Advertisements

Cerita serba serbi Ramadhan bule muslim di Indonesia


Chicken Curry from Mr Singh Kichen 085298994572

Chicken Curry from Mr Singh Kitchen 085298994572

Serba Serbi Ramadhannya MB 

Serba serbi kehidupan Muslim Bule di Indonesia, saat bulan ramadhan, banyak yang nanya ke saya, MB nya sahur ? buka puasanya bagaimana? Makanannya makan apa ? baiklah kita buat sedikit prolog nya. MB itu sudah menjalani ritual puasa sejak maenjadi muslim di tahun 2005, jadi momentum ramadhan bagi dia di Negara Islam seperti Indonesia adalah anugerah terindah dalam hidupnya, pernah hidup di Dubai selama 2010-2012 itu juga momentum indah dapat ramadhan di Negara Muslim, jadi menjalani kewajiban puasa  bukan sesuatu yang berat buat dia, malah lebih mudah kalau di Indonesia kan puasanya berjamaah, karena penduduknya mayoritas berpuasa.

Kalau kami,  sahur bersama, berdua, menunya simple simple, buat si bule, karea dia tak suka makan nasi putih dia lebih senang makan nasi berwarna, alias nasi goreng berbumbu,  atau mie goreng yang istilahnya easy one pot meal. Beda sama kita kita yang makan ada nasi, ada sayur, ada perkedel ada saus ada telur dll. Itu mah boros, boros waktu boros buatnya.

dewaweb-728x90

Jadi puasa perdana kami makannya mie goreng, sedang saya tetap nasi putih dan lauk nya, lauknya sederhana ada telur atau nugget dan ada udang,  kalau MB mie goreng di kasih nugget dan dikasih sayur dikit asal versi jumbo , tahu sendiri versi orang bule berbobot 100 kg kan, kalau beli ayam 1 ekor di potong potong nah itulah jadinya hanya sekali makan berdua kita sudah habis padahal kalau untuk ukuran menu perut Indonesia tuh ayam bisa di potong potong sampai dimakan 3-5 hari pake ngirit dan nasi dibanyakin.

dewaweb_promo_04_728x90

Mau dikurangi porsinya nanti MB nya lemas dan sakit jadi tetap harus provide gizi yang baik,  ya resiko yang jadi hosted hahahah……….. kemudian untuk minumannya MB selalu minum kopi sachet, sisa panaskan air, terus tuang itupun dia buat sendiri, kalau saya mau buatkan dia tak mau..hahah alhamdulilah sekali ya. Beban berkurang. MB pakai gelas yang sama berkali kali setiap selesai dipakai di cuci dan dipakai lagi, sendokpun demikian, garpu juga garpu yang sama,  haha kecuali piring ya ambil piring yang ada, jadi gak pakai ribet memang. Sudah terbiasa efiesien.

Menu Bukber Manatao Nugget hahah

Menu Bukber Mantao Nugget+ Ebi hahah

Kalau menu berbuka puasa, si MB buka puasanya sama teman temannya di masjid dekat rumah, bukber nya mereka seperti biasa ta’jil  berupa panada ( pastel ) jalangkote, kue manis, teh manis atau kopi, saya sendiri sangat jarang berbuka di masjid bahkan tak pernah masa ibu ibu ikutan yang banyak itu anak anak sama bapak bapak, kapasitas masjid belakang rumah itu kecil kok, shaf cowok bisa tiga line itupun sedikit 1 shafnya maksimal 20 orang. Shaf cewek juga begitu, terbayanga kan  masjidnya imut imut sekali. Makanya MB sangat senang di komunitas disitu, kompleksnya kecil ada masjid ada sekolah / PAUD nya disamping masjid, dan semua orang akrab. Hal yang tak akan di dapatkan di Amerika sana. Kekeluargaan, tiap bulan kami ada pengajian dan pasti ada kumpul kumpul makanan sederhana, kadang ubi rebus, jagung rebus, bubur, sop ayam dll. Istri uztad di masjid sangat aktif dan warga disana memang kompak. Hal yang tak mungkin mudah kami temui di komunitas kompleks yang lain.

Kadang order Siomay dari teman Perca juga

Kadang order Siomay dari teman Perca juga

So balik lagi ke menu berbukanya MB, setelah bukber di masjid nah MB akan pulang ke rumah, kalau saya pada bulan Ramadhan pulang kantor jam 4,  jadinya saya sudah buru buru pylang di jam 5 an kalau saya tak terjebat macet tak jelas sudahd irumah dan prepare, biasanya Cuma siapkan minuman buat saya, makanan ya, puasa pertama masak nasi goreng buat MB pakai telur sama nugget, terus saya tambah lagi mantao saya kukuskan dibelah dikasih nugget sama sayur.

Dan itu habis, semua alhamdulilah sebenarnya MB ini typical bule merakyat  selera makannya sangat sederhana, asal nasi diwarnain, kasi sossis goreng alhamdulilah dia sudah senang. Apalagi kalau dikasih makanan menu menu timur tengah kayak roti canai, kari ayam wahhhhhhhhhh itu sorga  lidahnya MB, di hari ke empat baru deh kita order khusus dari Ayam Kari khas India dari Mr Singh Kitchen, kalau ada yang minat bisa open order kesini yah, gambarnya bisa dilihar dibawah. Rasanya enak terdiri dari 4 poting ayam dan 4 roti prata, kalau saya colek colek bumbu kari saja dengan prata nya sudah sangat enak, tak pedas tapi bumbunya menyerap. Dan enak 4 potong ayam buat mr big semuanya 2 buat buka puasa dan 2 nya untuk sahur hanya Ro 60k J murah dan kualitas enak deh. Mau order ? khusus buat Makassar area saja ya silahkan order di Chicken Curry from Mr Singh Kitchen 085298994572

Terus menu buka selanjutnya  ya seperti biasa, saya beli ebi furai, nugget ikan, soalnya kenyataanya MB ternyata tak terlalu suka ikan, dia lebih suka ayam dan daging, setelah diet vegetarian kemarin ternyata dia jadi loyo nampaknya kalau dia mau diet full jadi vegetarian saya harus full support, mengurusi diet makananya sedangkan saya terbatas secara harus kerja juga.

Minumnya? Wah mrbig tak perlu es buah, cukup air putih saja dan kopinya dia sudah sangat bahagia, kasih  yang manis manis saja dia tak suka, bule tak suka kue kue manis, kayak kolak , es buah dll. Simple kan dia nya tak perlu pusing cari menu buka di pinggir jalan.

Agar kondisi puasa MB tetap fit saya tetap belikan multi vitamin, dan semaksimal mungkin masakan yang di rebus, sebisanya lah ala kadarnya. Jadi kalau ditanya menu orang bule kalau puasa gimana? Yaaa bukber nya ikutan di masjid dan makannya, yaa nasi goreng, mie goreng,kwetieauw, bihun, pasta, nugget, tak pusing lah.

Yang ribet kadang kalau dia kangen makanan bule nya, dia biasa bilang “lelah dengan makanan disni” ya saya bilang silahkan buat sesuai keinginan di kulkas ada kan bahannya kalau tidak ayoo ke supermarket kita belanja bahan buat apa yang dia mau buat, ekh ujung ujungnya dia juga udah malas, terus jadinya biasanya biar dia juga bisa mengobati kangen makanan makananan kebarat baratan sedikit kita ke café lah  dan dia akan makan dengan lahapnya. Terus aku fotoin dan kirim ke mami nya.. puas deh bilang “mam anakmu sudah sangat happy nih kasih makan makanan kesukaannya “ hahahhah begitulah suka duka bersuamikan wna dan tinggal di Negara istri, dan serba serbi ramadahan bagi muallaf, bule muslim di bulan Ramadhan di Indonesia.

Periode 1-10 hari ramadan bagi MB adalah berat masa penyesuaian dan undangan buka puasa masih kurang,  namun memasuki hari 11-25 ramadhan itu sudah full booking acara di hotel  dan resto, saya saja dalam sehari ada 2 acara di kantor dan undangan klien kantor, acara buka puasa di Hotel Novotel sampai makan berulang ulang haaha paling suka menu tadi adalah kebab nya, yang lainnya standard saja, terus jam 7 diajak bos memenuhi undangan salah satu bank yang juga sedang buka puasa bersama team mereka dan acaranya hotel baru di makassar HOTEL GAMMARA yang artinya sparkling asal kata bahasa asli makassar.Cuma icip minuman tadi ikutan basa basi maklum saya ini hanyalah pengawal bos bos lah yang selalu bicara sama bos. Terus MB hari ini buka berdua sama sahabat nya Mr Irshad from Pakistan, soulmatenya di Makassar. Mereka udah janjian bukber dari beberapa waktu lalu. Jadi baru setelah sama sama bukber jam 8 malam saya baru pulang ke rumah, tarwih absen deh malam ini dan MB juga sudah pulang dari masjid. Jadi kami dalam 10 hari kedepan akan banyak mengisi acara bukber masing masing dan ada juga yang bersamaan. So acara masak masak untuk buka sudah lewat dulu sisa buat sahur saja nanti. Irit deh heeheh…. demikian cerita MB dan saya melewati Ramadhan ke 4 kami bersama.

Semoga menjadi gambaran buat para calon pelaku nikah campur untuk prepare dari sekarang ……………..Prepare apa nya? prepare mentalnya 🙂

Selamat berpuasa dan selamat menjelang berbuka ya dari kami J

BANNER FREE MEMBER

Kisah lain kehiduan MB di Indonesia bisa di baca disini atau kisah nya sebagai bule kajili jili disini dan komplain si bule tak mau di panggil bule, jadi  nya dipanggl pakle heeheh   🙂

Advertisements

Tagged: , ,

4 thoughts on “Cerita serba serbi Ramadhan bule muslim di Indonesia

  1. titintitan June 16, 2016 at 2:51 am Reply

    waah, suka bgt kopi ya mbak? 😀

    jadi inget, saya kmaren mlm minum kopi ga bisa tiduuur –‘

    • siti June 16, 2016 at 4:52 am Reply

      iya sehari bisa mnimal 3 gelas…

  2. Sekar June 22, 2016 at 7:43 pm Reply

    semoga jadwal bukbernya nggak mengganggu 10 hari terakhir ya mbak hehe. Waktu-waktu sakral buat ibadah 🙂

    • siti June 23, 2016 at 9:09 pm Reply

      iya mbak…semoga… karena makin ke ujung ramadhan nampaknya semua makin super sibuk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: