Serba Serbi Cultural Shock part 2


Nih lanjutan postingan dengan judul yang sama sebelumnya, dan saya tulis pada saat lagi dongkol dongkol nya habis kena semprot dari bos-bosku yang berlapis *curcol nih.

Tapi tiba-tiba teringat kelakuan Mr Big kemarin, sebelum lupa lagi saya mau tulis deh, wah ini bully mr big mulu nih, sebenarnya saya hanya mau gambarkan bagi orang –orang luar yang mau menerawang  *kayak pawang hujan deh 😀  kehidupan bule yang hidup di lingkungan local Bugis Makassar  yang kental budaya timur nya itu bagaimana sih? mau tahu, kalo saya share bukan mau buka aib karena ini bukan aib ini hanya bagian cultural shock nya saja sekaligus  memberi info detail yang reality bukan palsu atau dimanis-manisin untuk jadi gambaran bagi yang melakukan pernikahan antar bangsa.. yukk mari kita dengarkan cerita keribetannya 🙂 anggap saja seru-seruan ya….

Jadi ternyata Mr Big  sangat sensitif jika :

  • Barang-barang dia diutak atik, sangat benci  dan tak suka kalau barang pribadi nya di sentuh, maksudanya gini adek ku tuh sekarang stay sama kita, dan dia anak cowok kan suka berantakan and asal saja taro barang atau kalau dia lihat sesuatu asal comot  dan pakai saja. Nah mr Big tuh benci banget kalau misalnya tiba-tiba mouse nya di pakai. King adikku kan biasa asal pake saja sebentar sih gak lama cuman dia sensitive saja yang begitu. Makanya di laptop dia dia tulis, don’t touch!! Soalnya  adikku tuh  pengen unplugged laptop dia kalo malam biar irit listrik ternyata mr big anggap itu bukan irit biarin saja nyala  24 jam. Semua barang elektronik dia selalu colok ke listrik biarpun sudah dipakai.Aneh kan ? dan boros listrik bagi kita tapi bagi dia katanya tak masalah.
  • Dekat dia ada orang yang pada bersih-bersih, ini yang aneh kan, kalau kakak saya datang kan biasanya kebiasaan kami sebelum saya menikah kakak perempuan atau kakak laki laki saya suka bantuin beres-beres-in kantongan atau beresin rumah lah, buang sampah, maklum kakak perempuan saya termasuk yang super bersih kalau saya biasa-biasa saja, jadi saya sih happy saja  dibantuin namun Mr Big sangat tak nyaman ternyata.Dia merasa ini kok datang bersih-bersih apa mesti dibayar? Nah ini yang sebenarnya jadi masalah, kalau versi kakak saya itu memang kewajiban dia bantuin adik nya yang saya memang hobby dibantuin, namun Mr Big merasa sensitive.  Sampai ngambek segala kemarin karena kedua kakak saya datang dan bantu pasang teralis besi yang mereka sudah buat dan setengah mati kemarin dan kakak saya kan kerjain sendiri sama kakak ipar sambil beres-beres, abang saya kan malas ngomong basa basi dan kakak saya yang cewek langsung angkut semua kantongan / kotak yang sudah tak digunakan lagi. Ternyata ada box yang dibuang yang sebelumnya saya selalu marah-marah  ke Mr Big untuk jangan sembarang buang box buat digunakan lagi. Ternyata dia anggap kalau kakak saya yang buang aku tak marah kalau dia yang buang saya marah-marah… ahaayyyyyy ternyata dia PMS kali yaa…sensi banget kemarin sampai seharian dia keluar menjauh, ekh siangnya bbm-an lagi deh buat makan siang bersama. Karena saya tetap jadi istri yang sangat bijak,  maka dengan lincah saya ke mall deh buat makan siang “make over” deh istilahnya.
  • Ternyata dia benci sekali ikan asing, nah lanjutan  dari makan siang make over kemarin, kita ke resto yang ada menu maksi murah tapi enak, nah menu hari itu kan nasi goreng ikan teri, menu unik ya…kita coba, dia takut makan ikan kecil dengan kepalanya, katanya kok kepalanya gak dipotong yaa….saya bilang ikan kecil begtu mah memang langsung dimasukkin mulut saja. Dia coba gigit satu dan dia gak mau lanjut makan ikannya, dia habisini nasi gorengnnya saja. Hahahhaha aku baru tahu kalau dia gak suka makan ikan kering goreng. Apalagi ikannya dengan kepala.ya iyaalahahh ikan kecil gitu kok takut….ada ada saja…Badan boleh besar ternyata takut sama ikan imut-imut hihihi…. !!!
  • Merasa sensitive kalau gak dibutuhin, misal nih ada masalah dirumah, mesti minta bantuan dia dulu, nanti setelah mentok tak bisa dilanjut baru deh kita cari bantuan dari luar, contohnya gagang pintu kamar bermasalah, karena saya tahu kakak cowok saya handal masalah beginian dari dulu juga saya andalkan kakak saya dari pada tukang luar. Tapi sebelum saya ngobrol ke kakak dia sudah marah marah dan bilang kok gak mintol ke saya, yeee kenapa gak dikerjain emangnya kalo bisa, langsung deh dia kerjain ternyata bisa…yaaaa masalah komunikasi nih……….mesti cerewet, kayak protokoler aja semua semua mesti di infokan baru dikerja, apa mesti ada surat perintah dari istri kali ya… !! Sedang saya orangnya maunya cepat kalau melihat sesuatu ganjal langsung eksekusi, jadinya ribetnya disitu so mesti komunikasi dua arah yang positif !!!
  • Sensitif to indisipliner, kalo kita kan sudah terbiasa dengan banyak kesulitan hidup kali ya dan banyaknya kesemrawutan hidup, tingkat resistensi kita mah dan tebal banget. Kadang hal hal kecil saja buat dia senewen berat. Kadang mau berantem di jalan karena tingkah laku pengguna jalan yang kacau. Kalau aku sih anggap itu biasa, kalau dia anggapnya itu super gila. Sampai teriak-teriak sendiri di mobil. Kan yang waras yang ngalah.Dia tetap saja bersikeras mau jitak kepala sopir angkot, sampai dia mau buat tongkat panjang untuk mukul pengendara yang suka langgar aturan. Saya sih peduli sama keselamatan saya atau orang lain tapi kalau orang dijalan menggila ya aku yang waras aja mengalah yang penting saya selamat dan tak gila karena ulah mereka.
  • Tak suka basa basi, disini karena adat sopan santun, semua orang mesti senyum-senyum dan rangkul rangkul, kalo dia tak mau di sentuh atau di rangkul, apalagi orang asing, katanya bahaya, dan aneh masa orang senyum senyum dan pura pura dekat padahal dia tak kenal, padahal kita kan bangsa yang sangat ramah.
  • Sangat takut hypnotis, karena disini jadi sangat nge trend tuh kejahatan hypnotis dan juga jadi marak tampil di tv dilakoni para tukang sulap..jadi dia selalu parno sama orang baru, tak mau disentuh dan selalu jaga jarak sama orang baru.
  • Sangat parno soal dunia supranatural, masalah ilmu hitam dan vodo2-an , yang lucu ini waktu tangan dia terkilir karena kena bola waktu main futsal, ibu jarinya bengkak dan aku bawa ke tukang urut dia maunya ke dokter tapi karena saya kenal dengan ibu teman saya yang jago urut jadinya saya bawa kesana dan dia pikir itu pake voodoo hooodo sebutan dia karena pakai minyak  gosok khusus untuk urut yang mereka buat sendiri. Padahal kan tangannya juga Cuma bengkak karena biasa saja, seminggu juga sudah sembuh, dia bilang kalo ada apa apa dengan tanganya itu tanggung jawab saya …hahahhahah alay deh Mr Big nih…………….Dan karena semingguan tanganya belum sembuh benar dari pada dia ngeyel tiap hari mau tuntut ibu teman saya yang urut dia saya bawa ke rumah sakit deh, sekalian ke radiology untuk x ray tanganya dan terbukti semua baik baik saja, cuma dikasih obat untuk penghilang nyeri dan salep. Akhhh di sini juga orang main futsal bertahun tahun kena bola juga bengkaknya hilang sendiri dan sembuh sendiri, kalo orang Amerika mesti ke radiology buat di X Ray segala..wkwkwk kakak saya ngakak dengar cerita saya ini. Tapi so far Mr Big sudah merasa damai dan aman setelah ke dokter. Ada ada saja yaaa…!

Hmmm apalagi yaa??…. Nanti kalo dah ingat di lanjut ya postingannya… lumayan esmosi jiwa dah reda nih,,,, seru kan kalo habis dimarahin bos di kantor kok tiba-tiba ide nulis itu nyala yaa… terus emosinya mereda……….wahhh jika postingan banyak berarti sering tertekan emosinya di kantor tuh makin produktif nulis …………………………!!!See you in next posting more about Mr Big in becoming Buginese Man 🙂 !!!

Tagged: , , ,

19 thoughts on “Serba Serbi Cultural Shock part 2

  1. nengsyera March 17, 2014 at 4:13 am Reply

    izin komen ya kak 🙂
    kayaknya suaminya perlu nonton how to act indonesian deh…biar paham sm budaya dan cara orang disini..hehehe
    kalau cultural shock ga dihilangin yg ada nti bs antipati..kasian kak siti dan suaminya..
    karena seperti peribahasa.. dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung..

    mungkin hrs pelan2 bahwa kebiasaan orang indonesia itu ngariung alias suka berkumpul, beramah tamah, di indonesia malah ga biasa klo apa2 sendiri tnp melibatkan orang lain..
    bahkan pepatah jawa aja “mangan ora mangan sing penting ngumpul”
    bahkan saya tau koq org bugis itu baik2, saya aja sering skali diundang mkn/ buka puasa dg tmn saya yg org bugis selama saya tgl di mksr 🙂
    bahkan saya pernah ikut lebaran haji di Bone..rumah sepupu neneknya tmn saya..
    naah suaminya perlu diksih tahu trs kebiasaan org indonesia pada umumnya..

    trs soal apa2 hrs dicolok dan ga dicabut..waduhh itu kan boros 😦
    boros listrik, kasian bumi qta.. ajarin go green dong 🙂
    hidup hemat dan sayangi bumi..hehehe

    btw, emg suaminya udh brapa lama tinggal di indonesia kak?
    klo masih baru, mgkn pelan2 mengajari dan menyesuaikan lingkungan sekitar 🙂
    yaaa wlau mgkn kdg sdkit emosi..tp pelan2 pasti bs koq..
    yg penting masuk akal bagi suaminya 🙂

    • siti March 17, 2014 at 9:12 am Reply

      wah kamu sempat ke BONE? kok bisa… he he iya…saya selalu berusaha jelaskan kok banyak hal, dia disini baru 6 bulan … makanya masih shock!!

      • nengsyera March 18, 2014 at 9:38 am

        iya pernah ke Bone..
        waktu lebaran haji disana, trs ceramah abs solat ied pakai bahasa bugis..hihihihi *ga ngerti tp dgrin ajaa..hehehe
        tp ternyata bone itu puanaaass udaranya, lebih panas drpd makassar..
        hehehe

      • siti March 18, 2014 at 9:44 am

        dirimu ini orang mana sih?

  2. pursuingmydreams March 17, 2014 at 6:30 am Reply

    Aku perhatikan orang-orang di tempatku sini klo makan ikan manja deh, takut ada durinya, padahal makan ikan dagingnya to, filet ya istilahnya?. Waktu kecil klo aku dan adik2 komplain makan ikan ada durinya, pasti mamaku ngomel disuruh makan “tahu “aja spy ga ada durinya 😆 .

    yg terakhir bener tuh, mungkin krn ditanggung asuransi jadi tiap kali sakit sedikit langsung kedokter 😀 .

    • siti March 17, 2014 at 9:13 am Reply

      iya mr big kalau ikan dia suka yang filet, soalnya dia ribet cabut2 durinya …. tapi akhirnya dia suka ikan bakar kok..

      • pursuingmydreams March 17, 2014 at 2:54 pm

        Ikan bakar durinya kan kering ya? karena dibakar 😀 .

      • siti March 17, 2014 at 4:27 pm

        mbak nela bisa aja he he

  3. nyonyasepatu March 17, 2014 at 12:55 pm Reply

    huhahaha…….aku ngakak baca soal ikan asin 🙂 mungkin perlu ikutan si Matt, siti, tinggal di hutan entar jadi gragas semua2 dimakan 🙂 . Si Matt juga gak percaya pengobatan alternatif gitu, pokoknya hidup mati harus ke dokter apalagi dia pernah sekolah kedokteran dulunya, jadi susah percaya yang begituan

    • siti March 17, 2014 at 1:05 pm Reply

      hahhhh Matt pernah sekolah kedokteran???

      • nyonyasepatu March 17, 2014 at 1:07 pm

        pernah 5 apa 6 semester kalo gak salah trus dia nonton film dokumenter tentang Siamang dan Gibbon dan langsung pindah jurusan ke Antropologi haha. Gila ya, kalau itu aku udah pasti aku kelarin sekolahnya karena takut diomelin ortu

      • siti March 17, 2014 at 1:46 pm

        ya ampun sudah semester 6 baru pindah jurusan lagi OMG kalo disni tuh dah dicincang sm ortu soalnya muahalll kan kalo kedok..

      • nyonyasepatu March 17, 2014 at 1:48 pm

        Aku lupa antara 5 atau 6 deh kalo gak salah. Ortunya kuciwa dong tapi bocahnya ngotot maunya pindah jurusan dan sampe skr dia masih sekolah aja demi gibbon n siamang. Kalo ortu kita udh ngamuk2 luar biasa kali ya

      • siti March 17, 2014 at 1:55 pm

        gibbon dan siamang…..yaaa ampunn Matt..ini benar benar unik yaaa……harusnya kamu jadi nyonya dokter donk yaaaa

      • nyonyasepatu March 17, 2014 at 1:56 pm

        Gak ketemu dia dong, Siti haha. Mungkin dia kawin dengan ce US juga haha

      • siti March 17, 2014 at 2:14 pm

        Ternyata kalian ketemu karena Siamang dan Gabbon yaaa… begitulah jodoh 🙂

      • nyonyasepatu March 17, 2014 at 2:15 pm

        Haha iya

  4. rianamaku March 18, 2014 at 9:28 am Reply

    haha lucu juga ya mas BiG ini, emang kok namanya juga lain budaya mbakyu so harus sabar ya..

    • siti March 18, 2014 at 9:40 am Reply

      iya memang harus super sabarrrrrr

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

