Advertisements

Cara perpanjang SKTT WNA ( Surat Keterangan Tempat Tinggal )


Buat catatan pribadi saya lagi nih, dan juga memudahkan  saya untuk kembali mencari informasi ini jika ada yang butuh, berhubung masih fresh di otak jadi saya paksakan buat posting. 

SKTT adalah surat keterangan tempat tinggal biasa juga disebut SKTTS ( surat keterangan tempat tinggal sementara ) ini bisa berlaku buat WNI maupun WNA, saya aja baru ngeh tadi di jelaskan sama Ibu  Hajjah yang urusin SKTT MB. Misalnya nih, saya KTP asal Makassar, nah waktu di Manado dulu kalau mau ngurus sesuatu biasanya kalau nunjukin ktp luar Manado mereka minta SKTT atau sama dengan surat keterangan domisili. Nomor KTP tetap sama namun alamatnya mengacu pada alamat terbaru.

Kalau WNA ini menjadi syarat setelah mengurus izin tinggal  terbatas atau izin tinggal tetap ( KITAS or KITAP ), bisa dilihat di postingan saya setelah urusin KITAS disini. Nah SKTT ini berlaku selama kita berdomisili di tempat tersebut. SKTT WNA sendiri berlaku sesuai dengan masa berlaku KITAS nya. SKTT ini pulalah yang memberikan NIK ( Nomor Induk Kependudukan ) buat WNA walaupun di Kartu Keluarga istri WNI nama WNA tidak tercantum tapi jika di cek di data kependudukan nama WNA nya ada saat di print di KK tak ada. Ajaib kan, haahahhaha karena memang memang KK WNA dibedakan dengan KK WNI,  Nanti jika WNA sudah memegang izin tinggal tetap ( KITAP ) 5 tahun-an maka WNA bisa dibuatkan  KTP WNA dengan KK tersendiri tak bisa bercampur dengan istri/suami WNI nya. Kenapa bisa? tanya sama kadis Dukpil deh……..aturan sudah begitu kata petugas yang pernah saya tanya di kantor Capil dan info dari group perca.

Untuk syarat berkas yang di kompulir sbb :

  1. Surat permohonan, seperti biasa format dengan kalimat yang bertanda tangan dibawah ini si sponsor ( WNI ) lalu menjelaskan  bahwa memohon untuk perpanjangan SKTT data WNA dibawah ini ( lengkapi data suami WNA ). Tanda tangan deh pakai matrei kalau ada, kayaknya tak ada pun tak masalah.
  2. Copy paspor WNA halaman depan saja.
  3. Copy KITAS terbaru
  4. Copy STM dari kepolisian
  5. Copy KTP WNI
  6. Copy KK WNI
  7. Copy buku nikah
  8. Pas foto WNA 3×4, 4×6 masing masing 1 lembar latar merah

Prosesnya ……..:

  1. Ke kantor Catatan Sipil, ke bagian mutasi penduduk , submit dokumen nya, cek dulu PERDA nya tarifnya berapa, kalau di Makassar sudah ada tarif di dinding layanan bagian depan kantor Capil kalau pembuatan SKTT WNA Rp 250,000 mahal Bingits ya, itu pun cuma berlaku 1 tahun……
  2. Bayar sesuai PERDA nya, pengalaman Capil tak pernah mengeluarkan kwitansi jika melakukan pembayaran, saya biasa mensiasati pakai amplop jadi saat diberikan ya tak kelihatan mungkin petugas berharap sangat lebih padahal pas sesuai tarif.
  3. Tinggal tunggu sms atau konfirmasi si ibu, minta nomor HP kontaknya biar mudah di sms sebelum SKTT nya diambil. Prosesnya seminggu. Kalau belum di telpon silahkan sms duluan atau telpon, pro aktif selalu itu kuncinya 🙂

Demikian tambahan birokrasi minggu ini, semoga bermanfaat ya……..!

 

Advertisements

Tagged: , ,

19 thoughts on “Cara perpanjang SKTT WNA ( Surat Keterangan Tempat Tinggal )

  1. Crossing Borders September 4, 2014 at 3:21 am Reply

    Informasi yg sangat bermanfaat👍! Makasih, Siti😃

    • siti September 4, 2014 at 5:42 am Reply

      terima kasih, semoga bermanfaat, dan jadi catatan pribadi saya karena pasti langganan tiap tahun…

  2. Emakmbolang September 2, 2016 at 12:01 am Reply

    Rp. 250.000 Jiahhhhh bayar lagi…. nurut aja dah.

    • siti September 3, 2016 at 11:15 am Reply

      iya dulu ada aturan PERDA nya skttt bayar tiap daerah beda skr sudah gratis kalau di makassar kalau disana aku gak tau ..

  3. Lilik Winarni September 13, 2016 at 9:56 am Reply

    itu taruh berkasnya bisa langsung foto kah bu orang asingnya?

    • siti September 14, 2016 at 12:58 am Reply

      belum biasanya masukkan berkas ditanya 2 nanti di infokan kembali kapan fotonya…

  4. Nur Forster October 9, 2016 at 8:28 am Reply

    Selamat sore mba..
    Cara membuat surat permohonan sktt gmna ya?
    Thank you

  5. Nicky October 28, 2016 at 8:30 am Reply

    mbak saya mau nanya , apakah skpps dan sktt wna itu berbeda? dan apakah keduanya itu sangat diperlukan?

    • siti October 28, 2016 at 2:57 pm Reply

      kalau saya hanya urus SKTT saja…dan tentu itu wajib jadi WNA itu punya 3 berkas yang terkait imigrasi ya izin tinggal ( kitas / kitap) terus ke capil nya ktp wna bagi kitap or SKTTS bagi yang masih kitas, terus kalau ke kepolisian ya STM ………..

  6. Puput November 6, 2016 at 6:28 pm Reply

    Malam mba, Syarat untuk perpanjang Kitas suami di denpasar ternyata butuh sktt sekarang. Dan utk buat sktt di dukcapil ini syaratnya harus pakai ektp dan kk denpasar sponsor. Krn ektp dan kk saya wilayahnya karanganyar, ditolaklah sama mereka. Suruh cari orang siapa aja yg ber ektp dan ber kk denpsar utk jd sponsor. Sementara kami gak ada saudara dan teman di Denpasar. Alhasil kami blm bisa perpanjang kitas. Apa benar peraturan pembuatan/perpanjangan kitas dan sktt tuh beda2 tiap daerah dan tiap tahun?? Semakin ribed aja ini perasaan.

    • siti November 7, 2016 at 6:54 am Reply

      wah semakin ribet sekali ya buat surat suratnya… kayaknya tiap daerah memang rule nya beda … kalo di makassar yang terbaru kayaknya masih sama deh..

  7. anna November 20, 2016 at 9:44 am Reply

    Hallo Mba Siti, mau tanya mba, kalau suami sudah dapat Kitap, STM jg sdh buat, selanjutnya SKTT ya? Nah kalau SKPPS itu apa lagi ya mba? Terima kasih……. salam anna

    • siti November 20, 2016 at 12:22 pm Reply

      kalau saya hanya buar SKTTS tak buat SKKPS.. ada aturan di beberapa daerah buat kayak di BALI tapi di duskcapil makassar ibu kepala mutasi hanya menyarannkan SKTTS saja sudah cukup.. dan buatkan KTP WNA …

  8. Ida January 26, 2017 at 11:59 am Reply

    Alhamdulkah busts Di Blitung sktt Gratis ngak Di pungutw biyaya

    • siti January 26, 2017 at 12:04 pm Reply

      mantap ibu ida… di makassar juga sejak tahun 2015-2016 sudah gratis juga..

  9. Ida January 26, 2017 at 12:23 pm Reply

    Hi mabk aku mau Tanya.. Skg kan suamiku mau buat kitap.. Terus nanti kalau kitap udah jadi ..Ada skttnya harus di perpanjang atau gimana ? Kalau Di perpanjang untuk berapa tahun ? Atau buat ktp bagi wna ..gimana caranya ya ??

    • siti January 26, 2017 at 12:52 pm Reply

      selesai kitap wajib urus KTP WNA sekalian 5 tahun urusnya di capil saja.. ktp wna itu 5 tahun juga… jadi aman kok.. tak perlu SKTT lagi,…

  10. thenikraz February 1, 2017 at 7:42 am Reply

    Halo mba, saya kan WNA berasal dari Spanyol, sekarang ini sudah tinggal di Indonesia sejak oktober 2015, saya udah perpanjang dua kali KITAS yang di sponsor oleh ibu saya yang berasal dari Indonesia, sekarang ini saya udah punya Kartu E-KITAS sampe tahun 2018.

    Saya punya 2 pertanyaan untuk perpanjangan KITAS yang ketiga kali nanti di tahun 2018, setelah beberapa bulan kemudian saya bisa ajukan KITAP betul? ….dan pertanyaan satu lagi baru-baru ini ada yang namanya E-KTP untuk WNA , sekarang ini saya kan pake KITAS , bisa gak saya urus e-KTP nya apa wajib punya KITAP? , Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: