Kabar dari dunia investasi saham


300 kedua

Biar ilmunya tak hilang, ilmu saham saya yang sedang stagnant saya mau share disini, mau sharing dan berkabar terkait dunia investasi yang lagi galau segalau perekonomian Indonesia, kisah ku dengan saham ini bermula dari tahun 2010 cuma memang on and off, setelah kecewa dengan les termahal yang pernah saya ikuti, saya sempat membelot deh, coba trading forex yang saya anggap flexible karena mau naik atau turun nya market tetap bisa take profit. Ternyata bisa berakibat fatal lama lama sakit jantung lihat chartnya hahahah.  Nah saya anggap moment dari oktober 2014- Feb 2015 itu  saya membelot ke jalan sesat beberapa saat sebelum sadar kembali. Saya sendiri typical gigih mencari ilmunya, sempat belajar dan beli ebooknya dan coba trading 1 bulan, OMG apa yang terjadi kehidupanku tak  balance, malam saya sibuk analisa,kurang tidur karena jam market nya ikut market luar,  pagi dikantor saya sibuk cek analisa, modalnya termasuk  kecil  & terjangkau  karena pakai account micro tapi deg degan nya minta ampun, sampai saya sudah sampai khatam dikit dikit pola tren, dan setelah 2-3 bulan saya kembali sadar, lihat saldo saya minus minus, nampakmya investasi forex ini bukan lah pilihan terbaik buat saya, saya stop deh, sudah unsubscribe email autopilot analisa dan melupakannya,  dan saya puas menemukan jawaban kalau forex tak baik buat saya 🙂 . Ada hal yang butuh dilakukan dan diberi petunjuk baru sadar dan  belok bahwa itu bukan jalan yang benar akhirnya disuruh belok deh J

Terus terkait saham, saya sebenarnya tak pernah meninggalkan dunia saham, account saya tetap sejak tahun 2013, walau investasi nilainya kecil karena ada saham yang minus luar biasa yang saya simpan simpan saja. Dan karena sekarang IHSG drop jauh minus dan merah meradang dari 1 bulan lebih jadi saya hanya stagnan bahkan mentor saya pun cuma bilang lets wait and see ya……….salah satu kekurangan investasi saham adalah saat market jatuh begini ya cuma bisa melotot mau tak action rugi, yang bagus sebenarnya analisa saham bagus yang harga lagi di diskon sangat bagus buat di koleksi buat simpanan yang bakalan naik dalam jangka panjang. Nah kalau duit cadangan tak ada ? yaa selamat melongo & menikmati pasar kayak saya sekarang. Jadi sekarang saya fokus buat sekolah bisnis online,  menambah ilmu baru & komunitas baru dan tentunya ujung-ujungnya cari passive income yang flexible. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kenapa ? karena saya punya mimpi kerja dari rumah dan tak mesti kekantor lagi.

Buat pencinta saham nih tips ilmu saham bagi pemula sbb : 

  • Memiliki trading plan ( saham apa yang akan di beli dengan menggunakan kriteria analisa fundamental dan analisa teknikal  ) dan money management  ( diverskasi dana untuk 1 portfolio & cut loss  ) ini tidak mudah pemirsahh saya saja megap megap melakukan ini 🙂
  • Perlakukan saham seperti human jangan dipahami semata layaknya buku, perhatikan kaarkter orang dibalik saham, pelaku penjual  dan yang mempengaruhi baru gunakan analisa dan tool
  • Beli saham blue chip yang lagi turun karena sentiment right issue
  • Fokus pada 3 saham saja, boleh pegang  maksimal 9 saham saja , jangan greedy dan pegang-2 saham untuk jangka panjang
  • Tetapkan batas bawah 33 % diatas dan 5 % di bawah, boleh cut loss yang penting harga sudah tinggi, pakai margin, ketika masuk tren lagi berbalik arah
  • Boleh ikut Bandar dengan bermain online di saham gorengan, ciri-ciri saham ini tak terlalu banyak peredarannya namun cenderung turun namun akan berbalik arah, boleh dimainkan jika ada uang lebih tetap hati hati
  • Tetap konservatif dan hati hati jangan percaya sepenuhnya pada laporan keuangan karena Indonesia termasuk emerging market yang data-datanya unrealible
  • Tekun & geluti secara serius lakukan analisa berkala ( ini yang sulit ketika kita masih punya banyak pekerjaan lain selain urusin saham saja.
  • Simak karakteristik bursa, ada periode tertentu untuk para pelaku pasar.
  •  April – Mei, ada kecenderungan  naik karena antisipasi [ublikasi laporan keuangan dan pembagian dividen ( SELL )
  • September – Oktober, biasanya harga turun karena tak ada berita atau aktifitas ( BUY )
  • Nov-Dec, akhir tahun ada kecenderungan naik karena akibagt window dressing dan menyambut January effect ( SELL ) ( Profit taking beli di akhir nov & jual akhir des )
  • Februari – Maret terjadi koreksi ( turun ) pasca window dressing dan January effect jadi lakukan ( BUY )

Nah kondisinya saat ini market anjlok kalau saya pribadi malas beli saat ini karena duitnya juga tak ada ya mending fokus yang lain dulu, tak ada waktu buat analisa dkk, capek kalau mau simple baiknya beli rexadana saja, cari yang harga masih rendah dijamin bakalan naik deh, apalagi pekerja kayak saya yang sehari hari lumayan padat, tak mungkin mencari info tentang saham tiap hari. Mentor juga kadang sibuk soooo sudahlah……………….! Ayoo gimana dengan kabar investasi kalian..???

 

Tagged: , , ,

16 thoughts on “Kabar dari dunia investasi saham

  1. gegekrisopras July 12, 2015 at 4:12 pm Reply

    Baru mau mulai kak Siti aduh aku masih ‘mentah’ urusan beginian telat banget 😭😭😭 semoga lancar2 aja ya aku baru mulai belajar kak, semoga kak Siti jg lancar2 aja ttg investasinya 😉

    • siti July 13, 2015 at 12:17 am Reply

      oh ya..kamu investasi saham juga yaahh? fokus aja kalau mau sukses cepat spare waktu1 jam sehari analisa berita dkk… jangan kayak saya kebanyakan pusing…………..dan lama deh… jadinya hasilnya minus

  2. yayangneville July 13, 2015 at 9:36 am Reply

    Waduh deg deg plas ya, sukses….

    • siti July 14, 2015 at 2:58 am Reply

      thanks ..sukses juga untukmu,,,

  3. penyukajalanjalan July 14, 2015 at 1:08 am Reply

    saya dari 3 tahun lalu register di broker sampai sekarang belum eksekusi beli saham hehehe…mau eksekusi rasanya malasss banget….

    • siti July 14, 2015 at 2:57 am Reply

      ohh kemarin saya di OSO juga begitu, karena pas sudah depost IHSG anjlok tak balik balik.. kadang mesti minta salesnya bantuin pantaukan saja mbak..

  4. wot July 16, 2015 at 2:28 pm Reply

    pengen maen yg bgini tp ragu halal haramnya

    • siti July 22, 2015 at 1:36 pm Reply

      makanya beli saham yang perusahaan lokal yang dikenal dan secara fisik ada dan produknya kita komsumsi tiap hari… jangan yang saham luar yang kita tak tahu pofile perusahaannya… dan jika masih ragu silahkan beli saham syariah.. ada kok..

  5. ratusya August 7, 2015 at 8:04 am Reply

    Owalah, susah amat ya syarat Dan ketentuan main saham ya mbak? Aku bartu mau coba trading pake micro tapi kok ya males gitu. Jadi sampe sekarang cuma main reksadana aja, naro uang, didiemin sampe kapan diperluin. Hihihi.

    Abisan kalo trading ga Ada ilmunya sama aja gambling ya?!
    Salam kenal

    • siti August 7, 2015 at 9:40 am Reply

      iya mbak, ribet apalagi kalau kita sibuk , jadinya saya cuma reksadana terus saya jg beli dan simpan deh kan berkembang juga nantinya ,….

  6. ronny September 15, 2015 at 11:47 am Reply

    Nice sharing..
    Cuma may sedikit mau nambahin..
    – sebisa mungkin hindari saham gorengan, Karna kdg tidak liquid dan pergerakannya kdg cuma pancingan bandar.
    – jgn terlalu sering trading, cuma Kasih untung org sekuritas. Untung ga seberapa tapi deg2an

    • siti September 15, 2015 at 1:05 pm Reply

      memang saya tak trading tiap hari saya mandeg sudah 4 bulannan santai saja..

  7. soli kin September 27, 2015 at 12:09 am Reply

    kira kira kalau mau beli saham sekarang apa ya?

    • siti September 27, 2015 at 4:05 am Reply

      Trading saham harus di pelajari tiap hari, harus konsultasi ke pakar yang melihat potensi tiap hari kemairn sih mentor saya bilangnya BBRI masih bisa naik ini short trading ya… ilmu saham itu kompleks.. saya pun masih belajar smpe skrg masih belum tahu apa apa… malah lebih enak beli rexadana saja tak pusing urus beli apa hari ini..

      • soli kin September 27, 2015 at 4:42 am

        kalau beli reksadana dimana?

      • siti September 27, 2015 at 10:50 am

        saya beli reksadana sinar mas.. kalau mau inbox saja emailnya nti marketing sinar mas akan kontak kalau minat…

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

