tips buat berobat ke poliklinik RS Siloam Makassar


Nomor antrian salah di awal, sebelum berada di jalan kebenaran

Nomor antrian salah di awal, sebelum berada di jalan kebenaran

Tutoril rawat inap / rawat jalan di rumah sakit  Siloam Makassar 

Tadi lumayan dapat cobaan antri lama sekali di bagian pelayanan rawat jalan di rumah sakit siloam, Makassar, sangat berbeda dengan beberapa kisah saya sebelumnya karena kurang strategy dan lengah hahahaha. Namanya juga manusia bisa lelah bertanya juga….

Sebenarnya salah saya sendiri, karena salah menyentuh  tombol saat pengambilan nomor antrian. Biar kalian yang mau melakukan hal yang sama mau rawat inap kek, mau rawat jalan, pakai jaminann asuransi atau non jaminan perhatikan deh step step dari saya bisa tak sia sia waktu berharga kalian.

Langkah langkah buat daftar  rawat jalan / rawat inap di rs siloam Makassar ( karena tkp nya disitu tiap rumkit beda rule of the game nya yahh )

  • Telpon dulu call centre nya sekarang ingat pakai nomor ini 0411-3662900 anda akan di hubungkan dengan mesin penjawab silahkan tekan sesuai yang di instruksikan mbak mesin penjawab, kalau tak salah tekan 2 maka akan diarahkan ke 1500181 itu khusus buat pasien rawat jalan, silahkan Tanya jadwal dokter yang mau ajak kencan ekh maksudnya di silaturrahmi ada praktek pagi, siang sore dan malam. Saya pilihnya tadi jam 10 pagi, saat telpon masih jam 9 an pagi. Kebetulan dokter yang salah satunya nanganin MB ada masuk jam 10 dan yang satunya lagi libur lebaran ke eropah, pak dokter tak tanggung tanggung di fb lagi update status lagi di UK.Jaman sekarang engagement antara pasien dan dokternya harus tebal bondingnya, MB aja sama pak dok sudah berteman di FB warbiasaah yaa.. sama wa – an segala mereka berdua. Eike ketinggalan cin..
  • Datang tepat waktu karena di hari hari sibuk alias jam kerja ternyata lobby rumah sakit bisa jadi kayak pasar senin kamis di kampung saya, penuh sesak sampai bingung saya mulai dari mana.
Monitor pengambilan nomor antrian, jangan salah pencet yahhh bisa fatal

Monitor pengambilan nomor antrian, jangan salah pencet yahhh bisa fatal

  • Langsung ke mesin antrian depan lobby seblah kiri kalau mau naik tangga lantai 2, nah di layar monitor ada 4 kotak tertera A, B, C D memang ribet sih istilahnya makanya di atas lubang pengambilan kertas antrian ada keterangan tambahan A REGISTERASI PASIEN, B PENGEMBALIAN BERKAS ( ini kan mudah dipahami) , tapi kalau lihat monitornya agak bingung jadinya, jangan salah kayak saya yahh fatal akibatnya, Kotak A tulisannya REGISTRASI JAMINAN  ( ini berlaku bagi yang pakai kartu atau asuransi yang sudah bekerja sama dengan siloam grup ya,  dan ini wajib di touch bagian A ini jika baru mau daftar pasien buat  rawat jalan intinya pake asuransi bukan bayar cash ) Kotak B bagian bawah kotak A VERIFIKASI PENUNJANG JAMINAN RAWAT JALAN ( ini setelah udah ketemu dokter balik lagi kesini buat  selesaikan verifikasi dan gesek kartu asuransi nya karena sejak registerasi kan kartu asuransi mereka keep ), kotak C sejajar kotak A Tulisannya RAWAT JALAN NON JAMINAN ( Nah ini yang masuk berobat disini tapi pakai duit cash mau debit or kredit alias bukan dibayarkan asuraNsi) saya salahnya sudah antri diawal tekan C ini untung sebelum lama terpuruk antri saya nekat bertanya ke reception apakah antrian saya sudah benar alhasil saya ditanya ulang pake duit cash or pake kartu ternyata saya salah, akhirnya langsung tekan A antrilah saya dengan 12 nomor di depan saya. Lama yahhh… terus Kotak D bagian kanan bawah itu RAWAT INAP
  • Setelah registerasi kartu asuransi dapatlah map bening berisikan surat pengantar buat kedokter kesayangan, untuk layanan dokter saya kebetulan masih di polikklinik lantai 1 bagian sebelah kanan reception, saya serahkan berkas ke suster dan saya disuruh menunggu di ruang tunggu khusus. Di RS Siloam Makassar poliklinik juga ada di lantai 2.
  • Karena dokter nya masih visit pasien rawat inap saya sama MB menunggu deh depan ruangan dokter setelah 30 menit lebih akhirnya ibu dokter nongol juga, kami masuk deh dan MB di periksa sebentar tukar kartu nama dan dikasih resep deh setelah diskusi a lot sama MB.
  • Hanya 10 menit diruangan dokter saya keluar ke bagian resep obat, serahkan resep di beri antrian nomor 33 kalau ini enak sisa duduk manis lihat layar kan sisa ambil.
  • Sembari antri obat, saya kembali ke reception buat pengembalian berkas buat verifikasi jamianan dan gesek kartu asuransi, salah saya malah pencetnya A lagi bagian registerasi pikiran saya kan mau ke bagian asuransi perusahaan. Saat ambil antrian nomor saya ditangan 63 sementara antrian berjalan itu masih 40 an. Dengan percaya diri saya ambil itu nomor antriannya dan duduk dekat bagian pengambilan obat. Biar saya bisa tatap dari jauh monitor antrian saya di bagian reception.

dewaweb_promo_04_728x90

  • Hanya butuh 20 menit di bagian prescription alias apotik nomor saya 33 sudah naik di monitor, obatnya Cuma strip saja. Saya cek harga obatnya 100an ribuan lebih mahal biaya konsultsi dokternya 190k  udah include adminitasrasi rumkit.So total 350an ribu deh. Itu semua masih ditanggung asuransi ( terima kasih sinar mas ).
  • Saya mulai gelisah antrian saya mulai 11.30 sebelum dhuhur, sampai jam 1 lewat akhirnya nomor saya mulai mendekati. Dan akhirnya di pukul 1.45 siang nomor saya 63 dipanggil saya langsung ke bagian A counter asuransi perusahaan dan ternyata saya salah ambil nomor antrian harusnya B, jadi deh saya mundur dan pencet layar bagian B keluarlah nomor 55. Dan anntrian yang dilayani baru 44. Ad 9 orang di depan saya dan bagian verifikasi adalah bagian terlama dalam dunia persilatan maksdunya dari dunia kunjungan ke dokter / klinik dengan asuransi. 1 pasien bisa makan waktu 30 menit untuk verifikasi.
  • Akhirnya saya sama MB hanya terduduk depan reception sambil utak atik hape, ada teman saya dari perusahaan lain yang lagi antri juga dari jam 12 daftar baru jam 1.30 baru dilayani. Jam 2. 15 akhirnya nomor saya 55 di panggil dan perkiraan di verifikasi sekitar 25 menitan akhirnya kartu asuransi MB dan struk pembayaran di serahkan ke saya . Kata suster sudah selesai sudah bisa pulang.
Tambahan keterangan di nomor antrian yang lebih simple

Tambahan keterangan di nomor antrian yang lebih simple

Total waktu buat rawat jalan pakai asuransi sinar mas di jam kantor khususnya hari senin saat pasca liburan lebaran sangat padat merayap. Tiba di rumkit jam 10.15 dan balik dari rumkit hampir jam 3 sore. Sekitar 4 jam waktu habis, karena salah ambil antrian. Dan tak bertanya pula, lain kali Tanya petugasnya apakah lembaran antrian sudah benar apa salah ya..Untung saya masih cuti coba kalau korupsi jam kerja bisa berabe ………….!Sempat saya lihat ada ibu ibu senior dikantor di drop pakai mobil logo kantor dan naik ke poliklinik lantai 2. Dan saat diparkiran si mobil merah masih disana menanti saya rasa ibu senior masih antri juga berobat. Padahal dari jam 12 juga beliau tiba, Cuma sangat disayangkan banyak orang suka korupsi waktu pakai fasilitas kantor buat ke dokter kecuali urgent sekalian naik taksi kek, gojek kek, masih pakai mobil kantor buat urusan pribadi, memang manusia manusia sekarang banyak yang mengalamai degradasi moral, mentang mentang masih banyak yang cuti dan bos bos masih pada liburan jadi memanfaatkan momentum. Semoga ibu itu lain kali punya dignity buat tahu mana alokasi pribadi mana buat alokasi kantor ya…amin YRA…

BANNER FREE MEMBER

So demikian tips tips buat berobat  ke poliklinik  RS Siloam Makassar  tidak butuh waktu berjam jam kayak saya tadi, sesuai update  informasi hari ini 11 July 2016

Untuk update info terkait kesehatan dan pengalaman berobat bisa dibaca di beberapa postingan dibawah ini :

 

Tagged: , , ,

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

