Advertisements

kisah Bert & Ernie Burung cinta kesayangan MB


RIP Ernie sang love bird yang cantik

RIP Ernie sang love bird yang cantik, saat kritis dipaksa minum obat

Masih ingat cerita  WILMA disini? Nah berlanjut dengan kisah burung cinta lagi nih,  burung cinta menurut Wikipedia seperti dibawah ini

Pengertian burung cinta menurut wikipedia

Pengertian burung cinta menurut wikipedia

Burung ini warna nya beragam, ada  warna biru ada abu abu ala Batman kalau dalam komunitas LB alias Lovebird dikenal ragam istilah unik kayak BATMAN buat yang warna abu abu, SUPERMAN yang coraknya biru dan merah.

Tepat di akhir tahun kemarin saya masih ingat akhir tahun setelah  beberapa mingguan kepergian tragis si WILMA yang mati mendadak gejalanya sih sudah ada Cuma kami tak mengerti cara menanganinya. Alhasil sore sore si MB sudah pulang dari solat Ashar di Masjid dan menemukan WILMA sudah tiada. Sedihnya, tiap hari dia pandangi sangkar hijaunya  yang kosong. Kami pun survey terus beberapa kali ke Pasar Hobby di Makassar untuk mencari bibit baru burung cinta.

jenis kategori burung cinta ( BERNIE )

jenis kategori burung cinta ( BERNIE )

Akhirnya pucuk dicinta ulam pun tiba, beberapa  ke pasar hobby todopuly kok  jadinya selalu tak cocok, satu hari saya cek dikontak ada nama pak dokter yan dulu pernah kenalan di kontes burung cinta, dan saya koment dan telpon beliaulah di FB nya, ternyata baru ingat kalau dia punya  tempat peternakan burung cinta ini ( DENZUS 77 Birding Farm ). Dan juga beliau jual, tanpa buang waktu janjianlah saya sama MB ke tempat beliau, nanti alamat nya saya posting di next posting.  Wah puluhan burung cinta dan warna warni semua ada, nama peternakannya DENZUS 77, jangan tanya saya kenapa namanya bernuansa tentara ya, alasan pak dokter  Sul yak arena begitu, kalau asumsi saya beliau mungkin tahun lahirya 1977 hahahha. Nah MB senang sekali melihat banyaknya LB disana dan bayi bayi  burung yang lucu.

Awalnya pengen beli yang warna Biru Hitam hahahha mahal sekali, harganya kisaran 1,2 jutaan, sayang duitnya yahhhh,  akhirnya kami mendapatkan sepasang umur 4 bulanan masing masing.  MB kasih nama Bert & Ernie ( BERNIE ) kayak di film kartun. Soal nama no problemo  lah yang MB HAPPY tak merepotkan saya ( be honest punya suami wna itu super ribet ) jadilah si Burt dikasih cincin loh warnanya biru menandakan itu hasil breeding dari DENSUS 77 nah yang satu ERNIE kita dikasih cincin warna merah bertuliskan DENSUS 77.

Untuk jenis WILMA yang sudah tiada sebenarnya sama dengan jenis Bert dari sisi warna, tak ada bedanya harga Bernie lebih murah karena jenisnya biasa paduan tiga warna hijau muda, orang kekuningan dan tambah sedikit merah. Untuk Ernie itu lebih  cantik ada coklatnya  jadinya lebih mahal sedikit dibanding Burt.

Total untuk keduanya ya 650 ribu. Dari awal saya Cuma mau beli satu tapi  tetap saja selalu  copywritingnya penjual membuat kami membeli sepasang, karena  katanya namanya burung cinta harus sepasang untuk saling mencintai eaaaaaaaaa, memang dari segi karakter saya lihat burung ini suka bersayang-sayangan, suka saling garuk garuk dan sepanjang hari cium-ciuman mulu.

Banner 300 - jangan salahkan laptop 2

Nah sejak saat itu MB sudah happy dengan komunitas LB nya bersama DENSUS 77. Tiap minggu pergi  melihat orang lomba, dan MB semakin rajin download suara pemancing dan taro di hape dan diputar dekat sangkar BERNIE terus tetap dengan kamera surveillance dekat sangkar ( ini mah lebay.com)  nah ini MB rajin beli jagung karena komsumsi selain millet  adalah jagung muda dan kangkung tapi lebih simple jagung saja katanya biar tak over birahi kalau dikasih kangkung. Kami bela belain ke Pasar Hobby beli alat semprot buat mandikan BERNIE ( Bert & Ernie ) kalau pagi hari. Jadi kerjaan MB pagi pagi bersihkan kotoran alas sangkar dan semprot air alias mandikan BERNIE lalu digantung dibawah sinar matahari pagi sekitar satu jam, fungsinya membuat bulu nya berkembang baik dan terlihat indah.

MB senang tiap pagi ada yang diajarin ala ala di youtube tapi dasar burung nya masih pemalu, berapa kali saya teriak panic namanya juga bule suka ceroboh, masa buka alas sangkar terbuka begitu baru dia masuk ke dapur untuk cuci alas sangkar dan dibiarkan bawah sangkar terbuka  bukan Cuma sekali dua kali sering. Makanya saya bersikeras untuk kasih tahu hati hati bisa terbang. Ini mah bukan buat happy punya PET buat stress  haahha.

Semua tetap indah sampai tanggal 24 kemarin, si Ernie kok suka turun ke dasar sangkar dan kayak lemes, saya sudah panic saya kontak pak dokter sebagai ahli nya burung cinta saya fotokan ciri ciri Ernie dan ternyata kemungkinan itu penyakitnya namanya Mata SNOT. Gejala SNOT adalah matanya kayak berair. biasa terjadi karena perubahan cuaca yang drastis, dimana siang hari hawa begitu panas dan berubah dingin pada malam harinya. Snot salah satu penyakit mata yang paling sering terkena pada lovebird. Penyakit yang menyebabkan mata burung membengkak dan mengeluarkan air.

Jadi saat balik dari beraktifitas kami menemukan Burt selalu mematuk Ernie dan ernie nampaknya luka dan loyo langsung deh MB pisahkan mereka, dan keluarkan dari kandang dan taro diatas baki besar saya. Lalu dikasih makan untuk berdiri saja si Ernie loyo.  Terus paniklah MB kami pun langsung mencari obat untuk penyakit SNOT nya, maghrib maghrib MB naik sepeda motor ke rumah dokter tempat BERNIE dibeli dan pulang pulang saya buka sangkar Ernie malah sudah tergelatk tak bergerak. Lalu di bangunkan masih bisa gerak dipaksa minum obat tak bisa Cuma berdiri diam itupun dibantu berdiri. Paksa minum tak mau, ditaro ditangan dielus elus terus sampai jam 9 malam si Ernie akhirnya mati dan tak bergerak lagi. Sedihnya MB panggil panggil. Malam itu hujan deras terpaksa kita tetap harus pakai payung bawah sekop cari tanah dekat pagar kita kuburkan si Ernie dekat  WILMA.

Kisah Bert & Ernie dan Majikannya

Kisah Bert & Ernie dan Majikannya, saat terakhir Ernie sakit SNOT

Tinggallah si BERT sendirian, dia berkicau terus mencari pacarnya.Hyperaktif tanpa henti, sedih juga melihatnya sendiri.

Belum selesai kesedihan MB tentang kepergian Ernie, tadi sore dikantor MB menelpon saya katanya jangan marah, dalam hati pasti ada sesuatu, kejutan apa lagi yang akan saya dapatkan dari bule ini. Ternyata dia bilang saat membersihkan kandang Bert, katanya saat memasukkan minuman tiba tiba Bert terbang lewat pintu kecil. Dan dia berusaha tangkap dan malah terbang ke pagar sampai semua tetangga sudah bantu kejar kea tap malah terbang ke pohon dan dia kejar, ya namanya burung punya sayap kalau sudah terbang manusia mana yang bisa kejar kecuali SUPERMAN! Asumsi ku sih seperti biasa dia ceroboh bagian bawahnya pasti dia biarkan terbuka dan terbang seperti adegan adegan sebelumnya. Jadilah saya Cuma mengelus dada, mau marah tak akan mengembalikan BERT ke kandangnya. Dalam 30 hari kami kehilangan 2 ekor burung cinta, Bert yang terbang karena kecerobohan pemiliknya dan Ernie meninggal karena penyakit SNOT. 650 ribu berasa hangus …..hikss

Pulang kantor saya lihat MB sudah pasang HP dengan suara burung cinta untuk memancing Bert pulang ke rumah, dan di biarkan pula si sangkar hijau terbuka, semoga ada keajaiban deh. Saya hanya bisa geleng geleng kepala, ini baru 3 bulan mencoba piaraan burung cinta ini 2 ekor mati dan 1 nya lepas, ini yang piara gimana sih niat gak sihhh………..

Dengan pengalaman ini ada ilmu baru lagi nih, ternyata burung cinta itu jenis penyakit ada beberapa sebagai berikut :

  1. Cabut Bulu , stress karena sendirian dan tak ada teman dalam sangkar
  2. Mata SNOT, mata berair
  3. Penyakit pernafasan, ini kasus Wilma saya kurang tahu apakah SNOT atau ini karena saya pulang kerumah WILMA sudah di kuburkan
  4. Gizi buruk, ini kalau kurang bagus pakannya kayaknya BERNIE tak mengalaminya,

Kelihatan simple sih ya ternyata tak mudah juga, saya berharap umur BERNIE bisa bertahun tahun ternyata hanya 1  bulan

Tips untuk menjaga agar burung cinta tetap sehat sebagai berikut :

  1. Kebersihan Kandang harus dijaga, 1 kali sehari dibersihkan
  2. Kalau menjemur love bird jangan terlalu lama ya ternyata bisa kena penyakit SNOT
  3. Kalau mendapati gejala penyakit langsung pisahkan si burung yang sakit alias di karantina
  4. Upayakan jika burung cinta di pasangkan dengan pasangannya biar tak stress, ini ada pasangan saja sakit apalagi tidak ya ..ini jenis burung lebay deh……………….
  5. Pemberian suplemen, si Bernie kami belikan suplemen loh ya tak mahal sih supleme n dalam bentuk tetes jadi tiap hari di tempat air ditetesin vitamin 3 tetes ….
  6. Pola makan, jangan Cuma dikasih millet tapi makanan tambahan biar kualitas burung tetap prima dan sehat.
obat untuk SNOT Burung cinta

obat untuk SNOT Burung cinta

Dan malam ini saya termenung dibawah sangkar BERNIE yang kosong, beberapa foto foto Ernie saat sakit dan saat indah bersama MB. Bert oh Bert! kemana si burung itu pergi ya semoga engkau bahagia di alam bebas dan di cincin Burt ada kode DENSUS 77 dan nomor serinya kalau ada yang menemukan pasti ketahuan dari kakinya. Kalau Burt terbang ke hutan kami akan bahagia,  Semog Bert menemukan Ernie  yang lainnya.

Demikian kisah Bule dan piaraanya yang baru seumur jagung, dan semoga ulasan tentang burung cinta, jenisnya dan penyakit penyakit di derita serta tips menjaga agar burung cinta tetap sehat dan prima bermanfaat.

Untuk saat ini biarlah kandang hijaunya kosong dulu siapa tahu Bert kembali atau kami akan beli burung kecil kecil murahan saja biar saya tak sesak dada dengan adegan adegan drama bule dengan piaraannya.

Nanti aku edit kan video saat terakhir Bert & Ernie saling garuk-garukkan ya… lucu deh… beginilah suka duka punya PET …………..

Sampai jumpa dikisah kisah kami berikutnya

kartun - 450 untuk dibawah postingan advertisement management

Advertisements

Tagged: , , , , ,

17 thoughts on “kisah Bert & Ernie Burung cinta kesayangan MB

  1. adhyasahib January 26, 2016 at 10:31 pm Reply

    sedih bacanya mbak, apalagi oas detik2 seelum Ernie pergi, hiks. btw umur maksimal burung cinta biasanya sampe brp tahun mbak Siti?

    • siti January 27, 2016 at 7:06 am Reply

      ada yang sampai 5 tahun … sih entah kenapa ini burung burung kami usianya cuma 5 bulan dan 1 tahun itu wilma usianya 1,2 tahun… lumayan ..sih..

  2. winnymarlina January 27, 2016 at 2:05 am Reply

    burungnya kuning ya lucu

    • siti January 27, 2016 at 3:56 pm Reply

      hhha iya itu Ernie… oh ya minggu depan aku baru mau MB nih ke Toraja makanya baca bnaca blog kamu dlu,….padahl sy org sini yah heehhe soalnya udah lama kesananya gak update lagi..

      • winnymarlina January 27, 2016 at 4:46 pm

        jangan lupa ke batu tumonga kak cakep

  3. nengsyera January 27, 2016 at 4:38 am Reply

    hufft kosong lagi ya kandangnya?!
    yaudah kak pelihara kucing atau ayam aja eh klo engga ayam ketawa aja, kan bisa diikut kontes dan diajarin ngakak juga sm MB, giman usulku?

    • siti January 27, 2016 at 7:06 am Reply

      iyaa … lagi mikir dia mau cari pengganti bernie … kayaknya ikan aja mau di coba deh kan gak mungkin terbang … kalau ayam adduhhhh butuh space besar …tak ada tempat.. ntar bau lagi juga kandanganya,…

      • nengsyera January 27, 2016 at 7:08 am

        gimana kalau hamster? 😀 kan lucu juga bisa dibelai2 trs klo anaknya banyak bisa dijual hihi

      • siti January 27, 2016 at 7:11 am

        aahhh ngeri aku haahaha kayak tikus bau gak pup nya ?

      • nengsyera January 27, 2016 at 7:13 am

        engga bau kok, kan dia mah hidupnya di serutan kayu gitu trs pupnya juga ga segede2 tikus, ini mah hamster imuuut banget kak. coba deh iseng2 liat di tukang hamster 😀

      • siti January 27, 2016 at 7:14 am

        asal pup nya gak bau saja..asal MB punya teman main dan ngobrol hahahha kan bete ngobrol sama saya mulu…

      • nengsyera January 27, 2016 at 7:16 am

        hihi dicoba aja liat2 ksna kak sm si MB. lucu kan marmut itu 😀
        klo burung lagi sbaiknya jangan krn itu menandakan kita kurang cocok meliharanya 🙂
        aq juga dulu bgtu ga cocok pelihara unggas.

      • siti January 27, 2016 at 11:51 am

        hahah serius …tapi umurnya bisa berapa lama ntar cuma sebulan mati juga………….

      • nengsyera January 29, 2016 at 8:40 am

        Engga kok lumayan lama kak
        Wlau ga smp 5 tahunan

      • siti January 29, 2016 at 9:23 am

        Oh okay nnti aku coba lihat lihat dulu

  4. Allisa Yustica Krones January 27, 2016 at 6:15 am Reply

    Ikutan sedih baca ceritanya….semoga ada keajaiban bert kembali ya. Klopin gk kmbali lg, semoga bert baik2 aja di alam bebas

    • siti January 27, 2016 at 7:05 am Reply

      iya mbak… soalnya tiba tiba sangkarnya kosong … iya Bert pasti sudah happy free di alam sana…. nti kami cari penggantinya Bernie lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: