Advertisements

Tata  Cara Claim Asuransi Prudential Syariah


cara klaim asuransi pruential

cara klaim asuransi pruential

Tata  Cara claim asuransi prudential  Syariah

Beberapa pengalaman melakukan klaim asuransi  pernah saya sharing  juga di website ini, kebetulan MB memiliki polis asuransi Prudential Syariah assurance untuk produk Prumed Syariah, manfaat produk ini adalah memberikan tunjangan harian rawat inap, ICU dan pembedahan kepada Tertanggung jika menjalani rawat inap di rumah sakit.

Kenapa harus yang syariah? MB hanya mau jika itu syariah, sedikit memberikan gambaran perbedaan asuransi konvensional dengan asuransi syariah secara terminologi sebagai berikut :

  • Di asuransi konvensional di sebut premi di syariah di sebut kontribusi peserta
  • Diasuransi konvensional  Tertanggung di syariah di sebut Pesert
  • Diasuransi konvensional  Biaya akuisis  di syariah di sebut wakalah
  • Diasuransi konvensional  Biaya asuransi  di syariah di sebut Tabarru
  • Diasuransi konvensional  Pemilik Polis  di syariah di sebut pemegang Polis
  • Diasuransi syariah dana dialokasikan ke pos pos yang menurut hukum syariah dinyatakan hal.

Tentunya kesemua faktor diatas membuat produk asuransi yang berlabel syariah termasuk asuransi prudential syariah menjadi banyak diminati masyarakat muslim di Indonesia,

Sebagai pengantar, sedikit penjelasan tentang Asuransi di Indonesia sedikit membuat saya tercengang akan jumlahnya sbb :

Daftar Perusahaan Asuransi Umum, Jiwa, Reasuransi, Asuransi Wajib dan Asuransi Sosial per 31 Desember 2015. Dengan rincian sebagai berikut :

1. Asuransi Umum  = 76 Perusahaan

2. Asuransi Jiwa = 50 Perusahaan

3. Reasuransi = 6 Perusahaan

4. Asuransi Wajib = 3 Perusahaan

5. Asuransi Sosial = 2 Perusahaan

sumber dari sini 

Dan ternyata asuransi Prudential masuk di kategori nomor 2 yaitu asuransi jiwa, baru lihat semua data di OJK ternyata asuransi yang terkenal di Indonesia rata rata lahir di era 1980-an dan tahun 1990-an.  Kalau di bandingkan dengan negara negara maju, yang perusahaan asuransinya sudah ratusan tahun memang negara kita agak telat berasuransi. Untuk asuransi Prudential sendiri resmi berdiri di Indonesia 1 Juni 1995.Ini list beberapa update asuransi terbaik di Indonesia di tahun 2016

Ternyata menurut majalah investor tahun 2016 ada 10 daftar asuransi terbaik di Indonesia yang di urutkan secara alfabet  sebagai berikut :

  1. AIA Financial
    Berdiri sejak tahun 1983. Awalnya perusahaan asuransi ini bernama PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti, lalu berubah nama menjadi Lippo Life, kemudian terjadi lagi perubahan menjadi AIG Lippo dan Kurun waktu setelah 80% sahamnya dimiliki American International Assurance, berubah nama menjadi AIA Financial. AIA Financial merupakan perusahaan asuransi yang bisa di percaya kerena telah mendapatkan beberapa penghargaan.
  2. Allianz
     Merupakan salah satu perusahaan asuranasi terbesar di dunia yang berinduk di Jerman, berdiri sejak tahun 1890 dan masuk ke Indonesia pada tahun 1981. Perusahaan asuransi ini memiliki nasabah mencapai 83 juta dari 70 Negara, Allianz memiliki produk di bidang asuransi jiwa, kesehatan, employee benefit, dana pensiun dan saving.
  3. Avrist
    PT Avrist Assurance (Avrist) merupakan perusahaan asuransi yang bergerak di bidang asuransi jiwa, kecelakaan dan kesehatan, asuransi jiwa kredit dan pensiun yang berbasis syariah/takaful, melalui beragam saluran distribusi. Program asuransi bisa untuk indivindu maupun kelompok. Avrist adalah perusahaan asuransi jiwa patungan multinasional pertama di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1975.
  4. AXA Mandiri
    Adalah perusahaan asuransi berada pada naungan Bank Mandiri dan AXA Group, program yang di tawakan asuransi jiwa, kecelakaan dan kesehatan serta untuk inves di masa depan. Bagi Anda yang sudah menjadi nasabah Bank Mandiri tentunya sudah mengetahui informasi secara detail.
  5. Bumiputera 1912
    Berdiri pada tahun 1912 merupakan perusahaan asuransi tertua di Indonesia. Perinsip yang di pegang pada perusahaan ini adalah mutual share, yaitu setiap pemegang polis adalah pemilik perusahaan.
  6. CIGNA
    Perusahaan asuransi terbaik berikutnya adalah Asuransi CIGNA, masuk ke Indonesia pada tahun 1990 berpusat di connecticut, Amerika Serikat.
  7. Jiwasraya
    PT Asuransi Jiwasraya adalah perusahaan asuransi milik negara Indonesia (BUMN). Perusahaan ini merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia didirikan pada tanggal 31 Desember 1859 yang awalnya bernama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ).
  8. Manulife
    Berdiri di Indonesia sejak 1985, merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia saat ini sudah memiliki karyawan mencapai 26.000 di seluruh dunia. Perusahaan asuransi ini cabang dari Manulife Financial yang diukur berdasarkan kapitalisasi pasar.
  9. Prudential
    Merupakan perusahaan asuransi yang pernah di nobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik oleh majalah investor. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) adalah bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan ritel yang berpusat di London, Inggris. Berdirikan di Indonesia sejak 1995, selain di nobatkan perusahaan terbaik, Prudential juga memiliki aset yang besar di atas 10 trilyun.
  10. Sinarmas
    Berdiri pada 27 Mei 1985, awalnya perusahaan asuransi ini bernama PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Pada tahun 1991 beralih menjadi PT. Asuransi Sinar Mas. Asuransi Sinar Mas (ASM) adalah anak pinang perusahaan dari perusahaan Sinar Mas Group.

dewaweb_promo_04_728x90

Sumber dari sini 

Sekarang kita kembali ke pokok postingan, pengantarnya kepanjangan 🙂

Tata Cara Klaim Asuransi Kesehatan Prudential Syariah 

Setelah membayar selama hampir tiga tahun akhirnya polis ini mau diklaim juga, saya sebenarnya kurang paham juga detail benefitnya setahu saya ini murni  hanya rawat inap dan pertanggungan jiwa.  Dengan premi 500k / bulan  ternyata hanya mencover 280k/ hari jika terjadi resiko rawat inap. Ya lumayanlah  untuk mencover biaya makan saya bolak balik waktu di rumah sakit. Ternyata banyak orang menyepelekan biaya biaya ringan seperti itu yang lumayan menguras kantong, anggaplah pagi saya sarapan beli roti di lobby biaya 30k terus siangnya saya beli makan siang lagi ya anggaplah 30k lagi malamnya saya order di kitchen dapur satu paket nasi dan lauk pauknya seharga 25k / porsi.  Jadi akumuasi total  sudah  seharga Rp 85k / hari, belum parkir kalau saya keluar masuk atau beli perlengkapan lainnya. Perkiraan saja sekitar  Rp 100k / hari dan misalnya si pasien tadi dirawat dirumah sakit sebanyak tiga hari maka total saja sudah Rp 300k.

berkas hasil pemeriksaan laboratorium disertakan juga

berkas hasil pemeriksaan laboratorium disertakan juga

Ini belum termasuk jika ternyata ada banyak yang harus di bayar sendiri karena asuransi tak mencover, namun kebetulan karena MB saat di rawat itu saya masuk dengan mendaftarkan asuransi dari kantor saya dan ternyata semua berhasil tercover.  Biaya total dalam kwitansi itu mendekati nilai Rp 10,000,000.  Saya diwajibkan bayar Rp 20k, katanya biaya lain lain.

Jangan lupa identitas diri ya, #kitap buat WNA

Jangan lupa identitas diri ya, #kitap buat WNA

Akhirnya baru kemarin saya sempat mengirimkan formulir klaim untuk asuransi pribadi, kenapa jadi telat sekali? Karena saya baru dapat surat keterangan dari dokter untuk diagnose, seharusnya saat di dalam rumah sakit saat perawatan saya minta tapi saya lupa.

Surat Klaim dari vendor asuransi

Surat keterangan dokter untuk klaim rawat inap

Surat klaim rawat inap

Surat klaim rawat inap

Untuk mendapatkan surat  itu, bisa di download di website resmi asuransi provider,  biasanya tiap rumah sakit mereka ada siapkan untuk formnya.

Cara mendapatakan surat keterangan dokter saya deskripsikan sebagai berikut :

  • Datang ke bagian kasir, daftar dulu di mesin antrian
  • Setelah nomornya di panggil langsung ke petugas, rincikan kebutuhan nya
  • Nanti pihak CS akan membuatkan kwitansi yang isinya menjelaskan bahwa dalam 1 minggu akan diberikan surat keterangan diagnose dari dokter dan bisa diambil dalam waktu 1 minggu setelah hari itu dan akan dikenakan bayar Rp 100k. Kalau beberapa tahun lalu saat minta kwitansi untuk klaim di provider asuransi lainnya saya hanya bayar Rp 50k ke petugas nya. Karena kwitansinya di cap stempel rumah sakit.
  • Sesuai tanggal ketentuan datang kembali untuk mengambil suratnya, saya baru datang setelah 3 minggu dari tanggal yang ditentukan. Ini karena saya lupa kwitansi tanda terima nya entah saya taro dimana baru ketemu setelah beberapa minggu.

header 728 x 90 3

Setelah itu saya baru sibuk menghubungi call centre, karena di case saya agen sales nya sudah resign sebagai agen, jadi saya harus urus sendiri, call centre nya Prudential 150085 silahkan berurusan sendiri dengan call centre ikuti instruksinya.  Call centre buka dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Dengan rama petugas akan membantu informasi detail yang dibutuhkan.  Setelah saya crosscheck juga dengan website resminya www.prudential.co.id saya pun melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

Dokumen  untuk  klaim polis asuransi sebagai berikut :

  1. Identitas diri pemegang polis ( KTP / Passport / Izin tinggal WNA ) MB melampirkan Copy KITAP.
  2. Foto copy halaman depan buku tabungan pemegang polis untuk dilakukan transfer pembayaran claim asuransi.
  3. Form klaim asuransi yang bisa di download di prudential.co.id isinya tentang data pemegang polis, nomor polis asuransi, alamat, dan beberapa detail diagnose penyakit.
  4. Surat keterangan dokter ( Physician form ) ini juga bisa di downlad dari website resmi
  5. Kwitansi asli rumah sakit
  6. Laporan hasil pemeriksaan seperti hasil X Ray , dll
  7. Surat amandemen ( ini sifatnya tambahan karena saya kirim klaim setelah lewat masa tiga puluh hari )  ini bisa di download juga dari website sisa di isi tulisan tangan kronologis kenapa telat mengirimkan dokumen klaim. Kalau saya tulis karena habis libur idul fitri selama satu bulan baru balik dan baru mendapatkan surat keterangan dari dokter.
  8. Masukkan semua dokumen di amplop dan segera kirim ke alamat tertera di kop surat provider, kalau yang providernya Prudential bisa ke

PT Prudential Life Assurance
Prudential Tower
Jl. Jend. Sudirman kav. 79
Jakarta 12910
INDONESIA

Telp: (62-21) 2995-8888
Faks: (62-21) 2995-8800
Customer Line: 1500085
http://www.prudential.co.id/corp/prudential_in_id/
customer.idn@prudential.co.id

Saya kirim via kantor pos untuk paket biasa bayarnya Rp 14k. Dan akan dibayarkan  oleh provider maksimal 14 hari kerja. Sampai tulisan ini dimuat  baru satu hari jadi akan kita infokan kemudian berapa hari pihak asuransi akan membayarkan.

surat amandemen karena telat mengirim sebelum 30 hari

surat amandemen karena telat mengirim sebelum 30 hari

Demikian sekilas info tentang tata cara klaim asuransi prudential syariah dan beberapa informasi tentang asuransi terbaik di Indonesia lain waktu kita kupas lebih mendalam terkait asuransi, semoga bermanfaat.

#Postingan ini bukan  berbayar  hanya untuk berbagi pengalaman dan belajar lebih mendalam untuk fungsi dan manfaat asuransi dan ragamnya. 

Beberapa artikel terkait tata cara :

BANNER FREE MEMBER

 

Advertisements

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: