Kisah saya & MLM


illustrasi dari www.futuready.com

illustrasi dari http://www.futuready.com

Pasti sudah sering mendengar kata MLM atau Multi Level Marketing alias Bisnis Jaringan alias Direct Selling yang sering di istilahkan oleh pelaku MLM nya. MLM ini sudah ada sejak puluhan tahun  silam dan hingga detik ini sudah ribuan mungkin MLM yang pernah ada di bumi ini, atau lebih…. 
Kisahku dengan MLM bermula sejak SMU, umur masih 16 tahun waktu itu, saya ingat sekali MLM pertama yang saya ikuti adalah
  • AVON , perusahaan kosmetik yang berbasis di Kota Paris Perancis ini kini di Indonesia sudah ada padahal sempat berjaya puluhan tahun dari era 1980-an hingga 1990-an. Dulu saya aktif jual-jualan produknya ke kalangan keluarga dan teman, yaa hasilnya ada lah buat beli cemilan. Dulu saya ingat ada bookletnya tentang impian dan kesuksesan yang dijanjikan ketika serius menggeluti bisnis ini. Saya selalu ingat rajin belanja produk antri berlama  lama padahal produk yang mau di beli cuma 1 atau 2 biji. Setelah AVON menutup kantornya di Indonesia ya sudah berakhir pulalah karirku sebagai pebisnis MLM di AVON
  • CNI, wah kalau ini sudah lebih lama dari AVON, saya ingat tahun 1980-an ketika masih kecil bapak saya suka sekali beli produknya yang terkenal hingga saat ini Sun Chlorella tablet, suplemen yang berasal dari ganggang hijau, dan ESTER C , suplemen vitamin C nya. Itu adalah dua produk andalan yang bapak saya komsumsi dan kadang juga kalau ada rezeki lebih juga di beri untuk di komsumsi. Tapi saya resmi jadi member setelah di prospek habis-habisan sama bapak bermobil hard top yang rela mengantar saya ke kantor CNI untuk registerasi. Awal tahun 2000 an lah, saya sudah lupa tepatnya. Saya tak pernah aktif di CNI cuma pembeli passif. Untuk komsumsi sendiri. Dan saya akui semua produk CNI itu berkualitas. Tapi untuk bisnis jaringannya saya  tidak menekuninya. Saya pernah ikut suatu seminarnya sekali karena dipaksa upline dan saya lihat beberapa orang yang sudah sukses meraih BMW di bisnis tersebut dan naik podium, luar biasa euphoria orang-orang MLM. Semangat mereka luar biasa. Saya dulu selalu bermimpi suatu hari bisa naik podium dengan tepuk tangan gemuruh audiens di stage. Namun impian itu musnah sedikit demi sedikit dengan banyaknya orang yang saya kenal / upline ku gagal total di tengah jalan. Namanya bisnis semangat yaaa kalau member semangat bisnis jalan kalau groupnya down maka hancurlah jaringanya. Saya masih ada kok kartu member CNI ku, karena tahun lalu masih sempat komsumsi produknya.
  • TIANSHI, kalau ini, saya resmi bergabung karena teman-teman juga banyak ikutan, walau setengah hati dan kurang yakin. Dan resmilah terpaksa saya masuk di bawah group kakak ipar sahabat SMU ku. Saya ingat sekali upline langsungku itu yang waktu itu masih kuliah di kedokteran dan membawa upline lebih diatas lagi yang saya ingat sekali namanya Andhika, sang Upline yang ahli MENULIS TERBALIK. Lancar sekali dia prospek sambil menulis skema bisnis dan potensi keuantungan, dan mereka lah yang mengajarkan saya melakukan imitasi untuk menduplikasi member kebawah bawah. Namun sekarang Upline ku itu sudah berganti profesi, nampaknya keduanya pun gagal jadi sukses meraih bintang 8 / predikat peraih BMW. Saya juga ingat sekali upline ku suka menyebut contoh sukses anak muda ( waktu itu umuranya 30-an ) baru 3 tahun dan sudah meraih BWM dan memperlihatkan slip bonusnya yang puluhan juta. WOWWW menggiurkan. Tapi nasib berkata lain kami kami pun gugur satu per satu, upline langsungku sudah kembali menekuni bisnis online aktif blogger dan entah apakah dia masih kuliah di kedokteran atau jadi pengusaha buku via online. Sedang Andhika terakhir kabar dia sudah jadi kontraktor di Sulawesi Tenggara. Siapa tahu dia sudah mencapai impian BMW nya disana. Kakak saya juga aktif di TIAN SHI, makanya saya di daftrkan ulang lagi dibawah jaringan kakak saya, tiba-tiba adik junior saya tahun 2009 lalu juga baru ikutan dan memaksakan saya menjadi member dibawah dia, jadi saya sudah koleksi 3 kartu membership. Demi membuat mereka happy semua. Keluarga saya ( bapak n ibu dan kakak ) mengkomsumsi produk nya, teh, susu dan lainnya. Tapi hanya passif saja
  • KLINK International, Kalau ini kakak ipar saya yang masih getol walau nampaknya semakin hari semakin pudar semangatnya. Produk andalannya  Klorofil cair dan keluarga saya juga komsumsi. Kakak ipar saya bertahun tahun serus menekuni ini sampai member  grup ribuan namun income nya semaput. Ya berat memang di bisnis MLM. MLM berbasis dari Malaysia ini masih gencar dengan produk-produknya. Dan di kulkas orang tua saya selalu ada Klorofil nya. Dan saya pun jadi member karena kakak ipar mendaftarkan saya. Adik saya King pengkomsumsi kalsium karena dia dari dulu mau jadi pria tinggi kayak Mr Big. Kalau dari sisi bisnis saya tak pernah ikut seminarnya cuma melihat kegigihan kakak iparku selama ini. Namun kakak ipar sekarang banting setir jadi pebisnis di developer.
  • AMWAY, ini MLM yang paling handal bertahan dari Amerika, sejak tahun 1971. saya dikejar-kejar sama teman SMU karena AMWAY, diprospek sampai dirumah teman, namun kami memang tak tertarik walau produknya memang OK. Tapi saya sudah stress dengan MLM saat itu. Dan saya salut AMWAY ini termasuk salah satu MLM yang kualitas trainingnya luar biasa. Produk masih ada dan masih buka stokis nya.
  • TUPPER WEAR, ini juga dari kampung Mr Big dan bertahan puluhan tahun, kebetulan ibunya teman kuliah saya yang memegang stokist area Makassar, namun entah  kenapa dari dulu tak pernah serius menekuni ini hanya membeli saja. Soalnya memang produknya mahal.
  • ORIFLAME, setelah era AVON berakhir masuklah Oriflame ke Indonesia, sempat jadi member dan beli produk untuk diri sendiri dan keluarga namun tak pernah serius ikuti bisnisnya, baru ditahun 2010-an keatas mulai maraklah bisnis oriflame ini dikembangkan via sosmed dan banyak IRT dan wanita muda ikut namun saya tetap menjadi pengkomsumsi saja karena sepupuku yang masih kuliah juga aktif saat ini di ORIFLAME. Semoga sukses dengan impiannya.
  • High Desert, ini MLM yang produknya madu semua, saya cuma pengkomsumsi saja, tak pernah sampai ikut bisnisnya karena sudah tak tahan di dunia MLM. Tapi bagus produknya. Saya tak tahu bisnis plan nya seperti apa cuma saya masih sempat lihat stockist nya di sini masih ada sampai sekarang, berarti bisnis mereka masih jalan.
  • TVI, MLM dengan produk voucher menginap di hotel ini pernah sempat jaya di Makassar di tahun 2009-an, karena ada sahabat baikku yang punya tetangga sukses di bisnis ini dan akhirnya saya terseret pula, dengan iming-iming jika tak kembali modal di bulan ke enam akan dibalikin modalnya sayang saya tak ada perjanjian hitam diatas putih, 7 titik yang saya ambil melayang, kalikan saja satu titik itu 3,5 juta. Hiks miris deh kalo ingat ini. Sakit hati. Lama kelamaan juga bisnis ini hilang. Persahabatan pun jadinya agak senggang, dan salah satu pentolan MLM ini yang dulu getol mendukung saya malah mengajak saya masuk di bisnis online emas bodongan di dua perusahaan dan itu juga rugi. Dan saya  sadar bahwa upline saya ini GILA MLM!! Kerjanya cari peluang MLM apa lagi yang HIT dan mau take opportunty saja. Alangkah bodohnya saya yaa……………! Pokoknya TVI inilah MLM yang buat saya tekor banyak dan makan hati. Kenapa saya kemarin dongkol sekali saat kisahku di postingan in saya menjadi sangat emosi karena ingat TVI, ternyata mereka juga menawarkan yang sama namun bukan MLM tapi hanya membership Goodway Vacation Club. Dan cara prospeknya mengerikan, kami serasa di jebak kata-kata manis dan diarahkan ke hotel janji dapat fine lunch dan happy happy malah di prospek paksa 90 menit untuk bilang IYA dan mengambil paketnya. Produk yang aneh. Kasihan saja orang yang datang dan terpaksa bilang ya karena retorika para sales nya yang super handal. Alhamdulilah saya selamat dengan berbagai kata kata penangkalan base on my bad experience in TVI.
Dan sejak itu nomore MLM plsssss, mau sukses ya kerja, bangun jaringan tak semudah itu jadi saya pilih jalur lain saja.Memang kurang bakat di bisnis jaringan.
Dan sebenarnya masih banyak MLM yang tak terkenal yang pernah saya ikuti, untuk MLM emas online juga banyak aku akan posting juga next time,  biar jadi pembelajaran soal bisnis emas online yang palsu.
Saya kutif dari http://www.futuready.com,  bahwa sebenarnya MLM kini merupakan salah satu pilihan bisnis yang memiliki peluang cukup bagus. Namun, bisnis ini tak selamanya sempurna. Sama seperti usaha lain yang Anda jalankan, MLM juga mempunyai kelemahan dan kelebihan, seperti berikut ini:  

Kelemahan MLM:

1. Tidak bertahan lama 
Anggota MLM biasanya tidak berjalan lama dalam menjalani sistem bisnis ini. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran yang luar biasa untuk mencapai posisi atau hasil yang dinginkan. Rasa bosan akan cepat menghampiri jika Anda tidak bersunguh-sungguh menjalaninya.

2. Citra buruk 
Hal yang membuat kesan negatif adalah seringnya para pelaku bisnis ini memaksa agar para pemula menuruti kemauannya untuk sekadar membeli produk atau bahkan menjadi anggota. Tak heran jika MLM seringkali dianggap sebagai kedok penipuan untuk mencari keuntungan belaka. Samalah dengan kasus ku dengan TVI dan Goodway kemarin.

3. Tak selamanya bermanfaat  
Barang-barang yang ditawarkan dalam sistem binis ini belum tentu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, namun biasanya Anda diwajibkan untuk membeli untuk menambah reward atau naik level. Dan pemaksaan untuk beli tiket untuk meeting/seminar yang sangat sering diadakan.Dan wajib diikuti dan pasti wajib beli produk donk buat tutup point. Habis juga tuh dananya untuk itu.

Berikut kelebihan berbisnis MLM:
1. Proses mudah dan cepat 
Dengan membayar biaya pendaftaran dan membeli sejumlah produk tertentu, maka Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

2. Produknya unik 

Produk-produk yang dijual menggunakan sistem MLM biasanya cukup unik dan jarang ditemukan di pasaran. Selain itu anggota mendapatkan potongan harga dari barang yang dijual. Hal ini menjadi salah satu perangsang untuk menarik perhatian calon anggotanya. Contohnya CNI, KLINK dan TIAN SHI kami masih gunakan produknya, Oriflame juga.

3. Meningkatkan kreatifitas komunikasi 
Dalam menawarkan produk atau mencari anggota baru biasanya para pebisnis MLM sangat kreatif dalam berkomunikasi. Dengan menganut sistem ini dipastikan Anda akan terus memutar otak dan berpikir kreatif agar barang laku dan mendapat anggota baru.  Saya sangat ingat kata kata DUPLIKASI, EDUKASI dari Upline ku waktu itu biar ketika dapat member baru bisa berkualitas dan mudah menjual dengan retorika yang bagus dan juga hebat dalam merekrut new member karena inti bisnis MLM adalah produk dan Member.Kalau keduanya berkombinasi dengan baik dijamin sukses, tapi kelanggengan kesuksesan ya hanya Tuhan yang tahu kalau semangat member anda down dan dibajak sama MLM lain maka kehancuran jaringan member akan terjadi. Ya begitulah seni nya berbisnis jaringan.

Inilah secuil kisahku dengan MLM 🙂

Lihat disclaimer disini

Tagged: , , , , , , , , ,

35 thoughts on “Kisah saya & MLM

  1. naniknara March 13, 2014 at 2:55 am Reply

    Jaman kuliah dulu pernah di prospek CNI ama TIANSHI, alhamdulillah lolos dari bujukan. Membayangkan saya nanti kalau gabung harus bisa membujuk orang seperti mereka membujuk saya. Bagaimana mungkin bisa, sementara saya ini orangnya pendiam. Jadi yah, dengerin aja mereka ngomong sampai selesai, setelah itu tetap bilang NGGAK!!

  2. Chrismana"bee" March 13, 2014 at 3:29 am Reply

    Sama ngikut juga banyak mbak, DBS, Tianshi tapi udah nggak aktif, kalo sekarng membernya sophie martin, tapi bukan untuk bisnis, karena saya suka tas-tasnya, kalo member kan lumayan diskonnya 30% hehheee 😀

    • siti March 13, 2014 at 8:39 am Reply

      Iya aku juga pernah kayaknya dulu SM tapi lupa deh kartunya dimana..he he

      • Chrismana"bee" March 13, 2014 at 8:49 am

        hehee,.. saya juga nggak pegang kartunya dibawa sma tmen saya (upline) kalo pesen tinggal ngrepotin dia aja 😆

      • siti March 13, 2014 at 8:55 am

        hahhahaha iya aku juga ada tuh tapi gak belanja lagi, masih ada lagi herbalife…. ahhahah

      • Chrismana"bee" March 13, 2014 at 8:56 am

        Waaa,… hehheehee temen2 q lagi rajin2nya mlm herbalife

      • siti March 13, 2014 at 10:05 am

        Sy suka produknya herba life ,,,

      • Chrismana"bee" March 13, 2014 at 10:27 am

        Susunya enak ya mbak, tapi mehoonggg

  3. kaprilyanto March 13, 2014 at 5:30 am Reply

    Pernah (terpaksa) ikut DBS, dan ga ngerti kenapa bisa ikut

    • siti March 13, 2014 at 8:40 am Reply

      hahahhah kalo dulu saya pernah di prospek V net deh mirip DBS kan..

  4. pursuingmydreams March 13, 2014 at 7:16 am Reply

    Wah mbak Siti banyak sekali pengalamannya dg MLM 😀 . Aku sih cuma pernah join Oriflame sempat posisi 9%, lainnya kalau ditawarin MLM yg disebutkan diatas, aku langsung ngabur aja hihi 😆 .

    • siti March 13, 2014 at 8:54 am Reply

      wah lupa ada herbalife sama sophie martin…lohhh.. iya gak bakat saya di MLM mbak…

      • pursuingmydreams March 13, 2014 at 6:08 pm

        Eh sophie martin aku dulu ikut juga, daftar cuma beli sendal hihi.

      • siti March 14, 2014 at 12:50 am

        hahhahah sekarang tanteku yang rajin tuh di SM soalnya tas nya dia suka…

  5. nyonyasepatu March 13, 2014 at 11:08 am Reply

    aku cuman pernah ikut sekali karena dipaksa2 temen 🙂 . akhirnya cuman ngikut trus beli produknya dan gak pernah jualan. gak pernah bakat jualan kayaknya hihihi

    • siti March 13, 2014 at 1:54 pm Reply

      ikut yang mana Non?

      • nyonyasepatu March 13, 2014 at 2:05 pm

        Jual madu gitu siti, aku lupa apa😰

      • siti March 13, 2014 at 2:09 pm

        hahahah HIGH DESERT kayaknya deh non….

      • nyonyasepatu March 13, 2014 at 2:10 pm

        Mungkin ya. Trus temenku itupun skr berhenti juga. Dasar gak ngototan orangnya

  6. cerita4musim March 13, 2014 at 8:36 pm Reply

    pernah ikutan Amway hanya sampai sebatas registrasi hahaaa

    • siti March 14, 2014 at 12:51 am Reply

      produknya gak beli?

  7. Messa March 14, 2014 at 9:41 am Reply

    Dulu nyokap yang pernah ikutan beberapa MLM yg mbak sebutkan diatas. Yg lumayan bertahan cuma oriflame, itu pun ujung2nya jadi nyokap yg pakai sendiri produknya 😀

    • siti March 14, 2014 at 10:02 am Reply

      iya misi mereka memang menjual ke member yang utama… jadinya distribusi produk cepat habis dibanding di pasarkan lewat jalur biasa…

  8. Madu Asli High Desert December 8, 2014 at 6:50 pm Reply

    Wah… Lumayan berpengalaman di dunia MLM rupanya…

    • siti December 9, 2014 at 12:19 am Reply

      alhamdulilah.. banyak pengalaman nambah ilmu

  9. ayu March 29, 2015 at 2:10 am Reply

    Aku tambahin k namanya KK Indonesia.MLM juga..saya ikut ampe setahun tpi ya gtu gtu aja g cocok sama sya..haha jdi duit habis buat beli tiket seminar sama beli product buat tutup point.. yaah namanya nyoba ..klo g nyoba g tau..tpi kapok hababa

    • siti March 29, 2015 at 2:05 pm Reply

      cocok cocokan juga sih kalau MLM itu musiman.. jadi mesti manfaatkan moment nya….

  10. Siti geempe January 2, 2016 at 2:35 pm Reply

    Aku juga pernah di prospek ama tmen baru kenal.MSS itu lho.tapi beruntung gak jadi tergiur.hihi

    • siti January 3, 2016 at 3:18 am Reply

      iya tapi tetap sy akui produk MLM itu berkualitas karena gak bakal laku di MLM kan kalau gak bagus…

  11. mimi January 22, 2016 at 1:33 am Reply

    hai smuanya….seneng banget baca artikel nya 🙂

    • siti January 24, 2016 at 2:05 pm Reply

      terima kasih ya

  12. mimi January 22, 2016 at 1:36 am Reply

    sekarang ini banyak sekali bermunculan MLM2 produk lokal

    • siti January 24, 2016 at 1:30 pm Reply

      Iya pasti karena MLM itu wadah penjualan yang low cost…. makanya cara pemasaran MLM jadi pilihan…banyak produk

  13. Yulia February 25, 2016 at 3:56 am Reply

    Assalamualaikum..
    Gimana dengan “Green Warrior” .. dah tau Mbak ?
    itu kampanye tentang penghijauan yg multi manfaat (bs dijalanin mirip MLM atau pasif aja yg jelas anti rugi)

    • siti February 25, 2016 at 5:30 am Reply

      sorry nama itu saya belum pernah dengar.. heheh… saya tak mau ikut2an invest tak jelas..karena dana terbatas.. 🙂 fokus pada yang real saja dan pasti pasti..

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

