Cara melaporkan ke Google untuk pencurian artikel di blog


Dilarang Copy Paste sembarangan tanpa izin

Dilarang Copy Paste sembarangan tanpa izin

Saya baru sadar beberapa waktu lalu saya saya mulai sibuk menggeluti dunia IM-ers dan mulai banyak belajar masalah tentang SEO. Iseng saya ketik  kata kunci Visa 317 dan saya selalu bangga pasti website saya di rangking 1, nah saya kemudian ngecek di peringkat kedua ada juga pelaku kawin campur yang hobby menulis kalau tak salah tema blognya ada ilalalnggrass nya. Nah yang ketiga kok ini salah satu blog gratisan, yang saya tak familiar soalnya biasanya yang rajin menulis birokrasi itu ya pelaku kawin campur yang sudah khatam urus birokrasi sendiri. Nah saya penasaran, memang judulnya tak sama persis kalau tak salah dia Cuma pakai judul KITAS 317 sedang saya pakai cara apply vitas 317 ( penyatuan keluarga).

Kata kunci apply visa 317 rangking 1 dan yang copas ranking 3 :(

Kata kunci apply visa 317 rangking 1 dan yang copas ranking 3 😦

Isenglah saya buka, saya baca materi nya pelan pelan, saya tersentak dikagetkan pada untaian kata  kata ini kok persis sama dengan dalam benak saya yahhh.. atau saya sempat berpikir kemungkinan kebetulan tapi baru di paragraph pertama, kedua, sampai akhir ini benar benar copy paste artikel saya, bahkan diawal saya mengetahuinya sebelum 2 minggu lalu saya koment keras di blog dia, foto dokumen di website saya juga di copas habis, karena memang semua foto saya tak beri watermark. Saya sempat ulangi baca terus menerus, semua sama. Kata kata gaya bahasa ala saya dia tak rubah misalnya info bahwa  contoh di Kantor imigrasi Makassar, terus saya cantumkan ada kawan di Pare pare sudah melakukan hal tersebut, itupun semua di copas habis, contek habis tanpa mencantumkan sumber yang valid. Mentang mentang pencarian kata kunci ini sangat tinggi memang dan jarang yang menulis. Saya sudah capture semua tulisan dan compare dengan artikel asli, saya.

bukti kesamaan tulisan perhatikan bold merah

bukti kesamaan tulisan perhatikan bold merah, itu gaya penulisan saya begitu

hasil contekan dari website saya

Hari itu saya langsung edit punya saya, karena memang saya tulis Maret 2014 dan sudah banyak perubahan aturan dan sisi harga, saya kumpullkan semua koment revisi dari para pelaku yang suka memberi info tambahan dan saya rangkum di blog yang komentnya hampir 500.

Perhatikan lingkaran merah ya

Perhatikan lingkaran merah ya

BUKTI COPASAN

Perhatikan kolom merah, itu kata kunci saya deh

Perhatikan kolom merah, itu kata kunci saya deh

perhatikan lingkaran merah

perhatikan lingkaran merah

hasil contekan dari website saya, CNI ku diambil KUA

sumber copas an tak ada website saya

Nah saya pun memberi watermark untuk semua foto dokumen agar si tukang copas  tak berani ambil lagi. Dan kalau tak salah bulan lalu saat saya merevisi tulisan terkait cara apply visa 317 ini saya tambahkan hingga panjang sekali. Namun intinya saya tak rubah hanya penjelasan saja . Hari itu pula saya juga meminta si mbak empunya blog di comment saya bilang seharusnya dicopas tapi di rubah dan diberi sumbernya bukan copas mentah mentah begitu. Ternyata koment saya di delete sama dia, dan dia hanya meremove foto dokumentasi yang di copas dari saya dan diambil foto dokumentasi entah dari sumber mana. Dia sih tulis disitu dari komunitas di facebook juga. Saya cek blog nya ada beberapa juga yang dibahas tentang birokrasi tapi tak jelas si penulis pelaku mixed marriage or bukan kayaknya sih masih kuliah .

Karena kesal sampai beberapa hari saya sudah tegur di comment buat tulis sumber karena semuanya itu postingan hasil copasan dari saya walau sekarang malah artikel saya sudah tambah  panjang sekali karena jelas dia tetap pasang artikel copasan saya sebelumnya namun gaya bahasa saya tetap sama. Dia cuma tambahkan 2-3 kata pengganti itupun bisa dihitung.

Nah untuk kasus begini saya langsung laporkan ke mbah Google sang pemilik, caranya sebagai berikut :

  1. Masuk ke link berikut ini https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice
  2. Nanti akan dibawa ke sini form seperti gambar
  3. Isi form nya atas nama dan alamat email silahkan cek email akan diverifikasi
  4. Form semua diisi, sesuai contoh ya, info apa artikel yang di copas, dan website asal artikel dan website tersangka yang mencopas artikel nya.
  5. Centang semua dan submit deh
  6. Cuma ada notifkasi kalau permintaan remove artikel copasan sudah diterima Google. Sisa menunggu tindakan, bukti akan saya kirimkan kalau perlu.

 

halaman report alleged copyright infringement

halaman report alleged copyright infringement

pengisian pelaporan ke Google

pengisian pelaporan ke Google

file yang diisi untuk pelaporan ke Google

file yang diisi untuk pelaporan ke Google

isi semua dan submit ya

isi semua dan submit ya

Notifikasi selesai laporan

Notifikasi selesai laporan

sumber copas-an tak ada cantumkan sumber website

Saya lumayan menunggu lama baru dapat reply soal ini, akhirnya ada email notifikasi untuk verifikasi lebih lanjut tak seperti dugaanku  bisa langsung. Contoh email notifnya sebagai berikut :

Email notifikasi isinya arahkan ke link DMCA ini

Email notifikasi isinya arahkan ke link DMCA ini ( Re-konfirmasi lagi ) namun masuk di WP

Baru muncul kembali isian yang harus di submit persis saat mau report pertama bedanya kali ini sudah masuk login di WP admin :

Isi semua kembali lalu submit dan inilah tampilan nya ketika sudah di submit

Isi semua kembali lalu submit dan inilah tampilan nya ketika sudah di submit

setelah menunggu sehari malamnya aku submit keesokan paginya sudah ada reply email kembali tampilannya sebagai berikut :

Email notifikasi bahwa proses eksekusi sudah dilakukan oleh DMCA

Email notifikasi bahwa proses eksekusi sudah dilakukan oleh DMCA

Nah sekarang kalau kalian coba di search di Google tetap sih ada muncul website tersebut di nomor dua tapi waktu di klik ke artikelnya sudah ada notifkasi seperti dibawah ini.

Coba di di search di Halaman pertama Google

Coba di di search di Halaman pertama Google

Kalau di klik maka akan muncul lah halaman ini

Hasil take action dari DMCA

Hasil take action dari DMCA

Mudah kan,walu proses agak panjang namanya juga penanganan serius, adapun akibat dari mencopas artikel orang lain dan dilaporkan oleh google ada beberapa sbb :

  1. Bisa saja google menghapus isi artikel yang di copas blog tersebut, walau judulnya masih tercantol dan ada informasi bahwa artikelnya di takedown.
  2. Image jelek donk sebagai blogger jika ada artikel kita di takedown seperti itu padahal di mesin pencari munculnya di nomor 2, ibarat ada sebuah rumah cantik namun di pagarnya tertulis ” Rumah ini ada dalam pengawasan Bank” karena pastinya yang punya nunggak atau menyalahi aturan bank.

Nah adapun tips bagi teman teman agar tak mudah di copy paste artikelnya sbb :

  1. Ada aplikasi anti copy nampaknya ada di settingan platform CMS yang digunakan.
  2. Pakailah bahasa unik, yang menjadi ciri khas, jadi kalau lihat ada artikelnya tersebar dimedsos langsung bisa di deteksi kan yang pakai gaya bahasa sendiri.

Bagi yang tukang copas, yang waras lah kalau mau copas artikel orang lain, pls silahkan minta dan  letakkan lah link sumber  sebagai penghargaan atas hak cipta seseorang, gampang kok 🙂 Untuk teman teman yang merasa ada artikelnya di curi silahkan langsung melaporkan dengan cara seperti diatas, memang tak instant tapi setidaknya kita tak melakukan pembiaran bagi pelaku pencurian hak cipta hasil tulisan orang lain.

Tagged: ,

12 thoughts on “Cara melaporkan ke Google untuk pencurian artikel di blog

  1. kusnanto December 6, 2015 at 6:51 pm Reply

    saya juga lagi alami hal yg sama, coba lapor ke google juga ah. Oiya bener juga, perlu banget kasih ‘watermark di gambar.

    • siti December 7, 2015 at 1:51 am Reply

      bener mas, segera biar segera di remove artikelnya…

  2. Emaknya Benjamin br. Silaen December 6, 2015 at 7:04 pm Reply

    3 artikel tulipku juga pernah dicopas habis sama fotonya juga. Aku komen di blog dia ga ada tanggapan. Drpd kesel lapor aja, semua artikelnya sdh dihapus google..

    Trus paling terakhir nih banner jualanku, gabungan banyak foto kubikin banner, hebat yg nyolong bisa hapus namaku. Aku komen di blognya dan digubris.. komen di olshop bibit dia cuma dpt otomatis reply, drpd kezel lapor dmca aja gak sampai 24 jam langsung dihapus bannernya sama google. Klo artikel sptnya butuh bbrp minggu, utk pengecekan deh. Foto2 pakai watermark percuma mbak Siti, klo org sdh niat nyolong pasti bisa di crop fotonya dan dihapus watermarknya..

    aku sih klo nemu lagi yg nyolong2 gitu mending langsung lapor aja 😀 .

    • siti December 7, 2015 at 1:52 am Reply

      iya mbak bener, aku baru ngeh juga kalau ada banyak ternyata copas copas artikel dan ada solusinya…
      jadi penasaran beneran gak di remove sama google nih aku baru mau cek ..dulu

  3. tyasningtyas December 7, 2015 at 3:45 am Reply

    Wah kalo saya sukanya Baca abis itu saya share ke fb Mba hihi….sabar mbaa

    • siti December 7, 2015 at 8:12 am Reply

      iya juga ya… ntar aku cek lagi smoga sudah di remove artikel nya..

  4. Binibule.com [Tjetje] December 7, 2015 at 10:39 am Reply

    Nah ini nih yang bikin WordPress jadi males kasih Adwords di Indonesia, karena banyak copy paste untuk giring jumlah klik dan nambah pengahasilan 😦

    • siti December 9, 2015 at 4:59 pm Reply

      iya mbak kayaknya salah faktornya itu…

  5. Allisa Yustica Krones December 8, 2015 at 3:56 am Reply

    Duh, semoga ada tindak lanjut yang memuaskan dari Google ya Sit, ngeselin banget memang tukang copas kayak gini

  6. siti December 8, 2015 at 5:23 am Reply

    iya mbak, saya mau report lagi kok artikelnya masih ada.. perlu laporan 2 kali mungkin ya…

  7. denaldd December 8, 2015 at 8:14 am Reply

    Siti, aku bacanya keseell banget ini. Tau gimana susahnya bikin tulisan trus tiba2 dicomot tanpa permisi. Semoga ditindak tegas yang nyolong itu.

    • siti December 8, 2015 at 8:21 am Reply

      bener say, saya esmossi jiwa nulis beginian ya ampun butuh berjam jam mikir.. pdhl sy sudah baik bilang kash sumber saja sudah cukup.. ekh malah dikasih sumber grup FB padahal sudah jelas itu copas dari artikel ku…

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

