Advertisements

Resep Semur Daging Sapi & Kentang arahan Daeng Ira


Ini karena efek baru saja kebanjiran daging karena kurban dan alhamdulilah ada saja yang kirimkan daging, baik dari tante dan bagian MB juga, ada pula bagian saya, wah stok melimpah padahal sudah di distribusi juga ke yang lain, alhasil ini harus dijadikan masakan lezat atau ajang praktik  masak bertema berat alias banyak lemak, biar saya gak lupa resep dari salah satu teman dari komunitas kawin campur sul-sel yang super hebat, tiap hari dia masak enak enak buat anak dan suaminya, maklum IRT jadi banyak waktu. Ini alasan pembenaran buat saya sebagai pekerja kantoran buat malas masak hahahhaHm jadi saya bergurulah sama beliau, ditambah modifikasi dari saya. Kan saya yang eksekusi. Ini resep arahan Ibu Ira Humairah Ariestie atau Daeng Ira hehehe.

semur daging sapi kentang

Semur daging sapi kentang

header 728 x 90 3

Bahan  :

  • Daging ½ kg yang sudah di potong sesuai selera, kalau saya potong kubus tipis dan keci kecil
  • Kentang secukupnya ( 5 buah ) saya potong dadu juga .

Bumbu :

  • Bawang Putih 4 siung
  • Bawang Merah 7 siung’
  • Tomat sayur 1
  • Cengkeh ½ sendok teh
  • Pala bubuk ½ sendok teh
  • Merica Secukupnya
  • Cuka secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kecap secukupnya

Cara membuat

  • Panaskan air mendidih dalam panci sampai mendidih
  • Masukkkan daging yang sudah di potong potong tadi hingga setengah matang, cek warna daging sampai kecoklatan atau kalau di iris sudah matang semua bagian
  • Tiriskan daging nya setelah sudah ½ matang tadi.
  • Bumbu Bawang merah, bawang putih, tomat, cengkeh, pala, merica semua di haluskan, bisa pakai blender atau di Rajang / cincang halus.
  • Lalu bumbu di tumis sampai harum, kalau kurang air nya tambah sedikit air kaldu ke tumisan bumbu sampai benar benar wangi.
  • Kentang yang dipotong tadi di goreng diatas minyak panas secara terpisah sampai 2/3 matang. Di coba saja kalau sudah matang tiriskan.
  • Nah masukkan daging sapi tadi keatas bumbu yang sudah ditumis tadi sambil diaduk terus menerus, tambahkan cuka, kecap manis, garam, merica dan rasakan, jika sudah berasa seimbang dan di coba dagingnya sudah matang dan empuk.
  • Masukkan kentang yang di goreng tadi dan aduk sampai rata, tambahkan air sisa rebusan daging  sampai sedikit mengental.  Sampai dirasa matang matikan apinya.

Selesai deh, percobaan perdana saya lumayan sukses, MB menghabiskan nya dalam sehari. Walau kata guru saya ibu Ira, belum sempurna kalau saya sudah sempurna. Nanti kapan kapan aku buat sempurna kan stock daging masih banyak.

pernah coba di beberapa waktu lalu tapi resep nya beda dari ibu saya, rasanya lain juga, tapi ini sukses yang sekarang. Tetap semangat buat masak pastinya walau tak selalu sukses.

BLOGSPOT atas 728 NEw new

Advertisements

Tagged:

5 thoughts on “Resep Semur Daging Sapi & Kentang arahan Daeng Ira

  1. Puji September 28, 2015 at 10:13 pm Reply

    Makasih resepnya Mba. Btw, aku baru ngeh kalo perempuan juga bisa dipanggil Daeng

    • siti September 29, 2015 at 12:42 am Reply

      bisa aja semua bisa jadi daeng perempuan juga ..apalagi kalau yang ahli / pakar dibidang kuliner asli.. misal coto asuhan Dang Rani, asuhan Dg Bani… dan banyak daeng daeng lainnya…

      • Puji September 29, 2015 at 2:21 am

        Noted

  2. eda September 29, 2015 at 5:15 am Reply

    aku suka bikin semur mbaaa… enak juga kalo dimasukin ayam.. udah pernah nuli sresepnya juga di blog 😀

    • siti September 29, 2015 at 5:58 am Reply

      oh ya siap nanti saya meluncur ke blog mbak, cuma iseng saja ternyata bisa, maklum jarang melakoni..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: