Advertisements

Cara perpanjangan STM WNA Part 3 ( Dasar izin tinggal KITAP )


Contoh STM WNA 5 Tahun

Contoh STM WNA 5 Tahun

Jumpa lagi di kabar birokrasi 🙂

Sudah pernah dibahas beberapa kali tentang pembuatan STM  pertama, dan perpanjangan STM disni. Untuk kedua kasus diatas waktu itu WNA Objek nya masih memegang izin tinggal KITAS, sekarang sang WNA sudah memegang izin tinggal KITAP  ( izin tinggal permanent yang masa nya 5 tahun ). Setelah KITAS nya berakhir nah di sesuaikan dengan masa izin tinggalnya maka STM nya pun harus segera di perpanjang. Jadi kali ini pembahasan bagaimana cara membuat / memperpanjang STM dari WNA yang pemegang KITAP ( Izin Tinggal Permanent / ITAP ), biar lebih jelas saya buat uraian tanya jawab biar mudah dipahami seperti dibawah ini:

Apakah itu STM  ?

Jawab :

STM adalah Surat Tanda Melapor untuk WNA yang tinggal di Indonesia

Siapakah yang membuat STM ?

Jawab :

WNI yang menjadi sponsor sang WNA alias rumahnya di tinggali WNA

Kapan STM di perpanjang ?

Jawab :

Kalau STM pertama sudah expired,  STM ada masa expirednya  disesuaikan dengan masa berlaku izin tinggal si WNA, kalau cuma menggunakan  visa sosbud, maka STM nya diberi waktu sesuai lama dari visa sosbud nya, kalau izin tinggalnya 1 tahun maka masa berlaku STM nya juga setahun.

Apakah STM Wajib di perpanjang ?

Jawab :

Wajib, karena kalau telat memperpanjang akan ada kondisi   si WNI sponsor butuh STM seperti untuk keperluan pembuatan SIM / Perpanjangan SIM WNA pasti dibutuhkan

Kenapa sih ada STM ?

Jawab :

Aturan dari dulu ada, Dasarnya hukumnya adalah

  • UU No. 9 Tahun 1992 Tentang Keimigrasian Pasal 60
  • KAPOLRINO.POL.:JUKAP/09/II/1995

Dari kedua dasar hukum diatas hingga saat ini masih berlaku,  karena ini memang penting sekali karena jika terjadi sesuatu dengan si WNA tentunya sudah ada laporan di kepolisian tentang keberadaan si WNA jadi untuk informasi itu bisa berkoordinasi dengan kedutaan si WNA nantinya, demikian juga dengan si WNI sponsor tentunya sudah punya catatan bahwa memang ada sponsor WNA dengan domisli ini. ( sumber http://indonesianforeignworker.blogspot.co.id/)

dewaweb_promo_04_728x90

SKLD kan sudah di hapuskan ?

Jawab :

Betul penghapusan SKLD sejak tanggal 1 Januari 2014 berdasarkan Surat Pengumuman Kepala Sub Bidang Orang Asing (Kasubbid Oras),tertanggal 24 Desember 2013 (“Pengumuman Kasubbid Oras”),WNA yang menetap di Indonesia tidak lagi diwajibkan untuk mengurus dan memiliki SKLD. Adapun bunyi lengkap dari Pengumuman tersebut adalah:

“1. Diberitahukan bahwa berdasarkan :

  1. Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
  2. Surat Perintah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : SPRIN/2471/XII/2013 Tgl 23 Desember 2013 tentang Penghentian Surat Keterangan Lapor Diri.

 Maka terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014, POLRI tidak lagi menerima pelayanan orang asing berupa Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD).

Sumber : hukumonline.com

 Jadi berdasarkan UU diatas maka SKLD bagi WNA sudah tak di perlukan lagi, apa itu SKLD? Bisa dibaca di sini.

Masa berlaku STM berapa lama?

Jawab :

Sesuai izin tinggal WNA atau lama visa yang diberikan ( visa sosbud, visa on arrival )

Sekarang sudah jelaskan apa manfaat dari STM itu?   Untuk kasus saya  suami WNA sudah memegang KITAP per july lalu dan masa berakhir STM dari tahun lalu yang mengikut di masa berlaku KITAS nya akan berakhir di 16 Agustus 2016, padahal sebenarnya KITAP nya masa berlakunya mulai 30 Mei 2016, tapi karena STM nya masih mengikuti izin tinggal lama saya sebagai WNI yang menampung WNA baru membuat STM nya di tanggal 16 sesuai masa berlaku STM  terakhirnya.

Syarat dokumen untuk membuat / memperpanjang STM  sebagai berikut :

  • Foto copy Paspor WNA halaman depan saja
  • Foto copy halaman Visa WNA ( Kalau KITAP di halaman stempel KITAP nya )
  • Foto copy halaman yang ada stamp MERP ( Multi Re Entry Permit )
  • Foto Copy KTP WNI sponsor ( ini menggunakan KTP saya sebagai sponsor / istri )
  • Foto Copy KK ( Sebagai bukti pendukung untuk kesesuaian alamat domisili dan hubungan )
  • Foto Copy buku nikah ( Sebagai pelengkap, kadang ini tak dibutuhkan )
  • Surat permohonan ( jika perpanjang tak perlu, saya sudah tak pakai ini lagi, karena ini sudah ketiga kali saya membuat STM di POLSEK yang sama ( POLSEK Panakukang )

 Cara Membuat / Memperpanjang STM Sbb:

  1. Datang ke POLSEK di wilayah domisili tempat tinggal WNA ke bagian INTELKAM, untuk POlsek Panakukang, bagian pelayanan sudah renovasi dan sudah berada di dalam gedung yang sudah di lengkapi AC dan berdinding kaca dengan design interior yang serba baru, didalam ruang pelayanan  ini ada 3 meja pelayanan, MEJA LAYANAN KEHILANGAN, MEJA LAYANAN SURAT IZIN KERAMAIAN/ INTELKAM/STM dll, MEJA LAYANAN KRIMINAL
  2. Saya masuk antri duduk di antrian MEJA INTELKAM, karena raut wajah si bapak yang melayani STM 2 kali di tahun sebelumnya masih sama namanya Pak B.
  3. Berikan kelengkapan dokumen, Bapak Petugas akan membaca dan melihat, beliau akan dengan mudah mengakses laptopnya dan membuka file STM Lama sisa mengganti tanggal keberangkatan dan tanggal kedatangan si WNA di sesuaikan dengan masa berlaku KITAPnya. Tak ada perubahan sama sekali kecuali visa nya di ganti ITAP bukan ITAS lagi.
  4. Petugas akan memprint kan suratnya dan menunjukkan pada si WNI yang melapor apakah sudah ada kesesuaian data, saya banyak mengkoreksi.
  5. Setelah semua benar, Bapak Petugas akan memberikan STM nya untuk di tanda tangani WNI/ Pelapor dan di cap POLSEK setempat akan dimasukkan amplop putih resmi Polsek
  6. Saat ditanyakan berapa biaya? Bapak petugas hanya berkata “Terserah ibu, seiklasnya”
  7. Melihat masa STM sesuai izin tinggal menjadi 5 tahun lumayan melegakan memangkas waktu efisiensi saya yang perkiraan 1 x mengurus habis 1 jam dengan transportasi bolak balik lumayan bisa irit 5 jam kalau 5 tahun akhirnya dari dalam hati saya sebelum nya sudah siapkan amplop berisi uang biru Indonesia. Saya ucapkan ke beliau ini buat beli tinta ya pak ya, semoga bener duitnya buat beli tinta operasional dan saya ikhlas demi keberlangsungan pelayanan yang baik dan cepat, semoga tak menjadikan korupsi bertumbuh dengan dana dana seiklasnya seperti ini. Terima kasih buat Pelayanan Polsek Panakukang yang sudah membuat ruang pelayanan publiknya tampil berbeda semoga istiqamah dalam layanan dan biaya biaya benar benar bisa GRATIS untuk masyarakat.

Demikian informasi pembuatan STM dari dasar izin tinggal ITAP ( KITAP ) terbaru yang di update di Agustus 2016, di Polsek Panakukang Makassar.

Semoga bermanfaat dan salam birokrasi dari kota Surabaya yang cerah pagi ini J

Belajar sb1m yuk

Beberapa artikel tentang STM sebagai berikut

Advertisements

Tagged: , , ,

8 thoughts on “Cara perpanjangan STM WNA Part 3 ( Dasar izin tinggal KITAP )

  1. winnymarlina August 25, 2016 at 7:09 am Reply

    kak udah khatam kayaknya birokrasi kak 😀

    • siti August 25, 2016 at 10:25 am Reply

      iya karena udah rutinitas tiap tahun jadi nya sudah khatam ….

  2. adhyasahib August 25, 2016 at 2:22 pm Reply

    Berarti masa berlakunya sesuai dgn masa berlaku itap ya, baguslah gak usah repot perpanjang terus tiap tahun,hehe
    btw kemaren punya suami saya bikin di polda, apa memang harus disana atau bikin di polres ya mbak Siti? soalnya kemaren kami sempat di cariin sama anggota intel polres gitu, katanya mau data wna yg tiggal disini dan mereka minta fotocopy passport plus fotocopy stm yg dari polda itu

    • Nisa September 29, 2016 at 12:21 am Reply

      Kalo taun kemarin sebelum altus kitap saya disuruh ke polda mbak sama pihak dispenduk capil krn peraturan baru untuk stm wna harus dri polda dan bayar pula klo di polka padahal klo di polres kan gratis..

      Oiya mbak siti mau nanya nih perpanjang stm untuk kitap nya boleh tidak ya saya datang sendiri tidak dgn suami krn kebetulan suami ada keperluan dan lagi diluar.. makasih

      • siti September 29, 2016 at 3:53 am

        saya selalu mengurus tanpa suami..lebih enak dan gampang

      • Nisa October 3, 2016 at 6:04 am

        Salam mbak siti.. Terima kasih infonya saya uda urus stm suami ke polda dan ya tetep bayar seperti dulu saya pernah cerita 400rbu.. suami juga dapet surat jalan *traveling permit setaun yg katanya harus tiap taun lapor.. hmm mbak dapet surat jalan ini ga ya? Apa sih kegunaannya masih kurang paham saya mbak?

      • siti October 3, 2016 at 6:52 am

        mahal ya…. wah Traveling permit>?? saya tak pernah dengar disini, kan si wna sudah ada izin tinggal kok wajib traveling permit segala sih? ini dilokasi mana mbak?

      • Nisa October 3, 2016 at 9:30 am

        Iya mbak mahal tpi ya mau gmn lagi dispenduk capil minta stm yg dri polda jadi ya mau ga mau.. saya juga kurang paham sih mbak mungkin untuk surat jalan keliling2 indo gitu kali ya dan dah ada ijinnya gitu.. saya di surabaya mbak.. Sebelumnya saya buat di polres tpi sejak taun lalu capil ga mau stm dri polres..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: