Advertisements

Cara Perpanjangan SIM WNA ( tahun ketiga )


Tarif SIM 2015 di POLTABES Makassar

Tarif SIM 2015 di POLTABES Makassar

Selamat datang kembali kawan kawan di dunia birokrasi, semoga kalian tak muntah dengan postingan ku yan membosankan jika terkait panduan pengurusan dokumen ya, tapi jangan salah banyak postingan ku juga yang dianggap penyelamat dan sangat bermanfaat bagi kaum sesama kami.

Kali ini tanggal 13 September lalu kemarin SIM A  & C nya MB akan  expired, jauh hari sebelumnya saya sudah planningkan untuk urus di hari sabtu karena harinya pas saya libur dan pas juga sebelum hari H expired nya. Repot kalau ngurusnya setelah expired. Mulai dari 0 lagi alias baru, nanti disuruh ujian teori dan praktek, bisa dikerjain.

Untuk yang mau tahu kisah perpanjangan SIM WNA tahun lalu bisa dibaca disini.

Adapun Dokumen yang di siapkan sbb :

  1. Copy Paspor halaman depan
  2. Copy Halaman VISA terbaru   ( KITAS )
  3. Copy SKTT terbaru
  4. Surat Tanda Melapor diri terbaru
  5. SIM Lama yang asli

Caranya sbb :

  1. Datang ke kantor POLTABES Makassar, karena setahu saya urusan SIM WNA walau perpanjangan tetap ke POLTABES. Alamatnya JL Ahmad Yani Makassar.
  2. Masuk ke bagian belakang bagian pengurusan SIM, yang berbeda sekarang sekat kantornya sudah berubah guna minimalisir calo yang berseliweran dulu. Semua sudah tertutup ruangan tempat antrian yang sudah nyaman sudah tertutup dan dijaga jadi tak bisa sembarangan orang keluar masuk kecuali sudah isi berkas yang sudah ada di siapkan loket di depan, yaitu loket tempat pengambilan formulir, loket kasir tempat ambil kwitansi resmi pembayaran dan meja tempat mengisi formulir di sertai tempat cap sidik ibu jari saja. Bahkan sudah ada bagian informasi nya, untuk mengarahkan jika perpanjangan atau pengurusan baru dll.
  3. Ambil formulir di loket sesuai sim yang akan di apply, saya dapat 2 formulir karena untuk SIM A dan SIM C, kenapa saya urus keduanya karena biar repotnya sekali, ini aja ribet  tiap tahun urus SIM capekkk deh.. lagian dengan jalur resmi ini murah meriah kok,biayanya tak sampai 200 ribu sudah dapat 2 SIM.
  4. Isi formulir di meja yang disediakan termasuk ballpoint ada petunjuk pengisiannya disitu, terus ambil cap kedua ibu jari yang apply SIM dan tanda tangan.
  5. Bayar dan ambil kwitansi di loket kewitansi, untuk perpanjangan SIM C Cuma Rp 75000 dan sim A Rp 80,000.
  6. Sebelum masuk ke ruangan saya ke ruangan dokter periksa dulu, berat badan sama tinggi badan di tanyakan si petugas isi data dan tanda tangan, kami bayar Rp 25,000 untuk mendapatkan secarik kertas medical ini.  Untungnya karena pembayarannya Cuma sekali saja padahal aku ambil SIM nya untuk 2 SIM.
  7. Akan di periksa semua dokumen oleh si Bapak yang jaga pintu untuk masuk ruangan tempat antrian penginputan data dan foto, setelah si Bapak cek semua komplit kami di perbolehkan masuk ke ruangan, enak adem dan dingin.
  8. Ambil nomor antrian dan duduk menunggu, awalnya saya disuruh ke ruangan kabid mutasi, tempat ku dulu selalu berurusan tapi kali ini saya beruntung, di cegat salah satu petugas diperiksa dokumen ekh berkasku malah di berikan ke petugas nomor 5. Alhamdulilah tak perlu ke ruangan mutasi lagi nah dalam ruangan itulah agak agak rawan.
  9. Saya pun dipanggil dan dibenarkan semua datanya yang salah salah ketik, dari nama yang kelebihan dan alamat semua saya informasikan yang seharusnya, kira kira 20 menit di bereskan maklum yang ketik petugas baru, suasananya ruangannya juga lebih bagus nampaknya dapat sponsor dari perusahaan besar untuk penambahan beberapa fasilitas ruangan, tampilannya ada beberapa yang baru atau di perbarui, intinya lebih dingin lah dari tahun sebelumnya 🙂
  10. Setelah semua di cek datanya si Mas Polisi memberikan kembali map yang berisi dokumen tadi saya masuk ke ruangan foto, disini antrian nya lama, ambil antrian di mesin antrian, terus cek petugas jaga disana Cuma 2 yang antri ada 20an. Menunggu kurang lebih  30 menit dipanggillah nomor kami. MB pun maju untuk di foto dan selesai foto kami.
  11. Selesai foto berkas dibawa MB ke bagian printing SIM tak jauh dari ruang foto, terus si MB menunggu sejenak dan dipanggillah namanya dan jadilah SIM nya. Kami cek yaahh tempat lahirnya ada kesalahan penulisan yang harusnya North jadi Nort, ya sudahlah ini ketiga kali buat SIM masih salah, tapi tak apalah yang membuat hati jadi happynya selangit adalah SIM nya masa expirednya nanti lima tahun kemudian dan mengikuti jadwal ulang tahunnya. WOW senangnya kami berdua serasa mau lompat jingjrak jingkrak,   hahahha maklum pengiritan book kebayang gak saya hemat berapa, untuk biaya SIM A = 80 ribu, SIM C = 75 ribu, dan Surat dokter Rp 25 ribu, total all 180 ribu / tahun untuk perpanjangan.Jadi kalau 5 tahun kali 5 saja, 180,000 X 5 = Rp 900,000 belum habis waktunya, saya habiskan urusan sim ini 2 jam lah sekali ngurus. Lumayan kan yaa irit alhamdulilah berkah istri solehah, bentuk SIM WNA sama persis kok dengan SIM WNI cuma bedanya masa berlaku kalau KITAS berlaku cuma setahun kalau KITAP berlaku lima tahun-an sama dengan SIM WNI, tanggalnya di sesuaikan dengan ulang tahun WNA nya.

Demikian tutorial perpanjangan SIM WNA ala MB kali ini, semoga bermanfaat buat kawan kawan yang membutuhkan  ya.

Salam Birokrasi

Flowchart pengurusan SIM ONLINE di POLTABES Makassar

Flowchart pengurusan SIM ONLINE di POLTABES Makassar

Jam pelayanan pengurusan SIM di POLTABES Makassar

Jam pelayanan pengurusan SIM di POLTABES Makassar

 
banner free member 300 x 250

Advertisements

Tagged: , , ,

7 thoughts on “Cara Perpanjangan SIM WNA ( tahun ketiga )

  1. assa September 14, 2015 at 6:39 pm Reply

    Itu tarifnya gak bakal lebih mahal mbak? soal nanti ada minta sertifikat lulus tes mengemudi dll bukan? akhirnya lebih dari 300 ribu untuk SIM A kalau gak salah..

    • siti September 15, 2015 at 12:36 am Reply

      sepanjang saya urus SIM ini tak pernah dimintai sertifikat menyetir, waktu buat perdana budget yang kami keluarkan 250 ribu untuk 2 SIM , SIM A 120 ribu, SIM C 100 ribu jadi cuma margin 30 ribu. selanjutnya semuanya murni bayar sesuai tarif …

  2. ilmifatmawatin September 19, 2015 at 6:41 pm Reply

    info menarik
    bila bisa memperpanjang sim online darimana saja
    terima kasih banyak artikelnya

  3. Kharisma Tanoto November 13, 2016 at 2:12 pm Reply

    Mbak siti,

    Mau nanya dongg..

    Suami saya kan mau pengalihan kitas ke kitap nanti..

    Skrg ini expiry simnya mengikuti kitas yang sekarang.

    Jadi nanti perpanjangnya nunggu sudah punya kitap dong ya? Jadi harusnya kitap+sktt yg baru itu diusahakan selesai sebelum jatuh tempo simnya?

    Thanks mbak Siti!

    • siti November 13, 2016 at 2:46 pm Reply

      iya biar enak nunggu kitap kelar baru buat SIM biar bersamaan, saya tak menunggu expire setelah kitap jadi langsung buat sim sesuai kitap…. sktt juga begtu langsung buat,.

  4. Steffi February 6, 2017 at 4:16 am Reply

    Hello Mbak Siti,

    http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt51e6121250863/surat-keterangan-lapor-diri-dan-surat-keterangan-tempat-tinggal-untuk-wna

    benarkah sekarang surat keterangan lapor diri sudah tidak perlu untuk perpanjangan sim?

    • siti February 6, 2017 at 5:51 am Reply

      SKLD sudah dihapuskan sejak 2012….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: