Cara Memasukkan WNA ke dalam List Kartu Keluarga WNI


Cara memasukkan WNA dalam list kartu keluarga

Alhamdulilah beberapa waktu lalu, saya sudah berhasil membuat kartu keluarga baru di kantor catatan sipil Makassar. Yang dulunya aturannya adalah WNA tak bisa masuk di Kartu Keluarga ternyata sudah bisa, informasi nya sendiri dari catatan sipil di Makassar yang sering bantu saya, terima kasih atas bantuannya ibu Hj Indar.

trade online

dewaweb_promo_04_728x90

Adapun berkas yang harus di submit sbb :
·Surat permohonan pembuatan KTP WNA / KK WNA

  1. · Passfoto 2×3 dan 4X6 latar merah ( karena MB kelahiran ganjil, kalau genap biru )
  2. · SKTT Lama
  3.   KK Lama
  4. · Paspor WNA
  5. · Cap Visa WNA dan MERP WNA
  6. · Copy KTP Istri WNI

Proses nya :

Saya submit berkasnya ke Kabag Mutasi penduduk, menunggu 1 minggu selesai deh. Saya berterima kasih kepada adik spupu yang siap bantu sana sini pengurusan karena saya domisilinya di Ambon jadi seefisien mungkin ketika  balik ke  Makassar saya berkas serahkan dan saya sisa call sana sini berkoordinasi, karena masalah birokrasi sudah pasti akan jadi bagian hidup selama hayat dikandung badan… 😀

Jangan lupa tuliskan nama orang tua wna dan pekerjaan serta agama mereka dan pendidikan terakhir karena akan dimasukkan dalam list keterangan di kolom KK. Itu saya coret dan tulis sendiri dikartu keluarga yang lama.

Setelah menunggu sekitar seminggu saya menghubungi kembali, kalau saya di catatan sipil Makassar berurusan dengan ibu Hj Indar yaitu Kepala Bagian Mutasi Penduduk Duskcapil Makassar. Kebetulan karena stock blanko ktp wna belum ada kata beliau jadi memasukkan ke dalam KK sudah bisa kapan waktu dibuatkan KTP WNA nya.Jadi walau pindah kemana saja sisa bawa KK sekarang buat pengurusan lainnya.

Karena kami mau pindahan ke Ambon makanya saya urus semua berkas yang bisa dibereskan, apalagi nanti saya harus buat lagi laporan ke Polsek setempat terkait keberadaaan WNA di lingkup kota Ambon, kalau di Makassar kan MB sudah lengkap sekali sudah ada KITAP berlaku 5 tahun SKTT nya, KK nya ada Cuma KTP nya ada belum jadi.

KTP Pribadi saya saja baru akan jadi di Januari 2017. Untuk proses memasukkan WNA dalam KK ternyata tak rumit.Untuk sharing tentang bagaimana proses ekspedisi kendaraan dan asuransi cargo laut akan saya update setelah menyelesaikan pindahan barang tahap terakhir karena ini episode paling ribetnya.  Semoga bermanfaat dan salam birokrasi.

BANNER FREE MEMBER

Untuk artikel terkait :

Tagged: , , ,

12 thoughts on “Cara Memasukkan WNA ke dalam List Kartu Keluarga WNI

  1. Frany Fatmaningrum December 7, 2016 at 2:49 pm Reply

    Sebenarnya bisa ya masukkin WNA ke KK. Temen deketku cerita, di KK nya hanya ada nama dia sebagai kepala keluarga. Karena suami WNA & anaknya satu kelak akan WNA juga. Temenku berkelakat, “jadi gue kalo mati, abis KK gue” 😁

    • Crossing Borders December 8, 2016 at 4:26 am Reply

      Permisi nimbrung.. Dulu sebelum ada Bear, di KK-ku cuma ada namaku juga sebagai kepala keluarga meski status “menikah”. Tapi setelah ada Bear, nama Bear tercatat sebagai anakku, dan nama M tercatat juga sebagai ayah dari anakku (bukan sebagai kepala keluarga). Kalo aturan baru ini sudah berlaku juga di wilayah Jabar ya baguslah..

      • siti December 8, 2016 at 4:31 am

        di makassar sudah berlaku mbak saya nda tau wilayah lain karena PERDA nya beda beda..

    • siti December 8, 2016 at 4:31 am Reply

      iya dukcapil sudah bilang sudah bisa,..

  2. Raini Ahmad December 8, 2016 at 6:21 am Reply

    alhamdulillah makasih infonya 🙂

  3. Yuniarsih Danish December 8, 2016 at 6:26 am Reply

    Kalo saya beda lagi Mbak Siti, mau ngajuin kitas aja susahhnya setengah mati, padahal semua procedur udah lengkap giliran waktu interview, hhhhffffwwww, banyak pertanyaan yg akhirnya cuma kasih suami single entry!
    Di kala Di interview udah ok, gilirang naik ke atas , gagal, !!
    Kayaknya mereka minta fulus alias duit kali ya?

    • siti December 8, 2016 at 9:02 am Reply

      suami wna apa mbak? mungkin beda beda kebijakan tiap kanim.. tapi seharusnya kalau prosedur lengkap kenapa harus di persulit

  4. yuni December 9, 2016 at 3:34 am Reply

    pakistan mbak siti

    • siti December 13, 2016 at 3:31 pm Reply

      oh i c memang agak sulit kalau Pakistan tak sedikit saya dengar kisah beratnya urus birokrasi teman teman disini.. semoga dimudahkan jalannya yang mbak,..

  5. yuni December 9, 2016 at 3:36 am Reply

    padahal juga udah masuk indonesia 2x ,ini blan februari udah mau visit lagi ke 3 xnya

  6. yuni December 16, 2016 at 12:39 am Reply

    Amiin makasih mbak Siti

  7. Nisa January 18, 2017 at 12:57 am Reply

    Salam mbak siti mau nanya ini berarti langsung ke dispenduk capil ya mbak? Ga pake surat pengantar Rt Rw kah? Krn saya liat dri blog lain pake surat itu..

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

