Advertisements

Tips jika di tilang pak Polisi di jalan raya


Header 728 x 90 (2)

Sekedar sharing buat teman teman khususnya pengguna jalan utamanya di Makassar, alhamdulilah selama menjadi pengguna jalan ya berkendara tak pernah di tilangm 5 tahun terakhir ya, 5 tahun sebelumnya saya pernah ditilang karena salah bawa STNK hehe, itu kejadiannya kakak saya salah kasih STNK Mobil.Tapi karena itu di wilayah kota kelahiran saya jadinya pak Polisinya baik.

Curhat d grup MD soal tilang

Curhat d grup MD soal tilang

Okay saya baru dapat sharing infonya terkait tilang menilang ini dari grup MD ( Makassar Dagang ). Jadi selaku warga menyarankan jika ditilang janganlah sogok polisinya biarlah ambil surat tilangnya. Slip penilangan itu ada 5 lembar sebenarnya sbb:

  1. Slip Biru untuk mengakui kesalahan dan bersedia langsung bayar denda ke ATM
  2. Slip Merah untuk yang tak akui kesalahan dan masih mau ke ikut sidang yang akan di jadwalkan di slipnya. Tarifnya beda beda sesuai pelanggaran.
  3. Slip warna hijau untuk pengadilan
  4. Slip warna putih untuk kejaksaan,
  5. Slip warna kuning untuk POLRI

Tapi yang perlu diingat Cuma 2 ini, SLIP BIRU atau MERAH..

Btw kalau melihat sehari hari ratusan pelanggaran terjadi di jalan jalan raya Makassar, miris saya sebagai pengendara tiap hari harus menahan emosi jiwa dengan pengendara lainnya. Lampu merah di serobot, klakson bunyi terus, kurang sabar belum lampu hijau sudah tancap gas, menikung dari arah paling luar membahayakan pengendara lain, ihhh berangkat kantor pagi pagi minimal 5  pelanggaran saya hitung terjadi, pulang kantor pun demikian seandainya semua pelanggar itu di hukum dan di denda sesuai aturan pasti dana yang masuk ke negara itu bisa milyaran jumlahnya per bulan……….kapan yaa ini bisa terjadi.

Kembali ke tata cara soal tilang  yah, info ini saya dari kompasiana.com

Mengapa penilangan terjadi dan bagaimana penilangan yang sesuai dengan aturan negara. Penilangan itu terjadi karena ada pengemudi kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas yang tertera jelas beserta sanksinya pada UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Lalu, bagaimana proses penilangan itu tersendiri?

Pertama, polisi akan memberhentikan pengemudi yang melanggar lalu lintas. Kedua, polisi diwajibkan menunjukkan tanda pengenal kepada pengemudi seperti yang tertera pada pasal 25 UU no. 28 tahun 1997. Ketiga, polisi menjelaskan kesalahan pengemudi, namun bila polisi melihat dengan jelas terdapat pengemudi yang berupaya melanggar lalu lintas dan polisi tidak melakukan pencegahan maka polisi dapat dipersalahkan. Keempat, polisi dapat menyita kendaraan atau STNK. Kelima, pengemudi dapat menerima atau menolak tuduhan, jika menerima, maka pengemudi wajib membayar denda sesuai dengan UU no 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan paling lambat 5 hari sejak dilakukan penilangan, di sini polisi akan memberikan surat tilang berwarna biru yang berisikan data diri pengemudi, data kendaraan, data polantas, besarnya denda dan pasal yang dilanggar, setelah melakukan pembayaran di bank surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil dengan menunjukkan bukti pembayaran dari bank. Lalu, bila pengemudi menolak tuduhan, maka pengemudi akan diberikan surat tilang berwarna merah, polantas akan membuat surat tilang warna hijau untuk pengadilan, warna putih untuk kejaksaan, dan warna kuning untuk POLRI. Surat tilang yang berwarna merah merupakan surat panggilan sidang, proses persidangan memerlukan waktu 5-12 hari dan barang sitaan akan dikembalikkan pada pengemudi setelah adanya keputusan hakim serta menyelesaikan perkaranya.

Ternyata UUD untuk yang niat menyuap juga ada, bahwa jika terjadi penyuapan terhadap polantas yang bertugas akan dikenakan sanksi berupa penjara paling lama 2 tahun 8 bulan yang tertera pada pasal 209 KUHP dan merugikan bagi polantas yang menerima suap juga akan dikenakan tindak pidana paling lama 5 tahun penjara sesuai dengan pasal 419 KUHP. Sehingga perlu dikaji, kebijakan besarnya uang dan teknis persidangan dan kerjasama yang baik antara pengendara kendaraan bermotor dengan polantas.

Tips jika sudah terlanjur di Tilang sbb :

  • Tetap tenang
  • Tepikanlah kendaraan Anda
  • Kenali nama dan pangkat Polantas tersebut. Jangan hentikan kendaraan bila ada orang yang berpakaian preman mengaku sebagai Polantas.
  • Tanyakan kesalahan anda, pasal yang dilanggar dan berapa dendanya. Anda dapat meminta untuk turut melihat tabel pelanggaran yang dimiliki Polantas.
  • Cek apakah tuduhan pelanggaran Polantas tersebut benar atau tidak.
  • Bila tuduhan pelanggaran tidak benar, ajukan keberatan anda dengan sopan dan jangan tanda tangani surat tilang. Terimalah Surat Tilang tersebut sebagai panggilan sidang. Tanyalah tempat, hari dan jam sidang. Ingat pakai jurus slip biru atau merah. Mau praktis minta slip biru dan langsung ke ATM Bayar.
  • Jangan ragu-ragu untuk bertanya bila ada sesuatu yang tidak Anda ketahui atau tidak beres pada Surat Tilang.
  • Berikan penjelasan dengan singkat, padat, tepat.
  • Jangan lupa mengucapkan terima kasih
  • Jangan mencoba untuk menyuap Polantas. Anda dapat dikenakan sanksi untuk usaha tersebut, mari kita menjadi generasi yang jujur dan bertanggung jawab demi tertibnya negeri ini.
Rule yang benar soal tilang

Rule yang benar soal tilang

Masih terkait Slip Biru dan Slip Merah

Masih terkait Slip Biru dan Slip Merah

contoh kasus

contoh kasus

Beberapa saran dari warga MD

Beberapa saran dari warga MD

Pengakuan tulus para pelanggar

Pengakuan tulus para pelanggar, ada yang langganan 3 x sidang tak kapok juga yaahh

Terkait pajak yang expired tak bisa di Tilang

Terkait pajak yang expired tak bisa di Tilang

Ini contoh SLIP MERAH

Ini contoh SLIP MERAH

header 728 x 90 3

Advertisements

Tagged:

One thought on “Tips jika di tilang pak Polisi di jalan raya

  1. eda October 26, 2015 at 7:56 am Reply

    mbaaaa… aku pernah minta slip biru, tapi sama polisinya digertak cobaa.. katanya kalo biru kenanya lebih mahaal.. hahaha.. aslinya polisinya ngajak damai gitu.. pengen dikasi duit alakadarnya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: