Advertisements

Explore Maluku 4#Menikmati sunset di Pintu Kota Beach


Pintu Kota Beach

Pintu Kota Beach

Explore Maluku 4 # Menikmati sunset di  Pintu  Kota Beach  Airlow Ambon

Setelah beberapa saat break dari petualangan mingguan selama tinggal di Ambon, apalagi hiruk pikuk kesibukan luar biasa saat akhir tahun untuk pekerjaan jadi baru minggu ini bisa jalan jalan kembali. Kali ini ke Pantai Pintu Kota, atau biasa disebut Pintu Kota Beach.

Bentuk lubang di tebing karang menyerupai pintu makanya namanya menjadi PINTU KOTA

Bentuk lubang di tebing karang menyerupai pintu makanya namanya menjadi PINTU KOTA

Kenapa namanya Pintu Kota? Jadi di pantai pintu kota ini ada sebuah lobang raksasa di tepian batu karang yang membentuk lubang besar yang menyerupai sebuah gerbang atau pintu, nah dari situlah namanya berasal, dan pada zaman dulu kala, kapal kapal yang datang berlayar melalui pulau Ambon maka yang pertama tampak adalah karang besar berbentuk pintu ini maka itu menandakan bahwa mereka sudah benar benar tiba di Pulau Ambon. Jadi secara istilah dianggap pintu kota ini menjadi gerbang pertama lalu lintas laut menuju ke Pulau Ambon. Itulah sejarah mengapa pantai ini disebut Pintu Kota. Gerbang sebelum memasuki wilayah Pulau Ambon.

trade online

Letaknya dimana?

Letak Pintu Kota Ambon

Letak Pintu Kota Ambon

Tepatnya sekitar 15-17 km dari pusat kota Ambon ke bagian selatan, tepatnya di Desa Airlouw bersebrangan dengan desa Seri, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Bisa dilihat di peta dibawah ini, lokasinya persis menghadap  Laut Banda yang terkenal mempunyai palung terdalam didunia. Untuk transportasi menuju kesini bisa ditempuh dengan jalan beraspal yang bisa muat 2 mobil, aspal mulus di beberapa lokasi/ spot ada lubang namun keseluruhan baik,  jalan lumayan sepi jadi memang baiknya berangkat kesini pagi hari atau sore jam 3-an agar dapat view terbaik saat sunset dan tak kemalaman saat pulang karena tak lampu jalan sepanjang perjalanan kesini. Kalau naik kendaraan umum, ada angkutan umum berwarna merah, diatas angkot ada tulisan Airlouw nah itulah angkot jurusan ke Pintu Kota. Untuk kendaraan roda dua, bisa naik ojek juga, perkiraan dengan jarak 15 km akan dikenakan tariff diatas 50K sampai 80k. Karena pengalaman kawan saya dari kantor ke Bandara Pattimura berjarak 16km itu pernah naik ojek dengan tariff Rp 50k. Atau bisa rental sepeda motor jika memungkinkan.

dewaweb_promo_04_728x90

Arahnya sendiri ditempuh mengikuti jalur jl dr Malaiholo terus sampai ujung keluar kota, bisa dibantu dengan googlemaps kok. Ikuti saja jalan besar,  dan setelah sampai akan ada tulisan Pantai  Kota Beach belok ke kanan dan silahkan parkir kendaraannya.

Biaya Masuk Berapa?

Karcis pintu kota kedua setelah di dalam

Karcis pintu kota kedua setelah di dalam

Kebetulan saya beloknya di Bethesda Beach jadi dibagian bawah dari pintu masuk Pintu kota beach, dari gerbang saya dimintai Rp 5000/orang dalam mobil ada 3 orang jadi saya bayar Rp 15k dan tanpa karcis sama sekali.  Setelah masuk dan menuruni anak tangga yang banyak dan masuk ke lokasi saat belok kiri menuju karang pintu kota saya dikenakan  karcis lagi dengan bayaran  Rp 2000/ orang. Kenapa bisa begini? Ya karena kata mereka pemiliknya dua orang. Saya juga bingung pemirsah…! Saya bayar saja dan melangkah menuju pintu kota alias karang berbentuk pintu buat foto foto. Hanya itu yang kami bayar selama disana jadi murah lah ya.

Didalamnya ada apa saja?

Memasuki lewat pantai Bethesda akan tembus ke Pintu Kota

Memasuki lewat pantai Bethesda akan tembus ke Pintu Kota

Tangga naik ke atas tebing tanpa pegangan

Tangga naik ke atas tebing tanpa pegangan

Di setapak bagian dalam ada bangku dan ada gardu jualan juga

Di setapak bagian dalam ada bangku dan ada gardu jualan juga

 

Karena saya masuk lewat bawah alias lewat Bethesda Beach, jadi setelah parkir, saya melangkah kedalam menuruni anak tangga  yang dibuat selebar setapak 1 meter menuju karang karang di seblah kanan hamparan pantai berkarang, pasirnya ya warna putih karena batu batuan kurang aman sebenarnya buat renang karena banyak batu karang disekitar. Seblah kiri ada sekitar beberapa kabin toilet yang berbayar Rp 2000 perak sekali pakai. Dan disepanjang setapak ada tempat duduk buat bersantai karena beberapa gardu pedagang juga ada disitu. Mereka menjual rujak, sarmento ( sarimie telur, entah kenapa namanya SARMENTO kalau di Ambon, padahal sebenarnya ya intel alias indomie telur alias mie instant tambah telur ).Ada juga jajanan sukun goreng, pisang goreng serta minuman ringan dari mulai teh, kopi dan minuman kemasan, harganya masih sama dengan harga barang di kota Ambon.

Bagaimaan pemandangannya?

Salah satu spot di area Pantai Pintu Kota

Salah satu spot di area Pantai Pintu Kota

View Pintu kota dari dekat, abaikan modelnya :-)

View Pintu kota dari dekat, model Edy Suherman

Salah satu sisi di puncak tebing setelah menaiki puluhan anak tangga lebar lebar, belakang itu adalah Lautan Banda

Salah satu sisi di puncak tebing setelah menaiki puluhan anak tangga lebar lebar, belakang itu adalah Lautan Banda

Melihat kebawah lautan dari atas tebing

Melihat kebawah lautan dari atas tebing

Dari sisi yang lain tampak semenanjung pulau Ambon kecil di kejauhan

Dari sisi yang lain tampak semenanjung pulau Ambon kecil di kejauhan

paling cocok datang saat  sore, karena dari dalam lubang yang menyerupai pintu saat matahari terbenam kelihatan sangat indah, spot foto terbaik juga di belakang gerbang karang tersebut, lalu bisa naik ke atas puncak dengan menaiki sekitar 50 an anak tangga yang lebar lebar, saya sempat ngos ngosan naik ke atas, sampai diatas bisa dilihat beberapa tempat duduk di sediakan buat memandang hamparan lautan BANDA yang hijau muda. Ada juga beberapa gardu penjual makanan diatas dan hamparan parkiran kendaraan. Disinilah sebenarnya area PINTU KOTA BEACH. Tapi saya tadi dari arah bawah masuknya. Di atas ini di beberapa sisi ada yang tak punya pagar kayu sangat berbahaya bagi pengunjung, ketinggian tebing ini sendiri perkiraan ada 50 meter kebawah, sangat riskan kalau ada pengunjung anak kecil bisa berlari dan menembus terjalnya karang terjah dibawah lautan Banda yang indah dari puncak diatas. Bentuk tebing ini sendiri seperti melancip keujung, struktur tanah nya diatas ini seperti tanah lihat,  beberapa tanaman minyak kayu putih tumbuh diatas. Saya sempat mengambil gambar dari berbagai sisi, dari kejauhan yang ada hamparan laut berwarna biru kehijauan yang tampak sangat dalam. Indah, saya bisa memandang pulau Sulawesi dari kejauhan ( bohong ini Cuma membayangkan saja secara disitulah spot ujung pulau Ambon ke hamparan laut Banda hahahhaha )

Setelah puas foto dan rekam amatiran menggunakan HP kami pun bergegas pulang karena takut  gelap, oh ya sepanjang dilokasi ada beberapa anjing berseliweran, dan saya sempat mencium bau pesing di tangga tangga pasti ulah anjing ini pastinya.

Untuk penginapan sendiri sebenarnya ada beberapa resot tak jauh dari tempat ini. Yang pasti mereka menawarkan pemandangan yang sama, konon tak jauh dari spot Pintu Kota ini ada spot diving yang indah, nah ini belum dibuktikan oleh teman teman Gank HAPPY WEEK END saya, nanti pada adventure berikutnya siapa tahu  mereka tertarik untuk meng explore.

Budget liburan ke Pantai Pintu kota kali ini hanya Rp 19 ribu. Diluar bensin ya J

Semoga sih kedepannya Pemerintah Kota Ambon khususnya  department Pariwisata lebih  memperhatikan ragam objek wisata pantai yang ada di kota Ambon, termasuk Pantai Pintu Kota ini. Biar bisa memberikan juga income bagi pemerintah dari pajak retribusi dan juga warga Ambon sendiri bisa lebih banyak pilihan  tempat berwisata selain mall yang Cuma 2 buah. Saat saya berkunjung kesana memang tak terlalu banyak orang, mobil yang datang sekitar 5 saja, kemungkinan hari minggu yang ramai.

Kota Ambon yang kecil terletak di jazirah pulau Ambon yang dikeliling pantai, so pilihan petualangan kami memang hanya Pantai dan pantai.

Salam anak Pantai yang malas berenang takut gosong 

Silahkan nikmati video amatiran di youtube channel saya yah, dan jangan lupa subscribe ragam video amatiran saya upload tiap hari 🙂

Artikel tentang Explore Maluku bisa dibaca di :

  1. Explore Maluku 1 ( Pantai Liang / Huanima )
  2. Explore Maluku 2 ( Pantai Morella / Lubang Buaya )
  3. Explore Maluku 3 ( Pantai pulau tiga )

BANNER FREE MEMBER

 

 

 

Advertisements

Tagged: , , ,

2 thoughts on “Explore Maluku 4#Menikmati sunset di Pintu Kota Beach

  1. putthekitten January 8, 2017 at 2:46 am Reply

    Kalau di Ambon wisata apa yang paling terkenal mbak?

    • siti January 8, 2017 at 11:52 pm Reply

      kebanyakan wisata pantai semua… cuma ya begitu fasilitas seadanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: