Advertisements

Cerita tentang pasword


Sumber gambar dari www.theguardian.com

Sumber gambar dari http://www.theguardian.com

Tiba tiba ide nulis ini baru kesampaian menuliskannya, kebetulan karena kisah saya habis sakit ini dan seminggu dirumkit  dan mengharuskan juga istirahat dirumah seminggu lagi wahhhhh nikmatnya dunia ternyata barusan merasakan libur sebanyak ini *kapan lagi:-) . Nah selama dua minggu ini sebenarnya email kantor tetap masuk ke saya kan ada laptop dan smartphone dan apapun tetap saya reply terkait permintaan client karena kami ada stand by admin execution tiap hari, jadi saya sisa reply dan minta di eksekusikan, jadi aman lah dunia….. ! 

Yang masalah adalah saya dikantor punya banyak aplikasi terkait ekskeusi di sistem dan tiap bulan pergantian password, apalagi kalau misalnya ada tim eksekutor yang pegang aplikasi user saya karena tak selamanya saya cuma kerjakan itu, sifatnya ke administratif ada team eksekutor  yang kerjakan dan passwordku sharing biasanya.  Untuk beberapa password yang mesti diganti biasanya mesti mengikuti rules berikut ini :

  • Maksimal 8 huruf/angka/tanda baca
  • Mesti gabungan huruf, angka dan tanda baca
  • Tak boleh sama dengan bulan lalu

Menyebalkan kan syaratnya? karena ini hari pertama kerja saya setelah dua minggu istirahat semua password ternyata mesti ganti dan beberapa sudah digantikan sama team yang selalu pakai aplikasiku dan mereka ganti seenaknya jadi saya bingung nih kelanjutannya biar gak ribet.

Dulu saya suka nih password itu misalnya namacompany123 atau namacompany+bulan+sekarangtahun#, namun karena aplikasinya banyak dan tak semua rules untuk password sama semua. Jadi saya selalu rempong mengingat. Sampai pernah beberapa bulan lalu karena saya stress mau ganti password laptop ku dan itu tak bisa karena sudah pernah digunakan maka saya pun mulai mengarang kata kata aneh. Saya pernah menggunakan password ini namun sudah mesti ganti jadi saya harus selalu kreatif mencari nama baru yang inspiratif

  • milyardermuda2013$(ini karena sudah stress dengan format diatas dan sudah capek mencari dan punya mimpi itu jadi deh)
  • rangermerahtop ( nama team kami, ya ada ada saja ya, pakai TOP segala )
  • galaujanuary2014 ( haahaha ini karena saya sudah kehabisan ide saja, kacau deh )
  • makassarinrain2014 ( ini karena waktu itu musim hujan terus menerus )
  • terong46# ( ini saya ingat waktu kerja di bank kebetulan kantor kami dekat pasar terong dan nomor kantor 46, itu 7 tahun lalu)
  • ironlady2014 ( ini karena habis nonton filem nya Margareth Tatcher idola ku dari kecil )

Tahun 2014 ini saya bertekad nanti password nya akan variasi dan penuh inspirasi bukan cuma asal asalan saja, tapi mesti tetap di catat sih biar tak lupa kalau lupa ya reset password itu lamaaaaaaaaa…. ! jadi solusinya mesti di catat juga di tempat tersembunyi…

Tips biar password nya mudah di ingat :

  • Kategorikan untuk semua email passwordnya formatnya ini misal nama kota favorit dan lainnya, kalau untuk password aplikasi tertentu ya beda lagi bisa companyname+bulan, biar mudah mengingatnya, pengkategorian format password ini sangat membantu.
  • Untuk aplikasi yang tiap bulan mesti diganti ya cari format yang sama dan hanya mengganti bulannya saja di akhir password biar simple, jadi selama 12 bulan akan tidak ribet dan mudah di gantinya. Kalau yang butuh 3 format ya tambahkan saja tanda baca mulai dari ! di keyboard sampai tanda + dari bulan 1 sampai bulan 12.
  • Untuk aplikasi yang cuma butuh sekali saja  ya buat password yang mudah diingat simpan di notes HP atau laptop deh atau buku catatan biar kalau lupa bisa di buka lagi.
  • Kalau dapat password aplikasi default awal segera ganti dengan sesuai keinginan biar tidak lupa kalau sudah buka aplikasinya lagi.

Kalau bos ku passwordnya sangat simple, namacompany1-12+tandapagar, yaaa gitu deh katanya sudah suka lupa dan tak punya lagi daya kreasi untuk berpikir soalnya semakin tinggi jabatan password aplikasi yang dipegang semakin banyak, gimana mau hafal semua yaaaaa……!!!

Kalau kalian ada cerita lucu tentang buat password, pin bank, token, aplikasi kantor atau password email hahahahha pasti banyak deh………….:-)

 

 

Advertisements

Tagged: , ,

12 thoughts on “Cerita tentang pasword

  1. cerita4musim May 5, 2014 at 1:22 am Reply

    Xixii kreatif bener

    • siti May 5, 2014 at 9:13 am Reply

      iya karena kalau tidak, ribet ngingatnya….

  2. Firsty Chrysant May 5, 2014 at 5:36 am Reply

    pw emang suka bikin keder. dulu aku juga suka iseng banyak email dengan pw yang beda. sekarang penanda khusunya walaupun email bikin baru lagi..

    • siti May 5, 2014 at 9:18 am Reply

      iya skrg sy biasa menyamakan pw dengan sisa bedakan tanda baca di belakangnya …

  3. Pursuingmydreams May 5, 2014 at 2:33 pm Reply

    Ribet banget ya mbak Siti klo tiap bulan harus ganti password gitu 😀 . Klo ga boleh password bulan lalu, boleh dari 2 atau 3 bln lalu?. Intinya sih harus dicatat spy ga lupa, dan catatnnya harus sellau dibawa 😉 .

    • siti May 5, 2014 at 3:29 pm Reply

      wah gak boleh mbak yang pernah dipake mesti ganti baru jadi mesti kreatif biar bs jangka setaun gantinya seirama 🙂

  4. ndutyke May 5, 2014 at 8:11 pm Reply

    Aku pake aplikasi 1password hehehe.

    • siti May 6, 2014 at 12:33 am Reply

      iya sebenarnya simple kalau semua pasword satu dan samakan saja ya…

      • ndutyke May 6, 2014 at 7:27 am

        Tapi itu bahaya klo semua email dan akun passwordnya sama. Yg kumaksud dengan 1password itu, nama aplikasi di HP hehehe. Jadi namanya emang 1password

      • siti May 6, 2014 at 8:02 am

        iya aplikasi itu ya..iya nih aku bru search ternyata ada aplikasi ginian…hahahha saya ketinggalan…

  5. reseller hosting September 15, 2014 at 10:31 am Reply

    terimakasih artikelnya

    • siti September 15, 2014 at 12:34 pm Reply

      sama sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: