Prosedur pembuatan Akte, SITU SIUP & TDP Perusahaan di Makassar


Rasanya saya merasa berdosa bila tak sharing terkait hal yang telah saya lakukan biar jadi jalan kebaikan bagi yang lain makanya sebelum lupa saya posting dulu yaa, beberapa waktu lalu sebenarnya dari Januari sudah mulai ngesot ngurus dan cari nama CV buat agency iklan yang akan saya  buat, tema  bisnisnya tak jauh dari kerjaan saya sehari hari jadi cocok sekali,  nah sisa adikku yang manage dan sahabat baikku.

LOGO 450 sb1m

Pengalaman penuh perjuangan mendapat SITU /SIUP dan tentunya berjuang mendapatkan rekening bisnis di bank. Huhh ternyata tak semudah yang saya bayangkan.
oh ya sebelumnya perkenalkan dulu perusahaan kecil kami yang saya titahkan ke adik sebagai direkturnya, namanya Di$PRO ADS, nama panjangnya CV DIGITAL BISNIS PRO, sengaja kasih logo dollar biar terinspirasi terus untuk mencari uang hahhaha tetap yaahhhh …
nah perusahaan ini sebagai salah satu pengejawantahan saya dibidang usaha yang saya rintis dari sekarang, perjuangan walau berat harus dimulai sedini mungkin, kan lucu kalau
nanti di usia tertentu perusahaan memaksa saya pensiun dini kan tak lucu kalau diusia 40an itu saya baru morat marit memulai usaha yang saya tak pernah lakoni.

Mumpung usia masih muda belia dan masih kuat perjuangan terus dikobarkan, nah DI$PRO ini agency penjualan sms broadcast produk jualan Telkomsel ke client, nah Di$pro salah satu authorized media sellernya.
ya bahasa kasarnya makelar nya lah. Paling tidak ini adalah bidang kerjaku dikantor, saya tahu alurnya, tugas adik dan sahabat ku mengurus yang lainnya. yang saya suka dari bisnis telkomunikasi adalah barang nya ini nggak merepotkan, sms tak berwujud, kita tawarkan ke pelanggan mereka minat, transfer payment, sign kontrak tanggal eksekusi, hari H di eksekusi, habiskan kuota, selesai dehhhhhhhh tak ada packaging, tak ada cuci piring, tak ada piring pecah kayak edisi berurusan dengan warkop, nah untuk misi gencar menjual dan bisa menjadi authorized dealer tentunya harus ada
legalisasi badan usaha donk, akte pendirian pun dibuat setelah saya bersemedi mencari nama yang pas dengan segmen jualan saya. Di januari tanggal 29 akhirnya sahlah akte pendirian CV dibuat dengan menggunakan notaris rekanan sahabat dan pasti dapat harga diskon.

Nah ini prosedur pembuatan akte pendirian sbb :

  1. Ke kantor notaris terdekat sesuai kata hati dan negolah harganya
  2. karena notarisnya teman nya sahabat saya jadi dapat harga termurah sedunia cuma 500 ribu untuk CV
  3. Isi form, kasih nama CV dalam 3 kata terus submit copy KTP direktur dan wakil direktur yang masuk di akte pendirian
  4. Seminggu kemudian jadi deh, janjian ambil situ nya.
  5. Bawa ke kantor Pengadilan untuk di legalisasi bagian akhir lembaran akte pendirian.Dan bayar 100 ribu ya, ini juga cuma di stempel saja sama petugas sama di beri catatan dan tak disebutkan juga tarif resmi pengesahan tersebut. Minta kwitansi juga tak ada so so so gitu deh..as usal harus bersabar dan minta ampun saja jika itu bagian dari sogokan, saya tak maksa mereka yang maksakan.

Nah setelah kelar dari Akte Pendirian, terus saya lanjut  ngesot ngurus surat domisili usaha di kantor lurah, ini tugas adekku sebagai Direktur, untuk urusan terkait permintaan di kantor camat selalu ada Tiga  hal pokok yang diminta sbb :
1.Minta struk PBB, kalau belum bayar PBB disuruh ke bank lokal buat bayar lunas PBB rumah.
2.Copy SHM Rumah, atau akte jual beli.
3.IMB rumah, untung tetanggaku masih punya IMB induk kompleks ya..

King akhirnya berhasil mendapatkan SKD tersebut dan tetap harus bayar buat yang sign, minta kalau tak salah 50 ribu, adekku kasihnya cuma 30 ribu. oh ya surat domisili usaha ini ada masa berlaku loh. contoh punya , saya cuma berlaku 1 bulan. Nah Surat inilah yang dibawa ketika mau buat SITU/SIUP.Di kantor lurah seperti biasa mereka tak mau kasih kwitnsi resmi.

Lalu bawa ke kantor pajak untuk mendapatkan NPWP perusahaan yang saya tulis dalam postingan terpisah,  lalu, kendalanya karena saya, teman saya, adek saya semua super sibuk
jadi proses ke pembuatan SITU /SIUP makan waktu 4 bulan, kenapa mesti mau buat SITU/SIUP terkait mendapatkan client mesti legalitas dokumen harus ada dan tentunya untuk buat rekening perusahaan atas nama CV juga butuh semua dokumen tersebut, akan saya tuliskan juga cara buat rekening perusahaan di next posting

Lanjut saya sendiri yang turun tangan urus surat pengantar. dari kantor lurah ke kantor camat,
tentunya dengan menunggu beberapa hari setelah saya submit di kantor lurah,

syarat mendapatkan pengantar untuk SITU di kantor lurah sbb:
1. Bukti bayar PBB rumah/kantor terbaru
2. Surat kuasa dari adek saya ke saya selaku dia direktur dan sok sibuk sampai tak bisa ikutan ngurus karena dia ada di Palu saat itu dan saya butuh percepatan karena client perusahaan butuh legalitas buat dapat job. Pakai Materei 6000 ya…
3. Bukti kepemilkan rumah ( SHM ) atau kantor , bisa juga AJB dll
4. Kalau yang punya rumah bukan yang direktur di perusahaan harus ada surat kuasa dari pemilik rumah ke pemilik perusahaan
5. Bayar buat tanda tangan, tak ada dalam list biaya apapun hanya lisan dari si mbak petugas yang katanya karena saya urus sendiri maka
diberikan tarif termurah hanya Rp 120 ribu saja.Saya minta kwitansi si mbak bilang disini tak pernah keluarkan kwitansi untuk tanda tangan

Memang begitulah tarifnya dan bahkan makelar dokumen pun bayar malah lebih mahal biasanya bisa sampai 500 ribu. Karena saya sendiri
yang turun gunung jadinya dikasih harga paling murce. Kemudia si mbak dengan mata penuh makna berkata, pak Lurah belum ada
nanti serahkan saja dokumennya kalau sudah ditanda tangani dia akan telpon saya, pastilah dia akan telpon karena dana 120 ribu
belum saya berikan. Begitulah sistem kita masih belum transparan dalam birokrasi seperti ini, saya melihat semua uang tanda tangan
yang masuk hari itu dia masukkan dalam laci salah satu pegawai dan mereka pakai beli gorengan, makanan untuk di makan beramai ramai alasannya, nah halal haramnya uang tersebut entahlah,
yang jelas saya tak pernah iklas memberi mereka uang tanpa kwitansi dan cap yang sah. Namun karena mereka minta dan tak bisa’diperoleh suratnya tanpa dibayar sejumlah yang mereka sebut jadi terpaksalah saya bayar.
6. Selang dua hari kemudian di telpon lah saya oleh si Mbak nya bahwa pak Lurah sudah tanda tangan silahkan datang ambil.Datanglah saya kesana dan mengambil berkas 3 rangkap yang sudah saya isi dan sudah dapat
tanda tangan pak Lurah untuk dibawa ke kantor camat.

Syarat mendapatkan pengantar SITU ke kantor camat sbb :

  1. Bawa hasil surat yang di tanda tangan pak Lurah ke kantor camat ada 3 rangkap formulir yang berisi data perusahaan kita serta kelengkapan dokumen
  2. Mulai deh bernego lagi di kantor camat, ada ruang khusus untuk pengurusan SITU, saya langsung diarahkan ke ruangan petugas paruh baya, beliau memeriksa dokumenku dan tanya sedikit masalah CV ini.
  3. Setelah mengetahui kalau saya urus sendiri semuanya si bapak mulai memberikan harga, dia tanya di kantor lurah saya bayar berapa? saya jawab aja 100k, soalnya kalau jawab diatasnya kena malah donk saya.
    benar juga langsung dia pasang harga 150K, saya bernego lagi soal kwitansi dengan alasan saya harus pertanggungjawabkan biaya tersebut ke direktur perusahaan, Si Bapak dengan enteng bilang tak pernah ada sejarah urus beginian pakai kwitansi, semua sudah tahu kok bayarnya memang segitu, itu sudah murah karena saya urus sendiri kalau makelar dokumen biasa dibayar
    500k buat surat dari lurah. Ya terpaksa deh terima nasib, saya pun bertukar nomor HP karena pak Camat lagi keluar.Nanti kalau udah kelar beliau telpon saya.
  4. Buat surat kuasa pengurusan dari direktur ke saya.
  5. Sehari kemudian si Bapak telpon saya memberi tahu kalau pengantar dari camat sudah di tanda tangan, sisa saya ambil, besoknya karena baru ada waktu
    ngacirlah saya ke kantor camat, si Bapak sudah menunggu saya di halaman kantor camat, kayaknya beliau tak mau saya transaksi diruangannya karena banyak orang, jadi di halaman kantor camat
    si bapak kasih saya berkas tersebut dan saya sudah siapkan amplop ditangan, ehhh lucu sebelum pulang saya diwajibkan foto copy dulu berkasnya, nah saya tak bayar beliau dulu tapi izin ke tukang foto copy yang letaknya 100 meter dari situ, nampak wajahnya agak ragu takut saya lari sebelum bayar kali……… makanya saya bilang pak, saya parkir kendaraan kok depan kantor
    saya ke tukang foto copy jalan kaki so jangan kawatir pak saya tak akan lari. Lucunya lagi karena lama antri fotocopy si bapak menelpon memastikan saya tak kabur, dan setelah kelar saya balik lagi
    kasih si bapak berkas copy an semuanya dan amplop berisi duit 150k, saya serahkan diluar di halaman kayak transaksi saja ya,,..tidak pakai neko neko si Bapak
    langsung memasukan amlop ke saku celana belakangnya dan pergi ke luar.
  6. Nah berkas dari camat tadi kita bawa ke kantor dinas perizinan kota Makassar, letaknya di jl Urip Sumoharjo,berkasnya sama, berkas yang sudah disign di lurah dan di stempel dibawah beserta dokumen kelengkapan, ktp adik saya selalu Direktur, surat kuasa, pengurusan berkas ke teman saya selaku wakil direktur yang ngurus pakai matrei 6000 ya
  7. Langsung deh ke esokan hari seorang bapak paruh baya telpon saya katanya sedang ada di depan rumah mau survey CV, haaaa saya shock aja, soalnya tak ada info kalau mereka mau datang sekarang padahal rumah diseblah tempat adikku tinggal itu berantakan, memang sering di pakai MB dulu buat kelas private English, sekarang adekku pakai buat kantor dirumah,saya bilang sama si bapak maaf kami tak ada di rumah, dengan bersilat lidah si bapak bilang “tenang aja bu semua bisa diatur” wah jadi langsung inget deh sama duit nah setelah itu temanku berkontak ria sama si bapak yang survey,
  8. Si bapak petugas bilang berkas akan selesai minggu depan dan kami sempat nego masalah pembayaran, saya selalu nanya ini sebenarnya ke petugas, berapa sebenarnya tarif resmi SITU/SIUP jawaban selalu ngambang, katanya untuk survey 300 an ribu, yang resmi di transfer ke bank 650 an, tapi si PIC ini minta 1,5 juta, teman saya dengan polos nego harga sampai 1,3 juta.
  9. Proses pembayaran pun dilakukan di warkop ku, terus kayak dibawah tangan, tanpa kwitansi, kami minta berkali kali minta tapi si bapak tetap bilang tak ada kwitansi kwitansian..ya sudah kami menyerah saja
  10. Beberapa hari kemudian si bapak tadi menelpon dan membawa SITU, SIUP dan TDP yang sudah selesai.

Total biaya yang saya keluarkan untuk keperluan SITU/SIUP ini sbb :
1. Biaya materei Rp 18,000,-
2. Biaya buat surat domisili usaha by kantor lurah Rp 50,000
3. Biaya bayar stempel dan tanda tangan di kantor lurah ku Rp 120,000,-
4. Biaya bayar stempel dan tanda tangan di kantor camat Rp 150,000,-
5. Biaya bayar di kantor perizinan kota Makassar Rp 1,3 juta, ( aslinya dalam biaya dalam SITU cuma Rp 650 ribu )
6. Biaya bensin bolak baliklah Rp 100,000
Total semuanya = Rp 1,9 juta

Yah lumayan murah lah dibanding yang ditawarin makelar dokumen biasanya pasang 3 juta paling sedikit.oh ya untuk akte pendirian.

Total Biaya akte + situ = 2,5 Juta sudah jadi dan komplit versi termurah kalau urus sendiri,  diurusin makelar semuanya biasa 5 juta .

Kalau NPWP perusahaan Gratis kok sisa ngantri di kantor pajak, beberapa jam jadi deh dikasih kartu. Terus PR saya berikutnya buat rekening bank atas nama perusahaan, soalnya perusahaan sulit dapat kontrak dari perusahaan gede kalau nomor rekening masih nama pribadi. Bulan lalu ada deal lumayan yang batal karena ternyata masih rekening pribadi dan perusahaaan tersebut tak mau melakukan transfer kalau rek pribadi. Akhirnya deal tersebut saya kasih ke agency lain.

Demikian info update birokrasi terbaruku, semoga bermanfaat doakan semoga CV nya berkah dan rezeki nya lancar yaaa……….

Tagged: ,

27 thoughts on “Prosedur pembuatan Akte, SITU SIUP & TDP Perusahaan di Makassar

  1. adhyasahib July 7, 2015 at 5:51 pm Reply

    amin amiin informasinya lengkap sekali, ternyata urusan birokrasi ini lumayan menguras tenaga ya, salut mbak semuanya tetap diusahakan untuk di urus sendiri. semoga semua urusannya lancar ya mbak Siti :-). Oh ya mbak siti jika berkenan boleh minta alamat emailnya gak?ada hal yang mau saya tanyakan terkait beberapa pengurusan dokumen di indonesia 🙂

    • siti July 7, 2015 at 8:46 pm Reply

      hai say, iya super ribet hehehe makan hati deh kalau ngurus ngurus dokumen disini tapi mau gimana lagi itulah seninya. iya email saja ke siti.csalim@gmail.com

  2. cerita4musim July 7, 2015 at 9:39 pm Reply

    Kamu pekerja keras sekali deh Sit, kudos! Lancar terus bisnis baru nya ya….

    • siti July 7, 2015 at 10:05 pm Reply

      heheh harus mbak, kalo gak ntar gak makan lol

  3. nyonyasepatu July 8, 2015 at 3:47 am Reply

    Siti…. kamu tekun banget bisnis. Semoga sukses yaaaa

    • siti July 8, 2015 at 4:10 am Reply

      hahah terima kasih Non…….kamu sukses terus juga dengan traveling travelingnya 🙂

  4. AmeL July 8, 2015 at 9:47 am Reply

    Phiiuh ternyata nguras tenaga sama duit juga yah nguru SITU/SIUP..

    • siti July 8, 2015 at 1:17 pm Reply

      thanks udah follow blog nya, iya banget saya juga pertama kali urus dan capeknya banyak, saya ngerti sekarang banyak orang mau pake jasa makelar saja karena tak makan hati tapi bikin bangkrut

  5. ken January 5, 2016 at 5:30 am Reply

    saya sih nggak mau nanya soal cara bikin SITU SIUP dan LL karena sudah sangat jelas kok di atas. saya cuma mau nanya, kira kira kalau mau jadi agency atau reseller layanan SMS seperti punya Anda,masih bisa nggak ya? kira kira kemana ngurusnya? saya juga rencana expansi ke arah itu karena setelah menikah saya berencana resign dari tempat kerja. terima kasih..

  6. reyyoung January 8, 2016 at 5:44 am Reply

    Aku juga pingin buat SITU SIUP. Tapi bingungnya kalo ngurus domisili kan ada NPWP terus aku juga masih umur 20th. Belum punya tanah. Sma bukti (SHM) itu gmna ada solusi lain gak?..
    soalnya juga aku pas buka tabungan baru urusannya ribet banget apa lagi saya waktu itu lagi posisi nganggur tapi alhamdullilah dgn brbagai alasanku yg logis aku bisa mndapat kan kartu ATM Debit BCA.
    Nah begitu kenapa saya ingin sekali buat SITI SIUP. guna untuk mendapatkan Kartu Kredit BCA saja.. aku juga sekarang masih bisnis online kecil2an.. Tapi masih belum bisa transaksi online Seperti Pemasaran lewat FB kan itu juga butuh CVV..
    nah gimana nih buk ato mbak lah.. hehehe lom tau umurnya.. kalo semisal mengurus NPWP / SHM itu karna saya juga blom punya tanah.. Soalnya kan Bapak dan ibuku masih tinggal di rumah Kakekku dan yang Memegang NPWP kakekku.. nah kalo semisal aku minta surat NPWP itu kan pasti gak boleh sama kakek saya.. gimana menurut ibu/mbk. Apa ada solusi lain bagi saya?

    • siti January 8, 2016 at 2:03 pm Reply

      buat saja SITU SIUP usaha atas nama saudaranya yang sudah cukup umur… yang lengkap berkasanya…
      karena kalau tak lengkap ya tak bisa….

      itu saja menurutku lumayan ribet…

  7. Ansarullah May 4, 2016 at 6:48 am Reply

    Assalamu alaikum wr wb. Saya juga mau buat CV emm bisa minta no notaris yang mengurus bapak. Sempat saya juga bisa murah biaya pembuatannya

    • siti May 4, 2016 at 10:04 am Reply

      Notaris saya di makassar mas, sesuikan lokasi saja, oh notaris kartika sari.. Phone:(0411) 444963 silahkan di kontak siapa tahu beruntung

  8. Madu Penyubur Kandungan July 20, 2016 at 4:23 pm Reply

    wah lumayan ribet ya urusannya … apa2 nyogok wkwkw .. tapi mau gimana lagi..

    • siti July 21, 2016 at 12:55 am Reply

      iya begitulah birokrasi

  9. Madu Penyubur Kandungan July 20, 2016 at 4:25 pm Reply

    wah lumayan ribet ya urusannya …. apa2 nyogok… tapi ya mau gimana lagi, seperti sudah membudaya mah kalau ginian.. mau kantor polisi, lurah, RT .. dll … yang harusnya GRATIS tetep di kasih bayar… biaya admin katanya.. biayanya suka2 :v

    • siti July 21, 2016 at 12:56 am Reply

      semoga makin kesini semoga makin bersih …

  10. nur September 16, 2016 at 8:10 am Reply

    terima kasih info nya, maaf, tapi apakah ini juga berlaku jika perusahaan yang di dirikan berbentuk PT bukan cv?

    • siti September 16, 2016 at 8:24 am Reply

      iya sama saja setahu saya…

  11. ndry September 27, 2016 at 11:20 am Reply

    Sy biasa bantu tmn2 urus pendirian PT dan CV nya, mereka tdk keberaran malah sangat berterima kasih. Krn kesibukan mereka tetap jalan. Biaya yg dikeluarkan jg wajar.
    Kalau ada yg mau dibantu bisa hub sy, khusus area makassar. 081342744865
    Anda ikhlas, usaha pasti lancar

  12. balang grafika January 20, 2017 at 9:05 am Reply

    Sebenarx ga ada yg ribet buat ngurus i2 smua, lagian i2 memang sdh standarx pemerintah. Bahkan pada dasarx tanpa ajb jg bsa digantikan dgn kwitansi pembayaran kontrakan, bg yg kontrak rumah, bahkan tmanku yg tinggal dikos2an bsa jdi cv nya.
    aq jg skrg smentara ngurus CV…. Alhamdulillah, sisa ngurus situ siup nya aj yg blum selesai, sampai tahap ke pengurusan siup ke dinas terkait cuma habis 500 rb untuk biaya Notaris… dikelurahan sma camat Alhamdulillah gratis. Trus informasi dri artikel yg sumbernya dr okezone finance menginfokan bhw urus SIUP & TDP i2 gratis, tp mudh2an aj i2 bner. Klu pun hrus byar sy bkalan ga mau bayar tanpa bukti pembayaran krna i2 a/ Pungli, kt bsa ancam mreka dgn UU pungli….Masyarak loh yg gaji mreka, mrka udh punya gaji, jdi jgn dikasi klu memang ga ada dasar bwa kt hrus byar krna klu dikasi, harus hati2, takutx i2 msuk golongan sogo. (Disogo n menyogo sma2 msuk neraka), kt hrus hati2, jngn smpai gara2 sogo, usaha kt kurang2 berkah… jng takut marah2 dpan aparat pemerintah klu memang mreka slah. Mreka adlh playan msyarat, so kt berhak mendapatkan pelayanan yg baik. Hidup Rakyat.. Hidup Rakyat.. Hidup Rakyat… jdi orasi lg ni… hehehh3he

    • siti January 21, 2017 at 12:56 pm Reply

      semoga makin banyak wni yang niat nya seperti anda biar indonesia bebas pungli

  13. Muh Arifandi March 11, 2017 at 7:57 pm Reply

    Terimah Kasih artikelnya mass sangat berguna….
    Saya mau tanya kalau bikin cv apa ada pajak pertahun tertentu atau harus memiliki miliki modal puluhan juta baru bisa miliki SIUP atau CV ….

    • siti March 12, 2017 at 1:37 am Reply

      ada, setelah memiliki CV pasti tiap bulan wajib lapor pajak di kantor pajak dna tiap tahun melaporkan tahunan..itu wajib dilakukan… modal buat situ siup tak mahal hanya 2 jtaan lah kalau mau urus sendiri..

  14. aizanvilla April 6, 2017 at 2:17 am Reply

    mantap dah mba, sharenya…

    • siti April 6, 2017 at 1:15 pm Reply

      terima kasih …. komen nya

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

