Cara integrasi KITAS ke KITAP sponsor istri/suami WNI


Surat permohonan dari Kemenkumham Sulsel untuk integrasi KITAS ke KITAP

Surat permohonan dari Kemenkumham Sulsel untuk integrasi KITAS ke KITAP

Cara integrasi KITAS ke KITAP sponsor istri wni part 1

Akhirnya yang kalian tunggu tunggu sharing ilmu birokrasi terdahsyat tahun ini, integrasi KITAS ke KITAP sponsor Istri WNI sudah bisa kalian baca dan bisa ATM juga biar gampang. Setelah MB sudah tiga kali mendapatkan KITAS sejak 2013 hingga 2016. Usia pernikahan sudah 2,8 tahun sudah bisa donk ya. Langsung ke TKP ya… :

KITAP adalah Kartu Izin Tinggal Tetap masa berlaku 5 tahun,  KITAP ini bisa diberikan melalui dua proses apakah di sponsori oleh Perusahaan KITAP Perusahaan atau Sponsor pasangan WNI boleh suami atau istri nya yang WNI. Kali ini saya mau sharing mengenai Integrasi alias alih status KITAS sponsor istri ke KITAP Sponsor Istri karena MB / suami itu masuk dan tinggal di Indonesia murni di sponsori oleh pasangan ( istri ) . WNA yang  berhak mendapatkan KITAP juga tak bisa langsung proses awal harus KITAS yang berlaku 1 tahun buat perorangan atau 2 tahun untuk pelajar/ mahasiswa ( I ) . Umumnya KITAS Sponsor  pasangan WNI cuma diberi waktu 1 tahun dan biasanya di perpanjang lagi.

KITAP ini biayanya lebih mahal karena durasi izin tinggalnya lama, lebih mudah bagi kami pasangan campur pengurusannya hemat waktu, kalau sudah KITAP nanti bisa perpanjangan 1 x lagi lalu setelahnya bisa ambil KITAP seumur hidup dan tiap 5 tahun sisa melapor saja ke kantor imigrasi biayanya pun lebih murah.

header 728 x 90 3

Kenapa harus pakai KITAS atau KITAP? Ya bisa terbayangkan si WNA kalau tinggal disini pakai visa social budaya yang diperpanjang sampai 4x itu passport nya bisa penuh cap dan di periode perpanjangan ke 4 si WNA harus ke luar Indonesia dulu baru masuk lagi. Ribet kan dan banyak biaya. Solusinya ya KITAS dan KITAP bagi yang tinggal menetap. Oh ya KITAS atau KITAP ini di paketkan dengan Multi Re Entry Permit ( cap dengan durasi sama dengan izin tinggal ) sebagai izin buat bisa masuk dan keluar dari Indonesia selama masa periode KITAS / KITAP berlaku  dan walau keluar negeri ketika masuk lagi KITAS/KITAP nya tetap berlaku. Kecuali meninggalkan Indonesia lebih dari 6 bulan maka KITAS/KITAP nya akan hangus dan kalau mau buat mulai dari 0 lagi.

Semoga paham ya, dan untuk mendapatkan KITAP prosesnya harus mulai dari KITAS dulu ya. Caranya bisa di baca disini atau disni.

Sekarang lanjut ke tema terhangat tahun ini, cara pembuatan KITAP sponsor istri dan berkas pendukungnua sebagai berkut.

Syarat wajib buat bisa integrasi KITAP

  • Minimal usia pernikahan 2 tahun
  • Minimal sudah apply KITAS
  • Minimal pengurusan minimal 3 bulan sebelum KITAS expired, MB punya KITAS berakhir di Agustus 2016. Dan saya mulai urus di April 2016.

Berkas yang diperlukan sebagai berikut :

  1. Copy Paspor WNA halaman depan yang ada data WNA
  2. Copy SKTT ( Surat Keterangan Tempat Tinggal Sementara ) dari catatan sipil
  3. Copy halaman visa pertama kedatangan di Indonesia ( MB pakai visa social budaya 60 hari )
  4. Copy halaman paspor yang ada visa ITAS terbaru  ( ITAS 2015-2016 )
  5. Copy KITAS Terbaru ( KITAS Berlaku saat ini )
  6. Copy KTP Sponsor ( istri )
  7. Copy KK Sponsor istri (
  8. Copy buku nikah
  9. Copy CNI /LNI
  10. Copy STM ( Tiap kanim beda, di Makassar ini tak diminta )
  11. Surat pernyataan Integrasi ( di isi tulisan tangan WNA dan tanda tangan + materei 6000 )
  12. Surat pernyataan dan jaminan ( form bisa dibeli di Koperasi KANIM + materi 6000 )
  13. Surat permohonan ketik sendiri isinya permintaan integrasi KITAS ke KITAP
  14. Surat Keterangan Domisili dari Lurah ( ambil pengantar dr RT lalu ke lurah )
  15. Isi form PERDIM yang diisi data WNA dan WNI
  16. Passfoto WNA secukupnya ( siapkan latar merah 2×3, 3×4,4×6 )
  17. Masukkan semuanya dalam map merah GRATIS dari imigrasi
  18. Passpor asli dan KITAS asli akan di masukkan juga dan di simpan selama proses berlangsung

Langkah langkah  proses pembuatan KITAP / alih status dari KITAS ke KITAP sebagai berikut

  1. Submit semua berkas diatas ke KANIM Imigrasi sesuai domisili anda, di bagian Warga Negara asing, di Makassar kantor di jl perintis kemerdekaan km 13, lantai 2. Berkas saya masuk tanggal 22 April ( 4 bulan sebelum KITAS berakhir ) di hari jumat jam 2 sore.
  2. Akan di infokan kelengkapan dan semua surat dan di periksa, lalu akan diminta nomor kontak yang bisa di hubungi untuk di kontak untuk tahap survey.
  3. Hari senin tanggal 25 April pihak Imigrasi menelpon untuk informasi mau survey besok hari di rumah dan sponsor WNI dan WNA harus ada dirumah dan di foto bersama, tanggal 26 April 2016 pukul 9.30 WITA ada dua petugas yang datang ke rumah naik sepeda motor. Basa basi sebentar nanya  WNA berapa lama disini dan kemudian mereka ambil gambar buat laporan sekaligus menanyakan lokasi kantor lurah buat minta surat keterangan bahwa si WNA benar tinggal di wilayah kelurahan sesuai dokumen. Setelah kunjungan yang tak sampai 10 menit itu kedua petugas lanjut ke kantor lurah saya tak jauh dari rumah.
  4. Tanggal 10 Mey 2016 saya di telpon bagian layanan WNA imigrasi untuk datang melakukan pembayaran untuk biaya  ITAP dan MERP 2 tahun yang sudah dipaketkan. Total pembayarn adalah Rp5,305,000 terdiri dari biaya ITAP 5 tahun adalah 3,5 juta, biaya MERP untuk 2 tahun sebesar Rp 1,750,000 dan biaya Biometrik / jasa informasi Rp 55,000. Aturan terbaru WNA harus sudah melakukan pembayaran sebelum permohonan dilanjutkan ke Kantor Hukum dan HAM. Kalau dulu nanti di wajibkan bayar setelah semuanya di approve sampai dirjen Imigrasi layaknya proses integrasi Visa Sosbud suami menjadi KITAS. Sekarang kalau misalnya ternyata tak dapat approval dari Hukum dan HAM atau Dirjen Imigrasi maka biaya yang dibayarkan akan hangus dan tak bisa di refund. Itulah resiko dengan system baru ini.
  5. Tanggal 11 Mei 2016 surat dari kanim Makassar sudah saya ambil dan saya bawa ke kantor hukum dan HAM, disana petugas nya yang dulu bisa sehari kebetulan lagi ada acara pelantikan jadi saya dijanji akan di telpon segera dan dijanjikan proses sehari.
  6. Tanggal 13 Mei 2016, tepat pukul 08.06 Pagi sekali saya ditelpon petugas yang berinisial N.A saya ingat bapak inilah yang menerima saya dan surat yang saya bawa dan sempat beliau mengecek dan berkata besok kalau datang bawa aslinya ya katanya copy an di semua berkas kabur. Padahal sudah jelas di situ sudah di stempel oleh petugas KANIM Copy Sesuai Asli tertanda Mr M. Saya bilang siap besok ketika saya datang ambil surat buat dirjen akan saya bawa semua asli dan saya kopi kan kembali KK saya yang kabur. ( Rada dongkol juga hal seperti ini jadi sesuatu yang dianggap masalah padahal itu mah gampang ), Tak lebih dari 5 menit setelah beliau infokan ke saya suruh datang sekarang buat ambil surat, dan kalian bisa tebak si bapak dari ujung telpon bilang apa !  “ Bu anak buah saya bilang titip kue yah” saya shock dengarnya antara mau marah dan geram oh, saya Cuma jawab iya okay pak” dan setelah itu telpon di tutup. Birokrat oh birokrat, kebetulan dikantor ada langganan bakery yang datang, saya belilah 8 bungkus seharga 46000. Masukkan dalam kantongan, dan jam 12 kawan saya datang jemput karena sekalian submit surat juga di kantor HUKUM & HAM di Makassar letaknya di Jl Sultan Alauddin depan BRIMOB. Saya memang sengaja datang pas jam solat jumat biar tak ketemu banyak oknum, toh Cuma ambil surat. Betul saja si bapak yang minta titipan kue tadi lagi solat admin nya yang stand by menyerahkan amplop besar yang akan dikirimkan ke Dirjen Imigrasi Jakarta. Saya titiplah bungkusan Roti Daeng tadi di meja beliau dan segera cabut dari kantor tersebut.
  7. Di tanggal yang sama 13 Mei saya langsung kirim paket dokumen tersebut ke Jakarta sesuai alamat dari di amplop Hukum dan HAM. Kirim pake kurir TIKI yang regular 3 hari sampai perkiraan senin sudah sampai. Biaya Rp 22,000.
  8. Menunggu approval dari dirjen imigrasi Jakarta ke kantor imigrasi, biasanya  by sistem jika sudah di approve maka pihak KANIM akan menelpon ke Sponsor WNI buat datang membuat KITAP nya dan proses biometrik dan foto WNA.
  9. Tanggal 10 Juni saya ke kanim lantai 2, bagian WNA membawa surat penyetoran berkas, si mbak petugas mengecek di sistem, di infokan bahwa dari 4 approval yang seharusnya di approve baru 1 yang sudah done, masih ada 3 lagi, kebetulan mbak petugasnya ini sudah kenal baik dan kebetulan punya hajatan mau adakan acara sharing session sama komunitas kami yang bisa dibaca disini, jadilah mbak nya kasih nomor kontaknya ke saya, sekalian koordinasi acara kanim makassar nanti. Tanggal 13 Januari di telpon sm mbak petugasnya katanya  4 tahap sudah di approve di sistem mereka, suami wna sudah bisa ke kanim buat sidik jari, foto dan tanda tangan biometrik.
  10. Tanggal 13 Juni, pukul 7.30 sudah berangkat dari rumah biar habis sidik jari sudah bisa langsung ngacir ke kantor, sampai di kanim jam 8.00, langsung naik ke atas buat nunggu petugasnya, jam 8.15 MB sudah dipanggil masuk ke ruang foto WNA dan ambi sidik jari da tanda tangan.
  11. Tanggal 20 Juni saat acara sharing session dengan komunitas pernikahan campuran sulsel akhirnya KITAP MB diantarkan sama petugas, sekalian bukber bersama. Akhirnya selesai juga proses integrasi KITAS ke KITAP sponsor istri.

Summary : Prosesnya memakan waktu hampir 2 bulan, mulai dari step sbb :

  1. Kompulir berkas ke kanim, proses submit berkas mulai tanggal 17 April 2016
  2. Survey dari kanim ke rumah setelah 3 hari kemudian sekitar 20 April 2016.
  3. Masukkkan berkas ke kantor hukum dan HAM, tanggal 12 Mei 2016
  4. Kirim berkas dari Hukum dan HAM tanggal 14 Mei dan diterima di Jakarta tanggal 16 Mei ( saya cek tracking kurirnya di website )
  5. Tanggal 12 Juni ditelpon dari Kanim untuk WNA ke kanim buat foto dan sidik jari
  6. Tanggal 20 juni 2016, KITAP akhirnya diserhakan ke MB

Jadi buat teman teman yang di daerah, tak usah ragu urus sendiri, terbukti tanpa agen pun semua lancar lancar saja, biaya sesuai tarif keimigrasian. Adapaun berkas yan dikirim ke Dirjen pun aman kok walau cuma dikirim via kurir. Ynag jelas jaga jaga buat copy yang banyak kalau terjadi apa apa ada back up an. dan jangan lupa tracking di kurirnya, terus konfirmasi ke kantor imigrasi, by sistem mereka bisa cek aplikasi kita sudah ditahap mana. Kalau sudah disitem berarti berkasnya sudah aman sampai disana.

Kalau dulu harus pusing cari orang di Jakarta buat bantu, sekarang langsung kirim via kurir aman kok, tak ada biaya tambahan buat teman yang bantuin di Jakarta lagi. Cuma prosesnya memang lama, makanya kalau mau integrasi ke KITAP minimal 2 bulan sebelum masa KITAS expired. Biar tenang saat prosesnya.

Sekian sharing  kali ini, salam birokrasi 🙂

BANNER FREE MEMBER

Tagged: , , , ,

35 thoughts on “Cara integrasi KITAS ke KITAP sponsor istri/suami WNI

  1. adhyasahib May 14, 2016 at 12:13 am Reply

    Mbak Siti, walaupun dh ada SKTT tetap harus ada surat keterangan domisili dari lurah ya? hm,,, saya kayaknya bulan depan baru mulai ngurus kitap nya pak suami 😀

    • siti May 14, 2016 at 9:58 am Reply

      coba saja apply disana kalau tak dimnta tak usah ..repot repot.. tapi biasanya diminta…. sih

      • adhyasahib May 14, 2016 at 12:06 pm

        mereka minta copy rekening koran mbak siti/ abdi gk? kemaren aku ke imigrasi tanya2 persyaratannya mereka minta bukti rekening koran juga mbak

  2. siti May 15, 2016 at 11:20 am Reply

    aku tak dimintai rekening padahal sudah di siapkan, bahkan NPWP juga ternyata tak diminta saya saja yang lebay,…

  3. liyadewani May 20, 2016 at 3:31 pm Reply

    Usia pernikahan minimal 2th ya mba? Saya kok selama ini taunya 5tahun ya? *enggakupdate* hehe

  4. Nisa June 11, 2016 at 1:59 am Reply

    Assalamualaikum mbak siti.. akhirnya yg ditunggu2 update juga.. mbak harusampeyan banget ya fotonya latar merah? Udah terlanjur print latar kuning nih “eman-eman” hehe.. nanti di hukum dan ham ke department mana ya mbak? Soalnya terakhir taun lalu perpanjang kitas ga disuruh kesana.. wah berarti bisa kirim paket tiki ya mbak ke dirjen jkt nya.. jadi nanti approval nya drive dirjen kirim langsung ke kanim yg kita tuju ya mbak ndak dikirim balik ke kita?

    • siti June 11, 2016 at 7:14 am Reply

      iya sisa kirim saja, dept izin tinggal di HUKUM dan HAM, nanti gak usah ada tnggu balasan kiriman sebenarnya by sistem mereka sudah ada disitem kalau sudah di approve sudah ada info di sistem… ditunggu saja dan di follow up ..ke kanim saja…

      • Nisa June 12, 2016 at 2:01 am

        Kira2 berapa hari tunggu diaprove nya mbak? Apa nanti juga ada sesi interview seperti pengajuan kitas pertama? Oiya mbak Udah beres berarti ya pengajuan kitap nya?

  5. Bella Widawati July 12, 2016 at 4:41 pm Reply

    Yeaay Alhamdulilah akhirnya ya ka siti sdh selesai dg proses ini. Dari awal saya selalu mantengin blognya ka siti dr visa sosbud konversi ke itas skrg mau ke itap dan sgt bermanfaat sekali ka. Doakan ya semoga nanti berjalan lancar proses itap nya suami sy. Habis itas nya per mar 2017 tp mau prepare dari skrg biar ga grasa grusu hehe.

    • siti July 13, 2016 at 4:09 pm Reply

      wah semoga lancar jaya juga nanti nya yah tapi kan masih lama… masih 9 bulan lagi…

  6. Bella Widawati July 13, 2016 at 4:51 pm Reply

    iya k hehe mungkin terlalu bersemangat saya nya.

  7. lya August 13, 2016 at 3:40 pm Reply

    salam kenal mbak, saya masih ragu sich untuk merubah ijin tinggal suami wna yang disponsori agent. saya mau tanya kalau suami sudah ada kitap dan sponsornya agent pakai retired bisa ndak ganti ke isteri? saya tinggal di lombok, dan biaya agent juga mahal. nanti pas renew apakah bisa saya gantikan sponsornya? minta tolong dijawab….trims ~lya~

    • siti August 14, 2016 at 12:03 am Reply

      ya bisa pasti kan mbak wni, kalau kitas nya expired, urus sendiri dari 0, caranya sama dengan saya urus KITAP ini.. ingay urusnya 3 bulan sebelum expired ya karena kan kayak mulai dr 0 karena ganti sponsor

  8. lya August 14, 2016 at 4:14 am Reply

    Salam Mbak tq udah balas. yup saya wni, satu lagi yang mau tanyakan. dulu hubby punya CNI-nya tidak saya copy bagaimana ya? kalau KTP WNA dan KK udah saya urus dan udah jadi sich. nah bingung dah saya ama yang CNI ini! Apakah surat sponsor ada form tertentu? apakah nanti agentnya bisa memboikot kita ndak?…mang sich masih lama untuk renew kitap hubby sampai 2019, maaf kurang update….Trims ~lya~

  9. Nisa August 30, 2016 at 9:25 am Reply

    Salam mbak siti, saya balik lagi nih mbak hari ini saya baru dapat surat dari kanim setelah menunggu sejak tgl 15 juni lalu pas sampai di kanwil petugas nya mempermasalahkan foto yg di ambil petugas saat survei katanya harus bertiga sama petugas kanim nya. Nah bingung saya mbak karena waktu itas kemarin ga ada masalah foto yg di ambil juga cuman berdua suami istri. Apa mbak siti juga mengalami ato untuk altus kitap Memang harus begitu ya mbak?

    • siti August 30, 2016 at 4:15 pm Reply

      Kok dipermasalahkan ? Selama ini fotonya selalu bertiga or berempat sama petugas tapi kok ini harus di Masalahkan kayaknya dia cari celah aja tuh mau ngerjain …jangan mau mbak tetap bersikeras itu bukan salah mbak salah petugas donk yang foto cuma berdua kah prosedurnya ada harusnya foto sama petugas kali ya

      • Nisa September 5, 2016 at 1:01 pm

        Makasih mbak atas saran nya.. saya juga bersikeras begitu mbak kan bukan Salah saya kalo di ambil nya seperti itu petugas nya kan lebih tau seharusnya.. akhirnya saya desak lagi ke petugas survei nya mbak untuk mau di foto ulang, untungnya mau tpi ya itu krn datang malam dan gelap ga bisa take foto diluar ga jelas jadi didalam dan hari ini saya antarkan ke kanwil masih dicurigai lagi itu bukan foto di rumah tpi syukurlah akhirnya sih dikasih juga surat buat ke dirjen nya mbak.. sampai2 petugas survei nya bilang gini “ini mungkin Kepala divisi nya ganti bu jadi minta yg beda, seharusnya Memang udah ga ada masalah krn kami benar2 sudah survei” bahkan Salah satu petugas nya bilang “kita juga sempet sholat loh bu di masjid depan rumah ibu”.. duh bener2 ngerjain saya ini org kanwil stress sampe saya mbak takut ga dapet surat mana udah bayar kan.. oh iya mbak aku Baca di blog lain katanya Salah satu petugas nya bilang ada kemungkinan kalo dri kanwil ato dirjen menoLak kitap ga bisa diberi kan. . Apa benar begitu mbak? Tpi kan pihak kanim yg me lakukan semua prosedur sudah mensetujui seharusnya kan tinggal verified aja toh?

  10. Nisa September 20, 2016 at 9:45 am Reply

    Salam mbak siti.. Terima kasih ya atas infonya yg bermanfaat di blog ini.. alhamdulillah kitap suami saya tinggal ambil besok jumat (dah janian sama petugasnya) yg seharusnya senin diambil krn ada keperluan hehe.. resmi 3 bulan lebih seminggu proses kami apply kitap di kanim surabaya.. se lanjut nya saya mau nanya mbak untuk ktp dan kk langsung ke dispenduk capil ato kudu ke kelurahan sama kecamatan dulu ya mbak?

  11. Raini Ahmad September 21, 2016 at 1:21 pm Reply

    iya via kurir insya allah aman, ingat pengalaman mengurus pernikahan diindo dulu.

    • siti September 21, 2016 at 11:34 pm Reply

      thanks infonya mbak

  12. iin October 14, 2016 at 9:25 am Reply

    Hii salam kenal mbak siti
    Sy pelaku kawin campur wn china
    Skrg suami pemegang kitas kedua yg akan berakhir desember nanti, brati ga sempat ya kl sy ajukan kitap bln depan?
    Sy ada tny agen katanya sy disuruh bikin kitas ketiga dl baru bikin kitap spy ga ribet birokrasinya krn di dirjen bisa ‘minta byk’ omong2 mbak siti di dirjen ga keluar biaya sama skali?
    Mau tny cni/lni itu apa?
    Biaya kitas dgn merp2 thn brati maksudnya multiple exit permit cm berlaku 2thn nanti ditahun ketiga kt mesti bayar ulang?
    Kl untuk wna yg tdk rencana ganti wni apakan penggunaan kitap akan lebih baik drpd kitas mengingat biaya yg dikeluarkan katanya besarrr
    Satu lg pertanyaan surat dr kanwil yg dikirim ke dirjen itu asli ato copy?dikirim ke alamat dirjen pake kurir saja cukup aman?ga perlu org yg kesana ngecek surat?
    Makasih ya maap pertanyaan byk mohon berkenan memberi jawaban

    • siti October 15, 2016 at 9:18 am Reply

      bisa, biar 2 bulan atau 1 bulan sebelum expired b isa kok urus KITAP, mengurus KITAP tak harus kitas 3 tapi melihat usia pernikahan sudah berapa tahun kalau sudah 2 tahhun sudah bisa urus KITAP… jangan percaya agen langsng urus saja… di dirjen tak keluar sepeser pun saya hanya dimintai kue.. saya bawakan donat.. selesai urusan, CNI / LNI ada di website saya… ( surat izin menikah yang di tanda tangani kedutaan wna di indonesia ) , lebih murah KITAP donk kan urus 5 tahun sekali enak gak ribet … dan harga ya worthed lah kan di website ini lengkap bayarnya ada.. tak ada pungli sama sekali.. yang dikriim itu hanya COPY mbak yang asli pasppr wna ditahan imigrasi … yang dikirim jkt juga semua copy an kok..

  13. iin October 15, 2016 at 5:33 am Reply

    Halo salam kenal mbak Siti
    Sy mau tny untuk kitap biaya merp 2thn brati setelah 2thn kt mesti ke imigrasi lg untuk urus merp?
    Untuk di dirjen gada biaya apapun ya mbak?
    Sy ada rencana urus kitap untuk suami tp krn kitas exp des nanti sepertinya sdh tdk sempat ya
    Oya cni/lni itu apa?
    Form perdim itu apa ya mbak?
    Makasih sebelumnya

    • siti October 15, 2016 at 9:19 am Reply

      aku sudah jawab ya

  14. lolalaworld December 5, 2016 at 6:36 am Reply

    halo mba Siti,
    Pengen nanya, suamiku baru punya Kitas yg akan berakhir pada 25 Agustus 2017, usia pernikahan sudah 4 tahun. sponsor kitasnya dari perusahaan dan ingin beralih ke sponsor istri. apakah bisa langsung mengajukan peralihan ke kitap dan disponsori istri WNI?
    apakah harus disertai mengajukan permohonan izin kerja juga?
    aku hanya ibu rumahtangga GA ada NPWP nya.
    tolong beri tahu info nya harus bagaimana, terimakasih.

    • siti December 6, 2016 at 11:30 pm Reply

      saya belum pernah alih status… mudahnya sih setelah kitas perusahaannya expired minimal beberapa hari sebelum expired si wna keluar negeri dan wni sponsor apply vitas 317 buat suami nnti mask ke indonesia dr negara tetangga .. terdekat saja … coba cpntek cara apply visa 317 di web ini… jadi mbak tak bs langsung kitap mulai dari kitas sponsor istri kembali dlu baru next year apply kitap… begitulah ynag saya tahu belum pernah ada teman yang alih sttus sponsor perusahaan ke istri lagsung semua nunggu smpai expired baru mulai dr 0 lagi… tak diperlukan npwp kok bs dikosongkan saja

  15. lolalaworld December 5, 2016 at 6:42 am Reply

    Oya kalo cara bikin KK berisi istri WNI, suami WNA, anak campuran, gimana caranya ya ?

    • siti December 6, 2016 at 11:41 pm Reply

      ke kantor catatan sipil bagian mutasi penduduk, setahu saya harus ada SKTT dulu .. syaratnya ya KK dan ktp istri, surat permohonan copy dokumen wna ( paspor, kitap ( hanya KITAP yang bs ktp wna ), pasfoto 2×3 & 3×4 latar merah.. dan jangan Lupa STM dari kepolisian

  16. Ristan February 22, 2017 at 4:21 pm Reply

    Halo mbak,

    Mau sharing aja, minggu lalu petugas sudah datang survey ke rumah saya. Saya punya usaha rumahan, toko online, dan suami membantu. Kami bilang begitu saat petugas tanya2, lalu mereka bilang katanya aplikasi banyak yang ditolak loh, kadang dicurigai, dianggap tidak mampu jadi sponsor karena pekerjaannya dianggap tidak cukup menghasilkan, gitu2, dan juga karena yang tulis deskripsi hasil survey kan mereka, jadi pemilihan kata2 mereka juga menentukan. Saya iya2 aja, lalu mereka ga pergi2 juga, malah beberapa kali nanya apa suami saya bener ga punya usaha atau pekerjaan bebas lainnya.

    Terakhirnya minta uang walaupun secara halus, dan jumlahnya terserah katanya. Jadi baru kepikir, dari tadi bilang ini itu maksudnya supaya saya ngasih uang kali ya? Padahal kita sudah hadir dua2nya, bilang sejujur2nya, saya berharap tadinya ini petugas bersih eh taunya bukan. Kalo emang ragu penghasilan mencukupi, kan tinggal minta fotokopi rekening bank toh? Atau nanya rata2 penghasilan per bulan.

    Semoga deh aplikasi saya lancar, doain ya mbak. Buat temen2 lain, kalo sampe mengalami hal seperti ini, jgn takut sungkan trus merasa perlu ngasih banyak ya. Saya sih td ngasih dikit aja, walaupun ga ikhlas juga :/

    • siti February 23, 2017 at 11:46 am Reply

      wah mbak dimintai duit segala? di kantor imigrasi sendiri jelas jelas menjelaskan no PUNGLI ada twitter pengaduan dan nomor telp loh mbak.. harunya ga dikasih itu mendidik mereka..

      • Ristan February 23, 2017 at 2:22 pm

        Iya mbak, saya lagi mikir mau lapor, betul ga mbak lapornya langsung ke whatsapp yang disediakan dirjen imigrasi Ronny F Sompie yg seperti di website ini https://www.google.co.id/amp/news.okezone.com/amp/2016/10/18/338/1518042/dapati-praktik-pungli-warga-bisa-lapor-ke-nomor-dirjen-imigrasi?client=ms-android-samsung ?

        Waktu itu posisi agak membingungkan mbak, soalnya mereka bertiga datang ke rumah. Terus mereka nanya bolak balik, seperti ga mau pulang. Omongannya menjurus ke diterima/ditolaknya aplikasi saya itu tergantung tulisan mereka mengenai hasil survey, yg ditolak banyak, jadi nanya apa info yg saya kasih itu sudah benar sejujur2nya, bolak balik nanya yg mirip2 gitu deh, kaya mengulur2 waktu.

        Terakhir mungkin krn saya cuma iya2 aja, ngga nawarin apa2, cuma suguhin air putih, jadi 1 bapak bilang “krn kami sudah cape2 ke sini, kami harap ibu berkenan memberikan perhatian pada kami..”

        Saya tanya “maksudnya apa ya pak?”

        Bapak yg 1 lg menimpali “ya ini kan jam makan siang bu, kasih kami biaya makan, atau barangkali ibu sudah siapkan makan siang utk kami” semacem itu deh, saya lupa persisnya gimana

        Saya nanya “biasanya gimana pak?”

        “Ya terserah seikhlasnya ibu..”

        Trus temennya menimpali lagi “buat makan siang bu, ya tapi ibu ga usah repot-repot..”

        Saya masih bilang “jam makan siang mah uda lewat kali pak”

        Dijawab “ah ngga bu, biasa kita makan siang jam segini kok.”

        Gitu deh, terus terang saya waktu itu lagi sibuk kerjaan dan bener-bener speechless nih bapak2 ga tau malu, pantang mundur minta duit, blm lg kalo ga dikasih nanti bisa bilang belum survey dll, jadi tambah repot urusan keimigrasian ini.

        Tapi sekarang saya pikir2 ga bener juga kalo hal ini tidak dilaporkan ya, nanti keenakan ini oknum2 lolos2 aja. Saya tapi ga tau nama mereka, cuma kalo mau dicek sih kan bisa dari foto saya bersama petugas utk pengurusan kitap.

        Tadinya saya udah pede kalo kanim udah bersih mbak, karena di kantornya saya merasa pelayanannya baik. Ternyata begini. Teman saya juga mbak ngurus paspor rusak, tiap dateng ngurus diminta kue, oleh2, pake disms untuk ingetin bawa oleh2nya lagi.

  17. Ristan March 1, 2017 at 1:46 pm Reply

    Mbak Siti,

    Saya blm dicontact lagi dari imigrasi, terus saya baru ingat pas saya mengajukan aplikasi ke imigrasi (tgl 16 Feb), dikasih surat bukti, lalu sudah dicap tgl 3 Maret diminta datang kembali ke imigrasi. Saya coba telepon tapi tidak diangkat.

    Kalo gitu berarti tgl 3 maret saya langsung datang saja ya ke kanim?

    Mau nanya mbak, pernah dengar ga kasus yang di kanim/kanwil kumham/ditjen imigrasi ditolak kitap sponsor istri ini? Selama ini sih kitas 2 kali tidak pernah ada masalah, dan juga tidak pernah ada masalah hukum, dokumen juga lengkap. Tapi tetep deg2an aja.

    Makasih mbak, mohon doa supaya lancar ya..

  18. Ristan March 22, 2017 at 4:16 pm Reply

    Halo mbakk..

    Akhirnya kitap suami saya sudah jadi. Waktu itu suami saya perpanjang paspor dulu (ganti buku) karena masa berlaku tinggal 6 bulan. Mau praktis aja supaya cap ITAP dan MERP langsung di paspor baru, ga usah mutasi capnya pas ganti paspor.

    Eh taunya..pas permohonan ITAP, tetepp cap lama harus dimutasi dulu ke paspor baru dgn alasan paspor lama sudah tidak berlaku (karena sudah ganti yg baru). Padahal paspor dua2nya ikut ditahan. Kurang efisien karena mutasi cap ini saja perlu 1 hari, besoknya diminta balik lagi, ambil paspor baru dgn cap mutasi, lalu kasih ke loket utk permohonan ITAP.

    Setelah itu ada survey tempat tinggal, lalu saya kembali ke imigrasi sesuai tabggal yg diberikan saat permohonan kitap. Saya dikasih surat untuk ke menkumham dan dirjen imigrasi. Saya pergi sendiri ke menkumham, proses 3 hari baru dapet surat utk ke dirjen imigrasi.

    Seneng banget mbak, di dirjen imigrasi cuma kasih dokumen, tulis nama dan nomer telp, 5 hari kerja sudah akan dapat info lewat sms (tidak perlu ke dirjen imigrasi lagi) yang bisa langsung dikasih liat ke staf kanim untuk keperluan foto + biometrik. Pas suami saya malah 3 hari kerja sudah dapet sms persetujuannya, siang itu juga langsung pergi untuk foto. Lima hari kemudian sudah bisa datang ambil kitap.

    Skrg mau urus KK dan KTP WNA 🙂

    • siti March 23, 2017 at 5:58 am Reply

      mantap update terbarunya ya mbak ristan…

    • siti March 24, 2017 at 4:17 pm Reply

      mbak ristan bisa inbox or email saya nomor wa nya yahh

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

