Advertisements

Menikmati wisata alam hutan pinus di The Lodge Maribaya Lembang Bandung


Mountain Swing The Lodge Maribaya #foto Indra Zulfikar

Mountain Swing The Lodge Maribaya #foto Indra Zulfikar

Menikmati wisata alam hutan pinus di  The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Week end kemarin saya dan teman teman  se-regional Papua Maluku, jumlahnya tak sampai 100 orang itu  diboyong ke Bandung untuk acara awarding tahunan, ragam acara dikebut dalam tiga hari, hari pertama awarding nite, keesokanya ke camping malamnya acara api unggun dan nyanyi seru, dan keesokan harinya tour ke beberapa spot,termasuk ke The Lodge Maribaya ini atau biasa disebut juga uga the lodge outbound and park karena wisata alam ini menawarkan ajang buat outbound, camping dan trekking juga.  kenapa pilihannya  acara ke Bandung, karena  kalau keluar negeri lumayan mahal, kalau Bandung lumayan  banyak  varian objek wisata alam dan wisata belanja pastinya dan cuaca juga di beberapa objek wisatanya ya dingin.Makum kami di Papua Maluku cuacanya panas sepanjang tahun. Tapi yang pasti para leader kami memutuskan nya ke Bandung ya kami ikut saja.

salah satu spot foto diatas pohon Bambu

salah satu spot foto diatas pohon Bambu

Kontak Number The Lodge Maribaya

Kontak Number The Lodge Maribaya

Salah satu itinerary kami adalah touring ke The Lodge Maribaya. Awalnya saya tak tahu apa –apa tentang objek wisata ini,  The Lodge sendiri kalau secara arti ya pondok, karena memang objek wisata ini punya tagline “escape to nature” maksudnya wisata alam, camping, trekking dll. Baru dibuka di Sekitaran bulan Juni 2016 lalu dan langsung hits dan kekinian banyak tersebar foto fotonya di Instagram. Langsung teringat deh kawasan wisata yang sama di Sulawesi Selatan yang berada diatas ketinggian 1500 kaki dengan suhu yang dingin persis sama di Lembang namun mungkin suatu saat ada juga yang garap objek wisata serupa buat foto foto dan camping yang nyaman.

Lokasi nya dimana? Yang saya tahu sih  ini masih di Cibodas.

Alamat Lengkap dari The Lodge Maribaya  dibawah ini :

  • Jalan Maribaya No. 149/252 RT 03/RW 15 Kp Babakan Gentong – Cibodas

Lembang, Bandung Barat Indonesia 40391

  • Nomor telepon The Lodge Maribaya
  • (022) 20454830 (Office Hour)
    08112253299 (Office Hour)
    08112264808 (Office Hour)
    08112348522 (Office Hour)
  • Email: info@thelodgemaribaya.com

Jika mau reservasi buat rombongan silahkan kontak mereka dulu atau email sekalian, tiket rombongan akan berbeda pastinya dengan tiket perorangan.

Foto belong to Indra Zulfikar

Foto belong to Indra Zulfikar

Desa Lembang adalah desa di kecamatan Lembang kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.  Lembang juga adalah nama salah-satu daerah dataran tinggi yang terkenal di Indonesia. Di wilayah ini banyak sekali objek wisata yang terkenal.  Contoh beberapa objek wisata yang berada di Lembang adalah Tangkuban Perahu, Floating Market, dan banyak lagi. Kami sebenarnya kebagian tiga pada acara kali ini, berkemah di Pine Hills Cibodas, jalan jalan dan makan siang di Floating Market, observatorium Boscha dan terakhir menikmati wisata alam dan wisata foto view extreme di The Lodge Maribaya.

Siap siap naik ZIP Bike

Siap siap naik ZIP Bike

Harga Tiket Masuk ke The Lodge Maribaya sbb:

Untuk week days / hari kerja : Rp 20k/ per orang

Untuk week end / sabtu-minggu : Rp 25k-35 k

Belum termasuk kalau mau foto buat mountain swing, zip bike atau  sky tree itu bayar lagi ya. Kalau mau camping ada juga service camping dengan bentuk kemah unik kayak bentuk bawang untuk beda lagi  tariff nya. Silahkan kontak langsung pihak The Lodge Maribaya.

Kumpulan Para Srikandi Ambon #Ladies Team Branch Ambon

Kumpulan Para Srikandi Ambon #Ladies Team Branch Ambon

Pasang Gelang dulu baru masuk buat rombongan

Pasang Gelang dulu baru masuk buat rombongan

Jam buka THE LODGE MARIBAYA

Mulai Pukul 09:00 – 18:00

Kami kesana pagi hari, jalan masuknya kecil letaknya di lereng pegunungan. Setelah memasang gelang tiket masuk dan masuk pintu gerbang, kamipun langsung menuruni anak tangga yang banyak, di sisi kanan ada beberapa spot foto dengan view seperti ini. Dan setelah menuruni anak tangga di sisi kanan ada wahana buat naik sepeda di udara namanya ZIP Bike,  badan kita dipasang pengamana, sepedanya di design khusus nyantol di tali jadi roda ban nya taka da hanya ada velg yang ukurannya sesuai dengan tali yang dipijaki sepeda. Bukan Cuma satu tali buat sepeda ada 2, jadi kita bareng teman juga bisa pakai 2 sepeda jadi ahsil fotonya juga seru, batas berat badan tak boleh diatas 100kg ya takut talinya putus, jadi MB tak akan bisa coba adegan foto kayak begini hehehe. Kreatif juga idenya.  Nanti setelah mrngayuh sampai ditengah maka silahkan foto sampai puas mau lepas tangan juga bisa kalaupun jatuh kan, untuk wahana ini bayarnya Rp 15k beli tiket dulu baru antri, dan antrian panjang sekali makanya aku tak naik entah kenapa hari itu mood petualangan saya jadi hilang , apa apa malas Cuma mau lihat dan foto foto serta duduk makan di tempat yang ada café café nya.

Foto by Frans Senolingg

Foto by Frans Senolinggi

Yang paling banyak diminati teman teman saya hari itu adalah antrian SKY TREE, jadi kita naik di atas semacam pohon yang dibangun dengan pemandangan bawah belakang itu kelihatan tinggi namanya kita ada di tebing. Saya selalu ingat foto foto teman teman saya di KALIBIRU yogya yang sedang kekinian sekarang ternyata begitulah prosesnya kirain beneran naik diatas  tempat yang tinggi ternyata pendek aja kok naiknya pakai pengaman dan tempatnya saja di design buat ambil foto yang latar belakangnya curam , extreme dan cantik view nya. Sungguh creative ya ide ide pengelola taman rekreasi jaman sekarang, potensi pegunungan bisa jadi ajang spot menarik buat yang malas trekking atau hiking ya ikutan foto kekinian di spot spot yang disediakan.

Zip Bike by Frans S

Zip Bike by Frans S

Ada juga Ayunan Extreme namanya MOUNTAIN SWING,kelihatannya extreme di foto tapi sebenarnya itu juga sama, itu ayunannya terbuat dari kayu yang di buat khusus di diseign bisa di putar pada saat pengunjung yang sudah beli tiket dan antri mau naik si kayu di putar ke arah yang landau, si pengunjung naik dan di cek pengamannya suruh pegangan yang kuat si penjaga ayunan mutar ayunan kearah tebing dan silahkan jepret sampai ribuan kali kalau mau, hasilnya wow berasa ada di atas ayunan yang ketinggiannya ratusan meter diatas gunung dengan hamparan pohon pinus dibelakangnya sungguh cantik. Bayar tiketnya Rp 15k juga per orang. Ada standar ukuran tinggi untuk spot extreme seperti anak dibawah umur dan tinggi tertentu juga tak bisa demi keamanan si anak. Disini ada 2 ayunan, ada juga Bamboo Sky, jadi kumpulan bamboo yang disusun menyerupai pegangan obor raksasa, yang  di atasnya ada jalan penghubung ke tempat landai dan disiapkan tali pengaman, pengunjung yang mau foto setelah bayar tiket harga Rp 15k bisa antri dan dipasang alat pengaman layaknya mau naik gunung baru di guide suruh melangkah ke atas puncak obor raksasa tadi dan bisa berdiri buat foto dari jauh dan kelihatanya sungguh keren cuma menurut saya yang kurang adalah di foto kelihatan sekali penampakan pengaman talinya jadi kesanya kurang extreme hahahhaha. Coba tali pengamannya terbuat dari bahan yang transparan jadi saat di foto tak kelihatan. Emang ada ya? Hahahha tapi kreatif lah pengelola THE LODGE MARIBAYA ini tahu saja selera orang saat ini hobby nya foto kekinian. Di beberapa sudut ada venue lucu buat foto kayak pohon yang dihiasi kupu kupu, kursi kursi love yang bisa diduduki dan sekitaran ada café café kecil penjaja makanan khas Sunda, karena lelah berjalan turun, anak tangganya cukup  tinggi ukurannya jadi saat menuruni atau menaiki cukup melelahkan dan ada bagian yang tanpa pegangan ya cukup berbahaya buat anak anak atau manula. Serius saat naik keatas kita berasa ngos ngos-an.

Tiket Mountain Swing bayar Rp 15k

Tiket Mountain Swing bayar Rp 15k

Sebelum pulang saya sempatkan duduk duduk di beberapa kursi diantara jejeran penjaja makanan khas Sunda, teman saya makan bakso, saya makan ketan bakar, yang lain pada pesan serabi, sisanya minum minum teh sambil ngobrol, harganya bervariasi mulai Rp 15k keatas.

Saya sempatkan makan ketan bakar

Saya sempatkan makan ketan bakar

Seru lah ya, salah satu alternative camping, wahana bermain di alam bebas bersama Keluarga, dengan tariff terjangkau bagi warga yang haus hiburan kayak kami dari Indonesia bagian tengah dan timur yang merasa di wilayah kami sangat kurang amusement park atau taman wisata alam yang berkualitas dan harga terjangkau. Jika mau menikmati wisata terjangkau kami harus merogoh kocek terbang dari kota kota di Indonesia tengah seperti Makassar ke Bandung dengan 2 kali transit dan makan waktu berjam jam, untuk hadir di Bandung kali ini team kami dari Ambon harus transit di Makassar, Surabaya dan baru sampai Bandung, berangkat dari rumah jam 6 subuh ke bandara Ambon dan sampai di Bandung jam 3 sore, kami habiskan 9 jam  hanya untuk sampai di Indonesia barat,  waktu tempuh itu masih lebih lama dibanding terbang ke Jepang atau korea yang hanya 6 jam dari Jakarta. Miris memang. Belum jika dihitung harga tiket PPnya seorang itu bisa  5 juta. Jika mencari option wisata ke Thailand dengan budget 3 juta saja sudah bisa dapat plus akomodasi kan yahhhh………….ini kenapa saya curhat masalah transportasi Indonesia timur ke barat yah…

Entrance Gate the Lodge Maribaya

Entrance Gate the Lodge Maribaya

cafe buat kongkow the-lodge-maribaya-tiket

Intinya semoga pembangunan Indonesia bisa merata ke timur juga lah biar saudara saudara saya di Papua Maluku dan Indonesia tengah bisa menikmati kesetaraan pembangunan yang sama. Kalian  sering baca sendiri postingan saya tentang objek wisata di Ambon yang ada,

semua hanya objek wisata alami, dan pun kebanyakan masih terlantar dan tergarap maksimal dikelola apa adanya dan hasilnya pun apa adanya. Ya sedih memang tapi itulah kondisinya.

Spot foto hutan pinus

Spot foto hutan pinus

Banyak berjalan melihat potensi budaya potensi wisata daerah lain, apalagi wisata manca negara selalu menginspirasi banyak hal  tapi apa daya saya hanya warga biasa penikmat wisata dan menuliskan nya sebagai memory perjalanan hidup semoga suatu saat nanti industry wisata diIndonesia timur pun bisa berkembang suatu saat nanti.

trade online

Desa Lembang sendiri bisa menjadi contoh konkrit bagaimana sebuah desa yang bisa menciptkan banyaknya objek wisata alami yang bisa membuat Bandung tambah kekinian,  kalau di Papua yang paling ngehits adalah RAJA AMPAT tapi biaya transportasi memang menjadi kendala. Semoga nanti ada terobosan buat flight kesana bisa dapat price yang lebih bersaing dari pada wisata ke negara tetangga yah.

tempat foto tingkat atas

tempat foto tingkat atas

Demikian kisah singkat perjalanan kami di The Lodge Maribaya, nantikan postingan khusus dari Pine Hills masih di Cibodas tempat kami berkemah sehari sebelumnya.

BANNER FREE MEMBER

Advertisements

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: