Advertisements

Cerita dunia internet part 1


cerita dunia internet ku part 1

Dari jaman saya kenal internet pertama kali ya sekitara saya masuk kuliah lah, maaf sedikit katro ya, kira kiranya itu semester satu, ingat sekali waktu itu saya buat pertama kali email di yahoo dengan id dij81 yang masih sampai sekarang kadang saya gunakan kalau ada yang masih YM ( Yahoo Messenger-an ) masih ada gak ya yang pakai YM? dulu YM nih adalah media chat andalan di mana mana. 

Terus saya buat account di lovemail, yang hanya bertahan beberapa tahun dan tutup, terus aku buat account di hotmail sampai saat ini masih ada, kalau tak salah id ku dj_mimisiku@hotmail.com wkwkkwk lucu ya alamat emailku, maklum jaman itu saya bingung mau pakai id apa. Maklum masih sangat labil. Account ini masih aktif kok, masih ada beberapa sahabat  dari jaman email emailan ini aktif. Sampai ke Eropa pula itu sahabat-sahabatku.

Terus setelah itu baru deh kena gmail, nanti pada saat sudah memasuki dunia kerja deh, dan sudah menggilai namanya visit ke warnet adalah sesuatu yang wahhhhh dan keren hahahhah warnet saat itu ingat deh kalau bukan menghabiskan waktu berjam jam di warnet Kampus yang lelet nya minta ampun tapi murah sekali, Rp 2000/ jam…itu murah atau mahal ya jaman itu. Sekarang warnet tarifnya  malah lebih mahal dari itu deh, namanya inflasi kan yaaa tarif juga naik.

Terus setelah selesai, tempat nangkring favoritku dulu ya dikantor, kerjaan pertamaku 1 minggu setelah dinyatakan lulus dari kampus merah adalah langsung diterima di sebuah harian besar lokal di kotaku, wahhh itu sebuah prestasi kan, saya tak pernah mengganggur lama, cuma satu minggu modalnya ijazah sementara, kamera kesayangan hadiah dari bapak saya, dan sepeda motor ber plat DD 2500 BN yang kunamai Bimpes.. wkkwkwk teman seperjuangan sejak kelas 2 SMU hingga lulus kuliah sampai kerja hingga tahun 2005 !!! Dan tentunya modal saat wawancara sangat aktif dan cerewet menjawab pertanyaan pak redaktur yang saya sudah lupa namanya namun saya kadang masih bisa menemukan si bapak ini di dalam lift waktu kantor kami masih berkantor di gedung perkantoran group harian tersebut.

Karena kantor harian ya pasti ada jaringan internet, jadi saya suka saat menginput berita, ya suka chatting dan email emailan juga. Andalan tempat chatting jaman dulu adalah MIRC hahahha ada yang masih ingat, media chat nya ini sistemnya apa ya, saya ingat tampilannya hitam semua..wkwkwk jaman bahala. Tapi jangan salah saya masih ada beberapa sahabat yang masih awet sampai saat ini berawal dari perkenalan dari jaman MIRC ini. Pastinya banyakan dari India…hahhahahha … alhamdulilah ya…sesuatu……….!!! Terus sosmed terheboh saat itu yaa…. friendster….hahahha aku rindu si FS ini, teman kita pasang profile terkeren buat selfie… ahhahha dan pastinya banyak yang pacaran dari FS dan media blog juga karena disana ada blog nya juga.

Nah sejak banyak berinteraksi dengan internet inilah saya mulai suka browsing browsing dan berkenalan dengan dunia internet marketing atau istilah lainnnya bisnis online. Saya selalu dulu terjebak promosi ebook, cara berbisnis online dengan modal 0, atau cara gampang dapat duit di internet, atau formula bisnis dapat duit atau banyak istilah lainnya. Saya pun kadang ikutan subscribe buat dapat newsletter gratisan dari mereka, buat belajar. Berapa kali sampai saya beli sendiri loh ebook nya. Sampai saya tahu sedikit beberapa trik mereka. Kan sudah beli ebook nya. Sempat juga saya terjebak email berantai, terus pernah juga ikut-ikutan  bisnis online yang transfer duit ke beberapa orang tapi duitnya kecil kecil sih berharap jadi milyarder kayak yang di promosikan, tapi jangan salah ya  duit saya selalu balik modal walau belum jadi milyarder gara gara itu. Dan suatu hari saya yakin akan terjadi…………Aamin YRA ( Doakan yaaa… ).

Saya juga ingat di tahun tersebut social media yang lagi beken sekali adalah ORKUT itu salah satu situs pertemanan milik Google yang beberapa bulan lalu resmi ditutup, sedihnya ya padahal dulu saya sempat Hit bangets di sana, profilku keren hahahah dan teman temannya semuanya kebanyakann dari mana lagi kalau bukan salah satu negara berpenduduk padat di dunia yang sangat getol online……negerinya si SRK… India india india……………. Dulu saya pikir orkut itu adalah punya India.. sampai ada istilah temanku orang india … lets Orkut-ing wkwkwkk !!!

Baru deh di tahun 2007 saat sudah masuk babak baru fase kehidupan saya sebelumnhya dari dunia pers, hijrah ke sales terus ke perbankan dan di tahun 2007 merambah dunia telkomunikasi. Babak baru dalam dunia internet menjadi santapan harian saya.Ingat pertama kali saya dengar kata Facebook, ada seorang kawan yang berkenalan via YM atau sosmed lainnya , cowok dari USA terus dia kasih link profilnya tertulis disitu , Facebook! Ini akhir tahun 2007 loh, dijamin waktu itu belum ngeh semua tentang FB.

Saya buka situsnya dalam hati saya bilang, akhhh ini sosmed baru ya, kok tak ada temanku yang pakai, aneh deh… hahahha ternyata di US saat itu sudah mulai banyak yang gunakan kalau dikita yang banyak pakai ya FS. Karena baru ngeh baru di awal tahun 2008 saya mulai akrab dengan Facebook, saat itu device Blackberry lagi booming. Yang punya blackberry saat itu adalah orang paling keren dan tajir. Saya ingat client besar , bos bos nya suka tenteng Blackberry type sebelum curve itu yang masih flip atau masih pakai scroll, bangganya tuh bapak bapak pegang BB nya … ! Harganya gile aja waktu itu 7 jutaan … Saya ingat karena saya jualan device bundling saat itu. Tahun 2008 nilai uang saat itu mahal sekali. Dan saya termasuk yang mau tampil keren saat itu, saya berhasil memiliki blackberry curve di Juni 2008 walau belinya bukan baru, tapi di kantor cabang Manado saya adalah staf junior yang memiliki gadget keren itu ( saat itu ) nekat sih carinya. Kebetulan saat ada event training di Jakarta saat itu bersama senior saya, kami ngacir ke Mall Ambasador buat hunting blackbery, saking susah dapatnya untuk yang baru saja susah jadinya kami cari yang second dan saya akhirnya dapat, ingat sekali saya Blackbery pertama kesayangaku itu warna nya silver dan ake belikan dua casing karet warnanya hijau ngejreng sama orange. Harganya saya beli di Rp 4 juta. Sedang blackberry bold yang tersohor launching di oktober 2008 dengan harga Rp 8 juta….

Pulang dari situ bangga sekali saya jadi orang pertama di kantor Manado pakai BB!! Bahkan teman teman di Makassar saja cuma beberapa yang pakai. Saat suka chatting sama BBM-an sama teman di Jakarta kalau tak salah namanya Mas Fil, beliau lah yang bilang ke saya ” Sit, download aplikasi FB ya, terus kamu register dan berteman sama aku ya” hahahhah akhirnya saya coba donwload dan saya senang sekali melihat ada aplikasi berlogo F warna biru muncul di BB ku. Terus kalau ada notif di BB ekhh pasti ada pesan deh.. Wahh FB ini memang buat ketagihan, lihat page nya itu warnya biru buat saya selalu happy melototin berlama lama. Sejak itulah hingga hari ini saya pakai FB dan punya sahabat disana sekitat 600-700an kalau sudah mulai nambah gak jelas saya review lagi dan delete orang yang saya tak kenal atau tak pernah ketemu muka sama sekali atau tak pernah ada hubungan komunikasi penting. Menjaga FB saya selalu aman dan damai dari orang yang tak dikenal atau scammers makanya saya tak sembarang terima friend request kecuali sudah kenal. Bukan sombong tapi saya bukan ABG labil kayak adekku yang teman FB nya sampai ribuan wkwkkwk !!!

Lanjut terkait bisnis online, di tahun 2008 itulah saya mulai berkenalan dengan blogging, ini blog pertamaku yang saya buat di blogspot dan kemudian saya coba buat versi english yang lebih ke English india indian… soalnya saya dulu patokan sama teman yang orang India yang suka bloging versi english. Hancur deh pokoknya dari grammar dan vocabulary nya. Lalu saya mulai berkenalan dengan namanya Google adsense.

Kalau mau tahu tentang Google adsense, saya sempat pakai blog ini untuk dapatkan income dari internet, dan hanya berlangsung beberapa bulan setelah surat konfirmasi saya dari Google di Amerika saya terima dan saya senangnya luar biasa, ternyata setelah saya pasang iklan di blogku, saya pengennya banyak yang klik makanya saya suka share itu blog ke teman kantor buat di klik ternyata itu namannya curang………….hahahhaha dalam hitungan hari google adsense ku yang  masih incomenya recehan di banned sama google.Saya sampai hari ini tak bisa adsense lagi, tapi karena sudah 6 tahun ya aku mau coba lagi tahun ini.

Akhirnya dapat income dari blog saya itu mental, jadi saya pun belajar lagi ilmu lainnya, akhirnya saya coba deh beberapa website dan pasang banner di blog, namun karena tak ada yang ajarin namanya otodidak dan sibuknya aktfitas kerjaan tiap hari jadinya urusan berbisnis online pun terus terusan mental. Mencoba bisnis affiliate kayak ini pun saya lakoni, terus ada di era tahun 2010 an mulai deh ramai wara wari yang namanya bisnis online, muncullah nama nama beken kayak bhinneka.com yang dulu hits banget! Saya sempat beberapa kali bertransaksi di situs tersebut buat elektronik. Nanti deh belakangan muncullah kaskus terus tokobagus, berniaga terus ada juga marketplace top kayak lazada, zalora, terus tokopedia.  Kalau saya ada account di tokopedia.com dan dan elevenia.com dan saya suka belanja online juga disitu. Transaksinya aman dan lancar. Saya tak pernah berani transaksi online lewat toko toko di FB banyak kasus kan, mending di marketplace terpercaya, selalu upayakan saja kalau mau belanja online di market place yang antara pembeli dan penjual menggunakan account khusus, jadi uang buyer di transfer ke rekening owner marketplace nanti setelah barang diterima oleh buyer baru deh si seller pemilik lapak di transfer duitnya oleh perusahaan pemilik marketplace.

Lanjut bicara bisnis online, di tahun 2013 saya getol getolnya jualan barang bekas di tokobagus ekh namanya olx sekarang ya… gila aja menurut apa yang saya baca ternyata tokobagus ganti nama itu karena ganti kepemilikan dan itu  harganya 900 milyar boook……….!!! Itu duit semua ya………….!!! Sekarang saya  getol getol belajar nih bisnis online,  atau internet marketing,   untuk lebih jelasnya nanti aku posting di postingan terpisah. Mengamati  dan mempelajari dunia IM ( internet marketing ) itu luar biasa loh, baru ngeh saya,  ternyata ada yang dapat income sampai 10K / bulan dari dunia online marketing. Wahhhhhh kalah tuh gaji VP ku…..!!

orkut dead

Untuk step cara berbisnis online yang mana yang layak di tempuh buat ibu ibu ekhhh  wanita wanita tangguh kayak saya ini yang masih terikat kerjaan dan mau fokus di dunia bisnis online nanti coba saya paparkan deh di postingan edisi yang berat berat, banyakan teori nya… dan yang pasti trading saham itu saya tetap kategorikan bisnis online juga ya karena transaksinya via online juga, tak terbatas jarak dan waktu. Jadi ini mimpi terbesar saya bisa memadukan, bisnis online ini dan menjadi pengganti status saya sebagai karyawan hahahha mau berpindah jadi owner apa gitu, kan lebih keren …. !!

Advertisements

Tagged: , , ,

29 thoughts on “Cerita dunia internet part 1

  1. Firsty Chrysant November 17, 2014 at 3:05 am Reply

    aku selalu jadi orang yang paling telat tau tentang medsos atau juga pake smartphone, hehehe

    • siti November 17, 2014 at 5:50 am Reply

      hahhha dulu saya iya sekarang selalu ketinggalan, tapi kalau gadget yaaa nomor 2 lah kalau nomor satu selalu update buat bangkrut………..sih..jadi sekarang pakai strategi bos ku katanya beli second aja jangan pas launching .., karena nilai nya cepat turun kayak beli mobil bekas saja ya.. habis hp second kalo dijual ulang value nya drop sekali..miris lihatnya beli 6 juta dalam 3 bulan jadi sisa 4 juta 😦

  2. gegekrisopras November 17, 2014 at 3:37 am Reply

    Mbaaakk ditunggu loh tips2 internet marketing nya, soalnya dengan bekerja sendiri waktu bisa lebih flexible utk urus hal2 lain xixixi thank you in advance 😀

    • siti November 17, 2014 at 5:52 am Reply

      iya iya sabar ya pelan pelan aku buat semuanya artikel dulu sembari belajar juga saya pengen nulis juga biar gak lupa dan jadi ajang share buat yag lain semoga aku sukses ya..biar bisa kecipratan yang baca blog ku…

      • gegekrisopras November 17, 2014 at 7:17 am

        Aseeekkk, ditunggu mbak Siti 😀

      • siti November 17, 2014 at 7:21 am

        iya iya sabar ya ..:-)

  3. nyonyasepatu November 17, 2014 at 5:13 am Reply

    aku menyimak dong gimana caranya dapetin duit yg banyak dari online itu. buruan tulis haha

    • siti November 17, 2014 at 5:54 am Reply

      sabar sabar akhhhh kan harus professional donk kayaknya kalo aku jadi ahli disini aku mau jadi mentor aja kumpulin teman teman di warkp terus ngajar beginian akhhhhhhhhhhhh passion gw banget …

  4. Ailtje Binibule November 17, 2014 at 5:33 am Reply

    Bener banget, jaman dulu bawa blackberry itu rasanya udah kayak artis aja dilihatin orang, dianggap paling keren. Padahal guwe dibeliin blackberry sama kantor dan itu malah jadi teror karena gak bisa melarikan diri jadi kerjaan. Si blackberry yang harganya gila itu sekarang masih ada jadi ganjal pintu.

    Soal MIRC, aku jaman SMA dulu nyoba-nyoba chatting dong *rame-rame pula*, di kantor pos Malang. Waktu itu biliknya cuma ada beberapa dan ternyata chattingnya sama mas-mas sebelah. Hwahahaha….

    • siti November 17, 2014 at 5:55 am Reply

      yaa jangan salah banyak yang nikah sama pasangannya gara gara MIRC salah satu pelaku kapur di Makassar ketemu suaminya 10 tahun lalu di MIRC hahah dan tahu suaminya wna apa?? INDIA nehi nehi nehi 🙂

  5. nengsyera November 17, 2014 at 6:45 am Reply

    Jadi inget wkt ngajarin tmn pertama kali buat cara pakai internetan dan chating di MIRC
    Bela2in pulang sekolah ke warnet main internet minimal 2 jam buka email atau fs
    Dan gara2 saya ajarin tmn saya MIRC,tmn saya ketemu jodohnya.hihihi
    Smpai skrg dy masih bilang kalau berkat saya lah dy ktmu jodohnya.
    Bekasi-Balikpapan loh..ga main2 pcrnnya.hhehe
    Klo soal YM,aq msih pake YM loh smp skrg
    Sayangnya skrg udh ga ada chatroom

    • siti November 17, 2014 at 6:47 am Reply

      iya YM masih ada cuman aku gak ada temannya lagi yang pakai… jadinya sekarang pakai WA dan bbm sama LINE ..ternyata semua ada masa nya ya..

      • nengsyera November 17, 2014 at 6:53 am

        Sini add ym aq aja kak.hihi
        hikari_seirra

        Aku msih aktifin YM tiap kerja krn kdg perlu juga heehe

  6. Crossing Borders November 17, 2014 at 9:58 am Reply

    Eh sejarah internetmu panjang kaleee..😄 Aku malah gak tau ada orkut itu.. Sejarah internetku cuma Yahoo, Friendster, Facebook, dan Google..

    • siti November 17, 2014 at 1:04 pm Reply

      Orkut terkenal loh dulu masa gak tau sih…

      • Crossing Borders November 17, 2014 at 1:42 pm

        Asli baru tau.. Ngetopnya tahun berapa sih..? Friendster ikutan tahun 2007 tapi cuma aktif beberapa bulan.. Facebook ikutan mulai 2010 (dibikinin temen pula), baru aktif 2011, itu pun timbul tenggelam..😄

      • siti November 17, 2014 at 1:54 pm

        hahahaha orkut lahir 2004 ngetop habis di tahun 2006an aku join di 2007 an maklum aku banyak gaul sama orang india hahah dan orkut itu ngetop habis di INdia dan Brazil… di Indonesia jarang sih memag .., aku fb 2007 udah tahu namanya baru join pertengahan…………

  7. Puji November 17, 2014 at 10:47 am Reply

    Jaman MIRC, waktu itu aku masih SMP mbaaa 😀

    • siti November 17, 2014 at 1:04 pm Reply

      jaman DOS wkwkkw…latarnya hitam kan……..

  8. cerita4musim November 17, 2014 at 11:59 am Reply

    milestone mu juara bgt Sit, aku ga tau itu orkut apaan eheheh

    btw, lovemail itu lucu ya padahal warna layout nya, aku pernah jg dulu punya akun disitu, skarang udah ga ada yah ?

    • siti November 17, 2014 at 1:05 pm Reply

      hahh lovemail tutup tahun 2000 haahha aku aja masih mau buka waktu ekhhh sudah gak ada………………..

  9. adhyasahib November 17, 2014 at 7:03 pm Reply

    aku waktu jaman SMP mulai kenal MIRC,chat di kantor pos pula,,kalo ym waktu masih LDRan sering pake sebelum beralih ke skype

    • siti November 18, 2014 at 12:37 am Reply

      emang di kantor pos nya ada warnet kan ya,..seingat saya juga dulu ada warnet di kantor pos besar, anyway itu warnet pada kemana ya sekarang, yang bersisa cuma game center aja

  10. libertymeivert November 18, 2014 at 11:44 am Reply

    Beruntunglah kita-kita yang menjadi saksi peralihan peradaban dari era surat menyurat (sampai punya banyak sahabat pena), bergeser ke surat elektronik via hp (sms), kemudian lahirnya Friendster sebagai gerbang masuk dunia Internet. hahaha… maka berjayalah bisnis warnet pada masa itu. Akhirnya saat ini hampir sebagian besar masyarakat mengakses internet, setidaknya melalui facebook. Hahaha…

    • siti November 18, 2014 at 1:16 pm Reply

      iya aku ingat dulu warnet itu wahhh deh saya kalau lihat warnet langsung lihat harganya kalau 2000 saya langsung masuk dan yang selaliu saya buka pertama ya media chattingya hahahaaa katro yaaa MIRC sama YM jaman dulu …sampai 3 -4 jam duduk tidak terasa masih hafa;l aku nama warnet langgananku dulu

      • libertymeivert November 18, 2014 at 1:52 pm

        hahaha, sampai pernah ngetop istilah anak warnet… sampai ada komunitasnya,bahkan jadi identitas 😀
        contohnya si A anak Warnet ini, si B anak warnet itu. hahaha lucu lucu.

      • siti November 18, 2014 at 2:06 pm

        warnet kesayanganku dulu namanya warnet Vista sama Warnet Landak hahhahah habis disana murah dan cepat aksesnya gak ngantri ……

  11. joeyz14 November 18, 2014 at 12:44 pm Reply

    Pengen deh punya bisnis online tapi ga bakat bisnis..cuma sebatas pengen doank mba…

    Btw,aku kenal fb mid of 2007..masih sepi..tahun paling aktif 2009.

    Wahhh 900 milyar?? Gile juga ya. Pernah ngejualin barang bekas anak2 ditokobagus….lumayan deh…hihi

    • siti November 18, 2014 at 1:18 pm Reply

      iya harga nya si oxl itu segitu emang bisnis online itu penuh peluang……….. sayang aja kalau kita pake tiap hari gak dapat income jadi wajib nih cari peluang disitu ………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: