Advertisements

Episode sakit dan sejarahnya


Minggu ini saya dua kali bolak balik rumah sakit, yang pertama ke dokter dan kali kedua  sih cuma  mengecek  kamar alias showing ( kayak showing  mau lihat kamar hotel saja ), jadi beberapa minggu ini saya selalu bermasalah dengan BAB ku, ternyata wasirku kambuh lagi, wadduh nyeri deh kalau BAB tahu sendiri kan BAB itu tak selalunya encer.. or lembut, maaf yaa ngomongin bagian ginian nih sepanjang postingan.

kantor 2 300 x 250

Jadi sebenarnya saya kadang malu atau kalau mau bilang soal wasir alias ambaien ini kan ini biasanya penyakit bapak bapak atau yang banyak duduk kayak sopir atau pekerja keras  lainnya. Nah sebenarnya kisah ini  berawal dari episode tahun 2003 waktu saya masih kuliah ekhh lagi episode KKN di sebuah daerah pedalaman di sebuah desa di kabupaten Polewali Mandar, disana saya tiga bulan, kami tinggal dirumah pak kepala desa, yang toiletnya sekitar 15 meter dari rumah. Rumahnya rumah panggung, jadi kalau mau urusan buang hajat kita biasa ngantri pagi-pagi sama teman teman KKN lainnya, dan makanan yang kami komsumsi waktu itu semua pedas pedas dan berminyak.Kan namanya kami tinggal di tanah mandar.

Suatu hari saya kebelet mau BAB dan antrian ada 4 orang, jadinya suka di tahan tahan dan karena makanannya kurang serat akhirnya hasil buangan dalam tubuh itu juga mengeras maka pastinya ada gesekan di belakang maaf ( * bokong ) dan sempat saya kesakitan dan minta izin pulang waktu itu di jemput orang tua dibawa ke Kota Pare pare ke dokter dan diobati beberapa hari baru kembali ke lokasi KKN.

Sejak itulah saya terkena wasir alias ambien yang waktu itu mungkin namanya stadium satu atau dua. Sejak itu pula saya mengenal namanya kapsul tembak, yang selalu stand by di kulkas, kalau kambuh sisa masukkan itu dan biasanya langsung segar dan dingin bagian belakang saya dan sembuh, namun harus jaga pola makanan, buah sudah wajib. Tahun 2009 pernah kambuh lagi waktu saya tugas di Manado, dan sempat ke dokter lagi, sejak itu saya bertekad untuk hidup sehat, saya belilah juicer dari innovation store buat minum juice tiap hari. Dalam setahun sih kadang kambuh namun kalau memperbaiki pola makan lagi akan sembuh lagi.

Kalau sembuh biasanya saya sudah lupa lagi dan tak mau berobat, sejak pindah Makassar pernah kambuh sekali waktu itu ke dokter dan dokter umum saya bilang lebih baik kalau mau sembuh total operasi saja. Bahkan di tawarkan mau di operasi saja. Namun setelah minum obat dan saya sudah merasa sembuh lagi. Saya lupa lagi deh untuk urusan operasi tersebut.

Nah sebulan lalu, sempat kambuh lagi, karena saya lihat ada iklan klinik khusus wasir di Makassar dan menggunakan metode herbal maka saya pun bertekad untuk mencoba, katanya metode tanpa operasi. Saya carilah kliniknya dan akhirnya kesana, bagusnya karena dokternya suami istri kalau perempuan pasiennya ya yang handle istrinya jadi saya merasa nyaman. Tahu sendiri kalau berhubungan dengan penyakit itu kan bagian privacy sekali.

Ternyata apa yang saya temui di klinik herbal tersebut, harganya mahal gileeeeeeee, dia nawarkan paket 10 hari tanpa operasi tiap hari kesana untuk dirawat. Dan biayanya mahal juga …….kirain cuma beberapa ratus ribu harganya 8 juta. Dan pilihan kedua ya cuma dikasih obat dan salep untuk menghilangkan nyeri. Dan itupun mahal juga untuk obatnya saja 750 ribu …saya malah kira cuma 200 an ribu wkwkwkwkk!! Karena kantor saya tak menanggung pengobatan klinik herbal seperti ini jadi saya cuma ambil paket 2 saja. Dan memang obatnya ampuh…. dan saya akhirnya sembuh tapi cuma sembuh sementara.

Beberapa minggu lalu saya keluar kota, otomatis pola makan tidak teratur, kan tak mungkin saya bawa juicer besarku kemana mana donk yaa, dan kambuh lagi deh…………sepulang dari luar kota, karena sangat mengganggu kalau BAB ya sabtu lalu saya putuskan ke dokter yang juga menangani sahabat kantorku yang menderita penyakit serupa. Ternyata katanya saya menderita internal hemmoroid stadium 3, belum parah sih tapi menderita kalau BAB, dan  fissura anal skin tag, yang diakibatkan saat BAB nya besar dan lobang nya kecil jadi lecet deh akibat pola makan yang tidak berserat . Hikssssssssssss perih deh kalau BAB dan trauma lihat toilet terbayang aku harus menderita.

Setelah diskusi sama dokter saya bilang mau sembuh total saja kan kalau nanti program anak dan hamil pasti kalau masih ada waris akan sangat sangat menderita lagi, jadi setelah diskusi sama MB dan sahabat sahabat dan keluarga ya saya putuskan untuk maju operasi saja deh, biar cepat kelar ini juga salah satu resolusi tahun 2014 ku sembuh dari wasir!!! Kemarin sudah survey rumah sakit, ya paling bagus disini dan berkualitas ya Rumah Sakit Siloam, tarifnya yang VIP juga masih dapat di cover asuransi dari perusahaanku. View nya penting tetap harus menghadap ke laut. Komplit deh kamarnya mirip mirip hotel lah. Terus pada saat saya tanya tanyain biaya katanya perkiraannya sekitara 23 jutaan tergantung kamar yang diambil, saya baru tahu kalau tarif rumah sakit itu semua tindakan bersasarkan paket kamar yang diambil. Kalau untuk tindakan operasi saya jika ambil kamar VIP yang tariff semalam nya Rp 810 ribu maka biaya operasi  23 juta kalau ambil paket kelas 1 yang cuma bedanya di sofa sama meja kecil dan ukuran kamar lebih kecil ya tarif operasinya perkiraan 17 jutaan. Untuk jumlah hari untuk rawat inap paling cuma 2-3 hari,  kalau mau bisa seminggu biar bisa istirahat lebih banyak. Gila aja ya operasi sekarang ternyata mahal mahal, sekarang kalau sebut operasi sebutan puluhan juta itu sudah minim.

Mahal yaa sakit itu, makanya kudu mesti ada asuransi biar nggak menderita kalau terkait biaya. Nah operasinya nanti pakai metode steples, jadi ada alat yang kayak busur panah gitu di tembakkan ke maaf lubang anus biar mengembalikan posisi ususnya ke posisi normal karena stadium saya masih 3 jadi masih bisa menggunakan metode ini tanpa di potong. Menuliskannya saja saya sudah meringis ngeri nih……………… !!

Minggu ini sebenarnya saya mau bereskan cuma MB mau ke luar kota ada kerjaannya tanggal 18 nanti. Tapi kalau kepepet aku sih maunya opersinya minggu ini. Biar cepat kelar. Soalnya kalau urusan BAB tetap aja menderita. sisa siapkan mental aja nih, buat teman teman yang kena wasir kalau udah stadium 3 atau 2 cepat cepat diobatin ya jangan dibiarkan ujung ujungnya akan ke stadium berikutnya loh, duduk mesti pakai bantal donat kalau habis BAB, dan menguras tenaga deh kalau di toilet sampai keringat dingin deh…………….!!! Pokoknya ribettttttttt !!!!

Udah namanya nggak keren, sakitnya perih dan paling berat karena sudah kebutuhan wajib mesti BAB tiap hari ya menderitanya juga akan tiap hari.Kalau nama kerennya Internal hemmorhoids ini ada stadium 1, 2 , 3, 4 dan 5 ada juga external. Yang membedakan cuma ada benjolan atau tidaknya dan benjolan bisa di dorong masuk atau sudah keluar. Kadang kalau sudah stadium 5 sudah berdarah. Ngeri deh kalau lihat gambarnya di internet. Pada saat dokterku menjelaskan dia sempat kasih lihat foto pasiennya sama saya ….Ihhhhhhhhhhhhh ngeri dehhhhhhhh….

Penyebab wasir sbb :

  • Keturunan, ternyata ini juga ada loh pengaruh, kayaknya kalau saya tak ada di orang tua atau kakek nenek
  • Terlalu banyak duduk, kalau saya memang berimbang kok duduk dan berdirinya
  • Pola makan suka makan pedas, saya benci makan pedas, heran kan
  • Pola makan kurang makanan berserat, ya kemungkinan karena saya dulu malas makan buah
  • Kurang minum air putih, ya karena tiap minum air putih saya pasti ke toilet deh makanya malas
  • Suka mengangkat beban berat, tiap hari saya bawa ransel laptopku kekantor dan itu memang berat karena ditambah kerempongan barang barangku yang banyak.
  • Terlalu kuat mendorong saat BAB, yaaaaaa ini mah tergantung situasinya, kalau gede yang mau keluar yaaaa mesti dikuat kuatin.

Nah itu beberapa sebab terjadinya wasir, dan kalau ada yang pernah merasakan nya pasti sudah bisa tahu “feel” derita akibatnya, susah duduk, capek seluruh tiba karena kontraksi dibawah itu berpengaruh ke seluruh tubuh, kalau ada lagu bilang “lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati ini” kalau aku ganti deh lagunya ” lebih baik sakit kepala saja dari pada sakit wasir ” wuihhhhhhhhhhhhhhh menderita abisssssssssssssss!!!!

Jadi sempat baca postingan Noni soal kentut ini dan ada cerita saat nungguin dia kentut pertama waktu habis operasi sampai empat hari dan dia belum kentut ekh sampai dokter utak atik bagian belakangnya dan itu perih sekali, saya meraskan “feel” sakitnya Non, tuh dokter waktu periksa bagian belakangku sampai di obok obok sampai saya meringis kesakitan ………..perih banget !!!!!!!!!!!! Dan saya sudah sering karena kalau ke dokter pasti aku periksa dan mesti di obok obok mulu tuh ………pokoknya menderita dehhhhhhhhhhhhh!!!!!!!! Jangan sampai ada yang rasain dehhhhhhhhhhh!! Makanya saya tuh tak pernah habis pikir ya ada yang suka melakukan anal seks yaa…itu gimana ceritanya, saya aja BAB aja sakit gimana cobaaaaaaaaaaaaaa !!!!!!! *Maaf mulai OOT nih.

Tips biar gak kena wasir :

  • Makan makanan berserat, buah paling baik adalah pepaya
  • Banyak minum, anjuran dokter dua liter sehari
  • Seimbang antara duduk dan berdiri
  • Kalau BAB jangan terlalu dipaksakan mengejan nya.
  • Hindari makan makanan yang pedas

Semoga minggu depan atau minggu depannya lagi semuanya dah beres ya teman teman.. saya benci beururusan dengan dokter terkait penyakit ini, ada pengalaman lucu saat kemarin ke rumah sakit siloam saat habis sesi tanya tanya dokter saya ketemu deh temanku yang ternyata sudah jadi dokter anestesi di rumah sakit itu, kita cipika cipiki, dia nanya deh ke saya ngapain disini, hmm aku karena memang juga lupa ambil hasil x ray nya MB waktu dia pernah di MRI disitu sebulan lalu ya saya jawab mau ambil hasil Radiology MB.

Terus kok ada di area poly dokter sih? tiba tiba si dokter W ya dokterku lewat dan langsung berguman” ingat ya putuskan harinya segera biar wasirmu tuntas” ihhhhhhhhhhhhhhhhhh saya cuma senyum senyum kecut akhhh si dokter nih buat malu aku saja, sudah saya jaga image sama teman lama baru ketemu deh di bongkar deh aib sakit wasir nya. Teman yang juga dokter akhirnya sudah tahu deh penyakitku. Ada ada saja kok sakit mesti malu ya… intinya semua sakit yaaaaa menderita……….nikmat sehat itu indah so dinikmati aja selagi bisa…………..!!!!!!!!

Kalau sakit ya episode nya dokter dapat rezeki, rumah sakit dapat rezeki, apotek dapat rezeki. Kan dunia ini tempat nya manusia saling memberi manfaat ……..bener kan..ntar kalo nda sakit kasihan dokter w gak dapat pasien baik kayak saya dan rumah sakit nggak dapat client yang comel soal layananan kayak saya…………….!!!

Satu lagi gambaran biaya rawat jalan di rumah sakit update minggu ini :

  • Tempat                                     : Poli 2 Rumah Sakit Siloam Makassar
  • dokter                                       : dokter W specialist bedah
  • Budget biaya administrasi RS     : Rp 30,000
  • Budget biaya kartu keanggotaan  : Rp 10,000 ( dikasih gratis akhirnya )
  • Biaya konsultasi dokter              : Rp 180,000
  • Biaya tebus obat di apotek          : Rp 560,000
  • Total all                                     : Rp 740,000

Dapat obat 3 jenis dan untuk 3 hari. Jadi langsung ingat kata kata sakit itu mahal, coba datang berulang duitnya bakalan berlipat lipat atau penyakit kronis deh pasti duitnya dah banyak digit. Untung masih kerja dan masih di cover kantor jadi masih bisa bernafas lega coba bayar duit sendiri ihhhhhhhhhhhh apalagi kalau operasi bayar pribadi wow…bisa bangkrut dahhhhhhhhhhhhhh!!!

Nanti aku update lanjut proses operasinya  dan kalau perlu tarifnya detail deh   di postingan berikutnya…..doakan cepat sembuh yaaaaaaa!!!

 

Header 728 x 90 (2)

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

17 thoughts on “Episode sakit dan sejarahnya

  1. nyonyasepatu April 13, 2014 at 7:30 am Reply

    Nyokap jg sakit kayak kamu gitu. Udah berobah sana sini, dia gak mau di operasi soalnya hehhe. Semoga cepet beres n sembuh yaa siti

    • siti April 13, 2014 at 1:49 pm Reply

      Oh ya ibu mu stadium brp say?
      Mungkin masih 1 jadi gak ganggu
      amat kalau aku sdh 2 ke 3 sangat ganggu aktifitasku, doakan ya cepat sembuh

      • nyonyasepatu April 13, 2014 at 2:02 pm

        Kayaknya udh parah juga. Pas aku baru pulang ke Medan taon lalu dia sempet 2 bulanan gak bs ngapa2in. Tidur aja susah. Akhirnya skr jaga2 makanan aja. Makan daging atau pedes langsung kambuh. Iya, semoga cepetan ilang ya sakitnya

      • siti April 13, 2014 at 2:28 pm

        ohh iya harus jaga pola makan kalo kambuhan menderita banget deh,, kalo aku pas BAB nya keras aja kalo encer saya masih lincah n lupa lagi ntar kalo kacau lagi makannya baru deh meringis di toilet

      • nyonyasepatu April 13, 2014 at 2:37 pm

        itulah namanya manusia haaha

  2. dhira rahman April 13, 2014 at 8:52 am Reply

    Huaaaa sereeeem!
    Cepet sembuh ya mbak Siti, bener banget itu keputusan untuk di operasi, sepupuku juga ada yang punya ambeien dan setelah dioperasi kayaknya kehidupannya jadi lebih bahagia haha

    • siti April 13, 2014 at 1:51 pm Reply

      Iya mbak, ini penyakit kambuh kambuhan kayak skrg sudah lupa lagi kalo brurusan dgn toilet baru deh stress lagi makanya perlu dibereskan segera

  3. kayka April 13, 2014 at 12:01 pm Reply

    semoga cepat pulih kembali ya 🙂

    salam
    /kayka

    • siti April 13, 2014 at 1:52 pm Reply

      Makasih mbak 🙂 iya nih gak sabar mau operasi tapi jdwl MB minggu ini dia mau keluar kota jadi nunggu minggu depan saja

  4. pursuingmydreams April 13, 2014 at 4:08 pm Reply

    Untung ada asuransi ya mbak. Klo ga punya sengsara kali deh sdh sakit, pusing ga punya duit utk berobat 😀 . Semoga lancar ya operasinya 😉 .

    Oh ya aku juga ada benjolan gitu mbak, kecil ga bisa didorong kedalam dong. Duluu Pernah juga klo Bab berdarah, berjuang ngeluarin ga bisa 😥 ya harus ngeden dong spy keluar, ditungguin seharian ga bakal keluar, tlalu lama malah pantat jd kesemutat krn tlalu lama di toilet (untung toilet duduk). Keadaan gitu klo aku ga makan buah dan sayur sama sekali, makanya tiap hari kudu harusss byk sayur dan buah.

    Btw aku baru lihat mbak sudah punya domain sendiri ya, keren .com 🙂 .

    • siti April 14, 2014 at 12:31 am Reply

      iya mbak makanya belum niat mau resign, kerja kantoran banyak manfaat kalau asuransi kesehatan.., wah berarti wasir nya mbak Nela stadium 4, kalau hamil memang wasir akan sangat parah menderita sekali, makanya sebelum program hamil aku mau bereskan penyakit ini dulu…

      iya mbak semalam upgrade akhirnya 🙂 berkat tutorialnya mbak nella…

      mbak aku lihat wordads nya dimana ya ?

  5. Nisa April 13, 2014 at 5:41 pm Reply

    ya ampppun,,,ternyata sakit itu mahall ya mbx,,,,,,semoga lekas sembuuuh mbx,banyak2 minum air dan makan buaaah

    • siti April 14, 2014 at 12:34 am Reply

      iya nah itu dia saya kalau banyak minum air banyak ke toilet juga…belm kerjaanku mobile terus … jadi ribet kalo mesti cari2 toilet tapi saya usahakan minum 1 liter seharusnya 2 liter…..

  6. Allisa Yustica Krones April 14, 2014 at 1:37 am Reply

    Duh, aku udah lumayan sering ngeliat suamiku kesakitan kalo pas lagi kambuh…memang menderita sekali yaa…

    Mudah2an operasinya berjalan lancar yaaa…tapi kalo sudah operasi pun, tetep aja pola makan harus terus diperhatikan karena masih ada kemungkinan kambuh lagi..

    Btw, kalo boleh tau, nanti teknik operasinya yang seperti apa? Karena dengar2 beda teknik operasi, maka dampak setelah operasinya juga beda2. Bukan untuk nakut2in, tapi katanya operasi dgn teknik biasa waktu penyembuhannya bisa sampai 1 bulan lebih dan selama itu rasanya katanya sakit sekali..

    • siti April 14, 2014 at 1:42 am Reply

      iya mbak lis, kalau ini metode stepler..mbak.. lebih singkat dan lebih mahal.. skrg semua pakai metode itu.. wah papanya Raja pernah operasi juga ? atau masih kadang kambuh? iya pola makan wajib mbak,,makanya saya tak pernah makan sembarangan sekarang ini.. sangat hati hati

      • Allisa Yustica Krones April 14, 2014 at 1:56 am

        Pke stepler ya, baguslah…katanya itu metod operasi wasir terbaru n terbaik krn abis operasi bs lenggang kangkung,hehe… Suamiku blm pernah operasi…

      • siti April 14, 2014 at 3:45 am

        iya mbak aku aja masih takut takut tapi lebih baik deh di beresin skrg ntar kalo kelamaan ribet dan lebih menderita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: