Cara perpanjang SKTT / Temporary Residential Card untuk WNA di CAPIL MAKASSAR


SKTT WNA Baru 2015

SKTT WNA Baru 2015

Header 728 x 90 (2)

 

Salam Birokrasi Kawan kawan,  sebelum saya mulai lupa prosesnya saya mau tulis lagi nih

Beberapa hari  lalu SKTT ( Surat Keterangan Tempat Tinggal ) Mr Big dah jadi, pembuatan SKTT pertama dan kedua pernah saya posting di sini.

Untuk perpanjangan kali ini syaratnya sama yang dulu tetap sama sbb :

  1. Copy passport WNA
  2. Cap Visa ( ITAS ) terbaru
  3. Copy SKTT Lama
  4. Copy KK Istri/Suami WNA
  5. Copy KTP Istri/suami WNA
  6. Pas foto WNA 3×4  dan 2×3  masing masing 1 lembar latar merah ya
  7. Surat Tanda Melapor Diri dari kepolisian, cara buatnya disini
  8. Sebagai pelengkap saya buatkan Surat permohonan & surat jaminan ( ini optional saja )

Caranya

  1. Datang ke kantor Capil sebelum masa SKTT tahuan WNA Habis, usahakan 1-2 minggu sebelumnya.
  2. Bawa semua dokumen, bawa ke bagian Mutasi Penduduk, biasanya kantor bagian dalam, di kantor CAPIL Makassar alamatnya di Jalan Teduh Bersinar. Bagian Mutasi penduduk bagian belakang. Kalau saat blog ini ditulis yang menjabat masih ibu Hj. Indar, ibunya baik sangat melayani dan dengan sigap dia sampaikan bahwa sekarang sudah GRATIS
  3. Isi form yang diberikan, isinya lebih ke nama wna, data diri, tanggal lahir, terus ada data istri/suami dan tanda tangan WNA nya dan tempel foto WNA nya.
  4. Dokumen di periksa dan di infokan akan di kontak kembali jika kartu SKTT sudah selesai.
  5. Setelah kontak sang ibu petugas karena sudah dari tahun kemarin saya save nomor hapenya, dan alhamdulilah PERDA terkait SKTT WNA untuk Makassar sudah GRATIS, tahun lalu masih bayar Rp 250,000 wahhhh bahagianya.
  6. Setelah 2 minggu lebih baru saya datang karena lumayan padat dan saya lupa hahahha, terus karena ibunya bilang gratis dari awal tetap saya merasa gak enak, yaahh karena masih ada stok oleh oleh dari Bangkok kemarin jadilah gajah dalam kotak kecil menjadi kado buat sang ibu, anggap hadiah dariku semoga ibunya senang membantu kedepannya. Ini bukan sogokan ya Cuma memang saya suka menggunakan strategy seperti ini.

Untuk SKTT baru sudah berubah bentuknya jadi kartu semacam KTP ukurannya warna dasar hijau, bolak balik seperti gambar diatas ini. Namanya kalau di bahasa Inggriskan Temporary Residential Card.

Kabar gembira juga bahwa di kantor catatan sipil Makassar saat ini pelayanan lumayan bagus, kantor mereka sudah dirombak, bahkan sudah menggunakan sistem antrian ber sistem kayak dibank, ada layar monitor TV besar di dinding, dan di beberapa bagian kantor sudah jelas jelas tertera berbagai layanan service kependudukan GRATIS, kecuali terkait perubahan dalam status KTP.  Beberapa informasi terbaru dari Catatan Sipil Makassar saya capture di foto dibawah ini, dan sesi paling saya sukai ketika ke kantor CAPIL adalah selalu suka iseng datang ke bagian Informasi ada bapak paruh baya yang saya lupa namanya sangat ramah tamah melayani semau pertanyaan saya dan orang yang masuk. Dan paling salut adalah si Bapak ini tak pernah lelah menjelaskan dan “sombere” kata orang Makassar yang berarti super ramah. Semoga beliau di beri keberkahan senantiasa, dan beliau juga jelaskan ke saya bahwa mereka sekarang menggalakkan anti korupsi dan tak menerima gratifikasi apapun. Hmm kecuali kasih kue katanya sembari bercanda. Baiklah pak karena saya sedang good mood keluarlah Susu kotak dari tas, saya sodorkan ke si Bapak soalnya pasti haus menjawab pertanyaan saya. Awalnya dia tolak tapi saya bilang saya iklas kok kan itu bukan sogokan kan saya tak melakukan order apapun disitu. Dan si Bapak pun akhirnya mau menerimanya dan bilang terima kasih.

Demikian laporan birokrasi episode September ceria, nantikan kejutan birokrasi lainnya.

info di pintu masuk kantor CAPIL MAKASSAR

info di pintu masuk kantor CAPIL MAKASSAR

Loket pengaduan di Capil Makassar

Loket pengaduan di Capil Makassar

 

Sudah ada monitor antrian yahh

Sudah ada monitor antrian juga

alur proses pengurusan surat kependudukan

alur proses pengurusan surat kependudukan

Si Bapak Baik hati dari tahun ke tahun stand by di loket pengaduan

Si Bapak Baik hati dari tahun ke tahun stand by di loket pengaduan

Formulir SKTT WNA

Formulir SKTT WNA

Berkas SKTT WNA

Berkas SKTT WNA

Syarat pembuatan akte lahir anak

Syarat pembuatan akte lahir anak

syarat penerbitan e_ktp

syarat penerbitan e_ktp

Glossary for this posting :

SKTT = Surat Keterangan Tempat Tinggal 

E-KTP= Electronic Kartu Tanda Penduduk

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

