Advertisements

Cara perpanjangan STM ketiga buat WNA di Polsek Panakukang Makassar


Amplop STM di Polsek Panakukang

Amplop STM di Polsek Panakukang

Selamat datang di dunia birokrasi kawan kawan, jatuh tempo lagi nih STM MB kali ini harus segera di buat lagi  untuk setahun, jika sudah perpanjang KITAS bisa baca disini maka harus buat STM juga sesuai masa KITAS nya baru ke CAPIL buat SKTTS seperti yang saya ulas disiniuntuk step pembuatan STM perdana saya pernah posting disini,  nah ini kan ber seri nih sampai dapat KITAP yang 5 tahunan baru tak pakai STM lagi,  jadi laporan ke polisi tiap tahun. Saya sebagai WNI taat hukum manfaatnya menurut pak Budi bagian BA INTELKAM Polsek Panakukang yang menghandle saya dari tahun lalu menyatakan bahwa informasi dari STM ini masuk ke Polres, lalu ke Poltabes, POLDA dan sampai MABES POLRI, nah tujuannya mendata semua WNA yang ada bertebaran di bumi Indonesia, untuk di  control, jadi kalau MABES POLRI dapat info dari INTERPOL terkait ada DPO dari negara lain kan sisa cek data base nya, nah kalau si YBS ada terdaftar di kepolisian wilayah NKRI kan sisa kirim polisi melakukan penangkapan, selain itu kalau terjadi bencana di wilayah tertentu dan kedutaan negara tertentu butuh info WN  yang kemungkinan kena bencana kan bisa mengambil data tersebut. Jadi bisa bantu kedutaan negara tersebut melacak keberadaan warga negaranya demi keamanan atau sangkut paut hukum dan lainnya. Itulah fungsinya  pembuatan STM ini.

Prolog nya panjang ya, langsung ke berkas yang dibutuhkan sbb :

  1. Copy Paspor halamn depan WNA dan halaman visa ( ITAS /MREP nya )
  2. Copy KITAS terbaru
  3. Copy KTP sponsor , saya tambahkan NPWP biar lebih afdol
  4. Copy Buku nikah ( biar sebagai bukti WNA nya memang ada hubungan sah dengan WNI )
  5. STM lama
  6. Amplop berisi duit seikhlasnya kata pak petugas yang baik hati karena STM itu GRATIS kok

Serahkan semuanya di loket BA INTELKAM tempat ngurus SKCK, enaknya di Polsek Panakukang karena dekat dari kantorku dan tak ramai orang mengurus berkas, beda sama POLTABES or POLDA ya ampun sejuta umat ada disana urus SKCK.

Tempat bagian kanan kantor yang lagi di renovasi  ada bangku dan meja depan lobang loket saya datang jam 2 siang depannya ada pengumuman kalau si bapak petugas tak ada di tempat duduk sisa sms di nomor tertera. Akhh seru juga nih, kreatif deh pak polisi.

Pengumuman di BA INTELKAM Polsek Panakukang

Pengumuman di BA INTELKAM Polsek Panakukang

Saya datang lengang tuh kantor saya sms sesuai gambar dibawah ini, dalam 5 menit pak Budi datang dengan sigap nya, saya masukkan berkas kelengkapan,  seperti biasa saya suka prolog banyak hal nanya ini itu, dan bapaknya ketik tampai 10 menit kami berbincang sambil saya review semuanya sudah beres. Bahkan saya sempat minta tolong buat nanti bantuin komunitas pernikahan campuran Sulawesi selatan ( KPCSS ) yang kebetulan saya diamanahkan jadi sekertaris nya buat bantuin teman teman member kalau mau buatkan STM pasangan WNA nya sisa ke bapak itu, alias polsek tersebut. Ternyata berdasarkan lokasi domisili WNA / WNI sponsornya, tapi katanya bisa juga di tempat tersebut kalau memang merasa lebih dekat.

Jadi si Bapak okay, saya save nomor nya, nahh nanti saya bisa bantu teman teman yang butuh info STM dengan cepat dan layanan yang baik. Ohh nanti soal biaya kata pak Budi GRATIS dan kalau mau kasih seiklasnya saja, hmmm karena saya anggap ini adalah pintu kebaikan bagi yang lain ya sutralah saya kasih duit warna biru deh, si bapak sangat senang nampaknya, tadinya sih mau kasih lebih rendah, bukan niat korupsi atau mendidik buruk cuma relasi perlu dibangun di lini manapun di dunia ini, karena hidup penuh dengan lika liku masalah. Percepatan solusi bisa didapatkan kadang dengan sedikit mengeluarkan duit apalagi masalah birokrat.  Tetap bermimpi suatu hari  negeri ini semua birokrasi gratisan deh.

Dan setealah bincang sebentar soal pendataan WNA yang tinggal di Makassar yang tak terlalu banyak ini ekh si bapak masih sempat nanya, sudah punya anak belum??….Totettttttttttttt!!! hahhaha nyegir deh saya jawab belum pak tenang saja inprogress yahhhhhhhhhhh mohon doanya . Tetap aja pak polisi kepo untung MB tak disni kalau ada hahah dia pasti sudah mulai esmosi lagi seperti biasa bete kalau di tanya hal pribadi.

Demikian sekilas info birokrasi siang yang panas ini

Salam birokrasi ………

Glossary for this post  :

  • STM = Surat Tanda Melapor 
  • KITAS = Kartu Izin Tinggal Sementara  berlaku 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun
  • KITAP = Kartu Izin Tinggal Tetap berlaku 5 tahun, 10 tahun, seumur hidup
  • SKTTS = Surat Keterangan Tempat Tinggal Sementara 
  • CAPIL = Catatan Sipil
  • Polsek = Polisi Sektor 
  • KPCSS = Komunitas Pernikahan Campuran Sulawesi Selatan
  • SKCK= Surat Keterangan Catatan Kepolisian
Pokok layanan BA INTELKAM Polsek Panakukang Makassar

Pokok layanan BA INTELKAM Polsek Panakukang Makassar

Contoh STM lama punya MB yang sudah expired

Contoh STM lama punya MB yang sudah expired

 

Banner 300 x 460 widget kanan

Advertisements

Tagged: , , , ,

8 thoughts on “Cara perpanjangan STM ketiga buat WNA di Polsek Panakukang Makassar

  1. winnymarch August 11, 2015 at 3:44 pm Reply

    keren kakak ngurus sendiri tanpa calo patut dicontoh kak

    • siti August 11, 2015 at 4:04 pm Reply

      iya biar tahu tingkat kesulitan dan prosesnya.

      • winnymarch August 11, 2015 at 4:07 pm

        proses pembelajaran yah kak

      • siti August 11, 2015 at 4:08 pm

        iya say……..biar khatam rencana mau buat ebook birokrasi

  2. Uut August 17, 2015 at 3:18 pm Reply

    Saya kok jadi bingung dik.
    Kata bagian intelejen di polres tempat kami berdomisili, polres tidak lagi menerbitkan SKLD sejak 1 januari 2014 (see: SPRIN/2471/XII/2013 Tgl 23 Desember 2013 tentang Penghentian Surat Keterangan Lapor Diri)
    Apakah STM ini sama dengan SKLD?

    • siti August 18, 2015 at 12:38 am Reply

      STM itu Surat Tanda Melapor Diri bagi WNI yang punya tamu asing, SKLD sudah tak diberlakukan memang. namun STM tetap wajib. silahkan datang ke kapolsek wilayah rumah ibu bagian BA INTELKAM nya ya tempat pembuatanSKCK mereka tahu kok. STM gratis tapi tetap kdang pak polisi minta jasa ngetik atau uang rokok. Dikasih seiklashnya saja..

  3. Juliet August 27, 2015 at 5:46 am Reply

    Tetap ya mbak…walaupun sudah tertulis gratis …Buat STM di Kapolsek ya? Kenapa itu STM tidak berlaku sesuai dengan masa KITAP…kalau sudah ada KITAP. Masak kita tiap tahun mesti lapor? Data kita sebagai WNI yang ditinggali oleh WNA kan sudah jelas ada di imigrasi.

    • siti August 27, 2015 at 5:58 am Reply

      Kalau sudah KITAP menurut info teman sudah tak perlu buat STM lagi nah ini saya belum crosscheck ke kantor polisi setahuku sudah tidak lagi ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: