Review toko online di Indonesia part 1


Ini akan menjadi postingan terpanjang nampaknya di blog ini, jadi bersabar ya bacanya…

Karena saya selama ini malas sebenarnya belanja online karena apa? Yaa karena mahal biaya kirimnya ke Makassar, apalagi kalau bukan barang yang ringan misalnya elektronik, kalau misalnya  baju kan ringan tapi saya belum pernah belanja online baju kecuali jilbab itupun saya kecewaaaa gambarnya cantik aslinya yaaa gitu dehhhhhhhhh!!

Okay kembali ke beberapa marketplace alias toko online yang pernah saya gunakan dan saya bulan lalu sudah mencoba layanan 4 toko online ternama di dunia maya, dan ada juga pengalaman teman yang menggunakan toko online lainnya, mari review satu persatu ya, ini pengakuan sejujurnya karena saya alami sendiri.

http://www.Tokopedia.com

Saya punya membership disini karena saya sendiri ada beberapa barang bekas yang belum laku disana dan ada produk titipan teman, masih bias dari tahun lalu saya tiba tiba kena euphoria jualan barang bekas dirumah yang tak terpakai, nah ini tokopedia aku coba pakai ternnyata ini mah marketplace nya buat barang barang baru salah tempat deh aku, melihat tampilannya ya sangat simple dengan aplikasi menggunakan Php. Dan logo kartun dan warna hijau. Itulah cirikhas toko pedia. Mari kita lihat keunggulan dan kekurangannya dari versi saya sebagai pengguna dan juga seller yang belum sukses

Keunggulan

  • Harga bersaing, saya compare harga dibanding marketplace lainnnya harga barang disini lebih murah lumayan kan bedanya 20 – 30 an ribu membuat saya selalu kembali ke tokopedia kalau mau order suplemen MB. Soalnya harga nya saya sortir di semua marketplace yaa disini deh yang termurah.
  • Kemudahan akses masuk ke website, karena websitenya formatnya php jadi website terasa ringan dan simple, tampilannya juga gak banyak neko neko kayak marketplace lainnya yang rame dengan iklan/ads yang kadang bikin pusing kepala.
  • Kemudahan fitur transaksinya juga simple.
  • Ada fitur dink it bagi seller buat mempromosikan barang tertentu langsung ke atas layaknya kalau di SEO langsung di website tokopedia itu barang kita paling diatas namun hanya 60 menit lalu mesti di klik dink it lagi baru naik teratas lumayan kan, promosi gratisan ke semua calon buyer yang lagi membuka tokopedia. Makanya pemilik id seller di tokopedia wajib buka website nya sepanjang hari biar terpantau ada transaksi atau ada calon buyer yang
  • Ada fitur buat melihat profil si seller / pemilik lapak apakah YBS online hari ini apa tidak kan kellihatan keaktifan sang seller kalau ada yang online terakhir tahun lalu berarti lapak tersebut tak terurus kan orang takut buat belanja disitu dan tak terpercaya.
  • Ada fitur buat komen buat ulasan produk yang kita beli dan bisa kasih rating biar kelihatan deh banyak atau tidak rating kepuasan pelanggan kita atau pelanggan kecewanya banyak atau tidak kan jadikan patokan untuk calon buyer buat membeli di toko tersebut.
  • Untuk member seller biasa masih gratis jadi walau sebanyak apapun stok barang terjual taka da biaya yang dibayar ke tokopedia.
  • Ada kolom diskusi buat calon buyer ke sellernya jadi sebelum beli produk bisa tanya tanya dulu, dan bahkan saya minta bonus ke seller kalau belanjaan ku banyak dari chit chatan itu dan sekarang setiap belanja saya minta bonus hahahhah dan dikasih loh, kan belanjaan lumayan 400an ribu atau 800an ribu. Ihhh kalo gratisan mah saya sukaaaaaa !!!

Kekurangan

  • Karena saking sederhananya jadi kurang berwarna dibanding market place lainnya
  • Kalau login mesti selalu ketik ulang passwordnya.
  • Tidak ada promosi menarik kayak system poin atau voucher diskon pengiriman dan diskon toko kayak di marketplace lainnya, karena memang sih harganya sudah termurah menurut aku tapi saya pribadi senang sekali kalau belanja online terus pakai poin usage atau diskon voucher J padahal diskon Cuma 10 ribu atau 20 ribu saya serasa puas sekali. Tapi ujung ujungnya pas di compare lagi sama tokoedia yaaa tetap aja tokopedia murah………………!!! Semoga nantinya tokopedia ngasih system poin buat aku yaaa kan aku pelanggan setia. Aku sih sekarang  sudah tak bisa berpisah dari layanan ini karena kami komsumsi suplemen kesehatan dan tentunya tiap bulan butuh dan saya tak suka beli langsung di agen distributor resmi disini karena harga membership ku disini Cuma 25% sedang di marketplace khususnya di tokopedia saya bisa dapat barang yang diskonnnya sampai 50% ke atas, ya mending online aja, barang langsung ke rumah atau kekantor dan Cuma modal laptop dan bayar pakai KK atau transfer rekening semua sekejap tanpa harus kemana mana sisa klik saja. Dan dalam tiga hari barang sampai deh J puassss !!
  • Belum ada fasilitas pembayaran kartu kredit, hanya via transfer bank saja dan beberapa fasilitas bank lainnya, kan kadang kalau kuli kantoran kayak saya sulit aksesnya transfer dari rekening tertentu, kalau isinya gak ada kan tak bisa belanja lagi. Tambah donk media pembayarannya untuk KK dan paypal.
  • Belum ada konfirmasi otomatis ke HP, di market place lainnya ketika kita sudah checkout keranjang belanja dan sudah masuk ke media pembayaran otomatis ada sms konfirmasi dari marketplace nya notifikasi ucapan terima kasih dan jumlah yang mesti dibayar jadi benar benar membuat buyer langsung aware buat lakukan payment baik itu via atm atau sms banking atau via KK.
  • Belum ada email newsletternya kayak marketplace lainnya yang sangat rajin berpromosi.Jadinya kadang saya lupa sedang di marketplace lain apabila saya sudah jadi member dan sudah pernah transaksi dijamin emailnya dua kali sehari buat promosi barang apa saja.

http://www.rakuten.co.id

Aku mengenal marketplace ini dari hasil googling karena mencari marketplace yang kasih free delivery dan sebelumnya sih lazada juga free Cuma sampai bulan Oktober kemarin. Hanya ini yang tersisa da nada beberapa marketplace yang tak ternama lainnya. Saat produk yang saya inginkan saya cari ekh nemu disini dan harganya memang tak semurah di tokopedia karena saya mengerti seller sudah naikin margin buat dana pengirimannya, intinya mesti beli diatas Rp 50,000 baru bisa dapat free shipping. Mungkin free shippingnya yanga da kurir resmi ya TIKI dan JNE. Mari kita lihat sisa unggul dan tidaknya market place ini

Keunggulan

  • Design websitenya lumayan sedikit berwarna dibanding tokopedia
  • Ada system poin reward ketika belanja suatu barang walau poin itu kecil sekali dan yaaa gak mempan sih kalau di pakai belanja lagi. Misal belanja nya Rp100,000 ya poinnya hanya Rp 1000 nanti poin itu bisa menjadi kupon diskon buat barang jika dikumpulkan. Tapi tetap jumlahnya kecil nilai satu rupiahnya ya cuman Rp 100.
  • Media pembayarannya ada kartu kredit, ini penting deh buat saya………… maklum belum milyuner jadi saldo debit kadang masih awut awutan. Kadang KK sangat membantu kelangsungan hidup Cuma jangan sampai berbunga ya, Cuma membantu menalangi beberapa hari jika urgent sebelum gajian.
  • Gratis biaya kirim, ini penting sekali karena contoh saya beli shake and take, ini semacam blender kecil buat minuman suplemen bisa langsung dibawa gelasnya  harga di rakuten ini Rp 179,000 nah saya bandingkan sama harga di marketplace lainnya lebih murah ada yang Cuma Rp 129,000 tapi pada saat dimasukkan di cart dan saat cek jumlah bayar dengan biaya kirim yaa tetap saja deh mahal dibanding rakuten. Makanya saya tetap menjadikan marketplace ini sebagai pembanding. Yang mana termurah  itu lah yang saya tempati belanja.

Kekurangan 

  • Harga nya kurang murah alias ya secara pihak seller sudah memasukkan margin buat free shippingnya.
  • Pengalaman dua kali pengiriman barangnya telat, kalau di marketplace lain bisa dua hari di sini kadang 3-4 hari entah dari sellernya yang lama di konfirmasi sama pihak rakuten nya atau bagaimana. Intinya rada lama.
  • Taka da media diskusi ke seller jadinya kita tak bisa banyak bertanya ke mereka kecuali kalau sudah mendapatkan barangnya aka nada kolom ulasan produk.
  • Tak ada sms notifikasi jika sudah melakukan transaksi baik itu instruksi untuk pembayaran di atm atau jumlah yang harus dibayar. Ini belum ada, di market place lain ada loh……..

http://www.lazada.co.id

Saya mengenal website ini dari kawan saat dia cerita dia beli sepatu futsal nya via marketplace ini dan pembayarannya bisa COD loh, cash on delivery dan free delivery. Maklum Lazada promosi  jor-joran buat mendapatkan customer baru.

Keunggulan

  • Websitenya tampilanya keren deh, sangat professional .Saking kerennnya iklannyaada dimana mana.
  • Bisa cash on delivery jadi kalau gak suka sama barang atau tak cocok ya kembalikan dan jangan terima pihak Lazada akan mengganti dan pelanggan baru akan bayar kalau barangnya cocok misalnya sepatu kalau gak cocok dikaki buyer ya dibalikin.Asik kan….
  • Free shipping Cuma sampai Oktober kemarin………..hiksss
  • Media pembayaran bisa pakai debit, tunai, kartu kredit pokoknya komplit !

Kekurangan

  • Sudah tak free shipping lagi
  • Harga ya tak murah dan tak mahal juga, kurang bersaing lah ya………….
  • Tak bisa diskusi sama seller nya seperti di tokopedia.
  • Terkenal menjual beraneka barang tidak mengkhusukan ke satu barang saja.

http://www.Bhinneka.com

Ini marketplace pertamaku buat beli elektronik, pada saat Bhinneka sedang booming nya ditahun 2008 saya ingat beli hadiah ultah buat diri sendiri, yaitu ipad nano……………… yang sekarang barangnya hilang entah kemana.

Keunggulan

  • Menghususkan diri sebagai toko elektronik, ingat elektronik ingat bhinneka
  • Free shipping ke seluruh Indonesia
  • Khusus elektronik lengkap dan komplit
  • Harga bersaing, terkenal murah dibanding toko offline
  • Terpercaya sebagai pioneer toko online elektronik ternama di Indonesia
  • Barang-barang dijamin asli dan berkualitas
  • Media pembayaran komplit donk
  • Tampilan websitenya user friendly

Kekurangan

  • Seiring tumbuhnya beragam competitor maka promosi bhinneka semakin surut
  • Promosi poin nya kurang.
  • Bhinneka juga bukan marketplace melainkan tokoonline elektronik karena semua stok barangnya dari bhinneka ke pelanggan. Tak seperti tokopedia atau elevenia.co.id

Bersambung yaaa di postingan  berikutnya ……….Review toko online di Indonesia part 2

Review toko online amasblog

Tagged: , , , , ,

29 thoughts on “Review toko online di Indonesia part 1

  1. Puji November 19, 2014 at 5:16 am Reply

    Waaa ada kantorku juga di review, thanks ya untuk pujian dan juga kritiknya makasih banget 🙂 nanti kita akan bahas internal. *Serius banget nih komennya haha…

    • siti November 19, 2014 at 5:18 am Reply

      yang mana sih kantor kamu maafkan aku ya kalau review nya ada minus nya hahahha itu pengalaman pribadi …jangan marah ya…

      • Puji November 19, 2014 at 5:34 am

        Aku senang sama review nya mba 🙂 kantorku yg no.1 di review hehee

      • siti November 19, 2014 at 5:35 am

        serius wahh tokopedia yaa….aku suka lohhhh aku belanja disitu sejak dua bulan terakhir ini…. aku punya lapak disitu hahah gak laku soalnya gak diurusin .. produknya produk temanku dan barkas ku yang gak laku di toko bagus…………. boleh donk nitip kritik keran buat media bayar bisa KK donk hahahaha

      • Puji November 19, 2014 at 5:37 am

        Iya mba, hehe. KK emang udah banyak yg minta, mudah2an bisa direalisasikan segera ya….

      • siti November 19, 2014 at 5:46 am

        yihaaaaa semakin suka saya kalau gitu…………nanti kalau saya sudah waktunya lebih banyak mau jualan online, tapi mesti ada stok produk menairk dulu………..
        saya suka gratisan dan dink it nya..seru haa haaa

      • Puji November 19, 2014 at 5:54 am

        Nanti kalo ada roadshow ke makassar ku undang ya 🙂

      • siti November 19, 2014 at 6:12 am

        aseeekk, harus ada hadiah / door prize nya yaahhahaha *pemburuhadiah

      • Puji November 19, 2014 at 6:19 am

        Siaapp

  2. Arman November 19, 2014 at 6:32 am Reply

    oh rakuten itu ada di indo juga ya.
    gua yang di sini aja baru tau belakangan ini gara2 mau beliin andrew gitar dan ternyata di rakuten murah. haha.

    • siti November 19, 2014 at 6:39 am Reply

      berarti rakuten juga ada di US ya kupikir asalnya dari Jepang soalnya namanya juga unik.. iya Rakuten yang masih free shipping yang lain sudah bayar ……kec bhinneka.com

  3. denaldd November 19, 2014 at 8:22 am Reply

    WOW!! Siti lengkap banget reviewnya. Jadi tahu satu persatu. Thanks for sharing 🙂 dari keempat yang disebutkan, satupun aku belum pernah beli disana hehehe. Aku termasuk konsumen yang musti tau barang nyata, bisa dipegang, dan dicoba. Satu2nya barang yang aku beli online adalah buku. Kalau buku banyak sekali yang aku beli online karena buku yang penting isinya, penampilan luar ya sudah kita tau dari promosi socmed dan isi bukunya juga bisa ngintip dari review2. Kalau barang2 yang lain selain aku masih belum percaya beli online 🙂

    • siti November 19, 2014 at 8:38 am Reply

      hahah iya aku juga gak berani belanja baju kalau online…selalu gak cocok.. yang offline aja ribet mesti coba dulu baru kalau suplemen kesehatan kan sudah tahu produknya jadi aku beli online… biasanya dan harga online lebih murah di banding di toko nya..

  4. joeyz14 November 19, 2014 at 10:33 am Reply

    Wahhh mba lengkap sekali…jadi penasaran mau cobain yg no.1.. *lirik puji*
    Aku pernah belanja di Lazada aja..anf jualan di tokobagus

    • siti November 19, 2014 at 1:26 pm Reply

      iyaa tokopedia banyak lapak murah….cobain deh

  5. Crossing Borders November 20, 2014 at 3:40 am Reply

    Aku pernah belanja di Lazada, beli timbangan bagasi/koper.. Iseng aja nyobain marketplace Indonesia.., kebetulan lagi butuh timbangan.. Lumayan cepet kirimnya, 3 hari nyampe kalo gak salah.. Tapi mungkin karena di pulau Jawa ya..

    • siti November 20, 2014 at 3:43 am Reply

      iya paling apes tuh KTI ( kawasan timur indonesia ) kalau order sesuatu suka lamaaaaaaaaaaa

      • Crossing Borders November 20, 2014 at 4:58 pm

        Loh..bukannya Sulawesi Indonesia Tengah..?

      • siti November 21, 2014 at 12:29 am

        kalau waktu WITA iya masuk tengah cuma kategori telkomunikasi dl nya … selalu dkategorikan KTI,,,

      • Crossing Borders November 21, 2014 at 9:31 am

        Oh gitu toh.. Baru tau.. Wah..kasian deh kamu..hehehe..(*kabuuurrr lagiiii..*)

      • siti November 21, 2014 at 9:37 am

        Hahahaha tak apa ntar di KTI aku berpeluang jadi juragan kan.. *taknyambung

      • Crossing Borders November 21, 2014 at 9:50 am

        Aku doakan kamu sukses ya..(*tapi jangan lupa sama aku kalo udah sukses..*hehehe..teuteup ada tapinya..)Eh tapi beneran loh sesuatu yg dimulai dengan minat ditambah bakat tuh biasanya formula sukses yg tokcer.. Amin buatmu..

  6. sapienzadivita December 23, 2014 at 1:52 pm Reply

    Sorry kalau saya komentar di sini. Tapi saya cuma mau menyampaikan kekecewaan yang sangat mendalam terhadap Lazada… Baru aja pengalaman tadi siang terima barang dari Lazada. Saya beli barang ini http://www.lazada.co.id/apple-earpods-with-remote-and-mic-putih-193216.html dengan asumsi Lazada menjual barang asli. Ketika saya terima ternyata barangnya KW.

    Lalu saya tuliskan ulasan produk dan masuk dalam moderasi dan dihapus oleh pihak Lazada. Anehnya adalah, ulasan yang saya berikan ulasan negatif yang tentunya akan menjadi peringatan bagi buyers sebelum membeli barang yang saya maksud. Tapi ternyata, review negatif tersebut tidak dimuat. So, berhati-hatilah belanja di Lazada. Coba deh dicek, ulasan dari buyers, ada gak yang negatif? Kalo ulasan yang mantap, barang cepat sampe, puas belanja di lazada, itu sih bertebaran di mana-mana.

    #masihkesal #humph

    • siti December 23, 2014 at 3:21 pm Reply

      yaa kok sama aku baru transaksi tanggal 14 di lazada juga sampai hari ini belum sampai barangnya, mau telp call centre dialihkan ke live chat, saat ditanya kenapa belum ada alasannya sudah di proses dari suplier ke customer kok di status order masih sama…. tak kabar sama sekali padahal sudah lunas pembayarannya… akhh KECEWA saya sama lazada, beda sama tokopedia.com atau elevenia, bisa kasih komentar negatif atau positif… saya sudah tak mau transaksi di lazada kapok….skrg aku mau komplain bingung mau email kemana, live chatnya tak bs ter klik juga………….hiks..

      • sapienzadivita December 24, 2014 at 12:54 am

        Di livechat malah pelayanannya makin menjengkelkan…. Kita ngomong udah sampai mana, eh dia balasnya cuma, ya ada yang bisa dibantu? Habis itu gak ada respon lagi…. #makinjengkel. Macamnya aku mau refund deh. Kalau di ebay yang kerja sama paypal, user punya hak untuk refund tanpa membalikkan barang jika barang yang dijual bukan ori… Aku mau coba refund di lazada… Nanti aku kabari… 😉

        Yang sabar ya mbak siti. Kok bisa kita punya pengalaman gak enak di lazada. Yang pasti kalau yang buat saya jengkel sebenarnya adalah bagaimana lazada semena mena dengan ulasan dari buyers. Ulasan negatif dihapus tak bersisa. Jadinya ya lazada membutakan opini publik.

      • siti December 24, 2014 at 1:02 am

        nah itu dia say, aku juga mau batalkan pesanan nih mau pindah ke ol store lainnya, kok bingung fitur pilihanya gak ada.. susah sekali mau kontak live chat nya lama di respon dan tak bisa di klik gimana mau komplain alamat email untuk komplain juga tak ada nih……….

  7. winnymarch January 17, 2015 at 7:46 pm Reply

    Aku takut bgt loh kak beli di online

    • siti January 19, 2015 at 5:22 am Reply

      aku gak kapok kok, kemarin lazada janji kembalikan dananya aku baru mau cek lagi nih,,,tapi aku udah kapok di lazada.. yang lain lancar jaya.sy banyak langganan di tokopedia.

      • winnymarch January 19, 2015 at 6:32 am

        Embak hebat

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

