Advertisements

Cara apply ( MERP ) Multiple Exit Re-entry Permit bagi WNA


Contoh surat permohonan & form MERP !

Contoh surat permohonan & form MERP !

Dari beberapa bulan lalu sebenarnya saya sudah mau mengurus untuk apply MERP   ini buat MB, birokrasi lagi yaa?? pasti donk, blog ini kebanyakan isi nya ini…. jangan bosan ya.. MERP itu kepanjangannya ( Multiple Exit Re-Entry Permit ) ,  izin masuk kembali ke Indonesia bagi WNA pemegang izin tinggal terbatas ITAS ( izin tinggal terbatas  /ITAP ( izin tinggal tetap ) baik itu sponsor istri atau perusahaan, jadi biar kalau si WNA keluar negeri KITAS atau KITAP nya tidak hangus . Karena kalau tak ada izin keluar ini  ya pada saat masuk ke Indonesia ya KITAS nya sudah dianggap hangus dan harus mulai dari  0 lagi………..!! Karena rencana kita mau mudik ke kampung MB jadi baru mau buat MERP nya MB. Sebelum tanggal 30 Juni kemarin ada 2 jenis izin masuk kembali yaitu MERP dan ERP ( Exit Re-entry Permit  / Single Exit Re-Entry Permit ) namun dengan perubahan tarif biaya keimigrasian per  Juli 2014 ini untuk ERP/Single Entry Permit sudah di hapuskan berarti yang ada cuma MERP yang otomatis bayarnya lebih mahal dan otomatis merugikan pasangan campur kayak kami yang suami cuma mudik sekali setahun bahkan lebih lama dari itu.Nih gambaran SERP dan MERP :

  • MERP          : Izin masuk kembali ke Indonesia berulang kali di beri batas  waktu berlaku 6 bulan , 12 bulan atau 2 tahun
  • SERP/ERP : Izin masuk kembali ke Indonesia cuma sekali, berlaku dalam jangka 3 bulan saja, jika mau meninggalkan Indonesia berikutnya ya apply ulang lagi, tarifnya dulu cuma Rp 200,000. sedang MERP termurah itu Ro 600,000 di beri waktu 6 bulan bisa bolak balik ke luar Indonesia.

Bisa lihat kan bedanya ? kalau cuma mau trip sekali  saja ya rugi donk kalau ambil yang MERP 6 bulan, apalagi yang setahun bayarnya Rp 1 juta. Kan mubazir kalau tak digunakan, kecuali suami WNA nya sibuk bolak balik ke luar negeri ya tak masalah sih. Komplain aku sama betul  dengan beberapa mahasiswa/i asal Malaysia yang menuntut ilmu di UNHAS Makassar pulangnya cuma sekali setahun kata mereka rugi besar deh dengan adanya perubahan tarif keimigrasian tahun ini, ada beberapa mahasiwi etnis India kewarganegaraan Malaysia yang sama sama mengurus MERP juga, apalagi tahun depan isunya kalau urus kitas wajib ambil sepaket sama MERP nya. Berarti nambah lagi donk ya selain bayar KITAS nya bayar MERP sekalian.  Pantas aja si mbak aca pahe pahe ini geleng- geleng kepala terus protes kok bisa dihapus tuh ERP!Maklum kata dia, mereka mahasiswi yang lagi belajar, harus irit, tos dulu aja deh mbak, kita senasib … 🙂 duit jajan hilang 400 ribu, bisa beli kerupuk persediaan 6 bulan tuh 😀 Saya miris saja soalnya aturan ini awal bulan Juli ini berlakunya sedang saya sudah mulai urus perpanjangan KITAS MB bulan Mei lalu dan urus perpanjangan paspor saya di April bahkan saya sudah sempat masukkan aplikasi MERP waktu urus paspor dan petugas nya infokan masih lama trip-nya kan  rencana Agustus jadi ya urusnya 1 minggu sebelum berangkat saja kata si Mbak biar gak rugi waktu. Makanya saya sejak itu berkas saya tarik kembali dan saya cuma santai santai saja nunggu saya cuti besar di Juli ini baru deh urus. Ekh ternyataaaa….. SERP nya sudah di hapuskan…………..*teganyadirimu akhhhh  ini yang naikin tarif keimigrasian siapa sih………….*tanyarumputyangbergoyang.

Syaratnya mudah kok :

  1. Copy KTP Istri & KK istri
  2. Copy buku nikah
  3. Copy CNI di perlihatkan saja di balikin lagi
  4. Copy & Asli KITAS WNA dan Copy &  Asli paspornya
  5. isi form permintaan MERP ( di ambil di kanim gratis kok ) di loket 4 KANIM Makassar lantai 1 ( contoh digambar )
  6. Surat permohonan untuk MERP  ada di gambar diatas contohnya…
  7. Bawa duit 600 Ribu, cashhhhh yaa gak terima gesek 😀

Caranya :

  • Serahkan semua berkas ke loket 4, tanyakan saja di CS Kanim akan diarahkan ke petugas berwenang
  • Lalu si petugas akan mengarahkan bawa berkas ke bagian kasir
  • Lalu di kasir bayar 600 ribu ( MERP 6 bulan ) diberikan tanda terima pembayaran
  • Kembali ke loket MERP lagi serahkan bukti bayar dan si petugas akan menginformasikan hari apa paspor dan KITAS  WNA akan bisa diambil. Saya apply selasa disuruh datang hari jumat untuk pengambilan paspor dan KITAS MB
  • Selesai deh…mudah kan !! cuma saya tetap gondok 600 ribu nya…coba saya apply 29 Juni kan cuma 200 ribu saja.

Drama pas ngurus ini, paspor MB saya tak bawa kirain cuma copy-annya saja, terus karena kupikir bayarnya cuma 200 ribuan duit di dompet saya cuma 300 ribuan. Langsung deh saya ngacir ke ATM terdekat diberi waktu 20 menit sama petugasnya untungnya di loket saya cuma saya seorang yang dilayani. Namun berkas kelincahan dan kegesitan saya *tsah semua beres walau paspornya harus saya antarkan besoknya lagi. Kan jauh bolak balik dari rumah ke kanim itu 21 km. Untunglah sekarang saya statusnya “everyday is holiday” deh jadi bisa longgar waktunya urusin semua urusan gini -ginian…!! Nampaknya saya sudah berbakat nih jadi agen pengurusan dokumen yaa….ayoo ibu ibu atau bapak bapak yang mau urus2an sama imigrasi telpon saya yaahhh ……..!!! 

tarif baru keimigrasian 2014, sumber www.imigrasidenpasar.com

Cek di part D ya ERP sudah dihapuskan 😦   sumber http://www.imigrasidenpasar.com

Advertisements

Tagged: , , ,

16 thoughts on “Cara apply ( MERP ) Multiple Exit Re-entry Permit bagi WNA

  1. cerita4musim July 10, 2014 at 9:07 pm Reply

    “everyday is holiday” lagi cuti atau lg istirahat aja nih Sit ? Asyik siap2 terbang ke mertua..ahoyyy!!! 🙂

    • siti July 10, 2014 at 10:59 pm Reply

      iya aku cuti besar 🙂 45 hari kerja itu 2 bulan 4 hari…..sudah 11 hari ini………….ngesot di rumah dan urus berkas2 nih..ternyata bangun pagi tanpa harus kekantor itu INDAH sekali……..

  2. wati June 3, 2015 at 4:16 am Reply

    kalau ga ada rencana ke luar negri ga perlu bikin re entry permit ga masalah kan, soalnya saya mau bikin kitap, tapi ko petugasnya bilang harus bikin re entry permit juga. jadi bingung. rugi dong kalau ga dipake. soalnya waktu bikin kitas saya ga bikin re entry permit ga masalah

    • siti June 4, 2015 at 12:13 am Reply

      untuk aturan sekarang memang sudah wajib MERP mau tidak mau jadinya lebh mahal. HARUS!, Jadi bayarnya nambah banyak ….

  3. lia June 6, 2015 at 11:32 am Reply

    Wahh.. Ilmunya bener2 bermanfaat mba. Maklum saya bru menikah bln feb n baru akan urus vitas,kitas n merp jd bener2 membantu sangat mba.. Thanks a lot ya mba.

    • siti June 8, 2015 at 8:06 am Reply

      semoga sukses urusan birokrasinya…

  4. edr moms May 23, 2016 at 2:42 am Reply

    mbak maaf mau tanya apa klo saya mau urus untuk saudara apa bisa ya? atau harus pakai surat kuasa

    • siti May 24, 2016 at 11:53 am Reply

      ini untuk MERP? kayaknya bisa pakai surat kuasa saja…

  5. Ade August 2, 2016 at 11:18 am Reply

    Salam sukses untuk Mba Siti n semunya,

    Artikel yang bermanfaat dan manteman jadi ga ketinggalan berita deh ….
    sebelumnya terima kasih buat Mba Siti yang udah ijinin saya bolehin komen di artikelnya,
    Memang sejak kepemimpinan Pak Jokowi banyak peraturan yang di rubah termasuk salah satunya dalam proses pembuatan MERP. Jika memang manteman ada yang membutuhkan bantuan dalam mengurus dokumen imigrasi WNA, manteman bisa mampir ke blog saya di https://nusantaraservicedokumen.blogspot.co.id/.

    Terimakasih.

  6. mrscat September 5, 2016 at 2:22 am Reply

    Siti, re entry permit ini nanti ada kartunya atau gmn?

    • siti September 6, 2016 at 2:10 am Reply

      tak ada hanya di tempel / stamp di passport nya… mbak

  7. Hengky January 9, 2017 at 8:19 am Reply

    Halo Mbak Siti, salam kenal, nama saya Hengky. Mau tanya, ada TKA saya sudah memiliki E-KITAP sampai dengan tahun 2019. MERP nya expired tgl 6 Januari 2017. Pertanyaannya, jika saya terlambat perpanjang MERP, apakah E-Kitap nya otomatis hangus?

    • siti January 9, 2017 at 9:54 am Reply

      tidak membuat ekitap hangus, silahkan ke kantor imigrasi untuk membuat MERP lagi maksimal MERP 2 tahun kalau EKITAP kan 5 tahun…

  8. Yuli January 27, 2017 at 7:25 am Reply

    Assalamualaikum mba siti.. salam kenal.. suami saya wn korsel.. tahun lalu suami saya pulang ke korsel karena suatu alasan dan belum kembali ke indonesia sampai kitasnya sudah expired pd bulan mei tahun 2016.. suami saya pun tidak membuat EPO ataupun ERP.. suami saya berencana akan kembali ke indonesia bulan depan dan akan menggunakan visa on arrival.. apakah suami saya harus membuat ERP atau EPO dulu sementara kitasnya pun sudah expired?? Atau bisa langsung datang dgn membuat visa baru?? Mohon penjelasannya mba.. terima kasih

    • siti January 27, 2017 at 7:29 am Reply

      suami datang ke indonesia seperti baru, visa turis kan, berarti datangnya terbatas juga hanya sekedar kunjungan .. EPO or ERP kan dibuat kalau si wna punya izin tinggal sementara kalau cuma visa turis ya tak perlu..

      • Yuli January 27, 2017 at 9:44 am

        Suami saya sudah pernah bikin kitas mba.. tapi dia ke korea tanpa bikin erp atau epo.. dan lama tinggal di korea sampai kitasnya expired.. sekarang posisinya msh di korea.. mau ke indonesia bulan depan.. itu apa harus bikin erp atau epo dlu? Takutnya ga boleh masuk pas ke indonesia karena masalah itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: