Explore Maluku part 2 / Snorkling di Pantai Morella

Indahnya Pantai Morella

Pantai Morella/ lubang Buaya, Desa Morella  Kecamatan Leihitu
Kabupaten AMBON

Setelah explorasi ke Pantai Liang beberapa waktu lalu, kini waktunya ke pantai berikutnya, kali ini para perantau di kota Ambon memilih ke pantai Morella.
Disebut juga pantai Lubang Buaya karena di sekitar pantai ada lubang besar yang menurut penduduk setempat di jaman dulu kemungkinan merupakan lubang buaya, lokasi pantai ini terletak di Desa atau kalau di Ambon disebut Negeri yaitu negeri Morella Kecamatan Leihitu yang terdiri dari 13 negeri, masih wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Lokasi Desa Morella sendiri dapat ditempuh dari pusat Kota Ambon sekitar 1 jam 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor/ mobil melewati jalan provinsi, untuk memasuki lokasi wisata ini tidak dipungut biaya, hanya bayar uang parkir, dan membayar sesuai kerelaan hati memberi dari para pengunjung lokasi wisata ini.

Cantik kan hijau lautnya !

Dalam perjalanan menuju kesana, memang tak ada marka jalan, harus membawa orang yang tahu ke arah wilayah tersebut. Nanti mendekati daerah Pantai baru ada tanda itu pun masih tanda sangat sederhana spanduk sederhana, buatan warga sekitar bisa dilihat di video dibawah nantinya.
Kami berangkat dari jam 8.30 bersama rombongan 6 orang menggunakan mobil, dan sampai disana sekitar 1.5 jam. Saat tiba di lokasi belum ada pengunjung lain baru beberapa pengendara sepeda motor, beberapa kios kecil penjaja gorengan dan mie instant yang di Ambon mereka sebut “Sarmento” atau intel ( indomie telur ). Kami pun mencari parkiran yang agak rata.

View  Pantai Lubang  buaya

View Pantai Lubang buaya

Lalu kami harus meneruni beberapa anak tangga sederhana yang masih alami, dan sangat hati hati karena curam, tempat parkir ibarat tebing dan kami mau ke pantai kea rah bawah.
Sekitar 20 meter kebawah tampak beberapa rumah tempat duduk duduk yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar dengan konstruksi seadanya, dan beberapa kamar ganti terbuat dari kayu di pinggir aliran sungai kecil dari atas, kami pun memilih salah satu pondok kecil yang menghadap teluk dengan view laut berwarna hijau tosca dan batu karang yang indah.Disitu dijajakan rujak khas Ambon yang campuran kacangnya paling banyak dan pisang goreng, termasuk mereka juga sudah menyewakan alat snorkeling berupa kacamata renang dan juga fins alias kaki katak, biaya sewa alat snorkeling Rp 20k/ buah, kaki katak Rp 10k dan pelampung juga disediakan bisa di sewa dengan biaya Rp 10k.

Airnya bening

Kami pun menaruh barang barang diatas pondok dan teman teman siap siap ganti baju buat turun, di depan pondok sudah terhempas batu karang dipagi hari laut sangat surut, beberapa perahu kecil yang bersandar di sisi kiri menunggu pengunjung, ini kapal bisa disewa muat 1 kapal kecil bisa muat 5 orang dengan bayaran Rp 10k/ orang kita akan diantar keliling pantai naik kapal tersebut biar view laut bisa ternikmati semua tanpa harus berenang mengeliling teluk kecil.

Selamat Datang ke Pantai Morella

Di sekitaran itu ada beberapa pondok sederhana tempat orang menaruh barang barang buat snorkeling ada juga pohon besar bisa dijadikan tempat loncat kebawah karena dibawah itu ada palung, kelihatan kok lautnya warna hijau dan karang karangnya kelihatan termasuk ikan ikan warna warni ada berkeliaran di atas sangat dekat.

Saya sempat ikut berenang sebentar karena saya kok tiba tiba takut melihat palung, hahahh maklum sudah lama tak snorkeling. Biasanya Cuma menemani MB ke pantai hanya menikmati view saya jadinya malas mandi karena ribet kamar ganti ribet cari air buat bilas.

Tapi hari ini saya nekat turun, walau sebentar saya pakai sepatu juga karena takut lecet kena karang. Kebetulan bawa perlengkapan snorklingnya MB. Cuma sebentar baru naik sementara para teman teman cowok pada sibuk snorkeling kami naik dan memesan rujak. Harga rujak Rp 10k / piring kecil, rujak Ambon itu enak sekali karena bumbu kacangnya yang kental.

Peta letak pantai Morella dari Ambon

Campuran rujak disini juga ada 10 macam sampai ada buah pala mentah dan pisang segala. Enak sekali rasanya sampai saya pesan bumbu nya saja 2 bungkus buat dibawa pulang. Terus dari rumah kami sudah bawa camilan berupa air mineral dan snack biscuit. Kami juga order pisang goreng.

Ayo snorkling di Pantai Morella #ayo ke Ambon

Setelah puas makan kami turun lagi naik perahu ber 3 keliling pantai bolak balik, mengambil gambar dan video dan kawan lainnya malah memilih snorkeling dibagian dalam karena memang indah sekali disana. Saya lihat sendiri gambar gambar ikan hasil foto bawah laut mereka kereen bingits ikan nemo nya besar besar.

Tampak dari kejauhan hijaunya teluk sekitar pantai Morella

Cuacanya juga sangat mendukung hari ini dari pagi mendung sampai siang, jadi saya sangat menikmati Kami keliling keliling lihat sisi lain pantainya, ada bahkan sisi lain yang lebih datar dan ada beberapa gazebo disana, katanya kalau mau kesitu jalannya agak jauh. Padahal sisi itu pantainya enak lebih datar.
Setelah puas naik perahu kami kembali ke pondok dan menunggu teman teman lain balik, sayangnya tak ada toilet disana ada hanya kamar ganti saja. Terus tak ada air bersih untuk ganti. Airnya sendiri tak terlalu lengket, warna lautnya hijau tosca ikan ikan banyak sekali, dan beberapa meter dari bibir pantai ada palung yang dalam.

dewaweb_promo_04_728x90

Sebenarnya ini best spot buat para divers nih, katanya view karang bawah laut lebih keren dari Bunaken., Saya sendiri sudah mundur dari dunia diving beberapa tahun lalu hanya penikmat snorkeling saja. Setelah pukul 3 sore kami pun kembali naik ke atas dan kembali ke tempat parkir dan kembali menuju ke kota Ambon.

Biaya untuk perjalanan kali ini sbb :
• Beli bensin buat mobil patunagan Rp 50k
• Beli air dan minuman ringan Rp 50k
• Beli rujak Rp 10k
• Bayar perahu Rp 10k
Total Rp 120k saja…lumayan lah………

Tips jika mau menikmati Pantai Morella sbb :
1. Bawa makanan berat dari rumah karena disana tak ada menu berat
2. Bawa sendiri air kemasan besar buat mandi bilas saat sudah berenang.
3. Bawa kantung plastic buat buang sampah.