Cerita tentang Martabak & Terang Bulan merk Gudang Rasa di Makassar


header 728 x 90

Saya termasuk dulu ya yang sangat doyan makanan Martabak manis, kalau di Makassar kami sebut Terang Bulan,  iseng kemarin saya singgah karena sudah lama tak makan terang bulan alias martabak manis ini.

Karena menunggu saya iseng tanya Mas yang sedang sibuk buat martabak saya, dia nampaknya agak canggung sembari mungkin dalam hati bingung nih mbak ngapain sih nanya nanya kayak wartawati wkwkwk belum tahu dia kalau saya dulu mantan hahahhaha…

Martabak Manis Keju favoritku dan Martabak kesukaan MB

Martabak Manis/Terang bulan Keju favoritku dan Martabak kesukaan MB

Dan tahu gak apa yang saya dapat, kebetulan beberapa brand martabak yang banyak bertebaran di jalan jalan besar di Makassar itu namanya sama semua sudah dibranding gerobaknya pun di cat sama dan menggunaan box brand yang sama yaitu GUDANG RASA namun ada tulisan ASLI TEGAL, kemungkinan ownernya dari TEGAL.

Faktanya ternyata adalah, untuk brand Martabak & Terang Bulan brand GUDANG RASA ini ownernya Cuma satu, pasti deh pebisnis cerdas nih, sekarang ada di 40 –an titik / gerobak tersebar di seluruh kota Makassar. Mereka pakai system jarak antara satu dengan lainnya.

Mereka  buka dari saat maghrib sampai jam 12 atau sampai habis, mereka sudah ada quota semalam itu 1 ember bekas kaleng besar itu adonan buat martabak manis itu harus habis. Kalau saya hitung itu 1 ember besar tempat cat 50 kg mungkin ya itu isinya bisa buat 100 martabak manis, belum martabak lainnya. Perkiraan kasar lah semalam dihabiskan, karena saya lihat mereka siapkan telur  aja 3 rak.  36 total telur berarti martabak beragam rasa bisa 36. Ditambah martabak manis alias terang bulan 100 buah. Dan harga kisaran 20 ribu sampai 50 ribu.Kita ambil paling  favorit rasa keju coklat ya. 136 x 25000 = Rp 3400,000 / malam.

Itu buat 1 spot kalau 40 spot/lokasi = 3,400,000 x 40 =136 juta dalam semalam hahhahahah omzet kotor ya, terus kali kan lah 30 hari karena penjual martabak ini tak kenal merah tanggal sama week end, omzet nya  mereka sebulan itu 4 Milyar book !!!!

Saya pernah berdiskusi sama kawan saya yang pegawai bank yang kebetulan sangat kenal dengan alur bisnis kayak ginian dan diakui memang memberikan omzet fantastis tiap malam. Saya mengerti setiap usaha ada banyak halangan dan rintangannya. Tapi omzet martabak Gudang Rasa ini pastinya  KEREN BGT tuh… !

Layak buat di Amati Tiru dan Modifikasi,  alias ATM !

Tampilan gerobak nya semua sama

Tampilan gerobak nya semua sama

BRAND GUDANG RASA

Ternyata mereka pernah masuk rekor MURI

Ternyata mereka pernah masuk rekor MURI

Bagian paling saya suka pada saat muncul buih buih / bulatan putih dan Mas nya naburi gula hahhaha

Bagian paling saya suka pada saat muncul buih buih / bulatan putih dan Mas nya naburi gula hahhaha

Daftar harga Martabak Manis

Daftar harga Martabak Manis

Price list Martabak

Price list Martabak

Ini dia salah satu penampakan spot gerobak GUDANG RASA yang tiap hari saya lalui pulang ke rumah, tapi beli disini tak tiap hari sih Cuma kebetulan pengen makan saja sudah lama tak beli, dulu ada langganan saya dekat rumah tapi sejak bulan Ramadhan sudah tak ada, kemungkinan dia pulkamp dan tak balik lagi.

Anyway ternyata banyak bisnis yang kita anggap kecil yang selama ini dianggap enteng ternyata omzet nya luar biasa ya, semoga suatu hari nanti bisnis saya juga bisa omzet nya seluar biasa mereka yaa….. 
header niko 728 x 90

Tagged: , , ,

14 thoughts on “Cerita tentang Martabak & Terang Bulan merk Gudang Rasa di Makassar

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen October 27, 2015 at 4:43 pm Reply

    Kayanya klo bisnis makanan/jajanan laku aja deh mbak, krn emang banyak peminatnya. Ngilerrr lihat martabaknya, pengen makan klo bikin sendiri males 😀 .

  2. Anggi Lagorio (mamatariaccessories) October 27, 2015 at 4:50 pm Reply

    Aduuuh aku kangen terang bulan huhuhuhu.. Dulu pas tinggal disana, ada langganan kami di depan rs labuang baji. Lupa apa namanya dan entah masih ada atau enggak. Tapi iyaa bener lhoo, usaha makanan gini di indonesia kadang kita suka nggak nyangka omset mereka yang WOW.

    • siti October 28, 2015 at 1:03 am Reply

      iya saya dulu gak percaya kalau ini omzet martabak M ilyar baru kemarin saya hitung2 ekhhh beneran bisa sampai 0 nya sembilan hahhahah kerja berapa tahun tuh gw bisa dapat uang segitu…….. ekh yang depan RS Labuang baji ada kok terang bulan cuma gak tahu itu Gudang Rasa atau bukan…

  3. Fascha October 27, 2015 at 8:51 pm Reply

    Ayo buruan buka lapak yuuuk !!! Gimana kl di yurop bukanya? Miku suka banget martabak 😁

    • siti October 28, 2015 at 1:01 am Reply

      hahha ayoooooo dirimu yang kelola yaahhh, kira kira disana ada yang mau beli gak…

  4. Arman October 28, 2015 at 4:03 am Reply

    hebat banget bisnis nya ya sampe banyak cabangnya gitu…
    jadi pengen makan martabak telor nih…

    • siti November 3, 2015 at 5:31 am Reply

      kalau aku suka martabak Manis Mas Arman, kalau martabak telor terlalu berminyak… hehehe

  5. nengsyera October 29, 2015 at 12:37 pm Reply

    Jadi pedagang emg menggiurkan kak.
    Apalgi jd bos pedagaang.
    Ahhh pengen cpt2 buka usaha sndiri jadinyaaa

  6. penyukajalanjalan October 30, 2015 at 2:43 pm Reply

    Gudang rasa emang enak dan murah meriah serta kemasan bagus

    • siti November 3, 2015 at 5:27 am Reply

      betul warnya cerah mentereng..

  7. avyu mini April 15, 2016 at 7:07 am Reply

    Kepengen ussha juga.tapi ga tau resepnya.ada yg bisa bantu

    • siti April 15, 2016 at 8:07 am Reply

      kalau soal resep saya gak punya mbak.. soalnya saya tak bergerak dibisnis ini, silahkan cari ubek ubek di internet baru di trial deh …kalau masalah rasa perlu proses… berulang..

  8. adil saputra August 29, 2016 at 11:25 pm Reply

    pengen deh jd pengusa sukses dibidang martabak

    • siti August 30, 2016 at 4:12 pm Reply

      Pasti bisa asal konsisten dan fokus

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

