Drama menjadi debt collector dadakan


Luar biasa melelahkan hari ini walau draft beberapa postingan sebelumnya belum kelar juga namun karena momentum tadi siang tak akan terlupakan juga sebelum lupa pengen sharing saja sekalian curhat…!!

Saya tiba tiba jadi serasa debt collector deh dalam 6 bulan ini. Ceritanya bermula saat saya keasikan dengan salah satu profesi jadi makelar rumah ekh istilah kerennya agen deh, sepupuku kan marketing property tuh nah saya termasuk freelancer dia yang kadang bantuin promo visa website atau blog atau memberi referensi ke relasiku yang minat beli rumah. Walau dah lama mencoba peruntungan nambah duit income dari sini ternyata jual rumah itu susah susah gampang loh, jodoh jodohan deh… intinya gak segampang membalik telapak tangan.

Nah salah satu kerabat saya minta dibantuin kita sebut lah namanya Paman MJ, istri paman MJ minta aku carikan, tahu sendiri hobby saya suka kumpulin brosur perumahan di setiap event deh dan saya mau tahu saja , karena memang saya punya mimpi beli rumah idaman juga walau sampai sekarang dananya belum ada juga. Dan akhirnya kami temukan rumah yang cocok dengan keinginan tante MJ, posisi pinggir jalan dan letak rumahnya paling depan dekat dengan gerbang kompleks, harga ya sudah pas lah dengan posisi strategis itu.Alhasil saya carilah developernya dan search websitenya dan kontak marketingnya.Langsung saya berkenalan lah dengan pak A yang jadi GM Marketing di developer tersebut.

Beberapa kali saya bantulah paman MJ dan Tante ketemuan sama pihak developer nya dan juga tante MJ sudah survey ke lokasi perumahan yang belum jadi dan sangat dekat dengan rumah kediaman Paman dan Tante. Sebulan lebih aplikasi dan berkas sudah di submit, harga sudah di setujui sama paman dan tante, pak A meyakinkan dengan profesi Paman MJ yang dosen walau usinya 8 tahun lagi pensiun akan bisa di approve sama bank kok, apalagi profesi dosen walau pensiun masih bisa mengajar. Dengan berbekal keyakinan dari pihak developer khususnya Pak A maka Paman dan Tante setuju membayar DP rumah sejumlah 20 % waktu itu bayar tanda jadi 10 juta dulu baru sisanya bayar DP, total bayar Paman MJ 96 juta lah. Dari total harga rumah 482 Juta kalau tak salah. Memang posisi nya Ok dan ada tanah kosongnya makanya mahal. Tante MJ sudah kudung cinta nih sama letak dan posisi perumahan tersebut.

Nah ternyata di September tahun lalu itu kebijakan pemerintah akan pembiayaan property berubah total dan menjadi sangat strict, DP Mesti 30 % dan bangunan mesti jadi 70% baru bisa akad kredit…!!! Sebelumnya masih sangat flexible.

Rumah oleh pihak developer sudah dibangun, dan sudah jadi 70% sisa finisihing dinding dan lainnya. Berkas Paman dan Tante sudah wara wiri di Bank, saya ingat aplikasi berkas masuk sebelum saya menikah tahun lalu sekitaran Mei 2013. Pembayaran DP pun dilakukan di Bulan tersebut.Dan berkas aplikasi paman dan tante ternyata tak mulus di perbankannya kenapa??? cuma karena satu hal, paman MJ usianya sisa 8 tahun pensiun berarti Paman MJ hanya bisa mendapatkan fasilitas kredit jika tenor nya ya 8 tahun saja, sedang Paman MJ maunya tenor kreditnya 15 tahun.Jadinya kusut deh, saya sebagai penghubung diantar developer dan user semakin galau, Tante MJ dongkol sama developer kenapa membangun sebelum kredit di approve sesuai keinginan nasabah, paman MJ tak mau kalau kredit rumahnya cuma 8 tahun soalnya berat di cicilan bulanan, maklum Paman sudah bisa prediksi donk penghasilan dan kesanggupan beliau.

Akhirnya pihak perbankan tetap tak mau dan bertahan di 8 tahun, karena dongkol dan alasan tak mau membebani diri diluar kemampuan Paman MJ sudah muak dan dongkol dan minta pihak developer cancel saja permohonannya.Drama mulai bermunculan deh, pertama karena pihak yang meminta di cancel adalah paman MJ berarti uang tanda jadi sebesar 5 juta ( bisa beli kerupuk persediaan 2 tahun ) itu akan hangus, ini versi developer, dan versi saya sebagai ponakan berbakti saya bersikeras ke pihak developer minta dikembalikan secara full karena paman saya batalin karena tenor tak sesuai permintaan beliau dan beliau tak mampu donk kalau dikasih fasilitas dengan cicilan sebesar itu. Enak saja bank asal maksa saja seenak udel nya… mentang mentang mereka juga dikejar target kasihan nanti paman MJ ngesot cari tombokan..!

Dan resmilah di Januari 2014 itu saya dan Tante MJ ke kantor developer minta pembatalan resmi dan minta semua dana dikembalikan, dan minta surat resmi pernyataan tentang pengembalian uang dan tanggal dijanjikan dan tanda tangan diatas matrei dan stempel perusahaan, kalau cuma omongan saya gak percaya…jaman gini mau percaya begitu saja uhhhhhhhhhhhh hidup keras euy apalagi terkait uang!!!! Di moment itu pulalah saya bilang sama pak A buat state berapa lama waktu diberikan ke mereka buat balikin duit Paman MJ! Dan pak A minta waktu maksimal 6 bulan deh, soalnya jual rumah katanya susah susah gampang !Okaylah karena saya masih baik kami setuju dengan saya state akan saya bantu jualin di Toko bagus atau berniaga biar cepat! Februari, Maret dan April berlalu, tiap bulan tante MJ tanyain saya gimana updatenya duit DP nya, jadi saya kejar juga ke pak A nya dan baru di Mei saya ke kantor pak A lagi yang ternyata sudah pindah lagi.Untung kantor barunya masih nemu, bebeapa kali ada user mau beli rumah itu dari tokobagus tapi ujung ujungnya gak jadi karena harga mahal kata mereka.

Dan saya paksa pak A buat surat perjanjian bermatrei lagi dengan kertas kop waktu itu, soalnya gak enak saya sama paman MJ atau Tante, mereka kawatir, saya sempatkan buatkan draftnya dan kirim ke pak A buat di print keesokkan harinya saya kekantornya dan memaksa beliau tanda tangan diatas matrei, nego alot terkait penghapusan tanda jadi 5 juta oleh mereka dan saya tetap berdebat keras buat dibalikin ujung ujungnya saya kalah debat karena memang yang niat batal paman MJ alasannya ya gak mampu nyicil kalau tagihannya ketinggian……………apalagi Paman sudah terlanjur kesal tuh rumah lama amat jadinya dan bermasalah terus.

Di dalam surat pernyataan saya state disitu bahwa pak A wajib kembalikan di bulan Juni minggu kedua. Kalau tidak maka kami akan bawa kasus ini ke jalur hukum. Pak A akhirnya bernego minta di beri waktu sampai akhir bulan.Okay karena kami baik dan ngerti kami beri kesempatan.

Namun tiap hari saya BBM Beliau ( Pak A ) soalnya tante MJ juga telpon  aku tiap hari kayak minum obat, gerah juga kan saya jatah userku batal gak ada fee tapi ribetnya minta ampun, soalnya tante MJ menyerahkan semuanya ke saya.Jadi kalau ada apa apa ujung-ujungnya ya saya di suruh ke developernya…aku kan juga kerja jadinya ribet banget…! Tanggal 29 Juni kemarin kabar bahagia dari pak A bahwa sudah ada nasabah pembeli dan tanda tangan akad kredit hari itu, dan pak A berharap akan cari hari itu juga.

Ternyata apa yang terjadi ?? sampai sore pak A infokan ke saya kalau ada masalah dengan akad nya, cover note dari notaris belum di daftarkan jadi pencarian belum bisa jumat itu, saya di janji di cairkan senin atau kamis … nah lohhhhhh gimana sih kok bisa lompat gitu, alasannnya karena ini pertama kalinya notaris melakukan akad kredit dari fasilitas BTN Syariah Cab Panakukang,jadinya lelet prosesnya dan bank sudah tutup.

Yang paling mengesalkan adalah seninnya pak A kontak saya lagi bahwa jika cair di hari kamis yang dibayarkan 50 juta dulu sisanya setelah lebaran….haaah arghhhhhhhhhhhhhhhh saya jadi esmosi benar dengarnya. Saya langsung marah dan berdebat alot bisa dibayangkan ya, kami bayar DP dalam beberapa hari lunas tuh DP rumah dan bayarnya itu 10 bulan lalu, jika kami tabung di deposito selama 10 bulan ayooo berapa dana tambahan yang kami dapat, sedang pihak developer sudah pakai duit Paman MJ buat rumahnya tanpa kami minta dana kami kembali aja sama dengan apa yang kami setor malah kurang lagi namun susah minta ampun,  bahkan tanda jadi pun masih di hanguskan, bagaimana saya tak uring-uringan, berharapa dapat fee kecil ternyata berakhir dengan masalah yang super kusut! Coba kurang baik apa kami ini, duit sendiri kok susahnya di minta kembali.

Nah tadi siang seperti janji pak A kemarin, katanya tertunda ke tanggal 4 karena pihak nasabah minta tanggal jatuh tempo bayarnya di tanggal 4 tiap bulan makanya notaris nya rubah tanggal lagi dan akad ulang. Akh alasannya banyak yaa…………..terus janji habis jumat akan mentransfer pun mulai buat dongkol, jam 4 pak A hubungi saya bahwa dia belum transfer ke Tante MJ sedang tante MJ sudah mulai marah marah ke saya via sms.Jadinya super dongkol deh.Pak A minta besok dia akan transfer karena dananya sekarang ada sama pak A dan dalam bentuk cash keras……!!! Tanpa banyak bicara saya putuskan akan datang ke kantor pak A atau rumah pak A untuk ambil itu uang cash dan setor tunai ke ATM bank sisa saya transfer ke rekening tante MJ, saya telponlah anaknya tante MJ yang cowok buat nemenin saya jadi debt collector dadakan.Setelah buka puasa  tadi sore si MJ junior anak paman MJ datang jemput saya, biar gak macet dan aman ( takut dirampok ) kita naik motor deh kesana.

Janjianlah kami di rumah pak A, sempat saya tersasar dan ketemu pak A depan masjid, ekhhh bukannya di bawa kerumah pak A malah kita masuk masjid dan transaksi di dalam masjid, kenapa? alasan pak A ada blokir di jalan depan rumah beliau makanya di masjid aja, okaylah pak saya sih dimana saja asal aman dan uangnya balik.Kayaknya pak A gak mau rumahnya didatangin debt collector dadakan *akuuuu!

Kami masuk di masjid dan duduk sembari saya serahkan kwitansi ke pak A dan MJ jr tanda tangan kwitansi sebagai penerima dan 5 ikat uang merah dikasih ke kami, kami berdua pun menghitung pakai jari tuh duit takut kurang.Dan beberapa ibu ibu malah celingak celinguk lihat kami merasa curiga kok ada 3 orang transkasi hitung duit di masjid, sisanya senin pak A janji mau bayarkan langsung transfer ke rekening Tante MJ. Setelah yakin uangnya pas, kami salaman dan kami meluncur segala dengan penuh rasa was was bawa duit sebanyak itu.

Kami meluncur ke ATM BNI buat setoran tunai, butuh sejam deh buat saya berhasil setor semuanya dan transfer ke rekening tante MJ.Dan setelah semuanya kelar saya telpon deh si tante MJ. Lalu saya diantar pulang.

Rasanya melelahkan sekali, kita kok yang punya uang tapi ribetnya minta dibalikin ya………..kejadian ini buat saya mikir berat kalau mau beli property ya coba cek developernya, kalau developer kecil ya……..dananya serak ya hati hati aja, kalau ada kejadian kayak gini super ribet urusanya….! Hampir setahun dana paman MJ disana dan resmi batalkan ya Januari 2014 karena dec 2013 baru ada kabar dari bank buat persetujuan itupun ya semau bank nya… akhhh memang beli rumah ribet dan memang untung -untungan ya.jodoh-jodohan istilahnya kalau gak jodoh ya gak jadi belinya…………

Sedikit lega deh duit separoh sudah balik walau penuh drama marah marah dulu……….semoga senin esok sisanya semua dibalikin deh saya kok jadinya capek hati dan jiwa urusin beginian, no fee dan penuh kompleksitas dan menguras waktu dan tenagaku……………………..Baru aja nagih segitu gimana tuh capeknya debt collector asli yang menagih hutang Milyaran sampai pakai acara ancam ancaman segala ya ihhh ngeri deh ……….

20 thoughts on “Drama menjadi debt collector dadakan

  1. yayangneville July 4, 2014 at 9:28 pm Reply

    Hihihi seru 😁

    • siti July 4, 2014 at 10:00 pm Reply

      makasih dah main kesni salam kenal… iya memang seru saking serunya mengganggu hati dan jiwaku selama 6 bulan ini..

  2. Arman July 5, 2014 at 2:50 am Reply

    ya ampun.. ribet banget. padahal lu jadi penghubung jadi ikutan ribet ya…

    • siti July 5, 2014 at 5:02 am Reply

      iya nasib..tapi mayan dah dapat sebagian sisanya senin katanya..smoga beneran….

  3. nyonyasepatu July 5, 2014 at 4:55 am Reply

    Yang ada capek bgt kan ya. Ini yg buat aku males ngurusin bisnis bokap taon lalu, stress parah bikin sakit aja

    • siti July 5, 2014 at 5:04 am Reply

      betul betul, di satu sisi bisnis beginian menguntungkan tapi resikonya juga makan hati dan belm tentu sesuai harapan yang ada malah ..rugi waktu, tenaga, pikiran…..boro2 duit………………..malah dendam deh jadinya…………

  4. NisadanChicco July 5, 2014 at 11:39 pm Reply

    Aku bacanya aja njlimet mba apalagi mba yang jalanin nagih2 gitu yaaa hehehehe. Semoga cepat selesei urusanya ya biar gak pusing2 lagi 😊

    • siti July 6, 2014 at 3:44 am Reply

      hhaha iya lupa nambahin habis dapat duit separohnya biar tante gw gak marah sy setor tunai donk di atm secara bank tutup dah jam 8 malam.. terus sukses setor tunai saya transfer maksimal cuma 10 jt via atm, lanjut di rumah dengan internet banking soalnya setor tunainya ke rek pribadiku … ekhh besoknya tante sms dananya kok kurang 10 jutaa…kagetlah saya cek bukti trf dan ternyata nyangkut di sistem karena batas maksimalku transfer terelwatkan yaaaa butuh minggu depan baru beres…cobaan yaa… niat baik jadinya ribet……….

  5. pak'e_ipul July 6, 2014 at 6:09 pm Reply

    namanya uang,mau dipinjamkan,diinvestasikan,dibagi bagi,ditambah,dikurangi, ataupun di-anak-ke….mburi mburine ketemunya ya ribet dan mumet..hihihi..

    • siti July 7, 2014 at 4:58 am Reply

      begtulah… pak… uang memang bikin pusing

      • pak'e_ipul July 7, 2014 at 5:09 pm

        punya uang ya pusing apalagi nggak punya….hahaaha..mesti gliyeng gliyeng ..

      • siti July 8, 2014 at 2:27 am

        jadi baiknya punya tapi banyak mas jadi nya enteng kalo ter zolimi hahhaha

  6. Allisa Yustica Krones July 7, 2014 at 1:42 am Reply

    Jadi penghubung memang risikonya tinggi ya, kena marah dari kanan-kiri… Aku bacanya aja ribet banget lho, apalagi kmu yang ngejalaninnya. Mudah2an segera beres semua urusannya ya

    • siti July 7, 2014 at 5:03 am Reply

      iya mbak sebagian sudah beres.. nih lagi tunggu nih hari janji transferan si bapak sisanya .. dari tadi di bbm gak balas balas… saya mau sms lagi reminding .. suka janji janji mulu … mulai muak saya nya..

  7. Felicity July 10, 2014 at 8:11 pm Reply

    Waduh mbak…saya bacanya ikutan emosi…kesel sama pak A…. Moga2x sisa uangnya bisa kembali ya…. Sepertinya perlindungan hak2x konsumen di Indonesia masih lemah banget…

    • siti July 10, 2014 at 10:55 pm Reply

      iyaaa sudah semua kelar, hari senin di janji dibayarin 40 jutanya aku bbm terus dan akhirnya baru terlaksana selasa nya itupun selasa sore jam 3 dijanji transfer tidak jadi alasan bank sudah tutup..hebat kan…terpaksa saya meluncur ke kantor dia lagi ambil cash kurang ajar banget yaaa..capek deh ngejar duit sendiri, sudah hangus pula tanda jadi duit tante ku..ihh sudah itu uang kita dikasih bayar dulu cuma sehari dah lunas ekhh giliran cancel minta balik butuh 7 bulan dengan drama kejar2an gini..tobat deh………

  8. sapienzadivita August 18, 2014 at 12:31 pm Reply

    njlimet.com! Btw mbak, gimana update terbarunya? Dikembalikan kah sisanya?

    Salam kenal

    • siti August 18, 2014 at 12:59 pm Reply

      sudah di balikin…cuma effort saya yang banyak harus ke akntrnya jemput uang cash sisa alasan dia bank tutup krn dia sibuk urus pembeli baru tersebut,,,,,,,,,,,,sudah jera.com urus an dengan developer baru..

      • sapienzadivita August 19, 2014 at 4:50 am

        Developernya banyak alasan banget. Hadeh… Untunglah sudah dikembalikan semua. Walau harus merugi uang jadi. Tapi ya mbok dipikirin banknya juga kelewatan, masak cicilan 8 tahun dengan 15 tahun gak dikasih. Kan ada inflasi, di 15 tahun ke depan kan masih bisa dibayar lewat pensiunan dan tabungan mereka. Hadeh… Susah mau punya rumah memang…

      • siti August 19, 2014 at 4:53 am

        alasannya masalah usia pensiun..bank nya ketat sekarang…

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

