Cara legalisasi buku nikah di tiga department ( DEPAG, DEPKUMHAM & DEPLU RI)


Header 728 x 90 (2)

 Ini dia yang selalu hot di bicarakan di komunitas kawin campur, nah biar mudah bagi yang butuh saya tuliskan saja ya, untuk informasi ini saya summary dari pengalaman salah satu teman yang langsung urus sendiri juga di Jakarta, thanks to Mbak Anna Annelitha untuk informasi berharganya dan sebagian saya summary juga dari informasi mbak Siska Rini yang posting di KKC juga pengalamannya.

Keperluan legalisasi buku nikah  di 3 department untuk case beberapa negara sebenarnya tak mesti, contohnya negara Australia sudah mengakui buku nikah yang diterbitkan di Indonesia, untuk pernikahan dengan WNA Amerika juga sama. Cuma untuk case tertentu seperti  mau mendapatkan spouse visa ke negara suami kayak untuk WNA AMerika maka ini wajib karena akan dimintai untuk kelengkapan dokumennya. Bagi saya yang memang sejak awal sepakat mau tinggal di Indonesia ya tak perlu. Makanya saya tak pernah melakukan ini. Atau case tertentu misalnya mau mendapatkan visa spouse di negara lain seperti case mbak Ane Annelitha beliau mau ikut suami tinggal di China makanya harus melakukan legalisasi buku nikah karena itu persyaratan untuk mendapatkan visa spouse di China.

Ada 3 step sesuai judulnya legalisasi di tiga kementerian, sbb :

A. Legalisasi ke KEMENTERIAN AGAMA RI di jl MH. Thamrin dekat Bank Indonesia. Lantai 7.

File yang dibutuhkan sbb :

  • Foto Copy KTP WNI
  • Passport WNA
  • Foto Copy Muallaf
  • Foto Copy Buku Nikah yang sudah di leges KUA
  • Foto copy LNI/CNI ( Letter of No Impediment ) surat affidavit bebas menikah dari kedutaan
  • Buku nikah asli 2 buah ( buku nikah suami dan buku nikah istri )

Prosesnya sbb :

Berangkat pagi pagi, sampai disana  Isi form, tunggu sekitar 30 menit, selesai ( 1 lembar fc yg sudah di leges sama KUA dan Depag diambil sama mereka. Jadi mendingan foto copy sekitar 4 atau 5 lembar ). Biaya semua GRATIS

B. Legalisasi ke KEMENTERIAN HUKUM & HAM Alamat Rasuna Said, depan Plaza FESTIVAL

File yang dibutuhkan sbb :

  • Dokumen yang sudah di legalisasi di DEPAG diatas
  • Foto copy KTP WNI
  • Matrei 6000 beberapa lembar ( misal leges 4 lembar ya matrei nya 4 lembar )
  • MAP warna sembarang

Prosesnya :

  • Ke bagian AHU 9 Administrasi Hukum & Umum ) lama ( Kantornya dekat parkiran ),
  • Jadwal kantor buka jam 9 pagi – 12 siang, sambung lagi 1 siang – 3 sore
  • Datang kesana, ambil nomor antrian,
  • lalu di panggil, serahkan dokumen yang sudah di leges/legalisasi dari DEPAG tadi + foto copy KTP dan materei 6000
  • slip diserahkan sama petugas,registrasi penbayaran online dulu ( jangan lupa catat kode voucher)
  • kemudian bayar di loket BNI masih di dalam gedung yg sama. Biayanya 25 ribu per dokumen. Karena saya hanya leges 2 aja, berarti saya bayarnya Rp 50,000 saja
  • Menghadap lagi ke bagian administrasi yg pertama, kasih form yg sudah kita isi tadi, nanti si mbak atau masnya kasih informasi kapan bisa diambil.
  • Proses masukin dokumen hari senin selesai di hari Rabu, makan waktu tiga hari kerja, Selesai deh di DEPARTMENT HUKUM & HAM

*Disini banyak calo yang berseliweran, rame sekali.

 C. LEGALISASI di DEPLU RI

Bagian legalisasi DEPLU saat blog ini di tulis masih dalam perbaikan, bagian legalisasi dokumen yang seharusnya di PUSDIKLAT KEMENLU di PEJAMBON ( jadi ingat jaman ujian yang gagalkan saya jadi diplomat di PEJAMBON hehehe) , pindah sementara ke SENAYAN, kantor sementaranya di seblahnya SENAYAN CITY.  Letaknya paling pojok lantai 2, silahkan tanya ke security bilang mau legalisasi buku nikah.

File yang dibutuhhkan sbb :

  • Foto Copy KTP
  • Dokumen yang sudah di legalisasi di DEPHUMHAM
  • Matrei 6000 sebanyak berapa lembar yang mau di legalisasi
  • MAP Warna Kuning.
  • Biaya Rp 10 ribu / lembar.
  • Proses tiga hari kerja. Masuk Rabu diambil hari jumat.

Selesai deh, yaah agak ribet kan ya, prosesnya makan waktu seminggu tentunya letih tak terkira naik turun tangga pindah pindah alamat, saya selalu bilang birokrasi pernikahan antar bangsa selalu ribet dan ngejlimet tapi asal kita tahu persyaratan dokumen dan tempatnya dan caranya semua pasti bisa berjalan lancar asal modal SABAR.

Atas izin mbak Ane cantik saya tampilkan bagaimana sih tampilan leges buku nikah itu, saya aja gak punya yaahhhh Cuma sering sekali disebut di grup komunitas prosesnya yang ngejelimet nah makanya di share disni biar teman teman terbantu dan amal nya tetap ke sumbernya saya  hanya rekap dan percantik tulisannya.Mungkin suatu hari saya pun akan melakukan hal ini entah kapan yaahh kalau saya nanti butuh untuk urus birokrasi lainnya.

Terima Kasih kembali untuk kedua sumber yang menginspirasi tulisan ini, karena kata ibu saya berbagi itu indah…………

Contoh legalisasi di Buku Nika

Contoh legalisasi di Buku Nikah

Contoh lembaran Legalisasi tiga department

Contoh lembaran Legalisasi tiga department

Tutorial singkat by SISKA RINI dari KKC

Tutorial singkat by SISKA RINI dari KKC

Kalau ada pertanyaan lebih mendalam soal ini bisa langsung klik ke facebook kedua sumber ya dan bertemanlah dengan mereka dan inbox pasti dibantu

link FB Mbak Ane Anelita disini

Salam Birokrasi kawan kawan dan happy week end to all
kartun - 450 untuk dibawah postingan advertisement management

Tagged: , ,

6 thoughts on “Cara legalisasi buku nikah di tiga department ( DEPAG, DEPKUMHAM & DEPLU RI)

  1. denaldd October 25, 2015 at 7:26 am Reply

    Siti, terima kasih banyak ya rincian tulisannya ini. Berguna banget. Aku kemaren ngurusnya pakai agen karena ga memungkinkan juga ngurus sendiri. Memang mahal sih jatuhnya, tapi lumayan lah aku bisa ngerjakan hal lainnya. Boleh aku reblog tulisanmu ini Siti nanti pas aku bikin tulisan tentang syarat2 dokumen yanb harus dilengkapi untuk pindah ke Belanda.

    • siti October 25, 2015 at 2:52 pm Reply

      boleh say, silahkan….. oh ya kalau pakai agen bayar berapaan yah mahal gak?

  2. Diana November 17, 2016 at 5:25 am Reply

    Halo, trims infonya.
    Saya sempat cek agen, rp 200,000/lembar yg dilegalisir. Belum sama ongkos resminy juga kykny 😅
    Btw kalau boleh tahu, lembar terjemahan yg akan diserahkan ke kedutaan perlu dilegalisir juga tidak ya?
    Terima kasih

  3. Erfina January 4, 2017 at 9:50 pm Reply

    Makasih mba info nya.. Kbetulan ini saya mau urus legalisasi dan msh bingung.

    • Erfina January 4, 2017 at 9:58 pm Reply

      Oya saya lupa nanya, buku nikah kan dah ada bahasa inggrisnya. Apa perlu di terjemahkan lg ke bahasa inggris?

    • siti January 5, 2017 at 7:08 am Reply

      sama sama

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

