Advertisements

Kebiasaan buruk yang menguras kantong!!


Terinspirasi dari tulisan di http://www.futuready.com tentang beberapa kebiasaan orang yang bikin kehidupan financial megap megap tiap bulan, mari kita bahasa beberapa item dibawah ini.
dompet kosong
Saya sendiri dulu ya *sekarang tidak lagi,  punya  kebiasaan dan gaya hidup yang sedikit boros, isi dompet dan tabungan kebobolan.Kadang tak disadari karena terpengaruh lingkungan, dulu saya kalau waktu tugas di Manado susah sekali Menabungnya, ada saja alur perginya duit entah itu hanya karena gengsi saja bukan kebutuhan sebenarnya namun karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap kehidupan financial kita, contoh nih terbukti adik adik junior ku yang baru masuk, lulus probation langsung deh kumat penyakit boros, maklum dari levelan dulu mahasiswa tiba tiba hidup di kwadran pekerja yang menghasilkan duit sendiri  dan mulai deh belanja tak terkontrol dan lingkungan teman temannya juga begitu maka mereka saling mengikuti tak mau kalah.Apalagi gelora jiwa muda sedang membara.

Apalagi anak baru/ trainee pasti donk belum memiliki tanggungan,  mengikuti gaya hidup teman-teman, biasa lihat teman pakai Iphone 5S ya ikut-ikutan deh nyicil or beli, balas dendam dari yang dulu masih mahasiswa sangat pengen sesuatu dan pada saat sudah ber gaji langsung beli semua yang dulu tak terbeli padahal sebenarnya itu hanya memuaskan nafsu balas dendam keinginan yang dulunya. Kalau secara pengalaman pribadi ini jaman dulu ya waktu aku juga masih baru-barunya masuk di kwadran pekerja yang sudah punya gaji yang lumayan dibanding jaman mahasiswa dulu, biasa kalau anak baru, habis masa trainee,  itu adalah masa sedang lucu-lucunya…. dan apalagi kalau kita di posting atau bertugas  di daerah kota kecil yang jauh dari rumah / keluarga, membuat dapur kita menjadi dua, dan gaji itu serasa numpang lewat saja ke dompet dan menuju ke postingan bayar kartu kredit yang sudah besar akibat beberapa perbuatan dibawah ini :
Menghabiskan waktu di restoran / coffee shop
Duduk di coffee shop dekat pantai atau di Mall ini adalah kerjaan harian kami dulu waktu di Manado, soalnya kalau sudah pulang kerja ya cuma di kost an aja kan bosan, apalagi kantor kami selurusan saja sama kompleks Mall, jadinya kongkow terus, emang sih tempat kongkow nya selalu kasih disc kalau gunakan kartu kredit tertentu tapi ternyata itu membuat kami melarat bayar tagihan, apalagi harga harganya pasti lebih mahal.
Kecanduan belanja 
Ini sebenarnya faktor karena kami keseringan nongkrong di mall, jadinya walau tak sebebnarnya butuh kalau lihat di toko nya dan ada yang baru. Gesek lagi deh tuh kartu. Lihat tulisan favorit SALE uhhhhhhhhhhhhhhh langsung lapar mata, ini khusus perempuan biasa menggila.Kalau sekarang saya tak pernah menggila sejak menikah, keuangan benar benar diatur, maklum sekarang berdua, namun kontrolnya semua di aku, karena Mr Big juga cenderung sedikit boros. Namanya hidup harus saling melengkapi kan!
Saya selalu ingat tuh kata kata  “Boros pangkal miskin”, maka berhematlah. Selalu membiasakan diri membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan.Bahkan mikir 3 x sebelum beli.
Hobby traveling, 
Fase ketika sudah settel di kwadran pekerja pasti deh mulai gila dengan nafsu jalan jalan, tujuan domestik maupun international adalah menu wajib apalagi sekarang tiket wisata international banyak promo nya, murah dan terjangkau dengan kartu kredit semua bisa. Otomatis ketika kita ber traveling ini kan wajib bawa duit nih apalgi sih tujuannya kalau wisata pasti ada embel embel belanjanya. Oleh oleh, foto foto narsis dan selfie ………..posting di PATH dan FB sebagi bukti eksistensi diri sudah jalan jalan kesana sini. Dan pasti sekembalinya dari wisata ini silahkan cek keuangan pasti dompet terkuras / tabungan bahkan tagihan kartu kredit melunjak, akibatnya gaji bulan depan habis bayar KK. Terus hidupnya sebulan ya main gesek kartu kredit lagi. begitu seterusnya siklusnya. Kapan bisa nabungnya ya kalau begini. Saya belum menemukan pola wisata murah kecuali lokalan dekat rumah.
Gadget Freak,
Ada kawan saya yang benar benar maniak sama gadget, mulai dari smartphonenya yang tiap 6 bulan ganti dan laptopnya juga suka ganti ganti. Otomatis harga akan menguras kantong, contoh kecil saja, saat launching iphone 3G langsung beli harga waktu itu gila gilaan 8 juta, enam bulan kemudian masuk lagi Iphone 3S harganya lebih mahal dikit, otomatis iphone 3G nya di jual dengan harga sangat rendah cuma 2/3 nya saja sudah beruntung ada yang mau beli otomatis untuk dapat Iphone 3GS ini nombok donk sekirtaran 3-4 jutaan. Dalam 6 bulan sebenarnya value gadget nya turun drastis. Dan 6 bulan setelahnya launching deh Iphone 4G harga lebih mahal 1 -2 juta. Nah dijual lagi deh tuh Iphone 3GS lamanya. siklus itu berulang terus dan akibatnya cuma nombok terus dari bulan ke bulan. Mana ada gadget yang jika sudah dipakai harga lebih mahal dari baru. Pasti deh turun drastis. Padahal manfaatnya apa sih? cuma penambahan fitur aja kok. Ini belum laptop atau tablet. Dan banyak orang seperti ini. Kalau saya sekarang HP saya pakai maksimal 3 tahun baru ganti kalau semua baik baik saja ya. Blackberry terkahir diganti september lalu karena sudah rusak parah, usianya 3 tahun. Harga baru waktu beli 2010 itu 4,5 juta dan berakhir di sebuah toko elektronik setelah mereparasi biayanya hampir sejuta saya jual dengan harga 7 ratus ribu rupiah berarti saya – 300 ribu. Jadi nilai penurunan nilai dari HP saya waktu itu per tahunnya 1,6 juta loh………!!! Bayangkan kalau mesti ganti tiap 6 bulan. Kadang orang cuek dengan hal seperti ini dianggap tak menguras kantong tapi coba hitung deh pasti syok melihat hasilnya.
Ganti ganti kendaraan,
Hal yang sama persis juga terjadi pada hobby ganti ganti kendaraan, mobil atau motor, penurunan nilai dari kendaraan roda empat itu sekitar 10 jutaan per bulan. Misalnya nih tahun 2009 mobil saya beli seharga 147 juta. Dan sekarang sudah 5 tahun. Setealh saya cek di pasaran sekarang mobil itu sudah sangat beruntung kalau di jual dengan harga 110 juta ( sesuai hitungan asuransinya ) bahkan karena sudah beredar mobil LGGC yang murah itu jadi mobil second sekarang kurang diminati jadi penurunan lagi donk harganya. Jadi kalau misalnya mobil saya jual 100 juta, saya sudah rugi 47 juta dalam 5 tahun, untungnya sudah dipakai dalam suka dan duka selama 5 tahun. Kalau ganti baru, ya mesti nombok lagi 80-an juta untuk dapat mobil idaman.Nah apa tak menguras dompet itu ? . Kalau ganti yang second ya banyak resikonya juga. Harga mungkin terbeli namun kualitas tak ada jaminan jangan sampai malah sengsara, sengsara di jalan sengsara ke bengkel tiap saat. Makanya lagi mikir berat cari duit tambahan nih buat bisa ganti mobil tapi tanpa menguras dompet atau tabungan karena postingannya gak ada. Atau ada yang mau donasi………….qiqiqi!!!!!!!!!!
Berganti-ganti hobi 
Ini terbukti pada saya, dulu tahun 2009 saya belajar diving, tahu sendiri diving itu alat alatnya banyak dan tak murah juga. Saya sudah investasi lumayan dan sudah sempat punya sepatu, baju selam, namun saat ini saya beralih ke tennis. Namun semua alat selam sudah saya jual di toko bagus.com dan laku eheheh sisa masker ku ya mr big masih sering pakai kok. Sekarang kalau tennis saya tak terlalu butuh banyak alat kok, cuma raket itupun raket kantor dan baju olahraga kan sudah ada memang. Lapangan ya gratis dari kantor sisa sisihkan dana buat pelatih ku tiap bulan dan itu juga tak mahal kok. Oh ya saya juga ber sepeda kalau ada acara fun bike atau semacamnya, perlengkapan sepedaku juga lumayan lengkap, cuma tak di geluti sih hari hari, mau dijual tapi sayang nanti ada moment acara tertentu sayang deh kalau perlengkapanku di jual. Jadi di simpan aja dulu. Kali aja Mr Big beli sepeda kita bisa gowes bareng deh.
Mengganti hobi yang lama dengan yang baru selalu memerlukan dana. Makanya  hindari hobi yang membutuhkan anggaran yang mahal.Makanya saya suka tennis, ekslusive, tak terlalu menguras tenaga, peralatannnya juga tak mahal, dan bisa di mainkan sampai uzur, coba lihat para pensiunan yang udah tuwir tuwir olahraga mereka apa coba? futsal?? haah mana mungkin ….yang banyak itu adalah TENNIS donk.!! bukan tennis meja ya.Tennis lapangan!Makanya kenapa saya pilih tennis, badminton saya geluti juga cuma selingan saja. Kalau ada lomba ya saya ikuti semuanya. 😀 !!
Untuk mengatasi beberapa item penguras dompet diatas, sangat  gampang-gampang susah sebenarnya, caranya adalah berkomitmen untuk mulai mengatur anggaran bulanan dan ini sangat SUSAH nih, urus keuangan berdua saja saya pontang panting, sudah benar benar membuat postingan untuk semua pengeluaran rutin dan kewajiban dan jatah belanja. Ini saja saya masih sering melanggar aturan sendiri. Tapi setidaknya sudah on the track cuma kadang keluar jalur sedikit ekhh sadar kembali deh…………gimana kalau tak ada financial plan ya…………….!!! Tapi kalau kadang aku capek dengan semua ini langsung deh mulai awang awang  dan bernyanyi lagu Oppie Andaresta

