Advertisements

Cap Permanent Stay dan Re Entry Permit di paspor WNA


Contoh cap Permanent Stay ( ITAP ) dan Re Entry Permit nya

Contoh cap Permanent Stay ( ITAP ) dan Re Entry Permit nya

Cap Permanent Stay / ITK/ITAS/ITAP  & Re Entry Permit

Menjadi salah satu pelaku pernikahan campuran membawa kami tak bisa jauh dari urusan birokrasi tiap tahunnya, tentunya polemik dan warna dunia pernikahan campuran di berbagai negara ternyata kurang lebih sama masalahnya, Hidup di Indonesia ternyata kadang jauh lebih mudah birokrasinya, bisa dibaca kisah ragam masalah di dunia perca dari berbagai belahan dunia.

Contoh Cap Permanent Stay / ITAP dan masa berlaku serta Cap Re Entry Permit nya

Contoh Cap Permanent Stay / ITAP dan masa berlaku serta Cap Re Entry Permit nya

Episode untuk kami setelah mengurus izin tinggal baik sementara mau pun tetap, bergulat dengan alih status dari ITK ( izin tinggal kunjungan ) menggunakan visa sosbud menjadi Izin tinggal sementara alias ITAS di tahun 2013, lalu di tahun 2014 memperpanjang ITAS menjadi ITAS kedua tetap berlakunya Cuma setahun, kemudian di tahun 2014 memperpanjang lagi ke ITAS  jadinya saya sebutnya ITAS  ketiga berakhir di tahun 2015 lalu, seharusnya dari tahun lalu sudah bisa alih status ke ITAP alias Izin tinggal Tetap, namun karena kesibukan saya yang lebay jadi lupa proses alih status, terpaksa perpanjang KITAS lagi sampai 2016.dewaweb_promo_04_728x90

Alih status ITAS ke ITAP Baru berhasil di eksekusi tahun ini, alhamdulilah, prosesnya 59 hari, menghabiskan budget 5.3 juta. Dalam setiap ITK atau ITAS atau  ITAP selalu di beri cap di paspor WNA dengan tertera nomor ITAS/ITAP dan masa berlaku dan tanggal dimulai berlakunya. Di capnya akan tertulis “Permanent Stay”  dan lengkap dengan validitas tanggal sampai masa expirednya. Kalau ITAP berarti masa lima tahun kalau ITAS Cuma satu tahun.

Lalu jangan lupa karena sejak aturan bahwa setiap izin tinggal baik sementara atau  tetap itu sudah dibundling alias dipaketkan sama Multi Re Entry Permit atau Re Entry Permit nya, dulu masih bisa pilih mau paket 6 bulan, 1 tahun dll, sekarang setiap pengajuan KITAS atau KITAP wajib di paket kan dengan Re entry Permitnya kalau KITAS ya Re Entry Permit nya setahun juga, kalau ITAP karena masa berlaku 5 tahun berarti Re Entry Permit nya maksimal harus di paketkan, untuk Re Entry Permit maksimal itu 2 tahun jadi saat pembayaran KITAP saat apply sudah bayar untuk ITAP 5 Tahun dan ditambah MERP nya itu 2 tahun, MERP 2 tahun itu  tariff nya Rp 1,750,000. Masih sama dengan tariff yang saya posting disini.

dewaweb-728x90

Jadi perlu di ingat untuk selalu mengecek apakah stamp/cap nya ada,  ketika WNA sudah di setujui permohonan visa dan ijin tinggalnya maka yang di cap adalah di paspor nya, akan ada cap ITK atau ITAS atau ITAP dengan label seperti digambar dibawah ini beberapa contoh stamp ITAP dan masa berlaku nya dan selalu dilengkapi dengan Re Entry Permit alias Izin Masuk kembali yang juga ada masa berlakunya, jangan ada drama gara gara lupa apply Re Entry Permit seperti kisahku disini.

Jika ada yang lupa stamp silahkan kembali ke kanim karena itu wajib tetap di stamp karena kalau tak a da capnya bisa bermasalah di imigrasi saat masuk kembali ke Indonesia.Untuk kasus ITAP yang masa lima tahun periode nya sedangkan Re Entry Permit hanya maksimal 2 tahun berarti ketika Re Entry Permit nya habis berarti apply lagi di kanim untuk 2 tahun berikutnya lalu nanti terakhir apply  yang re entry permit 1 tahun. Rada ribet sih ya tapi maksimal Re Entry Permit kan maksimal Cuma 2 tahun jadi di sesuaikan dengan masa berlaku dari KITAP

Re Entry Permit atau Multi Re Entry Permit sama saja, pernah saya bahas disini.

Jika mau tahu beberapa detail informasi birokrasi pernikahan campur bisa di lihat dibawah ini :

Semoga bermanfaat dan salam birokrasi 🙂

BANNER FREE MEMBER

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: