Advertisements

Cerita mudik lebaran / Idulfitri 1437H/ 2016


Ikan bandeng cinta Irfan #Abaikan cincin MB yahh hahah!

Ikan bandeng cinta Irfan #Abaikan cincin MB yahh hahah!

Cerita mudik lebaran/ idul fitri 1437 H/2016

Sejak MB tinggal di Indonesia ini adalah lebaran yang ke empatnya, karena kami menikah menjelang ramadhan di tiga tahun lalu. Tapi karena saking sibuknya tiap lebaran akhirnya tak ada cerita yang ditorehkan disini, padahal foto foto ada ribuan di setiap momen perjalanan kami kemana saja. Semoga nanti ada waktu untuk menuliskan semua kisah lebaran 2013, lebaran 2014, lebaranan 2015 dan tahun ini. Yang sempat tertorehkan hanya kisah idul adha tahun lalu yang di warnai musibah. 

Saya sempat ragu akan  bisa lebaranan dikampung seperti biasa, karena ada nya kasus MB masuk rumah sakit di H-4 lebaran, ternyata alhamdulilah di hari ketiga sudah bisa pulang dan saya masih sempat pulang ke rumah dan putuskan keesokan harinya kami tetap mudik.

Perkenalkan Our Big Family, tak besar besar amat kok!

Perkenalkan Our Big Family, tak besar besar amat kok!

Mudik? Ya biar Cuma 210 km dari rumah orang tua saya, tetap saja saya katakan itu mudik hahahaha, seumur hidup saya sampai usia sekarang untuk perayaan idul fitri selalu bersama orang tua, kecuali seperti kisah idul adha tahun kemarin. Karena libur Cuma sehari ya terpaksa kita lebaran idul adha di Makassar saja itupun kita telat ke masjid dan terpaksa solat di tengah jalan raya.

dewaweb_promo_04_728x90

Jadi H-1 lebaran tepat selesai solat subuh akhirnya kami start dari rumah, karena MB masih kurang fit ya saya tetap jadi super hero alias supir dengan harapan  kita cepat sampai dan aman dari segala masalah di perjalanan . Cara nyetir wanita lebih halus dari pada pria, perlu di ingat cara saya menginjak gas saja beda, kalau cowok cowok biasanya asal pencet aja wuzzz wuzzz jadi kalau ada tanjakan berasa terbang. Jadi saya lebih damai saya yang nyetir karena tak mau tragedi kaca spion terjadi berulang.

Kita Cuma berdua, karena ada spupu yang mau ikutan tapi masih harus masuk kerja setengah hari dan kami tak mau kena macet di area jalan ke bandara. Lewat  jalan toll saja bisa macet jaman sekarang.  Tancap gaslah saya dengan elegant, kami selama perjalanan tak singgah sama sekali, sebenarnya pengen singgah di masjid terapung di Kabupaten Barru tapi entah kenapa kok saya tak melihat masjid ini, jadinya masuk kotamadaya pare pare tempat kelahiran Presiden RI Ketiga bapak BJ Habibie, kami singgah sebentar di pinggir pantai.

BANNER FREE MEMBER

Lalu lanjut tancap gas, tepat pukul 11 siang akhirnya saya tiba di bawah kolom rumah orang tua di kampung.  Si MB sih santai saja tiduran walau posisi kurang nyaman dengan body super big duduk jok depan bakalan kurang nyaman.

Sampai rumah ortu langsung deh kita buat ketupat, kebetulan kakak saya sedang mau masak ketupat dan opor ayam. Kita bersenda gurau sembari buat anyaman ketupatnya. Saya saja sudah lupa lagi dulu saya masih bisa. Lalu lanjut ngesot di dapur bantu ibu beberes.  Sayang ada kakak sulung saya dan keluarganya tak datang dari Ambon lebaran kali ini padahal harusnya dia bawa istri dan kedua anaknya.

Ini baru rumah impiran, halaman luas... hijau sekeliling, disinilah saya lebaranan tiap tahun

Ini baru rumah impiran, halaman luas… hijau sekeliling, disinilah saya lebaranan tiap tahun

Hari H, solat ied di masjid yang jaraknya  50 meter dari rumah, MB seperti biasa dengan long dressnya, jam 8 pagi sola tied selesai balik rumah dan salam salaman, baru deh MB meneruskan tradisi dari beberapa tahun lalu saya hobby nukar uang baru buat anak anak dekat rumah, tak banyak sebenarnya uang 2 ribuan baru aku tukar 300 ribu, nah jumlah anak anak yang datang kan lumayan banyak, sempat juga dua tahun lalu saya tambah dengan hadiah kecil kayak pensil, balpoin, terus tahun lalu sempat beli main-mainan kecil dan pakai undian segala jadi setiap anak mengundi dan membuka kertas baru saya list ahhahah niat banget yaa saya nya waktu itu, kalau tahun ini sudah tak sanggup deh, saya Cuma nukar duit saja itu pun sesempatnya.

Kenalkan, saya Qilah, cucu kesayangan dan ponakan kesayangan, salah satu yang membuat kangen pulang

Kenalkan, saya Qilah, cucu kesayangan dan ponakan kesayangan, salah satu yang membuat kangen pulang

Dan MB agak keras tahun ini seleksinya masa semua anak yang mau dikasih harus ngaji dulu, kalau masih kecil suruh baca alfatihah kalau sudah kelas SMP wajib surat pendek lainnya. Makanya anak anak jadi takut dan hanya sedikit tahun ini mendekat, Dulu banyak sekali.

Uncle, look at me !! Itu kata qilah...

Uncle, look at me !! Itu kata qilah…

Anak anak itu agak takut sama MB karena dia kurang friendly kayak saya, anak anak yang dulu umur 5 tahun sekarang sudah 15 tahunan ada yang sudah beranak pinak.

Terus agak siang menunggu tamu tamu bapak saya datang  terus makan siang sama sama terus keliling ke belakang rumah ke tetangga tetangga.

Salah satu tujuan destinasi  buat wisata pantai untuk makan ikan bakar tak jauh dari rumah orang tua

Salah satu tujuan destinasi  di kab Pinrang ( Pantai Wisata Bahari ) buat wisata pantai untuk makan ikan bakar tak jauh dari rumah orang tua saya

Keesokan harinya baru deh kedua tante saya datang bersama sekeluarga, ibu saya adalah sulung dari dua bersaudara jadi tempat datang berkumpulnya kedua adiknya dan suami dan anak anak mereka.Pastinya adegan pertama adalah makan siang  bersama, siangnya makan kue dan cerita cerita santai ketawa bahagia dan sorenya kita ke makam kakek nenek.

Sepulang dari kuburan kita singgah di empang warisan kakek kami,kita niatnya mau foto foto saja karena disana juga ada pondokan kecil tempat  bakar bakar ikan, dan perlengkapan penangkapan ikan. Ternyata semua sepakat mau bakar bakar ikan, akhirnya kakak saya sama sepupu saya langsung ganti baju dan turun tambak bawa jala dan net buat jarring ikan bolu / ikan bandeng. Hanya butuh 10 menit bagi mereka untuk bisa menangkap 20 ekor ikan bandeng lumayan besar, langsung dibersihkan dan di bakar saat itu juga.

Selamat Hari Raya Idulfitri 1437 H, dari kami srikandi the Salim Macca :-)

Selamat Hari Raya Idulfitri 1437 H, dari kami srikandi the Salim Macca 🙂

Di makan dengan cocolan dabu dabu kecap yang dibawa dari rumah terus dimakannya di pinggir pematang empang dengan angina sepoi sepoi, wahhh nikmat mana lagi yang harus sangkalkan.  Makannya pakai nasi pastinya. MB pun ikutan makan ikan, seandainya badanya fit dia pun bakalan mau turun ke tambak menangkap ikan Cuma masih aura dari rumah sakit jadi dia menikmati pemandangan saja.

Makanan favorit ini wajib ada kalau pulkamp

Makanan favorit ini wajib ada kalau pulkamp

Setelah semua kenyang, ikan sudah habis dan udang pun sudah ludes, kita beres beres deh dan foto foto dan lanjut pulang ke rumah. Ini akan jadi agenda tahunan kami sekeluarga buat barebequan di tambak.Biar kenangan indah liburan lebaran itu selalu ada. Dan mengeratkan keluarga inti kami.

Sampai rumah lanjut lagi silaturrahmi ke tetangga jauh bersama tante saya, kebetulan masa kecilnya dihabiskan disana jadi kawan kawan kecilnya masih disana semua.

Hari +2 setelah id, kami sekeluarga, tiga keluarga besar sudah punya rencana mau ke taman bermain air di sebuah kabupaten bernama kabupaten Sidrap, arena permandiannya adalah Puncak Bila, Sidrap. Nanti akan saya posting terpisah, berangkat jam 6 pagi dari rumah dan balik jam 6 sore. Semua bahagia, MB pun ikutan main bebek bebek.

Hari + 3 kita jalan jalan saja sekitar kampung, ke rumah adik iparku, MB suka jalan kaki, setiap kita mau istriahat dirumah dianya suka ngambek mau jalan jalan terus padahal kalau kita liburan maunya leyeh leyeh dirumah saja, MB nya suka maksa mau jalan kaki, atau naik sepeda motor ke kota terdekat, gile aja, di H+4 karena jadwal kami kosong seharian dia nekat pinjam sepeda motor kakak saya naik motor ke ibu kota kabupaten terdekat jaraknya 21km sih tapi kan kalau ada apa apa yang ribet saya haddoh ampun deh, keras kepalanya luar biasa, tapi ternyata sampai juga dia disana sempat ke rumah kakak saya, terus ke rumah sepupu dan pulang dengan selamat di pukul 7 malam. Luar biasa nih MB hahahha suka buat istrinya panic tapi saya sih pura pura saja dan berdoa semoga dia selamat tak nyasar dan tak kenapa kenapa.

Fokus sama udang sitto saja yah abaikan taplak kumuh nya

Fokus sama udang sitto saja yah abaikan taplak kumuh nya

H+5 selesai sudah petualangannya, jam 6 pagi saya sama MB dan tante kesayangan yang juga tinggal di Makassar dan anak ceweknya ikutan kita pulang bareng ke Makassar karena om dan yang lain masih ngebolang di rumah kerabat. Karena banyak singgah di rumah kerabat sempat MB singgah main pingpong segala dengan om untuk beberapa menit dan minum kopi, sempat singgah di kota Pare pare cari sesuatu dan istirahat di masjid terapung di kabupaten Barru akhirnya jarak antara Pinrang dan Makassar sekitar 185 km ditempuh dalam waktu 4 jam agak lama memang. Apalagi masuk kota Makassar uhhh alamat pasti macet di perempatan masuk bandara yang lagi pengerjaan jalan. Masuk jalan toll baru lancar jaya, sampai dirumah jam 1 an deh.

Demikian cerita seru MB ber lebaran di kampunng sebagai ajang tahunan, dan sebagai penutup ada video pendek hasil kreatifitas adek sepupuku Albi  yang juga blogger dan Youtubers dibawah ini, kurang panjang memang  tapi singkat dan seru. Adegan terakhir ada Mr Big habis lagi makan ikan sama yang buat videonya. Dan ada adegan ada saya juga lohh silahkan cari mana bagian yang ada saya hahahhahah.

Nah itu cerita lebaran kami, kamu cerita lebaran nya gimana ? semoga seseru kami………

Beberapa artikel lain tentang lebaran MB

 

Advertisements

Tagged: , , , , ,

2 thoughts on “Cerita mudik lebaran / Idulfitri 1437H/ 2016

  1. titintitan July 13, 2016 at 9:45 pm Reply

    Selamat idul fitri mba siti dan mb
    Maaf lahir batin, yaa ^^

    Seru bgt mba, lebarannya.
    Dan makanannya ituloh bikin ngacay 😀

    • siti July 13, 2016 at 11:33 pm Reply

      sama sama say, mohon maaf lahir bathin juga ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: