Pengalaman ikutan Seminar bebas hutang dalam 30 hari by Arli Kurnia


header 728 x 90

Kalian pasti sudah tahu kalau saya ini selain hobby kuiz saya juga suka sekali ikutan seminar ya intinya upgrade leher keatas adalah hobby saya. Asalkan ilmunya saya suka dan saya anggap bermanfaat bagi saya nantinya kelak.

Kebetulan seminarnya gratis katanya tanpa syarat, suatu hari saya nemu flyernya di papan pengumuman di sebuah masjid saat sela sela kerja. Karena waktunya week end dan menurutku menarik tema  dan judulnya saja , SEMINAR BEBAS HUTANG DALAM  30 HARI.

Ayoo sapa yang tak punya, hutang baik atau buruk dalam teori keuangan. Saya juga punya masih ada 4 tahun lagi, hahah nah saya nekatlah datang hari ini, lokasi  acara di salah satu auditorium di salah satu kampus.

Saya datang telat karena memang dari rumah telat, ternyata acara juga belum mulai. Jadi seminar ini dibawahkan oleh Bpk Arli Kurnia, saya juga belum pernah dengar nama beliau tapi coba deh di buka link ini.  Pesertanya lumayan kebanyakan pasangan suami istri yang umur umur 40an lah, pasti mereka menghadapi kegalauan karena banyak utang, termasuk saya kali yahh hahahhah.

Saya sebenarnya juga penasaran ada apa dibalik seminar gratis ini, pasti ada proses selling di dalamnya dan betul dugaan saya, hmm sang pembicara tetap jualan ebook donk ya, jadi pembahasan singkat dimulai jam 9 dan tentunya banyak speech dari panitia terkait sponsor ya materi sebenarnya di jam 10 lah dan pembicaranya mulai presentasi sampai jam 12.

Cuma intisari saja dan promosi ebook yang dijual 100 ribu, dalam bentuk CD tanpa buku  dan dapat makan siang ( tapi tetap ada namanya donasi paling saya dongkol nasi kotaknya tak  ada sendoknya, mungkin panita sengaja kah atau lupa, kan ribet saja harus cuci tangan keluar dulu baru masuk lagi, terpaksa saya makan di mobil dan langsung pulang ) . Inilah makna gratis yang sesungguhnya, ya secara teori mereka butuh transport lah datang  jauh jauh ke Makassar, kan butuh dana juga, lumanya kan kalau 300 orang peserta yang beli ebook 200 orang  sudah sangat lumayan tuh, cuma ini sih namanya main halus, bener kan kata MB tak makan siang gratis di dunia ini.

Saya saja balik sudah beli buku, ada infak makan siang, beli e book tapi memang saya butuh buku yang saya beli ini. Saya kan sudah dari dulu hobby seminar, kebanyakan karena event di sponsori kantor jadi saya lumayan patut bersyukur jadinya sering banyak kesempatan dan gratisan, nah kadang pun saya ikut membayar. Toh dari sini saya pelajari banyak hal, gimana mereka menjual, apa sih yang mereka jual, strategi bahasa nya gimana .

Okay biar kalian bisa mendapatkan ilmunya, mari saya summary ya, intinya si pembicara  menguraikan metode pelunasan hutang dalam 30 hari dengan 6 bab. Dan disingkat TENANG

  1. T itu Tuhan, artinya segala sesuatu harus di serahkan ke Yang Maha Kuasa walau sebanyak apapun kegalauan anda karena hutang.
  2. E itu Endapkan, ibarat kata pembicara kita ini minum kopi dan kopinya sedang keruh, maka biasanya kita aduk aduk kopinya dan endapkan baru diminum. Hidup juga seperti itu ibarat pada saat keruh coba kita berhenti sejenak biarkan mengendap permasalahannhya baru kita
  3. N itu Nilai, Tulis pengeluaran dan pemasukan kita dan adakan penghematan extrim. Ingat bahwa cara terbaik mendapatkan uang adalah menghemat dari apa yang kita punya dari pada harus cari tambahan lagi.
  4. A itu Action, jangan tunda langsung lakukan.
  5. N Itu negosiasi, nah ilmu negosiasi ini yang ada dalam ebooknya, misal cara nego dengan bank buat pelunasan hutang atau pengurangan bunga.
  6. G itu Gila, kadang butuh hal gila untuk mengatasi masalah.

Nah itu metode yang dijabarkan mas Arli, terus yang  banyak di infokan adalah metode kalkulator hutang, ada kok dalam ebook sudah ada rumusnya, saya lihat di pisahkan kolom mana asset, hutang  dan kemudia di total.

Saya jadinya ingat jaman tugas di Manado dulu saya sering ikutan seminar Tum Desem Waringin, ada kalkulator financial alias cek financial apakah kita ini sehat secara financial atau ternyata hidup dalam kepalsuan kelihatan punya segalanya ternyata cicil semua dan financial tak sehat.

Ternyata memang kenyataan saat ini dilingkungan kerja saya sendiri, ada kebanggaan bagi mereka ketika beli kendaraan terbaru beli rumah mewah ternyata dalam  teori keuangan itu malah jadi lemak semua dan tulang nya tetap sama kekuatannya taka da penopang ibarat manusia punya tulang sebagai penyangga dan lemak di tubuh semakin banyak dan obesitas terjadi si manusia tadi bisa jatuh dan rontok karena tulang tak sanggup menyangga lemak yang kebanyakan. Masalah keuangan pun sama. Nah kembali ke ajaran bos ku tentang  indahnya beli barang second untuk masalah gadget atau mobil. Dan saya pun semakin ngerti kenapa harus seperti itu.

Oh ya setelah solat dhuhur pun sesi konsultasi dibuka, karena sudah terlanjut hilang mood, Jadi saya skip saja dan pulang. Sebelum pulang sempat  beli buku dan beli  ebook, jatuhnya tetap saja bayar malah lebih mahal karena kecantol buku menarik . Soalnya kasihan suami menunggu dirumah dan sedang kurang fit. Jadi deh seminarnya cuma setengah hari saja toh saya sudah ada ebook nya.

Setelah saya dengarkan ebook nya kok yang nyantol ilmunya cuma beberapa, ya kalkulator dalam bentuk rumus excel sheet aja sisanya kok berasa CD MLM yahh oh ternyata pembicara tadi mantan leader di sebuah MLM masih ada beberapa rekaman video yang  MLM sekali. Maklum ternyata saya dulu juga  paling banyak kartu keanggotaan MLM-an.

Summary acara ini : Bagaimana kita break down semua hutang hutang kita dan hitung semua pengeluaran dan pemasukan serta aset kita, dan bagaimana penyelasaian hutang dan tak boleh ada lagi sistem hutang di perbankan namun diupayakan semua di cash, terus bagaimana beliau mengajarkan  investasi yang menghasilkan passive income, bagaimana membedakan capital gain dengan cashflow, dan kata kunci kalkulator andalan sisa masukkan angka hasilnya muncul karena sudah ada rumusnya, penasaran? silahkan kontak saya...

Beberapa gambar dari presentasi beliau silahkan di lihat ya, semoga bermanfaat.

seminar bebas hutang angk XI Makassar

seminar bebas hutang angk XI Makassar

setiap seminar pasti ada transaksi sale heheh

setiap seminar pasti ada transaksi ini heheh

silahkan berpusing pusing ria dengan hitungan ini

silahkan berpusing pusing ria dengan hitungan ini

Metode nya TENANG buat solusi bayar HUTANG

Metode nya TENANG buat solusi bayar HUTANG

Suka banget bagian hitung menghitung hahahaa

Suka banget bagian hitung menghitung hahaha untung hutang saya tak sampai 1M

Bagian Favoritku, hitung yang banyak digitnya :-

Bagian Favoritku, hitung yang banyak digitnya :-

IMG_20151011_114814

IMG_20151011_115006

foto bersama  di akhir sesi pertama

foto bersama di akhir sesi pertama

Banner widget 300 - 2

Tagged: ,

9 thoughts on “Pengalaman ikutan Seminar bebas hutang dalam 30 hari by Arli Kurnia

  1. ratusya October 11, 2015 at 6:27 pm Reply

    Sebenernya kita juga tau sih jawaban dari bebas hutang ya dengan melunasi, tapi kadang kitanya sendiri yang ga rela kalo ga ngutang, ya ngutang dlm bentuk KPR, Utang beli kendaraan, Utang beli gadget. Dsb dsb. Hihihi

    • siti October 12, 2015 at 1:25 am Reply

      betul sekali, kalau diamati semua orang pasti punya hutang ekh mungkin 99 % yaah… kadang gak rela jg beli cash padahal dari sisi keuangan beli cash itu menguntungkan cuma berat melihat angkanya mahal ..

  2. Arman October 12, 2015 at 12:51 am Reply

    jadi sebaiknya gak berhutang lah ya. hahaha

    • siti October 12, 2015 at 1:23 am Reply

      betul cuma kayaknya semua orang ekh kebanyakan pasti ada hutang karena mau beli cash lama dan gak tahan simpan duit hehehe godaan banyak… menunda kesenangan nya sulit…

  3. gegekrisopras October 12, 2015 at 3:51 am Reply

    Setuju bgt sama keyword “gila” mbak 😀 krn terkadang hal2 gila justru menyelamatkan ya termasuk dlm hal keuangan

    • siti October 12, 2015 at 6:47 am Reply

      haahha iya saya cuma merangkum apa kata si bapak …betul betul harus ada selalu penyertaan gila dalam semua kegiatan biar ada keseruan hahha

  4. Yenny October 20, 2015 at 7:06 am Reply

    Terima kasih Mbak Siti, akhirnya saya dapatkan isi dari seminar ini..saya sering baca iklannya dan bikin penasaran.. hehe…

  5. syd June 30, 2016 at 5:44 pm Reply

    boleh mba kalkulatornya dibagiin disini… hehe…

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

