Cara apply visa turis ke Amerika


Ini bakalan panjang nih, tapi tak apa tugas saya untuk meng-share pengalaman biar jika ada teman yang butuh sisa klik disni dan langsung bisa dapat serap ilmunya dan akhirnya saya punya manfaat di bumi ini #eaaaaaayy kok mulai ngawur nih. Dua hari lalu seperti prolog di postingan tentang perjalanan trip PP ku ke Surabaya dalam sehari demi apply visa.  Kenapa Surabaya? pertama karena lebih dekat ke kotaku dibanding Jakarta, dan yang pasti saya yakin jumlah antrianya tak akan sebanyak di Jakarta. Lebih murah tiket pesawat kesana itu juga penting *catat!!! 

Untuk jenis visa ke US ada banyak sekali mulai dari A sampai K kali ya….sisa dipilih sesuai kebutuhan, karena saya cuma berniat datang kunjungan jenguk ibu mertua jadi saya apply visa turis yang kelasnya B1/B2 ( Bisnis & pleasure ) atau kalau mau murni B2 ( Turis saja ) kalau B1 itu untuk bisnis  trip…kenapa saya pilih itu karena siapa tahu dalam waktu 5 tahun dikasih rezeki bisa bisnis atau dagang apa kek di bawa dari Indonesi dan jual kesana.Memang otakku benar benar otak dagang yaa.. tapi tetap aja aku kalah sama ini oma deng opa keturunan tionghoa dua pasang asal Makassar yang tajir abiz dan cerita di ruang tunggu sambil bisik2 kalau anaknya ada di USA dan ada di UK, kerjaan dia mau keliling kunjungi anaknya  aja sambil bersungut sungut soal susahnya dapat visa US dibanding visa ke Eropa karena travel agen aja yang urusin bisa,  nah sekarang giliran mau ke US dia sama suaminya benar benar harus datang jauh jauh dari Makassar ekh untung anaknya ada di Surabaya yang rumahnya malah tak jauh dari kantor konsulat..si Oma pas sebelum interview ketakutan karena dia bilang gak bisa bahasa Inggris pas selesai giliran saya ekh giliran dia tapi mas bule nya ternyata bahasa indonesia juga kok dan si oma dan opa juga di approve visanya.

Okay itu tadi intermezzo nya saja . Untuk apply visa  ini rentetan proses  yang harus dilakukan :

  1. Apply online dulu di link ini www.ustraveldocs.com/id  lalu registerasi sesuai alamat email  login sesuai user tadi
  2. Isi formulir via online di websitenya, klik link ini  pilih deh Alamat kedutaan  USA negara dan kota yang mau di tuju untuk wawancara, saya pilihnya US Consulate General Surabaya dan lanjutkan prosesnya. Ada 5 tahapan pengisian ini, yaitu melengkapi form DS-160, intinya disini cuma mengisi nomor paspor, nama lengkap atau alias kalau ada, terus alamat lengkap, alamat kantor, pekerjaan, terus ada nama suami juga, ada beberapa pertanyaan terkait history kita apakah ada keterkaitan dengan teroris dan lainnya sisa jawab NO, untuk form DS-160 ini semua dalam bahasa inggris. Kalau tak salah ada lima step / halaman yang saya isi dan kadang jawab yess/ no, halaman yang ribet attach foto yang mesti sesuai dengan ukuran persis seperti di jelaskan di website ini  pengalaman saya ke tukang cuci cetak di Makassar langsung info foto buat visa US dengan latar belakang putih dan ukuran 5×5 cm ya..glossy.. dan  sempat panik saat attach karena scan foto yang diberikan tukang cuci cetak foto kok tak bisa diterima di link tersebut akhirnya saya cek CD dari tukang foto ada file foto original saya yang besar saya coba attach sesuaikan dengan besaran kepala dan tampak foto sesuai arahan di website ternyata itu berhasil.
  3. Setelah sukses upload foto tadi dengan susah payah maka muncullah halaman konfirmasi seperti di gambar dibawah, langsung print warna saja karena ada barcode di halaman tersebut. ketika melakukan proses pengisian form DS-160 ini bisa kok di save kalau masih bingung, besoknya atau sesempatnya bisa log in lagi menggunakan kode yang diberikan, isi form ini bisa diberi waktu 30 hari untuk di selesaikan, saya mencoba buka pertama jam 11 tengah malam dan selesai jam 1 dini hari. Langsung kelar yang lama cuma upload foto dan kebingungan masalah visa kelas antara B1/B2 atau B/2 saja. Karena pengalaman teman teman ada yang dapat B2 ada juga yang dapat B1/B2 padahal kondisi kita sama semua, suami American dan kita stay di Indonesia jadi cuma visit saja. Yang mesti hati hati saja saat pengisian jenis visa ya, jangan salah ambil soalnya banyak kalau kunjungan ya kategori B1/B2 atau visa turis ya…malah saya hampir ambil spouse visa…!!
  4. Bayar di bank Permata  atau standard chatered bank  untuk visa yang di apply, klik di sini   dan langsung klik Deposit Slip – $160 MRV Fee akan muncul lembaran  halaman jumlah uang dalam IDR dan jenis visa dan waktu time limit masa pembayaran ke Bank nya. Jadi jika mau bayar hari ini baru print halaman tersebut karena kertas ini dibawa ke bank nya sebagai acuan kita mau bayar visa US dengan kelas visa sesuai pilihan kita dan ada masa expired tertera di kertas tersebut. Saat membayar petugas akan memberikan slip setoran khusus dan ada slip   setoran lagi yang ada kode slip yang akan di masukkan ketika mau appointment wawancara. Appointment wawancara hanya bisa dilakukan ketika sudah melakukan pembayaran dan sudah mendapat kode yang ada di slip pembayaran beberapa jam setelah pembayaran dilakukan.Jadi saya lihat ketika kita pilih waktu wawancara muncul kalender sebulan yang tanggal tertentu bisa di klik yang lainnya tidak bisa.
  5. Lalu setting jadwal wawancara, masuk kembali ke website www.ustraveldocs.com/id atau langsung klik ini go to schedule my appointment masukkan user ( alamat email yang sudah registerasi di awal ) kalau belum registerasi saja, ada beberapa pertanyaan akan ditanyakan kembali termasuk nomor passpor, alamat, nama panjang, dan beberapa pertanyaan menjebak, seperti “are you younger than 14 yearsold” sama ada satu lagi intinya apakah pernah pernah dapat visa sesudah tahun 2007 baik di Jakarta atau Surabaya, jawabnya cuma yess or no, untunglah saya masih sadar dengan baik jadi saya jawab No… baru beberapa tambahan pertanyaan yess or no tentang  apakah pernah terlibat traficking lah, teroris lah yang pasti semua dijawab NO donk !!! Dan di halaman terakhir kita diminta masukkan kode slip dari bank, saya sempat dua hari kebingungan karena setiap saya masukkan kok tak valid nanti saya telpon call centrenya sembari nanya baru diguidance dan ternyata nomor slip yang dimasukkan itu bukan yang panjang tapi slip nomor saat isi di bank  misalnya saya cuma US2004  sedang instruksi pegawai bank bilang pakai yang keterangan di kertas yang keluar dari mesin EDC padahal itu salah. Makanya saya selaku error dan unvalid number. Setelah berhasil masuk lanjut deh ke appointment schedule akan muncul kalender dengan tanggal yang bisa di sorot jika memungkinkan, kebetulan waktu saya yang bisa cuma tanggal 4 saja minggu pertama Juni langsung deh aku klik dan muncul jam pilihan cuma ada 3, jam 7.15, 8, 15 dan 9.15  saya langsung klopkan dengan penerbangan subuh jam 5 dari Makassar makanya saya langsung ambil 9.15 dan muncullah halaman konfirmasi sukses janjian wawancara tanggal tersebut, print halaman konfirmasi tersebut yang juga ada barcode nya.
  6. Wawancara, bawa semua kelengkapan yang di wajibkan bawa adalah Paspor kalau sudah pernah ada sebelumnya ya bawa saja keduanya karena mereka mau tahu kita pernah kemana saja ( ini penting, makin banyak history makan bagus ), halaman konfirmasi form DS 160 yang di print warna dan ada barcode nya, serta foto 5×5 latar belakang putih jika di website nya tak sukses meng upload foto. Soalnya pada saat saya di wawancara petugas pertama saya sodorkan fotoku dan mbak yang orang Indonesia itu dengan ramah bilang tak perlu karena saya sudah upload fotoku dengan sempurna 🙂
  7. Kalau ternyata di setujui visanya, tunggu saja passpor nya dikirim atau kalau tinggalnya di Surabaya bisa ambil di kurir tergantung isian saat apply wawancara  dan kalau masih ragu-ragu bisa di track my passport di website ini sisa masukkan nomor passpor akan muncul informasi tentang status nya, bisa saja informasinya sedang di proses dalam pengiriman, so sangat simple kok….!! Awal buka website ini www.ustraveldocs.com/id memang jadi bingung namun ketika dibaca dan dihayati semua sangat jelas kok 🙂
Tampilan upload foto yang benar

Tampilan upload foto yang benar

Tampilan jika semua sudah terisi dan halaman ini sisa di save or tutup

Tampilan jika semua sudah terisi dan halaman ini sisa di save or tutup

Adapun dokumen sebagai penunjang dan pelengkap sbb :

  1. Buku tabungan tiga  bank ( tak diperiksa sama sekali ) kenapa mesti tiga, satu saja cukup sebenarnya cuma danaku tercerai berai jadi takutnya dianggap kurang jadi saya bawa back up aja. Setidaknya saya bisa bilang ini cukuplah buat ongkos tiket PP
  2. Surat invitation letter dari ibu mertua yang isinya mengundang saya kesana untuk liburan disertai foto copy SIM ibu mertua
  3. KK terbaru
  4. Surat keterangan kantor saya menerangkan bahwa saya karyawati sejak tanggal dan akan mengambil cuti untuk liburan ke US dari tanggal ini sampai tanggal ini dan akan kembali bekerja tanggal sekian. Demi meyakinkan mereka bahwa saya akan balik ke sini lagi dan tak akan menjadi migran gelap disana, dan ini berbahasa Inggris ya. Saya sempat gondok saya bos HR saya karena sudah lama saya minta surat keterangan awalnya dikasih cuma keterangan biasa saja dan singkat dan versi bahasa Indonesia saat saya buatkann draft yang sama diatas dan versi English YBS keberatan tanda tangan karena kata beliau apply visa ini urusan pribadi saya bukan urusan kantor, setelah sempat saya meyakinkan beliau via telpon akhirnya saya nego merubah draft lebih singkat dan akhirnya saat saya sudah wawancara di SBY baru menelpon pagi-pagi dan minta maaf katanya telat menandatangani karena ada salah penulisan nama dan dia juga tak masalah kok tanda tangan dia merasa berdosa jangan sampai karena surat itu saya tak bisa di approve visa nya dan batal ketemu keluarga. Terharu juga, ternyata manager HRD tak seperti yang saya bayangkan malam harinya, walaupun telat dikirimnya pun via email dan saat saya sudah antri di kedutaan. Saya sebenarnya sudah ada surat keterangan biasa kalau saya kerja dan itu versi Bahasa Indonesia itu aja yang saya prepare dan ternyata si mas bule yang wawancara tak minta kok cuma ditanya kerjaan dan gaji berapa saat saya mau keluarkan satu per satu dokumen mas bule nya nolak dan asik input keterangan yang saya infokan.
  5. Buku nikah wajib bawa biar bukti  menguatkan kalau kita nikah sama US Citizen, kalau saya saat ditanya mau ngapain ke US saya bilang mau visit mertua dan dia nanya deh soal MB, dan tak pula dia minta satupun dokumen ku.
  6. Itinarary perjalanan, ini saya paksa MB buatin ya walau abal abal, siapa tahu ditanya mau kemana saja. Aku cuma ditanya berapa lama rencana disana . Gak di lihat juga…..
  7. Akte lahir ( ini sih saya yang lebay )
  8. Copy SHM rumah ( ini juga super lebay ) tak perlu kok
  9. Copy atau asli paspor suami, ini perlu namun tetap saya gak di periksa juga kok, kalau pengalaman teman lain di periksa.
  10. KITAS suami , ini juga tak di periksa , cuma ditanyain sekarang suami pakai KITAS? saya bilang iya KITAS sponsor istri.
  11. Surat keterangan dari tempat kerja suami, intinya bahwa suami akan visit ke US dan balik ke Indonesia lagi.Itu untuk case suaminya tinggal dan kerja di Indonesia.Ini juga tidak di mintai lagi.

Banyak sekali kan dokumen pelengkapku yang tak dilihat atau diminta juga sama Mas bule nya, tapi namanya prepare for the worst kan, mungkin di sini tak seketat aturan di Jakarta mungkin faktor relatif sepi tak banyak applicant jadi lebih mudah nampaknya, , makanya saya  pilih ke sini, ini gambaran proses  trip wawancara singkat saya :

  • Tiba mendarat di Bandara Juanda, jam 7 WIB, langsung keluar bandara naik taksi bandara ke Kantor konsulat di daerah Ciputra / citra land, sopir taksi pasti tahu, biaya 145 ribu diluar tol. Sampai disana sekitar jam 7.45 dan langsung di depan kantor kedutaan ada tenda yang sudah di siapkan langsung melapor, serahkan KTP dan disuruh misahkan semua isi tas yang berbau kosmetik makanan dan elektronik HP charger semua di pisahkan lalu nama di list peserta wawancara hari ini dicentang saya lihat ada 35 peserta. Lalu mulai deh saya melangkah antri di depanku ada anak ABG mau apply visa sekolah di Amrik dari Semarang. Bokapnya yang antar tak bisa masuk.
  • Setelah antri di pintu pertama saya masuk lah dan langsung KTP kita diserahkan tas dompet semuanya di titip disitu yang dibawa cuma filing berkas plastik yang saya bawa dan dokumen didalamnya sama passpor. Setelah melewatu pintu pemeriksaan dan barang sudah di titip masuklah pintu kedua yang ternyata taman yang tertata rapi dan ada tempat duduk sepanjang jalan menuju ke tempat wawancara, sayang gak bisa foto-foto hahaha daerah steril
  • Masuk ke ruang wawancara memasuki pintu  tebal  ke dua pakai scan lagi pokoknya tak ada elektronik atau bawaan kecuali berkas saja, di dalam tampak ada sekitar 30 an kursi berjejer layaknya peserta kuliah mau ujian dan langsung petugas arahkan nge print nomor peserta, nomor saya 109.
  • Lalu saya bergabung duduk dengan beberapa orang yang sudah datang lebih awal, ada 6 counter di seblah kiri kami, yang open cuma counter 2 dan 4. Counter 4 yang wawancara orang Indonesia, mbak yang suaranya ok dan super ramah, sebelum saya ada beberapa anak ABG cowok juga yang apply students visa.
  • Tiba giliran saya di panggil ke counter 4 dulu sama mbak cewek yang bersuara merdu itu, langsung di mintai cuma paspor saja dan disuruh scan sidik jari kiri dan kanan, lalu ditanyain kembali soal apakah suami saya orang America, dan cuma itu lalu dimintai halaman konfirmasi form DS 160 dan saat serahkan foto mbaknya balikin lagi karena saya sudah ada upload foto kok. Saya disuruh kembali duduk dan menunggu giliran wawancara di counter 2.
  • Beberapa pasang oma opa tionghoa datang setelah saya dan duduk manis di sampingku, kami langsung akbrab berbisik karena ternyata sesama orang Makassar 😀  selang 15 menit nomor saya dipanggil ke counter 2.
  • Saya langsung menyerahkan nomor antrian, dan pertanyaan pertama si bule paruh baya setelah saya disuruh scan sidik jari mau apa ke US, saya langsung jawab mau visit mertua langsung dia speak english dan tanya kamu suaminya orang Amerika dan saya jawab iya, terus ditanya sudah berapa lama nikah? nikah dimana? sejak kapan suami tinggal di Indonesia, terus kerja apa, penghasilan berapa saya kerja apa gaji berapa per bulan, berapa lama mau stay di US, terus pernah ke negara mana saja sebelumnya, sudah punya anak belum, hahaha ternyata pertanyaan andalan semua umat juga ditanyakan di sini. Tak satupun dokumen di minta cuma dia sibuk mengetik di pc nya dan sesekali melihat saya, pertanyaan awal mau visa apa, jawab visa turis 😀 .
  • Sejenak hening dan kemudian langsung si mister bilang “congratulation, you will get your visa in a week” saya masih rada bingung karena saya berharap seperti pengalaman teman teman lainnya biasanya dapat kertas putih, malah si mister gak ngasih cuma bilang gitu aja, seperti beberapa peserta sebelumnya pun saya dengar di approve visa nya tapi tak dikasih kertas putih. Cuma diberitahu saja kalau di approve apa tidak. Jadi saya cuma bilang ohh okay thank you dan kembali duduk menemui si oma dan opa dari Makassar tadi sembari si oma bisik bisik happy bangga katanya saya hebat dan dibilang mukaku mirip wartawan di TV itu apalagi saya cerita saya apply sendiri semuanya bukan via travel kayak mereka kan pakai travel semua. Saya senyum saja,  aku di ruangan itu sampai nungguan oma dengan opa tadi dan visa mereka juga di approve, wawancara saya sekitar 10 menitlah. Jadi saya di situ selesai jam 9. 05 WIBA. Hampir sejam lah di dalam dengan antri dan naro barang-barangnya.
  • Kami pun keluar dengan muka berseri, dan kembali ke pos awal untuk ambil barang-barang yang di titip. Ada satu mbak ber high heels di belakangku juga nampaknya happy di approve visa nya dan sesampai di pos penitipan barang dia ambil tasnya dan ganti sepatunya yang tinggginya 20 cm dengan sendal jepit hahahha niat banget sih kayak mau jadi sekertaris aja si mbak deh, kasihan dia meringis kalau melangkah apalagi dia parkir mobil kan jauh dari lokasi wawancara.
  • Langsung deh aku gaul dulu sesama beberapa pasangan orang Makassar di depan kedutan sembari saya telpon taksi dan ada ibu paruh baya dan anak cowok nya yang tadi wawancara juga sedih barusan tanpa alasan jelas katanya dia tak di approve. Asal mereka dari Denpasar. Mereka sih mau coba lagi katanya lain waktu siapa tahu diterima. ya rugi biaya sudah bayar visa dan sudah bayar tiket pesawat dan hotel, ya resiko  memang , di semua antrian tadi yang 10 di wawancaraan bersamaan saya ada dua rombongan yang tak di approve, sisanya di approve semua. Entah apa alasan yang satu keluarga di reject, kelihatan raut muka si ibu kecewa sekali.
  • Oh ya untuk visa yang di approve akan dikirimkan by RPX ke alamat saat kita isi setting wawancara ada pilihan pengambilan paspor mau dikirim ke rumah, ke kantor atau jemput sendiri. Saya pilih di rumah aja. Semoga dalam seminggu ini paspor nya datang bersama visa nya ya……………….
  • jam 9.30 saya meluncur deh ke bandara menggunakan taksi, dapat sopir cerewet dan ramah malah jadi curhat si bapak sama saya wkwkwkwk, sekitaran 1 jam perjalanan ke bandara  Jam 10an sudah dibandara sedang pesawatku jam 2 siang.
  • Sisa waktu saya pakai makan siang, beli beberapa oleh oleh dan ngopi cantik disitu, jam 2 an take off dan kembali mendarat di Makassar jam. 4.25 WITA, dan langsung turun tanpa bagasi hanya menenteng tas tangan dan map berkas sekaligus satu kantong oleh oleh.
  • Langsung ambil mobil dan tancap gasi pulang ke rumah, dan alhamdulilah sampai rumah jam maghrib sekitar pukul 5.30 deh. Melelahkan sih tapi begitulah prosesnya ……….!

Sebagai summary aku kasih beberapa tips buat urus visa turis ini 

  • Bisa daftar online dulu atau bisa bayar duluan juga kok, dengan cara tetap masuk ke website diatas dan masuk ke pay my visa dan klik bagian visa yang diinginkan print saja lembaran tersebut bawa ke bank nya, biasanya petugas bank minta halaman konfirmasi / nomor passpor, jangan kasih hilang slip pembayaran bisa di beri waktu hingga 1 tahun jika tak di lakukan proses apply selanjutnya ya hangus kalau mau apply online dan telat jarak setahun dari waktu payment ya hangus dan  mesti bayar ulang lagi.
  • Jangan tunggu lengkapi dokumen dulu  tapi langsung apply online saja yang penting ada paspor yang masih berlaku 6 bulan, ketika apply DS 160 yang inti dari semua data yang dibutuhkan cuma paspor, nomor, nama jangan salah, alamat, terus ada juga pertanyaan tentang keluarga, suami dan isi data suami dan paspor dan kebangsaannya. Dan  data passfoto dengan resolusi tinggi ya. Itupun kan sembari isi bisa cicil… kok dan ada termin waktu 30 hari sejak apply form pertama kali. Biar isinya gak grasak grusuk.Kayak saya panik langsung isi dan  butuh 4 jam pula.
  • Jangan salah pilih kategori visa ya… banyak macamnya..
  • Untuk Upload foto sesuai requirement mereka tetap ikuti petunjuknya, gunakan data pasfoto dengan resolusi sesuai standard bisa di cek disni  ada juga kok detail petunjuk cara upload yang benar ketika gagal diseblah kirinya sisa klik dan coba lagi, saya coba sampai 4 kali baru berhasil.Kalau sudah berhasil submit nanti pada saat wawancara foto tak dimintai lagi kok jadi sisa nunjukin halaman konfirmasi yang ada barcode nya sama passport, ekh sama bukti bayar.
  • Datang lebih awal tak masalah, mau di jam 9.15 saya aja datangnya jam 8 yang penting nama kita terdaftar di hari itu, mereka tak kategorikan siapa duluan ya ya lebih cepat, kemungkinan karena applicant sedikit beda sama Jakarta yang membludak ya. Sampai dengar cerita teman teman wahhh dari subuh saja sudah penuh antrian. Di Surabaya jam 8 pagi saya masuk sudah ada 8 orang di dalam ruangan yang menunggu wawancara.
  •  Jangan tegang, petugasnya ramah kok, petugas cewek wawancara pertama malah sangat membantu saya lihat sendiri cewek ABG depanku mau apply student visa saat di minta bukti bayar selain visa dia belum bayar, kalau gak salah dia mesti bayar visa fee dan imigration fee atau apalah dan dia gak lakukan itu, si mbak nya sangat baik menunjukkan cara bayarnya dan di beri waktu sampai jam 12 siang untuk lakukan sekarang dan balik lagi nanti sisa ambil antrian, dan bahkan setelah saya di wawancara tadi si cewek ABG itu udah muncul lagi dan sudah melakukan pembayaran. Wah petugasnya sangat koperatif kok, jauh dari kesan sangar dan mengerikan selama ini. Mungkin karena ini memang gak sepadat di kedutaan di Jakarta kali ya jadi masih sangat flexible. So jangan panik lah…
  • Kalau ada yang kurang jelas bisa telpon call centre ini (62) 21-3435-9000 saya saja saat bingung kok saya tak bisa masuk di schedule wawancara karena nomor slip pembayaran tidak valid si petugas coba bantu saya dan langsung berhasil.
  • Tak usah bawa teman atau suami/istri karena cuma yang apply visa saja yang bisa masuk.
  • Pakaian bisa santai tapi sopan tak perlu yang formil. Kalau saya pakai sepatu karena ketinggalan sendal sepatu formil ku dikantor hahahha makanya pakai sepatu malah dikira wartawan sama si oma………….!

So good luck bagi yang mau apply visa, ke Surabaya aja lebih gampang dan thanks buat Noni yang sudah banyak bantuin info terkait ini dari awal sampai kelar……… big hugs 🙂

Barusan terbang dengan bawaan cuma segini, tas dan berkas, dunia rasanya ringan euy :-)

Barusan terbang dengan bawaan cuma segini, tas dan berkas, hidup rasanya ringan & enteng euy 🙂

Tagged: , , , , , , ,

120 thoughts on “Cara apply visa turis ke Amerika

  1. Pursuingmydreams June 6, 2014 at 6:37 pm Reply

    Selamat mbak Siti sudah disetujui visanya 😀 . Surat-surat memang lebih baik siapkan semua yg disyaratkan, daripada bolak-balik. Soal diminta atau tidak kadang tergantung petugas visanya jga sih, kadang ada yg beruntung dapat petugas yg baik, kadang banyak juga yg apes dapatnya petugas yg galak 😀 .

    • siti June 7, 2014 at 10:42 am Reply

      iya.. makanya lebih baik sedia payung sebelum hujan kalau gak hujan kan ya gak apa apa juga…nih baru di telpon org Fedex katanya passport sdh ada disni suruh ambil ke kantor mereka. Aneh bukannya di terima dirumah..ya home delivery gitu

      • Pursuingmydreams June 10, 2014 at 7:18 pm

        Wah setauku dikirim ke rumah, ini baru kudengar harus ngambil, pdhl kan mbak sdh bayar ya.

      • siti June 11, 2014 at 12:15 am

        sudah mbak, aku yang telpon mereka paksa antar ke rumah dan kasih option antar ke kantor saja karena saya nungguin mereka. sudah ada nih paspor dan visa nya.. alhamdulilah..skrg waktunya booking tiket..hikss mahal ………….bikin sy gak bs tidur semalaman

      • Pursuingmydreams June 15, 2014 at 6:42 am

        Tiket mahal mungkin krn bertepatan dg musim liburan musim panas mbak. Iya ya ga bisa tidur deh mikir beli ga — beli ga .. 😀 .

      • siti June 15, 2014 at 9:38 am

        itu dia ,,makanya ini mkir terus nti disana puasa saja deh,…hiks..

  2. vie87 June 9, 2014 at 2:52 am Reply

    Selamat mbak siti 🙂 … kalo udah prepare semuanya, jadi lancar yah mbak 😀

    • siti June 9, 2014 at 1:10 pm Reply

      makasih ya… 🙂

  3. balgis June 15, 2014 at 4:43 am Reply

    Asslamualaikun mba siti apa kabar ? Nama saya balgis insha allah mau nikah sama usa citizen bulan october taun ini tapi masih bingung cara ngurus2 suratnya trs mau nanya kan rencananya buat 1 taun awal mau ldr dulu karna masing2 ada kerjaan nah setelah itu mungkun saya yg pindah kesana karna suami tinggal di us nah saya mau nanya mba kalo kaya gitu saya ngurusnya visa apa ya mba? Dan persyaratannya sama ama mba siti apa gimana ya mba , makasih mba maaf panjang lebar hehe

    • siti June 15, 2014 at 5:43 am Reply

      Masuk bisa pake visa turis saja 30 hari or buatkan visa sosial budaya, mbak yang invite dia kesni dapat 60 hari… coba googling di Indonesian embassy website, mudah kok…lalu untuk syarat nikah di indo ada di postingan saya seacrh saja detailnya komplit kok…

  4. Felicity July 11, 2014 at 9:08 am Reply

    Beberapa tahun lalu saya dan suami berencana pindah ke US untuk beberapa tahun dan sempat apply visa, jenisnya kalau ngga salah visa yang untuk investor bisnis (ada cabang perusahaan di US), tapi ditolak…. mungkin karena persentase kepemilikan perusahaan nggak lebih dari 50% (jumlah minimal, waktu itu cuma 47%) atau karena sayanya, spouse yang dari Indonesia ikut apply working visa sekaligus. Kemungkinan lain karena waktu isi form ada pertanyaan yang kurang lebih menanyakan ‘apakah anda pernah tinggal di daerah konflik aktif?’ Saya jawab: ‘yes’ Karena memang saya pernah kerja di daerah konflik dengan UN di daerah macan tamil. Sampai sekarang nggak ada jawaban…entah disetujui atau tidak…. Kita2x sih nggak ada beban juga dan sudah hampir lupa, life goes on, malah jadi beli rumah dan settling down di sini 🙂

    • siti July 11, 2014 at 1:37 pm Reply

      wah ternyata mbak dah sering melanglang buana ya…..tadi aku main ke blognya…seru bacanya…aku baru follow sorry telat ..maklum ramadhan eike sibuk double jadinya.. di sempat2in tetap BW deh…kan blog ajang sosialisasi juga 🙂

      • Felicity July 11, 2014 at 2:21 pm

        Hai mbak..makasih ya sudah mampir…betul banget…blog jadi ajang sosialisasi, nambah teman, nambah ilmu, menghibur juga… 🙂

      • siti July 11, 2014 at 3:28 pm

        iya apalagi pelaku kapur rada beda sensasinya dalam hidup makanya cari teman senasib hahaha ….

  5. irna manurung August 18, 2014 at 3:46 am Reply

    hallo, saya apply visa ke USA sudah 2x tetap juga GAGAL, sampai saya melalui Agent di Bali tetap tidak bisa mendapatkan visa ke USA, terakhir masalah adalah ini :Anda tidak dapat menunjukan adanya ikatan keluarga,sosial atau ekonomi yang kuat di luar AS yang mengaharuskan anda meninggalkan AS pada akhir kunjungan. kebetulan pacar saya tidak bekerja saat ini karna lagi menunggu saya di Indonesia, tapi saya sudah memiliki sponsor lain yaitu Calon mertua saya sendiri, kebetulan juga saya keluar dari kerjaan krn tuk liburan ke USA, saya mau tanya selanjutya apa sebaiknya saya lakukan

    • siti August 18, 2014 at 4:07 am Reply

      mbak apply visa turis ? kayaknya memang kalau masih hubungan pacar kadang sangat riskan untuk di approve kalau sudah nikah sangat mudah kok.. tapi ada juga pengalaman orang yang lolos walau status masih pacaran..kemungkinan karena pacar mbak stay di Indonesia, misalnya skrg sponsor diganti calon mertua karena mbak tdk kerja mereka akan sangat takut kalau mbak nti stay disana dan tak balik ke indo karena tak ada jaminan kerjaan menuntut kembali … seperti itulah kedutaan US terkait visa…

      wah option lain coba apply di embassy di SBY..biasanya lebih mudah……………..

      • irna manurung August 18, 2014 at 4:23 am

        iya saya apply visa tourist? kebetulan juga saya kluar kerja februari yg lalu alasan iya travelling mbak, kmarin saya urus diBali, dan agent awalnya mengatakan saya interview di surabaya karna saya perna gagal di Jakarta jadi hrs kesana juga, dan sponsor saya sdh ckp dan smua biaya dari sponsor semuanya, dan saya juga kasih Buku tabungan saya pribadi, jadi saya binggung juga, mungkin itu juga alasan kenapa saya tidak bisa ke USA karn pacar saya di Indonesia dan status tdk bekerja kan. apa bedaya dgn SBY mbak???

      • siti August 18, 2014 at 4:27 am

        di sby lebih kurang orang beda sama jkt sangat ramai jadi kalau ngntri lebih dikit.. emang kalau ditolak sekali kayaknya ada history nya kalau sudah di tolak jadi mungkin setelah 6 bulan… itu jrk apply pertama dan kedua berapa lama?

      • irna manurung August 18, 2014 at 4:32 am

        iya saya kemarin minta, di SBY mbak, tapi agent saya mengatakan tdk bisa karna saya perna gagal di Jakarta, oh jaraknya 5bulan lebih mbak, anayway kalau pacar saya bekerja di negara lain, dan saya kerja juga di Indonesia dan kami menikah di Indonesia itu bagaimana mbak? karna kelaurga kami semua setuju kami menikah dulu diIndonesia? itu bagaimana prosesnya mbak??

      • siti August 18, 2014 at 4:51 am

        prosesnya ada postingan syarat menikah dengan wna ..di blog ini … coba di search saja…

      • irna manurung August 18, 2014 at 5:00 am

        saya sudah coba cari tdk ada mbak yang manaaa??

      • siti August 18, 2014 at 5:07 am

        ada coba cari kolom search seblah kanan ketik aja “syarat menikah dengan wna” pasti ada..

      • irna manurung August 18, 2014 at 5:15 am

        sudah saya lihat mbak, makasih, oh iya mbal agent saya meminta apply visa lagi dgn alasan saya bekerja dan izin ortu.kalau saya pergi ke USA tanpa sponsor apakah bisa saya dpt visa? dan status saya tdk bekerja hanya ikuta kerja dgn usaha ortu ??apakah bisa mbak

      • siti August 18, 2014 at 5:22 am

        susah mbak, kalau saya sih saran ntar dah nikah aja baru kesana… karena kalau masih status pacaran jarang yang di approve ..ini pengamatan saya di komunitas kawin campur… gak usah buru buru ke US, ceritanya ini mau tinggal di US nnti kalau dah nikah?

      • siti August 18, 2014 at 5:26 am


        coba link ini …gampang kok

  6. aliyah March 19, 2015 at 10:36 pm Reply

    Assalamualaikum mbk siti..sy sdh menikah beberapa tahun dgn american, rencana insyaAllah bulan juli 2015 akan mengunjungi mertua, sy mau menggunakan visa turis, yg mau sy tanyakan kapan sy bisa apply visa turis jika kami berangkat juli? Invitition letter dari mertua apakah di tulis tangan atau
    gimana? Dikirim melalu pos ke alamat rumah atau email? Terimakasih..aliyah

    • siti March 21, 2015 at 2:59 am Reply

      apply sekarang saja, lebih cepat lebih baik kan visanya berlaku 5 tahun.. iya invitation letter bisa tulis tangan bis aketik juga kok… saya dulu dikirim scan email saja ke saya… soalnya mepet waktunya..semoga sukses ya

  7. jon kemod March 20, 2015 at 7:42 am Reply

    Terima kasih banyak ulasan cara mendapatkan visa ke US dari mbak siti. Bermanfaat bagi orang banyak yang ingin ke US.
    Semoga mbak siti selalu diberikan kesehatan dan selalu memberikan buah pikirannya di media sosial.
    #best rigard 🙂

    • siti March 21, 2015 at 2:59 am Reply

      terima kasih kembali………

  8. Neni March 26, 2015 at 6:57 am Reply

    Hi Mbak.. Awal bln kmrn sy ada apply visa US jg neh di Surabaya tetapi ditolak. Waktu wawancara si bule tanya ini itu soal pekerjaan pacar sy ttpi sayangnya sy cm bawa sponsor letter dr dia dan jg kedua orgnya. Surat rekomendasi de t4 kerja yg jg menjelaskan bahwa sy akan kembali ke Indo dan bekerja jg doc pendukung lainnya sprti buku tab dan lain2 jg ada ttpi tdk diperiksa. Yg Ada wktu itu sy cm dkse kertas putih yg dstu si bule minta Kitas jika ada, paspor keluar msk dan business doc. Sdh sy kami krm minggu yg lalu dan stlh sy cek via website visanya ditolak dan paspor dkmbalikan. Sy sngat kecewa krn ticket jg sdh ditangan. Rencana sy mw apply lg ttpi kali ini interview di Jakarta krn kebetulan tiketnya msh awal May.. Apa ada ide Mbak?? Trims sblmnya.

    • siti March 26, 2015 at 7:20 am Reply

      ini appy di sby ya? saya rasa butuh break 6 bulan baru bisa apply kembali.. memang saya lihat kadang kalo apply visa turis memang yang rada mudah adalah jika sudah resmi menikah, rata rata teman yang suami WN US kalau apply visa turis lancar.. di coba lagi nnti setelah 6 bulan tapi tiketnya yang disayangkan ya.. kenapa buru buru beli tiketnya jika visa belum ditangan mbak.. kan sayang kalau di refund ruginya banyak..

      • Neni March 26, 2015 at 5:18 pm

        Iya mbak di sby.. Hiks, kecewa bgt ini.. Klo tunangan apa ada jaminan mbak? Rencana emg mau nikah ini cm mau ktmu ortunya dlu dsna cm ya itu. Tp klo udh nikah apa pasti visanya bakal dtrma??

      • Neni March 26, 2015 at 5:21 pm

        Iya mbak di sby.. Btw klo tunangan gmn mbak? Rencana emg mau nikah ini cm mau ktmu keluarganya dulu. Emg klo udh nikah ngejamin ato pasti dpt visanya kah??

  9. yanto May 11, 2015 at 6:20 am Reply

    Hi Mbak Siti, ayah saya ingin pergi ke amerika untuk jalan2 menggunakan tour, tapi harus punya visanya dulu sebelum book tournya. pada saat mengisi DS-160 ada pertanyaan U.S. Contact, karena tidak ada kenalan yang tinggal di Amerika, ini sebaiknya isinya apa ya?

    Thanks

    • siti May 11, 2015 at 6:35 am Reply

      wah saya bingung kalau kasus nya bgitu, soalnya ikut tour ya.. dimaksimalkan saja isi ada teman kek atau teman nya teman disana… karena kalau blank kesana ya potensi rejectnya besar…mesti ada tujuan ..

      • niia June 19, 2015 at 6:14 am

        minta fb nya dong mb biar bisa inbokan ato pin bb nya mksh

      • siti June 19, 2015 at 6:19 am

        silahkan di email ke siti.csalim@gmail.com ya…aku jarang aktif di FB tapi lebih mengamati tiap hari email masuk pasti saya balas…

  10. onank May 13, 2015 at 2:23 pm Reply

    Hi mbak, saya berencana mangajukan vida ke us, kalau boleh tahu, minimal tabungan di bank yg kita punya berapa ya mbak untuk ke US?
    Dan saya ada pacar yg mau sponsors untuk segala kebutuhan saya selama di US, apakah masih membutuhkan tabungan untuk ke us kalau sudah ada sponsor? Thanks sebelum nya

    • siti May 14, 2015 at 10:03 am Reply

      iya walau punya sponsor tetap harus menunjukan tabungan.. tak ada syarat baku terkait jumlah..silahkan seadanya saja untuk menguatkan saja ke pihak kedutaan kalau kita mampu dan ada uang buat kesana… dan bukan berharap dari sponsor disana

  11. Chellsy May 31, 2015 at 8:23 pm Reply

    Hi Mbak Siti, saya mau tanya, saya akan kursus inggris di Amerika selama 2minggu melalui EF coures. Apabila di approve kira2 brp lama ya masa saya boleh tinggal di sana karena saya berencana jalan2 jg setelah selesai kursus. Berapa lamakah minimum stay disana yg bisa kita dapatkan? Thx

    • siti May 31, 2015 at 10:42 pm Reply

      saya tak tahu mbak dapatnya visa apa, kemungkinan mbak dapat Visa B1/B2 itu seharusnya 5 tahun, tapi saya gak tahu kalau short visit ya… jadi saya rasa akan banyak waktu buat mbak jalan jalan kok.. kan belajarnya cuma 2 minggu……..sisanya jalan jalan kan….

  12. Ross June 10, 2015 at 2:54 am Reply

    Assmualaikum mba. Aku mo nanya kalo visa turis itu lama maximal bisa stay di amerika itu brp bulan ya mba?

    • siti June 10, 2015 at 3:05 am Reply

      walaikumussalam, kalau visa turis berlaku 5 tahun, tapi masa stay kesana cuma biasa dikasih maksimal 3 bulan saja… kayak saya dulu cuma diberi waktu 3 bulan…

  13. Mardiana August 10, 2015 at 7:27 am Reply

    Hai mba terima kasih atas sharingnya, sangat membantu, limit visa turis itu berapa lama ya mba? Dan waktu itu mba berkunjung berapa lama disana?

    • siti August 10, 2015 at 8:07 am Reply

      visa turis jangka dikasihnya 5 tahun berlaku, untuk visit kesana nati di cap pada saat di imigrasi US akan di stempel dan ada tanggal maksimal stay di US kadang 3 bulan kadang 6 bulan saya dulu cuma 3 bulan , dan saya disana cuma 1 bulan…

  14. Ratih August 26, 2015 at 7:11 am Reply

    hi Mbak Siti,
    Jadi nomer yg Valid untuk dimasukan dalam receipt number yg mana ?
    Saya masukan nomer di ujung kanan atas yg 8 digit (tanpa tulisan US) kok invalid juga ?
    apa harus nunggu berapa hari ?

    • siti August 26, 2015 at 7:55 am Reply

      coba lebih enak telp embassy kedutaan dituju, saya dulu begitu baru kelar..

  15. Rahma September 18, 2015 at 2:28 am Reply

    Dear Mbak Siti,

    Saya ada rencana untuk ke US tapi lebih tepatnya sih ke Hawaii untuk sekedar jalan-jalan. Saat ini saya pegawai perusahaan swasta dan paling maks bs dapat cuti 10 hari. Apakah jika ada surat pengantar dari kantor dg isi info maks cuti tersebut apa berpengaurh untuk approvalnya?
    Terima kasih

    • siti September 18, 2015 at 5:51 am Reply

      sangat berpengaruh karena menguatkan mbak kembali ke Indonesia dan gak bakalan stay..

  16. murni September 22, 2015 at 11:15 pm Reply

    mb siti..teman sy menyuruh saya datang ke us bln December. Dia suruh sy apply visa dan sy ga yakin sy bisa dapatkan itu krna sy ga punya buku tabungan.Apa harus ad buju tabungan? wl kta punya sponsor. ap yg harus dilakukan sponsor sy? misalnya surat invitation, copy buku tabungan dia perlu ga kl sy ga punya tabungan? Bingung ni mbak. ..soalnya sy ga punya modal sm sekali ,dia semua nanti yg nanggung biaya..tolong info dong mb..makasih

    • siti September 23, 2015 at 12:17 am Reply

      sebenarnya tidak wajibkan ada buku tabungan hanya meyakinkan saja buat konsulat agar meng-aprove permintaan kita dan meyakinkan kalau kita ini mampu kesana, kalau misalnya mbak tak punya ya sponsornya yang harus membuatkan invitation letter tentunya dengan jaminan dia akan menanggung semua biaya selama disana dengan bukti yang kuat bahwa si sponsor mampu. Kalau case saya kemarin ibu mertua yang buatkan invitation letter tanpa bukti financial karena dari saya sudah lamprkan buku tabungan itu pun saat di embassy wawancara ternyata tak diminta sama sekali. jadi untung2 an juga mbak silahkan coba apply saja siapa tahu berhasil…

  17. Retno October 1, 2015 at 5:30 pm Reply

    Hi Mba Siti,
    Terima kasih sharingnya..Begini mba saya rencana akan menikah dengan warga Amerika bulan November mendatang,karena dia tinggalnya di Amerika setelah menikah di Solo maunya saya langsung diajak tinggal di sana.Apakah ada kemungkinan saya pasti langsung mendapatkan visa? dan visa jenis apa yg harus saya apply dan dokumen apa saja yang perlu saya persiapkan ya mba..
    ok tolong infonya ya mba, .makasih

  18. basori October 3, 2015 at 11:52 am Reply

    Ass.. Mbak kapan berangkat lagi ke US

    • siti October 4, 2015 at 3:26 pm Reply

      doakan banyak rezeki biar bisa kesana tiap tahun… yahhh

  19. nixen October 25, 2015 at 12:22 am Reply

    Pagi mbak siti maw tanya sy rencana maw ngurus visa ke us untuk jalan2 sy kerja di perusahaan swasta sy maw minta cuti mngkn cutinya cm 10 hari dan klu pake surat dr perusahaan apakah sy bisa di approve. Mohon infonya thx

  20. ifandi rusman November 7, 2015 at 3:19 am Reply

    saya mau ambil visa america untuk tour..adakah no contack yg bisa saya hubungi untuk aply visa america

  21. Iking Sanjaya November 9, 2015 at 12:33 pm Reply

    Mbak, tolong tanya. Saya baca di website konsulat amerika di surabaya bahwa kita dilarang membawa tas dan peralatan elektronik seperti HP dan tidak disediakan tempat penyimpanan di konsulat. Menurut pengalaman, mbak waktu apply, apa barang2 mbak bisa dititipkan di pos satpamnya? Makasih.

    • siti November 10, 2015 at 4:30 am Reply

      ada disedikan kok penyimpanan di depan jalan saja sudah ada dikasih keranjang dua buah buat memisahkan tas dan barang elektroik.. tenang saja… semua aman dan teratur nanti disana, baru masuk pos 1 dikasih loker buat masukkkin loker brg yang di titipan ktp dikasih juga buat dikasih nomor antrian buat ambil kembali nantinya. Selamat berjuang ya

      • Iking Sanjaya November 11, 2015 at 12:45 pm

        Makasih atas info nya, Mbak…

      • siti November 11, 2015 at 2:33 pm

        sama sama 🙂

  22. Ayu November 13, 2015 at 7:33 am Reply

    Hey Mbak Siti, senangnya bisa dapat turis visa USA 🙂 Buat saya, visa USA itu momok hehehe kayaknya susah banget dapet nya, rasanya setengah hidup ngurusnya, tapi setelah baca sharing dari mbak Siti saya mau coba turis visa 🙂 Saya punya teman dari USA citizen, kenal sudah 1 tahun tapi belum pernah ketemu in person. Kita kenal via FB dan ngobrol di skype hampir tiap hari. Dia invite saya untuk mengunjungi USA tahun depan dan dia mau kasih supporting letter yang menjelaskan kalau dia akan menjamin dan menanggung semua biaya waktu saya di USA, dia juga mau menanggung tiket pesawat PP saya. Saya skrg masih bekerja tapi mau resign karna ga betah dg kerjaan yg skrg. Saya dengar klo persyaratan visa harus nunjukin copy bank walaupun ada supporting letter atau invitation letter. Saya mau tanya, Klo misal jumlah tabungan saya tidak sampai 20 juta dalam keadaan saya sudah tidak bekerja nanti, apakah saya ada kesempatan untuk di approve? haruskah teman saya menyertakan invitation letter+copy paspor+copy bank nya dia?Teman saya bekerja di USA dan secara economi mampu. apakah ada peluang di approve klo saya dan teman saya juga belum pernah ketemu secara lgsung? Makasih 🙂

    • siti November 13, 2015 at 7:40 am Reply

      pengaruh dari surat keterangan kerja dan tabungan kita adalah membuat mereka kedutaan percaya bahwa mbak akan balk ke Indonesia dan bukan menjadi migran disana, karena banyak modusnya jalan jalan tapi tinggal dan menyalahgunakan visa turis ini dan kerja atau malah menikah disana. Itu kenapa banyak orang yang dengan cara diundang pacar biasa nya sulit di approve apalagi kalau ikatan denga kerjaan di Indonesia sudah tak ada ( pekerjaan ) mereka akan prediksi mbak kan gak kerja lagi jadi mau stay disana saja, nikah saja sama pacarnya lalu tinggal.Nah itu lah kenapa visa turis kadang sulit di approve termasuk bagi yang sudah nikah sama american karena kedutaan tetap mau kalau pun sudah nikah sama WNA sana ya monggo ambil Visa Spouse ( CR1 ) karena semua visa sudah ada peruntukkannya.
      soal tabungan ya saya rasa tak masalah soal sponsor letter ya itu sih wajib disertakan biar menguatkan
      dicoba saja kita tak pernah tahu kalau belum di coba
      semoga bermanfaat ya mbak Ayu……………

  23. Rudi December 12, 2015 at 8:25 am Reply

    Maap nih mba mau nanya.biasanya brp nominal deposit yang harus kita miliki untuk mengajukan proses pengurusan visa…aku juga orang sulsel,tapi mau coba maen ksana.trs kelengkapan dicument nih apa aja yang pastinya.maksih

    • siti December 13, 2015 at 11:39 am Reply

      kalau dulu saya saldo sekitaran 30 jtan…iye salam kenal.. tak ada aturan tertentu sih mau berapa cuma ini sebagai penguat saja..

  24. olaa January 14, 2016 at 4:59 pm Reply

    mba salam kenal, saya mau tanya.. kira kira persiapan apa yang mesti saya lakukan ya.. febuari 2016 ini tante saya mengundang saya untuk liburan ke amerika, ya kata nya hadiah karna saya sudah selesai di pendidikan diploma III saya, saat ini saya belum bekerja, tapi saya berencana akan lanjutkan S1 saya di indo tahun ini juga.. kira2 apa ya yg bisa meyakinkan pihak kedutaan ? terus apa yang harus tante saya urus untuk membantu meyakinkan pihak kedutaan ? mohon jawabannya..

    • siti January 15, 2016 at 12:36 am Reply

      nah ini yang sulit buat buktikan kalau mbak tak akan stay disana itu yang embassy kawatirkan.. saya rasa di coba saja, tante buktikan bahwa dia mampu biayain mbak selama disana dan ongkos tiketnya itu saja sih prepare nya…

      • olaa January 15, 2016 at 3:45 am

        Yah gitu mba, sy takut pihak kedutaan gak percaya kalau saya bakal balik lagi ksini.. untuk ongkos smua mmg tante sy yg akan tanggung. Oya mba, halaman konfirmasi jika nanti baru dijakarta sy cetak bisa gak ya? Soalnya sy dipontianak, khawatir percetakan ny gak sesuai n malah buat barcode ny ga bisa terbaca di kedutaan..

      • siti January 15, 2016 at 7:30 am

        oh cetak print biasa saja kok, bisa juga di jakarta print nya,..gak masalah kok ..

  25. olaa January 15, 2016 at 4:44 pm Reply

    Mba. Tanya lagi boleh ya hehe.. kalau saya sekedar berlibur untuk mengunjungi tante saya. Sy apply jenis apa ya? B1/B2.. B1 aja atau B2 aja?

    • siti January 16, 2016 at 4:36 am Reply

      B1 saja , itu B1 sosial kalau gak salah kalau B2 itu bisnis.. kamu kan mau datang bukan bisnis jadi salah satunya saja…

      • Olaa January 16, 2016 at 5:19 am

        B2 : visit for pleasure or medical tretment.. kalo yg b1 itu buat bisnis mba.. jadi sy ambil salah satu ya?
        Mba waktu apply pake visa jenis apa?

    • donny January 25, 2016 at 5:58 am Reply

      hallo olla ..gmna ..sdh sampe USA blm… punya pin BB ? sy juga ada rencana mengunjungi tante saya ….tapi beliau sdh 60 keatas..apa bs jd sponsor ya?

      • siti January 25, 2016 at 6:49 am

        maaf saya sudah balik indonesia,… umur 60 tahun bisa kok jadi sponsor ibu mertua saya 76 tahun usianya .. beliau sponsor saya

  26. siti January 16, 2016 at 5:28 am Reply

    Kalau dirimu B2 aja yang pleasure…kalau saya dulu dikasih B1/B2…entah kenapa bisa..sy apply nya b2 kalau gak salah..

  27. Olaa January 16, 2016 at 8:27 am Reply

    B2 hanya begitu jenis nya… B2 : visif for pleasure or medical treatment.. ga papa lah ya saya ambil B2 aja.. maaf ya mb klo nanya mulu…

    • siti January 19, 2016 at 3:47 am Reply

      iya B2 saja… untuk pleasure ( sosial visit/turis dkk )

  28. Bamjoen January 18, 2016 at 10:26 am Reply

    Mba siti
    Klo apply visa us baru pertama kali dan passport msh kosong atau blm pernah pergi ke luar negri katanya susah ya di approve….apa betul?

    • siti January 19, 2016 at 3:46 am Reply

      itu jadi pertimbangan juga tapi namanya juga semua ada percobaan atau pertama kali kan… silahkan di coba saja…mana tahu berhasil..

  29. Bamjoen January 18, 2016 at 10:29 am Reply

    Mba siti …katanya klo passport msh kosong atau blm pernah ke luar negeri susah di approve apply us nya…pa betul mba?

    • siti January 19, 2016 at 3:47 am Reply

      kenyataan agak sulit karena yang mereka selalu periksa diawal ya cap di paspor ..

    • siti January 21, 2016 at 1:40 am Reply

      di coba saja…

  30. Jamila Vukelic February 9, 2016 at 9:39 am Reply

    Hi mbak Siti seneng bs gabung di sini tuk berbagi pengalaman. Saya pingin urus visa Touris buat anak saya ke America. Dia umur 8th Kira Kira brp lm ya proses Nya. Makasih

    • siti February 10, 2016 at 12:51 am Reply

      wah mau ambil visa apa dulu nih, ada visa turis, atau visa lainnya..?

  31. Jamila Vukelic February 9, 2016 at 9:43 am Reply

    Hai mbak

    • siti February 10, 2016 at 12:51 am Reply

      ya hai juga .. mbak Jamila..

      • mila yuniar February 23, 2016 at 7:14 am

        mbak siti .. mohon infonya ya ..

      • siti February 24, 2016 at 8:52 am

        iya kayaknya aku sudah balas di email ya..

  32. mila yuniar February 23, 2016 at 7:13 am Reply

    hai mba siti , saya mau bertanya .. apakah dalam wawancara saya bisa memakai bahasa indonesia saja ?

    • siti February 24, 2016 at 8:52 am Reply

      bisa yang wawancara fasih berbahasa indonesia………….

  33. Chica March 3, 2016 at 9:05 am Reply

    Hai mbak saya rencana bulan april ke amerika sama anak dan ibu saya . Yang saya tanyakan apakah ibu dan anak saya hrs mengisi formulir D-160 sedangkan anak saya msh berumur 2 tahun? Atau hny saya saja yang isi formulir nya

    • siti March 6, 2016 at 4:56 pm Reply

      harus kan walau bayi 3 bulan saja kalau mau bepergian wajib punya visa…

  34. Livina March 9, 2016 at 1:43 am Reply

    Hallo mba siti….
    Mba beruntung skali bisa dgn mudah dapet visa US 🙂
    Kebetulan sy jg diundang main ke US mba.. ada beberapa teman disana tp situasinya sy skrg tinggal dan kerja di Filipina, sy mau minta pendapat mba. Apakah lbh baik sy apply visa dari Filipin atau di Indonesia? Dan teman sy blg jangan bilang ada teman di US krn takut tdk diapprove tp apakah justru lbh baik kalo sy bilang mau visit teman disana? Dan informasi tambahan tmn sy org Indo citizen US tp dia tdk mensponsori sy.
    Bagaimana pendapat mba?

    • siti March 11, 2016 at 3:50 pm Reply

      di filipina juga bisa apply.. kalau menurutku sih bilang ada mau vsit teman kan nati bingung mau ngapain di amrik.tanpa guidance… bilang saja diundang teman jalan2 disana..

  35. Mey March 17, 2016 at 4:15 am Reply

    Hallo mba Siti,
    Aku baru aja balik dr kedubes Amerika di jakarta dan ditolak utk ke 2 kali nya dalam bulan ini. Sedih bgt rasanya.. Padahal semua dokumen lengkap, ada surat aset pribadi, tabungan lumayan besar, dan saya berencana menghadiri pernikahan sepupu saya disana dan dapat surat sponsor juga dapat undangan dr Amerika. Kenapa saya bisa di tolak smp 2 kali ya mba? Apakah kedubes Amrik di SBY lebih mudah proses wawancara nya? Kalau saya apply lagi apakah akan ditolak lagi?

    • siti March 17, 2016 at 1:44 pm Reply

      mbak Mey, untuk aplikasi visa ke US tak boleh berdekatan, minimal 6 bulan kemudian baru bisa apply lagi, di coba lagi 6 bulan kemudian, soal kenapa mereka menolak hanya mereka dan Tuhan yang tahu… rada misteri soalnya kadang ada yang beruntung dapat ada yang walaupun valid tetap tak dapat… semoga 6 bulan kedepan bisa apply lagi ya…

  36. lean fu March 28, 2016 at 12:25 am Reply

    mba Siti, wah!! aku senang sekali artikel ini
    bolehkah aku meminta email dirimu? aku butuh tanya2 masalah visa ini.
    please and thank you.

  37. Elok endang wahyu ningsih April 9, 2016 at 3:44 pm Reply

    Saya mau tanya adakah agen untuk mengurus buat visa untuk saya pergi ke america

    • siti April 10, 2016 at 1:27 pm Reply

      urus visa harus langsung datang wawancara sendiri… karena wawancara wajib orang yang bersangkutan…

  38. Frederick Wijaya April 16, 2016 at 5:30 am Reply

    Siang bu siti, saya mau tanya, saya masih umur 20 tahun. dan ingin apply visa amrik. saya apply bareng sama orang tua. dengan ayah saya saja. , dengan tujuan jalan jalan holiday ikut tur.
    Bulan kemarin, saya pernah apply sendiri. alasan jalan jalan. dan di reject karena tidak ada bukti kuat untuk balik ke indo.
    kira kira gimana ya solusi nya ya bu ? . Terima kasih.

    • siti April 17, 2016 at 1:26 pm Reply

      iya karena umur produktif memang sangat sulit yang mudah itu visa pelajar… , solusinya harus tunjukkan sesuatu yang buktikan kamu bakal balik indonesia misalnya surat ket kamu masih kuliah atau dll.. karena belum kerja kan?

    • Vonny November 30, 2016 at 9:52 am Reply

      Hii frederick, sorry saya mau tanya . Minggu lalu saya apply visa amerika dengan tujuan mau liburan dan jalan2 sama mama saya dan ikut tour di desember . Tapi di tolak tanpa memberikan alasan apapun. 1 baris semua di tolak. Haha
      Pd hal dokumen semua saya bawa, surat jaminan perusahaan pun sudah ada. Dan pd hal saya pasti akan pulang karena harus urus pengurusan rumah ke notaris. Tabungan pun lbh dr cukup . Tetapi tidak di tanya sama sekali dokumen nya.
      Km pernah di tolak sekali kan ? Jeda nya berapa lama saat kamu appy yg ke2 kali nya ?
      Atau ada saran bu siti ?
      Terima kasih.

      • siti November 30, 2016 at 1:15 pm

        jedanya yang pernah saya dengar 6 bulan.. soal saran sudah saya tuangkan dalam tulisan diatas… memang apply visa ini hanya Tuhan yang Tahu dan yang pewawancara..

  39. meita May 23, 2016 at 5:54 am Reply

    Hi mba siti saya mau pengajuan visa untuk pertama kalinya, agak takut dan jiper bgt soalnya aku lagi ga kerja skrg ini dan tabunganku juga ga banyak2 bgt. Tapi semua biaya ditanggung oleh temanku yg org amerika. Dia siap dgn invitation letter, proof of funds, id card dan passport dia, jadi apa dokumen pendukung yg harus saya sediakan?
    Terima kasih mba
    Regards

    • siti May 24, 2016 at 11:57 am Reply

      sama dengan yang saya jelaskan di blog dokumennya ada kok.. kalau di approve ya bersyukur kalau belum berarti episode harus coba lagi… di coba aja ya…semoga sukses

  40. sasa August 29, 2016 at 8:41 am Reply

    hi mba siti, mau nanya dong..saya mau apply visa amerika buat saya dan suami untuk pertama kalinya, untuk jalan2 saja. suami sekarang bekerja kalau saya IRT. untuk buku tabungan apa bisa satu buku tabungan dipakai untuk berdua? dan apakah harus ada kenalan disana? terima kasih mba siti.

    • siti August 30, 2016 at 4:07 pm Reply

      Bisa itu hanya buat jaga jaga aja bukan keharusan

  41. Noe November 8, 2016 at 12:44 pm Reply

    Assalamu’alaikumwarahmatullah Mbak Siti. Mau tanya rencana tahun depan mau apply visa turis ke US, invitation letter kalau dari kakak / saudara suami bisa gak ya? karena mertua posisi di beda state, suami tinggal dengan keluarga besarnya di Fresno CA dan mertua tinggal di Minnesota. Saya pegawai perusahaan swasta boleh tahu minimal gaji yang meyakinkan untuk bisa diapproved visa-nya, trus kalau untuk tahun 2017 ini misal saldo deposit di bank hanya sekitar 30 jutaan apa cukup ya? soalnya kemarin ada yang bilang saldonya 70 jutaan tidak diapproved. Dan saya baru mau urus passport, katanya kalau belum pernah ke LN sebelumnya bakal susah di approved. Serba bingung sementara keluarga dari pihak suami ingin ketemu dg saya. Kira-kira bagaimana solusinya? terima kasih sebelumnya ya mbak 🙂 wassalamu’alaikumwarahmatullah

    • siti November 8, 2016 at 11:40 pm Reply

      walaikmussalam mbak, berarti mbak suaminya wna usa ya? saya rasa akan lebih mudah, tak ada kok syarat wajib minimal gaji berapa, kita hanya memastikan aja bahwa memang kita punya dana untk kesana minimal ya tket pulang. Memang sangat berpengaruh cap paspor masa lalu dari mana saja tapi mbak harus coba dulu pasti di approve kok. Kan suaminya US juga asal mbak lampirkan surat ket kerja biar bisa menjelaksan bahwa mbak akan balik ke indonesia dan info jg suami nya kerja di indonesia mereka akan lebih enak memberikan visanya… soal sponsor tak masalah kok…mau mertua mau ipar tak ada masalah… semoga sukses yahhh..

      • Noe November 12, 2016 at 1:41 am

        Hallo mbak Siti. Maaf suami tidak tinggal di Indonesia tapi di Fresno dan posisi masih sekolah. Krn itu yg jadi sponsor pihak keluarga suami. Mau apply spouse visa saya juga belum minat. Ini masalahnya Trump kan menang Presiden, pdhl rencana bulan Februari dpt cuti kerja dan mau ke Malay agar biar ada cap visa di passpport. Serba bingung… Krn klu Trump jd presiden kan org Islam gak bisa kesana. Jd sprtinya kemungkinan untuk mengunjungi suami dan keluarga sangat kecil. Oia saya menikah udh 1 tahun. Teman di Palembang juga apply visa turis stlh beberapa hari menikah tidak diapproved krn disuruh apply spouse visa. Makasih atas reply nya ya

  42. Fahmi Reza November 17, 2016 at 7:13 pm Reply

    Halo Mba siti, makasi udah nulis pengalaman Dan cara apply visa USA.. Aku mau nanya Mba, aku pekerja swasta trs rncna mau pindah kerja ke LA (kalo jadi, hehehe) terus itu jenis visanya apa ya mba? Kan kalo kerja beda brp lama sm yg liburan aja.. Ini pertama kalinya aku mau apply visa USA, takutnya ditolak mba.. Oiya rekening tabungan itu berpengaruh bgt ya mba? Kalo tabungan aku cm sekitar 10 jt.an ga akan diterima ya mba? 😦 trs kalo udh Ada Surat recomendasi dr tempat kerja yg skrg sm yg di LA itu ga menutup kemungkinan utk di tolak ya mba? Makasi sblmnya Mba Siti 🙂

    • siti November 18, 2016 at 3:31 am Reply

      bukannya kalau mau kerja sudah di sediakan visanya sama pihak pemberi kerja? setahuku aturan disana kalau masuk visa turis tak boleh bekerja loh? itu berlaku diamnapun harusnya pihk pemberi kerja sudha urusisn masalah visa sebelum di terima… . masalah uang / tabungan tak terlalu dipermasalahkan.. hanya pendukung saja.. . kalau visa kerja saya tak terlalu paham karena visa us banyak sekali ada k1 ..d lll saya sendiri hanya pernah urus 1 visa,. ya Visa B1/B2 itu turis…
      kalaiu sy runut visa us ada a-k mungkin.. silahkan koordinasi kembali sm pemberi kerjanya ..

  43. Kania Coad November 26, 2016 at 1:59 pm Reply

    Salam kenal mbak Siti, sy pernah apply visa turis thn 2014 di Konsulat Shanghai China, karena suami sy org Australia kerja di China pd saat itu (thn 2014). Kenapa sy appIy visa di shanghai? karena kalo visa di approve, berangkat ke US langsung dari Shanghai. Ini pertama kali sy apply visa turis. Pada saat di interview dgn org bule, sy hanya ksh paspor sy ke dia padahal sy sdh menyiapkan dokumen2 lainnya tp dia tdk tanya dan tdk minta. Bule itu tanya kenal dimana dgn suami ? Tahun berapa kenal suami ? Tahun berapa nikah? Sudah berapa lama nikah ? Suami kerja dimana ? Mau kemana di US ? Sy bilang mau ke rumah temen suami sy di Wisconsin. Dia tanya apa suami sy punya teman lain lagi..sy jawab tidak ada, karena tujuan suami dan sy ke US cuma ke rumah temen nya itu dan jalan2 ke New York dan San Fransisco. Bule tanya kenapa sy ke Saudi Arabia..sy jawab utk Umroh karena sy muslim (di paspor sy ada visa Saudi). Bule tdk tanya kenapa sy ke Australia dan New Zealand (di paspor sy ada visa dari negara tsb). Menurut sy pertanyaan2 nya aneh..bule itu rasis karena sy muslim disangka sy teroris. Visa sy tdk di approve..di kasih selembar kertas..yg isinya/alasannya visa tdk di approve karena sy tdk bisa menerangkan utk kembali ke negara asal (Indonesia) setelah dari US..padahal dia tidak tanya Itinerary (walaupun dia tdk tanya Itinerary, semua data2 yg sdh sy submit apply online sdh ada di system konsulat US).
    Menurut mbak kalo apply di SBY lebih mudah dari pada di JKT..walaupun domisili sy di JKT..apa bisa ?
    Insha Alloh sy mau coba apply lagi thn depan (2017), menurut mbak apa ada yg salah dari saya dan visa tdk di approve ?
    Sebelumnya sy ucapkan Terima kasih atas respon dan jawabannya.

    • siti November 27, 2016 at 12:46 am Reply

      ada teman kasus sama susah dapat visa turis dari negara lain apalagi china, kawan saya suaminaya WNA USA mereka kerja di CHINA skrg dan apply visa turis dari china tak di approve.. saya rasa case nya sama mereka kurang yakin orang yang stay di luar indonesia akan balik segera di indonesia kasus saya cepat jelas karena saya kerja disini dan suami juga kerja disni .. jadi langsung saja .di approve..

  44. ola December 13, 2016 at 4:31 am Reply

    Assalamualaikum mba Siti saya ingin memohon bantuanya dari mba yg sudah berpengalaman, saya berencana akan menikah dengan pria WNA asal Amerika dan sekarang saya sedang mengumpulkan apa2 saja yg dibutuhkan.

    kira2 apa kita bisa bicara atau sekedar share melalui email mba…terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

