Pengalaman menggunakan kartu asuransi sinar mas di RS Grestelina Makassar


Lobby & Reception RS Grestelina Makassar

Lobby & Reception RS Grestelina Makassar

Beberapa bulan lalu, di kantor saya terjadi pergantian provider asuransi, untuk yang lama kami pakai axa mandiri, sedang tahun 2016 ini berpindah ke sinar mas, setahun lalu saya banyak menggunakan alias menggesek dengan kartu Axa Mandiri dan pernah menggunakan di beberapa rumah sakit, jika ada waktu akan saya ulas juga.

Kali ini percobaan trial menggunakan kartu baru dengan provider baru, dari sisi promosi sih kami dengar ini lebih baik, untuk klaim dari dokter gigi yang pernah saya tulis disini sudah dibayarkan oleh Sinar Mas di 7 hari kerja.Ada beberapa perbedaan yang saya rasakan dari provider asuransi yang lama, kalau yang lama verifikasi email yang cepat, jika ada dokumen kurang langsung di email jadi kita tahu tracking reimbursement kita dimana permasalahannya kalau yang baru ini harus pro aktif,  dan telpon petugasnya.

Instalasi Gawat Darurat RS Grestelina Makassar

Instalasi Gawat Darurat RS Grestelina Makassar

Nah itu untuk permasalahan claim reimbursement sekarang kita sharing bagaimana pelayanan dirumah sakit Grestelina Makassar, jl Hertasning, untuk pasien yang menggunakan kartu asuransi Sinar Mas. Kisahnya berawal dari MB yang pulang dari English Camp di jam 10 malam lewat, tanpa senyum seperti biasa mukanya serius, sampai di dalam rumah setelah parkir motornya dia bilang “ayo bantu saya mau ke rumah sakit sekarang” beihhhh saya panic namun terdiam, langsung berdiri, saya bilang kamu sakit apa? Dan dia bilang dia akan  tuliskan summary nya di catatan dan intinya mala mini kita ke rumah sakit sekarang.

MB sedang  pemeriksaa tensi /tekanan darah

MB sedang pemeriksaa tensi /tekanan darah

MB sedang direkam jantung

MB sedang direkam jantung

Tanpa melihat sana kemari lagi saya langsung masuk kamar ganti baju, ambil tas, masukkan beberapa potong roti ( masih ingat makan soalnya takutnya parah sekalian sahuran disana) saya ambil charger, power bank, buku, minuman, jaket, terus periksa dompet, kartu dan asuransi MB semua komplit, MB pun dengan santai  mengambil tas selempangnya, saya sempat bilang apa perlu bawa travel bag jaga jaga dia bilang tak usah, memang perempuan kadang lebay yahhh …

Tepat pukul 11 lewat 5 kami sudah diatas mobil meluncur ke rumah sakit, saya beri tiga pilihan mau rumah sakit siloam, yang rada alatnya canggih dan baru tapi mahal dan jauh di kawasan Trans Mall ( sekitar 10-15km dari rumah ) atau RS Awal Bross,  lokasinya masih lebih dekat  ( sekitara 9km ) atau ke rumah sakit Grestelina ( hanya 6 km dari rumah ) . Si MB langsung jawab ke Rumah Sakit Gresetllina saja. Sudah dalam hati saya was was dan berdoa semoga MB tak kenapa kenapa.  Jalan raya Makassar saat ramadhan sangat ramai,  saya berasa menyetir mobil di jam 7 malam padahal sudah jam 11.15, malah jalanan masih ramai sekali dan penjual sedang lagi sibuk sibuknya berdagang di pinggir jalan.

Tak lama sudah masuk ke area parkiran Rumah Sakit Grestelina, langsung parkir di halaman depan karena parkir lengang, nampaknya pasien UGD sepi. Saya langsung masuk bersama MB ke Instalasi Gawat Darurat dari pintu depan, lalu masuk lagi ke jejeran ranjang pasien berwarna putih tampak ada pasien yang jarinya lagi luka di jahit sama beberapa perawat dan saya pun langsung di persilahkan duduk , MB langsung tiduran di salah satu ranjang dan langsung salah satu dokter muda datang menyapa dan bertanya saya keluarkan catatan sakit nya MB.

Gejalanya dia suka pusing kepala, tidur tak nyenyak kadang suka bangun tengah malam, tangan berkeringat dan kadang nyeri dada. Wah dokter langsung periksa tensi nya, normal 110/70 terus petugas datang bawa alat rekam medic buat jantung.

Lalu saya disuruh registerasi pasien dulu di meja receptionist di meja lobby sementara MB di periksa jantungnya.  Karena tak ada antrian saya langsung setor kartu, mereka cek,  hanya berselang tak sampai 10 menit sang petugas sudah berhasil verifikasi kartu nya ke kantor sinar mas. Tumben cepat yahhh biasanya kalau siang dan padat lama nian.

Setelah dikasih map dan berkas berkas struk saya kembali ke IGD tadi, saya serahkan berkas ke pak dokter dan Hasil rekam medic jantung sudah ada. Kata dokternya Jantungnya baik baik saja, tensi darah juga normal.

Akhirnya dokter menyarankan ke dokter special neurologi saja ke esokan harinya biar lebih detail, kami hanya dikasih vitamin dan obat anti nyeri.MB tetap disarankan puasa, makan obatnya ya saat buka dan sahur.

Kira kira sekitar 20 menitan di dokter iGD, resep pun diberikan saya sama MB kembali ke lobby disana ada apotik pengambilan obat. Saya berikan resepnya tanda tangan 2 berkas, disuruh duduk menunggu obat di bagian apotik, sekitar 15 menit kemudian saya dipanggil ke kasir untuk mengambil kartu asuransi MB dan saya ke kasir apoteker mengambil obat MB tanda tangan lagi 2x. Saya perhatikan struk biayanya total Rp 249,2000 kesemuanya. Obatnya tak sampai 50k, yang mahal tadi pemeriksaa IGD dan mungkin rekam mediknya.

header niko 728 x 90

Selesai deh, saya kembali ke rumah dan dalam perjalanan pulang masih ramai sekali berasa masih sore, MB pun kelihatan tenang dan santai, PR kami berikutnya mau ke cek darah dulu semoga LDL alias kolesterol jahat tidak tinggi, berdasarkan medical check up akhir tahun lalu, kesehatan MB semua baik.Nanti sebelum liburan mudik pulang kampung saya akan sempatkan bawa ke dokter neurolog biar detail soalnya kalau Cuma dokter IGD masih blur. Semoga sih bukan sesuatu hanya penggugur dosa dia yang suka keras kepala dan buat drama.

Struk pembayaran gesek kartu asuransi Sinar Mas

Struk pembayaran gesek kartu asuransi Sinar Mas

Summary kecepatan layanan kartu sinar mas mencengangkan juga karena saya datang di saat off peak pastinya coba datang di jam kerja yang verifikasi agak lama.Tapi semoga sih walau jam kerja nanti kalau berobat pakai kartu sinar mas tetap lebih cepat dari apa yang saya perkirakan selama ini. So far sangat bersyukur masih diberi anugerah rezeki punya asuransi, terbayang kalau mesti bayar cash terus, buat gigi, buat dadakan tengah malam seperti tadi malam. Saya sampai panic sekali dalam perjalanan kesana terbayang saya harus jaga MB sementara saya juga harus kerja. Lebay.com memang.

BANNER FREE MEMBER

Bagi yang mau  info terkait kesehatan bisa ke :

  1. Medical Check up di Prodia
  2. Klinik Gigi terjangkau di Makassar
  3. Episode pernah sakit ini
  4. Episode di rumah sakit siloam part 1
  5. Episode Ultah di rumah sakit
  6. Episode di rumah sakit part 3
  7. Hikmah sakit 
  8. Cerita klaim asuransi kesehatan AXA MANDIRI
Tagged: , , ,

2 thoughts on “Pengalaman menggunakan kartu asuransi sinar mas di RS Grestelina Makassar

  1. Binibule.com [Tjetje] June 28, 2016 at 6:58 am Reply

    Semoga MB cepet sembuh ya.

    Ketika di Jakarta aku menggunakan asuransi AXA, layanannya cepet dan gak repot. Tinggal bawa badan sama kartu aja.

    • siti June 28, 2016 at 8:21 am Reply

      terima kasih mbak, aku juga pengguna AXA Mandiri setahun, selalu lama kalau pelayanannya pasti lama di verifikasinya, kalau claim reimbursement cepat axa..

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

