Advertisements

Lima toko oleh oleh khas Maluku ternama di kota Ambon


Summary Tempat oleh oleh di kota Ambon

Beta sudah lebih dua bulan menjadi warga kota Ambon manise dengan mobilitas yang lumayan tinggi, dalam dua bulan ini seandainya semua penerbangan saya menggunakan maskapai Indonesia kebanggan Negara tentunya Frequent flyer saya bakalan jadi Gold hahhaa…semoga, lumayan lah walau hijrah mutasi luar kota buah manis nya saya jadi terbang terbang terus,  Ingat di Agustus saya ke Surabaya, terus 1 September ke Ambon, tanggal 7 – 9 September balik Makassar, lalu di pertengahan September saya ada tugas meeting di Bali, behhh gaya macam betul yahh, terus ada workshop di Bandung lagi di awal oktober, terus ada meeting di Makassar akhir Oktober lalu.

Nah awal November dapat jatah lagi ke Makassar training 4 hari, lumayan lah bisa jenguk rumah dan potong dan cabut rumput liar hahaha. Nah impas dari semua ini adalah setiap mau terbang saya pasti ke toko oleh oleh. Melelahkan memang, maklum budaya Indonesia, tetap aja ada buah tangan kemanapun, tetangga terbaik sudah pasti saya bawakan selalu minyak Kayu putih khas Ambon yang ragam merk. Tetap aja susah berhemat yahh tapi saya rasa kalau memberi akan banyak berkahnya. Walau berasa dengan banyak perjalanan begini dompet pun terkuras, belum rasa lelah di pesawat makanya sekarang saya selalu bawa neckpilllow bagi saya penerbangan dari Ambon ke Makassar 1 jam 30 menit itu  berharga buat tidur. Apa lagi penerbangan ke Ambon Itu jam nya extrim semua. Kalua bukan subuh ya pagi.  Jadi benar benar melelahkan.

Dengan semua adegan terbang terbang diatas tentunya semua toko oleh oleh di Ambon saya telah datangi. Kota Ambon itu kecil, jadi tentunya toko oleh olehnya juga terbatas bisa di hitung jari, saya coba rangkum yah dibawah ini :

  1. Petak 10, Letaknya di jl Tamaela, Kel Waihaong, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, ini jalan pasti saya lewati kalau ke kantor, dan uniknya toko ini hari sabtu tutup, yang terkenal disini ya Kue kenarinya dengan packaging khusus petak 10, brand tersendiri yang mereka bangun sejak taun 1965,  selain snack khas Ambon disini juga ada ragam minyak kayu putih merk Gosa, Merk Naga Mas dll, dan beberapa cetakan baju kaos. Bos saya langganan kalau datang kesini karena selalu bawa pulang roti kenari nya. Harga mulai dari Rp 35k/box.

2. Santo’s jewelry, pusat oleh oleh khas Maluku, letaknya di Jl Anthony Rebook dekat dari lapangan MERDEKA dan Gong PERDAMAIAN DUNIA. Depan Prodia, disini tokonya lebih ekslusive karena ada perhiasan kayak mutiara dengan packaging lebih ekslusive tentunya hargaya pun sesuai. Mulai dari snacks khas Maluku juga ada disni, minyak kayu putih, kue kue kenari beragam racikan, sampai gantungan kunci khas kota Ambon, dan kaos kaos khas Ambon juga. Disini enaknya bisa gesek pakai Debit / credit, kelemahannya ya mereka selalu kena charge kecuali debit. Sangat merugikan bagi pencinta cashless buyer like me. Rata rata di Ambon selalu susah mencari toko yang lengkap dengan mesin EDC nya adapun kalau ada yahh kena charge pokok nya.

3.Toko Hidayah, letaknya di pusat kota Jl AY PATTY yang tak jauh dari Masjid  Raya Alfatah, letaknya pas disudut jalan  AM Sangaji dan AY Patty, disitu berderet ada 3 toko oleh oleh yang ternyata itu yang punya sekeluarga, Perintisnya adalah Toko Hidayah,ini  yang dijual banyakan minyak kayu putih dan makanan, disampingnya putranya  dengan label toko NIKMAT, pusatnya kaos kaos bertuliskan bahasa Maluku, sifatnya lebih youth, dan disampingnya lagi ya ragam pernak pernik alat musik dll.Saya sudah pernah belanja disini sama MB saat pertama datang kebetulan ownenya juga muslim jadi MB senang belanja disini.

4.Toko CAHAYA Liembers, baru kemarin sempat belanja kesana, letaknya jl KAKIALY, di sudut jalan, disini selain lengkap untuk oleh oleh makanan, namun yang khas disni ada kerupuk keladi merk THERESIA yang aneka rasa, harga nya mulai dari Rp 45k / bungkus, dan banyak sekali kaos kaos bertuliskan Ambon atau khas Maluku disini, kebetulan ponakan MB ulang tahun dan saya sempat carikan ukuran XXXL maklum ukuran Keluarga MB semuanya big size. Padahal anak itu masih umur 13 tahun. Gimana besarnya yahh.. dan akhirnya dapat harga 1 lembar kaos oleh oleh khas di Ambon Rp 100k, bagusnya di Toko Cahaya ini karena banyak ragam kaos sampai berderat sisa pilih corak dan sebutkan size akan dicarikan. Sampai dendeng rusa saja juga ada disana. Setahuku dendeng rusa adanya di Kota Sorong ternyata ada juga di kota Ambon.Silahkan lihat videonya dibawan ini.

5. Toko Besi Putih Asli Khas AMBON, Letaknya depan Hotel Abdullahi, jl soa bali, ini semua hanya besi putih salah satu dari beberapa toko yang menjual khusus perhiasan besi putih.

Nah itu beberapa nama toko oleh oleh khas Maluku yang lumayan terkenal di kota Ambon. Ada satu lagi di JL Philip Latumahina, akan saya buatkan slideshow nya kalau mampir disana. Diatas nya ada rumah kost –an elit dengan fasilitas keren sampai lantai 5, Cuma teman teman saya tak sanggup di rumah kost dengan lantai lebih dari 3. Melelahkan.. !!

dewaweb_promo_04_728x90

Nantikan ulasan ulasan saya berikutnya tentang kota Ambon, saya melihat sangat miris informasi di google tentang kota Ambon dan segala keunikannya jarang ada yang ulas,  so saya dedikasikan tulisan tulisan saya ini buat membantu   pemkot Ambon untuk sharing informasi terupdate agar makin banyak orang luar tertarik buat datang ke Ambon .

BANNER FREE MEMBER

Beberapa artikel terkait kota Ambon sbb:

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , , ,

6 thoughts on “Lima toko oleh oleh khas Maluku ternama di kota Ambon

  1. Tjetje [pasporhijau.com] November 14, 2016 at 8:10 am Reply

    Ah petak 10 itu dulu jadi andalanku dan pulang dari sana pasti bawa kardus gede.

    • siti November 14, 2016 at 2:40 pm Reply

      hahaa iya sama bosku jg belanjanya di petak 10 saja…

  2. Dodik Setiawan March 16, 2017 at 11:00 am Reply

    selamat malam mbak, besi putrinya kisaran brp ya ?

    • siti March 16, 2017 at 1:17 pm Reply

      besi putih di ambon berkisaran 100 ribuan ke atas… mas

  3. Keliling-ambon April 1, 2017 at 4:59 pm Reply

    Yang mau jalan-jalan ke Ambon atau sedang mencari jasa sewa mobil di Ambon Silahkan hubungi kami yah….. Jasa Sewa Mobil di Ambon

    • siti April 2, 2017 at 1:30 pm Reply

      thanks info nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: