Advertisements

Tips menghadapi mutasi kerja / Episode berhijrah karena kerjaan


Episode mutasi ke Ambon

Episode mutasi ke Ambon #bawaan part 1

Episode mutasi

Sudah sejak akhir bulan saya dilanda antara bahagia dan stress tingkat tinggi,  sebagai karyawati perusahaan  yang nasional tentunya lokasi kerja bisa dimana saja, bisa dibagi area lebih besar, regional yang cukup  beberapa propinsi atau antar branch.

Di karirku  yang hampir memasuki 2 dasawarsa ini, sudah

Dua srikandi merantau ke Ambon

Dua srikandi merantau ke Ambon #Bandara Pattimura

berpindah di dua lokasi kerja, di saat kawan kawan seangkatan sudah pindah dan berpromosi ada masa ketika saya merasa diri stagnan, namun pilihan stagnan itu ada alasannya bahwa saya berada di kampung halaman sendiri, tinggal dirumah sendiri, di kota sendiri, tak harus kontrak, menikmati fasilitas yang lumayan karena hidup di kota besar untuk ukuran wilayah Tengah dan timur Indonesia.

Setelah hampir 5 tahun tak bergerak di karir,  suatu hari dibulan Agustus saya mendapatkan kesempatan dari managemen untuk ikut proses untuk naik kelas lah istilah mudahnya, untuk bisa masuk ke kategori itu cukup ketat, banyak syarat, harus nilai kita bagus lah selama 2 semester, tentunya atas izin dan endorse dari pucuk pimpinan kita, alhamdulilah sudah tak terhitung  berapa banyak bos saya silih berganti dan entah Tuhan mengirimkan bos yang sangat baik kali ini yang mau memperjuangkan nasib karyawati yang rajin namun tak terlihat karena saya memang malas basa basi. Kelemahan terbesar saya sebagai anggota di organisasi besar menjadikan saya selalu tak terlihat dan tak diperhitungkan.Itu sih salah sendiri. Curhat nih ceritanya 🙂

Dengan melewati semua keajaiban itu bak doa terjawab, proses semuanya cepat,  untuk bisa lolos saya harus mempersiapkan materi untuk di presentasikan ke bos bos penguji adalah hari terberat dalam hidup,  penyusunan materi pun saya banyak dibantu sama bos bos saya di lingkungan kerja, semoga bantuan kalian dibalaskan kebaikan termasuk guru internet marketers saya yang membuat video presentasi saya terkeren sepanjang masa . Hehehe

Hanya berselang beberapa hari kabar gembira menyeruak ke permukaan kawan banyak berbisik kalau  ternyata hasil saya kemarin katanya lumayan terbaik, haah saya sendiri kaget, mengingatkan kembali kejayaan masa kecil saya di jaman keemasan waktu sekolah dasar saya selalu menempati rangking 1  maklumlah saingan di kampung memang tak sebanding di kota tapi saya merasa waktu itu generasi unggulan memang. Rasa itu kembali Berjaya ketika rumor nilai  bahwa saya lulus menyeruak.Kadang saya heran ada saja orang  membuat gossip duluan sebelum HCM memutuskan, ini memang banyak yang kepo manusiawilah, saya pun berusaha menyerahkan semuanya ke penguasa alam ini, intinya saya berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup. Kalian tak tahu saja proses yang saya harus alami sampai di level ini.

Good bye Meja kesayanganku

Good bye Meja kesayanganku

Suatu sore menjelang maghrib saya langsung ambil ransel dan tas dan ngacir  ke bawah tiba tiba bos ku memanggil ke dalam ruangannya. Berasa kaget dan dongkol  gumanku “apalagi ini” masuk lah kembali ke ruangan beliau dan beliau menanyakan proses  assessment kemarin, saya pun blak blakan cerita.Sore itu merupakan sore yang mendebarkan, karena bos saya menyampaikan bahwa management secara nilai saya lolos tapi posisi yang saya lamar bukan sesuai keinginan berarti lokasi kerjanya berubah ? dan tersebutlah sebuah kota di antara pulau Sulawesi dan papua ! Ayoo tebak?? Kota apa ?? kota itulah yang ternyata tertulis di SK penetapan  saya berikutnya.

Bos saya memberikan advice ke saya yang matannya berkaca kaca, saya bilang ke bos saya bahwa untuk wilayah Sulawesi saya dan MB sudah tak masalah kami siap dimana saja kecuali Manado karena saya sudah pernah disana selama 4,3 tahun. Namun jika diluat itu saya minta waktu ke bos untuk diskusi sama suami dulu. Saya ingat hari itu adalah tanggal 28 Agustus 2016. Saya diwajibkan menjawab mau terima atau tidak segera. Langsung saya pulang ke rumah dan bicara dengan MB malam itu, sempat kami sedikit shock berdua dan berunding ulet, kami mengecek Wikipedia untuk meyakinakan MB bahwa ini adalah sesuatu yang indah, petualangan hidup buat kami berdua demi sebuah mimpi besar saya .

Dan dalam waktu 1 jam kami memutuskan okay, siap menerima  tantangan amanah naik kelas berikutnya.  Malamnya sempat saya berdoa juga semoga ini jalan terbaik bagi kami,  bisa mutasi kerja dapat kota kecil, bisa nabung terus nanti bisa renovasi rumah juga di Makassar sembari kami berkarya di kota perantauan.

Keesokan paginya saya baru menghadap bos  ternyata HP saya sudah beredering dari sebrang kantor sekertaris pimpinan tertinggi menelpon menyuruh saya siap siap ke kantor area untuk menerima secara resmi SK ( surat keputusan ) terbaru saya dengan posisi  baru. Awalnya diminta datang jam 11 namun  di telpon lagi diminta datang jam 9 pagi. Saya pun shock dan tergopoh mencari informasi. Singkat cerita saya menerima secara resmi SK dari Pimpinan HCM bersama beberapa kawan  hari itu promosi. Beruntungnya saya mendapatkan kota AMBON sebagai tempat kerja baru saya, dengan divisi yang masih sama. Dan ada 3 orang kawan asal Makassar yang juga mendapatkan SK penempatan di Ambon jadinya saya punya teman .

Jadi petualanggan pun berlanjut, per tanggal 1 September saya resmi berkantor di kota Ambon, provinsi Maluku,  suka atau tidak suka saya harus menanggalkan semuanya dan berhijrah ke kota Ambon.Ya berharap 2 tahun atau kurang lah bisa balik ke Sulawesi. Semoga setelah balik rumahku sudah berhasil di renovasi dan  kami sudah  bisa settle sebelum mimpi besar saya eksekusi. Dan apa kabar bisnis? hmm ada sahabat andalan yang bisa menanganinya.

Per  tanggal 6 September kemarin, hari terberat rasanya  harus merantau lagi berbekal 3 travel bag, dan penerbangan ke sana ada beberapa jam pilihan ya terpaksa pilihannya yang jam 4 subuh terbayang kan jam berapa berangkat ke bandara yaa  jam 2 subuh pemirsahhhh. Welcome to the club kata teman teman yang merantau jauh dari homebase yang menjadikan maskapai sebagai alur uang buat bisa bertemu  Keluarga tiap bulan minimal 1x. Dan jadwal saya sudah pasti dalam seminggu saya sudah 2 x bolak balik Makassar, yuhuuu sekarang bandara sudah menjadi rutinitas  bulanan sebelum MB ikutan kemari. Setelah menyelesaikan kontrak mengajar di beberapa proyek .Sekarang PR saya mencari rumah kontrakan buat kami. Saya sudah merasakan ngantuk luar biasa, over bagasi lagi,  alhamdulilah saya sudah terbiasa harus adaptasi dan sudah kuat tumbuhnya dari kecil jadi yang beginian saya sih sudah bisa dilepas dimana saja. Cuma kasihan sama MB saja banyak PR yang harus saya  selesaikan.Tapi selalu ada jalan, tetangga ku ada bisa di order catering, saya sudah pesan 1 bulan buat menu MB tiap hari 1 x makan saja jam nya sore jam 4 saja. Asik kan, indahnya hidup selalu ada fungsi masing masing orang dalam hidup kita. Kompleks ku boleh biasa tapi ada tetangga terbaik yang saya miliki yang banyak membantu, saat MB rusak pompa air, yang bantuin tetangga terbaik, saat MB mau catering ada ibu siap catering sehat. Alhamdulilah……………..

Nah kalian masih penasaran tentang Ambon? Mari kita jelaskan sedikit terkait kota Ambon, Provinsi Maluku.

Ringkasan diambil dari wikipedi.co.id

Kota Ambon atau Amboina atau Ambonese (kadang dieja sebagai Ambong atau Ambuni) adalah sebuah kota dan sekaligusibu kota dari provinsi MalukuIndonesia.

LETAK GOEOGRAFIS Kota Ambon

Letak Kota Ambon berada sebagian besar dalam wilayah pulau Ambon, dan secara geografis terletak pada posisi: 3°-4° Lintang Selatan dan 128°-129° Bujur Timur, di mana secara keseluruhan Kota Ambon berbatasan dengan jazirah Leihitu dan jazirah Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kota ini biasa disebut juga dengan nama  lain Ambon Manise yang artinya  kota Ambon yang indah/manis/cantik, Salah satu  Kota terbesar di wilayah kepulauan Maluku dan menjadi pusat  bagi wilayah kepulauan Maluku. Saat ini Ambon menjadi kota  pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.

Kota Ambon sendiri berbatasan dengan Laut Banda disebelah selatan dan dengan kabupaten Maluku Tengah di sebelah timur ( Pulau-pulau Lease yang terdiri atas pulau-pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut ), untuk  di sebelah barat ( petuanan negeri Hila, Leihitu, Maluku Tengah dan Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah yang masuk dalam kecamatan Leihitu, Maluku Tengah) dan di sebelah utara (kecamatan Sala Hutu, Maluku Tengah).

Ambon sendiri sebagai salah satu kota sentral di kawasan Papua Maluku, pernah di landa kerusuhan sosial bermotifkan SARA antara tahun 1996-2002.Namun setelahnya kini dari apa yang saya lihat Kota Ambon Ambon Manise sudah berbenah diri menjadi kota yang lebih maju dan dilirik sebagai kota internasional di Indonesia Timur. Belum percaya?  Dari sisi perekonomian, di Kota Ambon ada Mall, ada perbelanjaan sekaliber Hypermart, ACE hardware, rumah sakit siloam sedang dibangun, bioskop 21 dan XXI juga ada loh serius, dan saya cukup bahagia dengan semua itu.

IKLIM Kota Ambon

Iklim di Kota Ambon masih masuk ke  iklim laut tropis dan iklim musim, karena letak pulau Ambon di kelilinggi oleh laut. Oleh karena itu iklim di sini sangat dipengaruhi oleh lautan dan berlangsung bersamaan dengan iklim musim, yaitu musim Barat atau Utara dan musim Timur atau Tenggara. Pergantian musim diselingi oleh musim Pancaroba yang merupakan transisi dari kedua musim tersebut. Musim Barat umumnya berlangsung dari bulan Desember sampai dengan bulan Maret, sedangkan pada bulan April merupakan masa transisi ke musim Timur dan musim Timur berlangsung dari bulan Mei sampai dengan bulan Oktober, disusul oleh masa pancaroba pada bulan November yang merupakan transisi ke musim Barat.

Saat saya mendarat disini subuh hari kota Ambon itu dirundung hujan kata driver yang menjemput kami ya, sekarang Ambon kalau pagi akan berembun dan basah jadi selalu siap payung kalau mau ke kantor.Dan sejak itu hingga sekarang tiap pagi pasti hujan so far aku cinta iklim kota Ambon J

Suku di kota Ambon

Dilihat dari aspek demografis dan etnisitas, kota Ambon ini memberikan potret kota plural.  Ada etnis-etnis asli yaitu etnis  Alifuru (asli Maluku), JawaBaliButonBugis ( mayoritas jadi pedagang emas, dan pedagang pakaian di pasar ) , MakassarPapuaMelayuMinahasaMinang, Flobamora (suku Flores,SumbaAlor dan Timor) dan orang-orang keturunan asing (komunitas peranakan Tionghoa, komunitas Arab-Ambon, komunitas Spanyol-Ambon, komunitas Portugis-Ambon dan komunitas Belanda-Ambon). Lihat sendiri kan mixed banget suku suku mereka, maklum  secara history dari 600 tahun pernah di koloni oleh Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda. Bahkan pedagang Arab pun berasimilasi dengan penduduk yang membentuk komunitas Arab Ambon. Luar biasa plural penduduk kota Ambon ini.

Terdapat banyak suku dan ras yang mendiami kota ini. Di antaranya adalah Arab, Buton ( yang telah menetap hingga 5 generasi), Tionghoa yang pada mulanya datang untuk berdagang. Disamping itu terdapat pula Suku Minahasa, Jawa, Minang yang telah lama datang ke Ambon. Sedangkan, sebagian besar penduduk adalah orang Ambon yang merupakan keturunan langsung suku-suku Alifuru, penduduk asli Maluku yang merupakan rumpun ras Papua-Melanesoid (Melanesia) yang berkulit gelap sedang.

Pada zaman dahulu kala, kota Ambon sungguh termasyur h keseluruh dunia dan menjadikan kota ini sebagai tempat tujuan bagi berbagai negara-negara Eropa yang sedang melakukan pencarian atas 3G, GoldGlory & Gospel. Gold berarti kekayaan,Glory berarti kejayaan danGospel berarti misi penginjilan.Makanya menjadi incaran kaum penjajah seperti yang saya sebutkan diatas, maka nya selama ratusan tahun terjadi proses asimilasi,  Maka dari itu, sekarang banyak penduduk Ambon yang memiliki raut wajah yang mirip seperti orang Eropa ( Terutama orang Belanda dan Portugal) dan Arab, sebagai akibat dari perkawinan campur para pendahulu mereka dimasa lalu.

Saat ini, kota Ambon terbagi atas 5 kecamatan yaitu Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, Teluk Banguala dan Leitimur Selatan, yang terbagi lagi atas 50 keluarahan-desa. Gubernur Maluku sendiri dijabat oleh Ir H.Said  Assegaf dan walikota Kota Ambon  saat ini dijabat pejabat sementara  Frans Yohannes Papailaya, karena Walikota  Richard Louhenapessy periode 2011-2016 berakhir di bulan Agustus lalu.

Tempat Wisata di kota Ambon

Kalau bagian ini akan menjadi petualangan di kota ini, dan akan saya tulis semoga diberi waktu dan kesehatan untuk menuliskannya selain menuangkan dalam video amatiran.

Berdasarakan pengalaman kena mutasi dadakan ini lah saya summary beberapa tips menghadapi mutasi/ rotasi/ promosi kerja  sbb :

  1. Persiapan jauh hari sebelumnya ( upayakan cari info / gossip dari HCM masalah waktu sudah ada masing masing waktu tiap perusahaan melakukan mutasi, rotasi karyawan ) Isu mutasi saya sudah tahu bulan rawan di perusahaan tempat saya bekerja biasanya mengikuti tahun ajaran baru agar karyawan yang punya anak tak ribet masalah pindah sekolahan anak.
  2. Pelajari culture tempat kerja baru, untuk case saya, hanya sempat belajar dari mbah google selama 1 minggu dan juga menelpon semua teman yang tugas di Ambon dan bertanya lebih dalam ke bos yang pernah tugas disana.
  3. Nikmati berkenalan dengan orang baru, itulah proses, saya butuh tiga hari pertama untuk bisa mengafal nama nama team dan nama nama orang di kantor baru. Apalagi nama nama mereka wow keren keren ala telenovela. Sampai bingung dan harus saya tulis.
  4. Berpikir positif, ini bisa membuat less stress, karena tujuan mutasi kan bagi yang naik kelas ya promosi so bersyukurlah selalu biar attitude nya tambah keren.
  5. Janganlah berusaha menjadi sempurna, namanya manusia, lakukan yang terbaik biar hati dan kerjaan bisa sejalan.
  6. Lakukan hobby misalnya olahraga, carilah teman yang punya hobby olahraga biar bisa berolahraga bersama, kalau saya bawa raket tennis dari Makassar dan siap siap main tennis meja  karena ini yang mudah di kantor dan badminton, karena tennis lapangan ternyata disini terbengkalai yang main jarang.

Enam tips untuk menghadapi musim mutasi kerja diatas saya coba lakukan di tempat kerja baru saya. Kota Ambon Manise.

Demikian sedikit kabar terbaru dari saya, dan Tips menghadapi mutasi kerja, nantikan kabar kabari dariku dari Kota Ambon Manise.

Untuk mode transportasi dikota ini, hotel nya, dan kulinernya, nantikan ceritanya yahhh…di postingan berikutnya.

Ini video amatiran beberapa kenangan episode hijrah saya dan kawan saya 🙂

BANNER FREE MEMBER

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

18 thoughts on “Tips menghadapi mutasi kerja / Episode berhijrah karena kerjaan

  1. Crossing Borders September 14, 2016 at 3:04 pm Reply

    Wow..😱 Udah pindah ke Ambon aja nih.. Selamat menjalani tantangan baru! Aku doakan semoga lancar ya..😀 Ditunggu cerita tentang Ambon..

    • siti September 14, 2016 at 11:22 pm Reply

      ahhah iya.. makasih makasih doakan lancar dan suami betah biar gak mumet saya kerjanya,…

  2. Arman September 14, 2016 at 5:41 pm Reply

    congrats buat promosinya…
    good luck ya on your new journey 🙂

    • siti September 14, 2016 at 11:12 pm Reply

      makasih ya mas Arman… perjuangannya saya anggap seru2an dalam hidup.. buat jadi bahan cerita hidup…

  3. Binibule.com [Tjetje] September 14, 2016 at 6:13 pm Reply

    Selamat atas promosinya. Ambon kota yang menyenangkan, saya pernah beberapa kali ke sana untuk urusan pekerjaan dan liburan. Makanannya enak, ikannya segar, tapi tension sisa kerusuhan masih sedikit terasa.

    Semoga lancar dan betah ya.

    • siti September 14, 2016 at 11:22 pm Reply

      hahha iya kotanya adem kok cuma menilik history pernah konflik tetap saja ada rasa was was makanya cari t4 tinggal yang aman… di atas kebun cengkeh ..cuma cari rumahnya gampang2 susah…

  4. Frany Fatmaningrum September 15, 2016 at 3:35 am Reply

    Pantes lama ga posting, rempong pindahan rupanya. Semoga betah dan lancar semuanya. Amiinn

    • siti September 15, 2016 at 7:29 am Reply

      bener mbak saya super rempong, nyari kost-an dan cari kontrakan yang pas buat kami berdua… sudah seminggu belum dapat yang sesuai di hati

      • Frany Fatmaningrum September 15, 2016 at 8:56 am

        Semangat Mbak Siti. Semoga segera dapat tempat tinggal yang sreg di hati.

      • siti September 15, 2016 at 11:43 pm

        makasih mbak Frany

  5. denaldd September 15, 2016 at 4:47 am Reply

    Hai Siti, selamat ya untuk promosinya. Semoga di tempat yang baru keberkahan semakin menyertai, suami kerasa dan kerjaanmu juga lancar.

    • siti September 15, 2016 at 7:29 am Reply

      makasih makasih..ya mohon doa nya di mudahkan tinggal bekerja disini..

  6. adhyasahib September 15, 2016 at 12:44 pm Reply

    mbak Siti..ternyata pindah ke ambon ya, saya pikir kemaren mau pindah ke palu, wah dikit lagi deket ke ternate tuh mbak, kita dh sama2 di indonesia bagian timur nih ;-). selamat atas kerjaan barunya dan semoga betah ya mbak disana ;-).

    • siti September 15, 2016 at 11:43 pm Reply

      ya aku tetanggaan sama diirmu kamu diutara atas aku dibawah ahhahah…. iya nih .. teryata planning eike gagal total… maklum keputusan tetap sama para pucuk pimpinan.. kami ini hanyalah pekerja… hehehhe … tapi ini petualangan berikutnya,..semoga semua bahagia disini…

  7. putthekitten September 15, 2016 at 1:32 pm Reply

    wah mbak Siti udah pindah ya, semoga sukses dan berkah di tanah rantau… 😉

    • siti September 15, 2016 at 11:42 pm Reply

      yoi say… mutasi sementara saja.. kewajiban pekerjaan.. nanti balik lagi kok ke Makassar

      • putthekitten September 17, 2016 at 9:28 am

        Ku kira sudah pindah ke sana mbak 😁 sukses di tanah rantau ya mbak siti..

      • siti September 17, 2016 at 9:42 am

        makasih makasih iya saya sudah mutasi kan b olak balik makassar ambon cuma 1 jam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: