang aman dengan tarif flat tak menghitung berdasarkan berapa gram emas yang di simpan. Jadi bisa aman kan.
  • Jangan pernah percaya investasi emas online, ingat invest emas paling baik adalah beli langsung barangnya di tempat-tempat penjualan resmi atau perbankan syariah, ada barang ada uang, jangan ikut-ikutan pada sistem bisnis emas online yang ber basis website, percayalah saya sudah pernah ikut di 2 website dan kesemuanya hanya berjalan 2-3  bulan setelah itu aliran dana stuck dan kemudian websitenya non aktif. Saya sampai lupa nama-nama alamat website berkedok investasi emas online. Rugi nya sih tak besar tapi lumayan menyesakkan dada kalau mengingatnya .

So semoga postingannya berguna bagi pencinta sang logam mulia……………………..!!!

Happy Investing “Everyone”

Tagged: , , ,

16 thoughts on “Investasi Emas

  1. nyonyasepatu March 10, 2014 at 9:55 am Reply

    aku pengen nyoba yang tabungan emas di bank itu, pernah nyoba gak siti? abis kalo beli emas langsung kan duitnya gak cukup plus serem juga nyimpen2nya

    • siti March 10, 2014 at 9:57 am Reply

      Iya dari dulu aku cari cuman terkahir saya tanya ke semua bank produk nabung emas belum ada nah aku belum tahu kalo bulan ini sudah ada ya, karena kalo gak salah katanya sudah ada bank bisa, kalo gak salah CIMB niaga ya? kalo ada aku langsung mau cuma belum tanya lagi…

      • nyonyasepatu March 10, 2014 at 9:59 am

        katanya masih ada di Mandiri Syariah tapi aku belon cek juga kesana, padahal deket rumah. entar minggu2 ini aku kesana deh Insya Allah haha. kalo kamu udah dapet infonya/cobain, posting lagi ya Siti

      • siti March 10, 2014 at 1:41 pm

        okay sipp ntar aku sms orang MANDIRI Syariahnya deh smoga segera dapat jawabannya produk nya dari tahun lalu aku cari tapi dulu gak ada

  2. siti March 11, 2014 at 9:41 am Reply

    saya sudah sms an sm kacab BANK SYARIAH MANDIRI, gak ada tabungan emas yang dimaksud non, saya maunya tabungan setoran berupa duit tapi nilai dibuku tabungan itu nilai emas….barang gak ada…. he he kan enak nilainya per hari berubah berdasarkan setoran….

  3. Messa March 12, 2014 at 2:10 am Reply

    berhubung US dollar sudah menguat, investasi di emas kurang menarik akhir2 ini mbak..

    • siti March 12, 2014 at 7:03 am Reply

      iya long term saja 1 tahun minimal..baru terasa…paling bagus kalau diatas 5 tahun… kalo mau yang short ya saham …

  4. Tami Kunz March 12, 2014 at 6:33 am Reply

    Sejak ga kerja lagi & harga emas kelihatan terus menurun saya malah lepas2in emas2 lama, sampai di bawah batas zakat, karena yang ada malah jadi pengeluaran.

    • siti March 12, 2014 at 7:08 am Reply

      makasih dah singgah disni salam kenal ya, jangan dilepasin emas nya di keep saja… gak ada ruginya kok nyimpan emas… untuk investasi jangka panjang 🙂

  5. Fanan April 4, 2014 at 4:48 am Reply

    Lihat emas sebagai uang dan manfaatnya dalam melindungi nilai aset, jangan jadikan emas sebagai spekulasi merauk profit. Oya ada video menarik soal emas yg akan membuka lebar2 kebobrokan uang kertas http://www.youtube.com/watch?v=XVMayR_01LY

    • siti April 4, 2014 at 4:53 am Reply

      ya benar mas, memang kalau sy hanya melindungi aset dari kikisan inflasi.. kalau mau spekulasi gak sanggup dan gak niat juga…

  6. Yopi June 11, 2015 at 6:03 pm Reply

    Kak, numpang tanya.
    Aku pernah beli emas dengan berat 20 gram dgn harga 440ribu(pas zaman agak dulu),
    aku berancana mau invest beli emas lagi.
    Tapi karena dulu itu dibeliin saudara di Medan. Jadi kurang paham mau beli dimana di Jakarta. Memang ada dr Antam yg official. Tapi ada gak sih toko/dealer yg jual emas di bawah harga Antam paling gak beda berapa ribu gitu di Jakarta??
    Dan saya bingung emas yg mau saya beli itu Gold bar atau Cast/Minted Gold sih?
    Bedanya apa ya? Saya super gak ngerti. Yang saya tahu tu emas saya 20 gram.
    Maaf pengetahuan dikit. Searching di google tapi malah jadi lbh bingung..

    • siti June 12, 2015 at 8:49 am Reply

      pengalaman saya lebih banyak langsung beli di ANTAM karena update harga sama dengan emas, jadi saya tahu kalau toko toko mereka jual semaunya, pasti lebih tinggi dari ANTAM, saya belum pernah nemu yang dibawah ANTAM kecuali produk lama, di cek di website ANTAM sudah jelas kalau GOLD BAR yang emas batangan kalau Cast minted bar itu paket brankas emasnya ANTAM… coba deh klik http://logammulia.com/brankasprice.php

  7. Yopi June 11, 2015 at 6:14 pm Reply

    Halo kak.. numpang tanya..
    Beberapa tahun yang lalu, aku dibelikan emas 20 gram oleh saudara di Medan.
    Sekarang saya mau invest dan beli emas lagi, tapi saya di Jakarta. Saya g tahu musti belinya gimana. Dan pas searching di google katanya bisa aja beli lewat Antam yg memang emasnya murni 99.99% dan terjamin.
    Tapi aku pingin tahu dimana di Jakarta bisa beli yg hrganya berapa ribu lebih murah dari Antam. Soalnya beda berapa ribu juga ngaruh kan?
    Aku juga kurang paham beda gold bar ma casted/minted bar itu apa dan punyaku yg mana? Maklum pengetahuannya cuma emas ya emas. G tahu ada jenisnya lagi..
    Mesti dah liat websitenya antam, saya jadi masih g paham. Karena yg saya pahami yg emas dibawah 1 kg=minted/cast gold. Itu bener ga ya pemahaman saya?? *bingung banget*

    Maaf saya orgnya slow banget soalnya.
    Mohon kasih tahu saya kak.
    Makasih.

    • siti June 12, 2015 at 9:36 am Reply

      kalau setahu saya cast minted bars itu orderan emas yang kita request kayak banyak perusahaan minta dibuatkan emas batangan khusus dengan tulisan nama perusahaan tertera disitu, nah kalau gold bar yang emas batangan resmi, cetekan LM ANTAM .. sebenarnya semua toko emas ada kok jual LM ANTAM cek aja harga tiap hari baru compare sama toko kalua lebih murah di toko berarti untung tapi pengalaman saya ANTAM tetap termurah dibanding toko..

      • Yopi July 21, 2015 at 4:37 pm

        Oh begitu..
        Beberapa pekan lalu, saya bicarakan ini dengan saudara yg beliin saya emas itu, terus katanya justru beli di toko lebih murah. Memang antam murni banget tapi karena milik pemerintah, jualnya ke kita lbh mahal. Klo beli di toko emas jatuhnya lbh murah (menurut dia begitu, saya kurang paham, tapi ya engge engge saja, soalnya dia sudah sering beli yg begituan sih).
        Saat saya tanya kok bentuknya beda dengan emas Antam yg saya lihat di butik emas, dia bilang ‘yah memang klo yg punya kita beli itu yg emasnya bukan emas antam tapi emas toko perhiasaan’ (dimana emas 20g saya ini bentuknya seperti gold bar trapesium yg mirip biji permen kopiko–> disinilah kesalahpahaman saya soal bentuk dan jenis emas saya, saya baru tahu setelah mengunjungi butik emas yg jual emas antam klo emasnya sebenarnya kayak gitu bentuknya)

        Saat saya bilang mo beli emas dari antam (karena kepingun jual beli kumpul emas dari sana, soalnya kk butik bilang boleh2 aja jual lagi besok emasnya klo mau), saudara saya bilang jangan, bilangin saya beli dari toko perhiasaan saja.
        Tapi klo gitu kapan bisa perbesar investasi.
        Saya ragu karena 2015 ini dan sepertinya 2016 juga, dollar sepertinya blm akan turun, malah adanya naik. Saya jadi g tau apa mau beli 1g to 5g setiap ada duitnya to tunggu sampai turun dulu dollarnya. Huh, saya bingung mbak.
        Tolong kasih advice buat saya, newbie benar soal hal ini.
        Saya maunya bisa kumpulkan untung dikit demi sedikit jadi bisa beli emas lebih banyak lagi. Apa salah ya gitu caranya?

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