Andai a a a a aku jadi orang kaya

Andai a a a a anggak usah pake kerja (bisa gak ya?! gak bisa)

Andai a a a a aku jadi orang kaya

Andai a a a a anggak usah pake kerja (Huuh..)

Pengen punya kapal (hahaha. Pesiar)

Lengkap dengan pulau pribadi

(dan semua orang gak boleh masuk, kecuali yang baek aja sama gw. Wuih, gw ajak temen-temen gw bikin beach party tiap malem. Bakar ikan, surfing, mancing, pokoknya asik-asik dah) ajak dounkz..

Pengen punya uang (banyak)

Yang depositonya bisa buat 7 turunan (bagi donk)

(jadi kan gw gak pusing-pusing lagi mikirin duit. Anak, cucu, cicit gw bisa hidup senang terus. Eh, kalo loe kekurangan uang, tinggal telfon gw aja)
Andai a a a a aku jadi orang kaya (pinjemin gw uang ya. Iya, iyah)

Andai a a a a anggak usah pake kerja

Andai a a a adaw! (ngayal mulu. Ih, jangan protes! Gw jadi orang kaya, ihiy..)

Andai a a a a anggak usah pake kerja (gak mungkin..!)

Andai a a a a aku jadi konglomerat
Andai a a a a anggak usah pake kerja

Andai a a a a aku jadi konglomerat

Andai a a a a anggak usah pake kerja

Andai, andai, andai..

————————

Yukkkk maree berhayal dan kalau dah kaya karena deposito 7 turunanannyan  tak habis habis berarti semua summary diatas  bisa tetap  dilakukan dan gak bakalan dompet nya terkuras DIJAMIN …….!!!!!!!*ngawur.com

Advertisements

Tagged: , ,

11 thoughts on “Kebiasaan buruk yang menguras kantong!!

  1. rianamaku April 5, 2014 at 2:58 am Reply

    Bener sekali mba siti, Tepok jidat untuk keborosan aku ini.
    beh duit awal bulan selalu habis buat belanja baju kadang ada promo beli 2 gratis 1 wah jadinya kalap kalap kalap..,
    belum kalau kumpul ma teman teman kita sebutnya ngopi ngopi cantik hehe..

    • siti April 5, 2014 at 4:06 am Reply

      wah namanya apa ? ngopi ngopi cantik..hehhe keren juga namanya…

      • rianamaku April 5, 2014 at 3:37 pm

        iya tu sebutan kita kalau mau nongkrong minum kopi

      • siti April 6, 2014 at 10:16 am

        baru kemarin saya ngopi cantik sama kakak yang datga kunjungan cuma minum kopi saja sudah tagihannya buanyaaaaaakkkk ngeri deh ..nggak mau lagi ngopi ngopi cantik mending warkop saja murah meriah..qiqiqiqi

      • rianamaku April 6, 2014 at 3:00 pm

        kalau di yoga ngopi cantiknya di kopi joss, angkringan atau burjo aja murah meriah. Tapi nyonya nyonya belum tentu mau heheehhe

  2. dhira rahman April 5, 2014 at 6:14 am Reply

    Aku paling boros buat belanja OL.. ya diam aja dirumah barangnya datang.. kadang lupa beli apa aja.. *sigh* suka menyesal kalo udah gitu

    • siti April 6, 2014 at 10:14 am Reply

      hahh wah ada ancaman baru buat dompet yaa..online shop…karena keenakan sisa nge klik saja ya mbak..wkwkwk

  3. nyonyasepatu April 6, 2014 at 11:52 am Reply

    semua masih aku lakukan kecuali yang gonta ganti gadget dan kendaraan hahaha. Nongkrong2 di Cafe itu susah berhentinya apalagi si matt kan suka ketemu temen2nya setelah pulang kantor di satu cafe Jerman deket rumah. Mangkin gak bisa lepas huhu. biaya nongkrong2 itu mahallll

    • siti April 6, 2014 at 1:39 pm Reply

      iya kemarin cuma nemanin kakak karena keletihan ngemall kami cari tempat duduk, dan cuma dapatnya excelco cafe, cuma numpang charge doank dan minum kopi pas bayar tagihan muahallllllllllllllllll amat bisa uang jajan seminggu ……….apes wkwkwk

      • nyonyasepatu April 6, 2014 at 1:51 pm

        hahaha ya itu dia 😦 apalagi kalo tiap hari ya kan? bisa buat ke US duit jajannya

      • siti April 6, 2014 at 2:20 pm

        ya benar sekali non………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: