Advertisements

Explore Maluku Part 8#Menikmati durian mentega terenak di kota Ambon Manise


Daging durian Soya yang empuk

Daging durian Soya yang empuk

Menikmati durian mentega terenak di kota Ambon Manise

Terus terang saya bukanlah penikmat durian sejati yang menggila kalau melihat durian, saya masuk kategori kalau musim ada yang ajak ya saya makan secukupnya, kalau tidak ada ya saya tak mencarinya juga, apalagi MB tak suka durian, jadi kalau diajak makan apalagi dia sudah geleng kepala duluan, sudah pada tahu kan kebanyakan bule itu tak suka durian.

Sejak bertugas di Ambon banyak orang mewanti wanti saya untuk mencicipi durian mentega asli Ambon atau asal Maluku. Bahkan teman saya bilang durian ter enak yang pernah dia makan adalah durian dari Ambon.

trade online

Bahkan teman saya di Makassar minta tolong di belikan durian dan di masukkkan kotak Tupperware dan terbang ke Makassar, hm dalam hati saya bilang maaf lahir bathin saya bukan pencita durian bisa bisa saya di usir pramugarinya karena ketahuan bawa durian.

Silahkan nonton video amatiran dibawah ini

Awal tahun ini saya mulai melihat status di sosmed banyak memperlihatkan foto foto makan durian, bahkan teman teman di luar Ambon sudah telpon tanyakan apakah disana sudah banyak durian atau belum. Saat saya berpetualang ke Masjid tertuda di Hila dan gereja tua Immanuel minggu lalu sempat dalam perjalanan saya melihat sudah banyak penjaja durian di pinggir jalan.

Nikmatnya durian dari Seram

Nikmatnya durian dari Seram

Teman teman dikantor menginformasikan kalau di beberapa jalan di Ambon khususnya di kawasan Pantai Losari Ambon, sepanjang jalan di pasar Mahardika yang berhadapan dengan pelabuhan itu sudah penuh penjaja durian.

Gigitan pertama penuh kenikmatan

Gigitan pertama penuh kenikmatan

Sekarang mari kita bahas apa sebenarnya durian itu ?

Menurut Wikipedia Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit).

Kalau mbak ini penggila durian memang langsung makan 2,5 buah durian sendiri

Kalau mbak ini penggila durian memang langsung makan 2,5 buah durian sendiri

Namanya pun secara local beragam pula dari mulai pulau sumatera sampai Papua, namanya beda beda merujuk pada buah yang sama, di Ambon orang menyebutnya  Doriang, sedangkan di pulau penghasil durian ter enak di Maluku yaitu kepulauan Seram mereka menyebutnya Rulen.

Kalau saya sekedar penikmat durian saat musim :-)

Kalau saya sekedar penikmat durian saat musim 🙂

Sebenarnya bukan Cuma Indonesia negara yang bisa ditumbuhi jenis pohon durian di beberapa negara tetangga malah fokus membudidayakan durian unggul untuk di ekspor seperti Thailand dengan durian montongnya,  Davao di Pulau Mindanao Philipine juga adalah kota penghasil durian unggulan yang di ekspor, negara seperti India , Srilanka dan Australia pun sama.

Tempat duduk penjaja durian saat musim duren

Tempat duduk penjaja durian saat musim duren

Untuk di Ambon sendiri duriannya hanya sebatas dikomsumsi local dan tak di ekspor makanya lebih alami.  Itu menurut pengakuan pedagang yang jual durian ke kami.

Pusat perdagangan durian di Ambon, sepanjang jalan Pantai Mardika ( Losari Ambon )

Pusat perdagangan durian di Ambon, sepanjang jalan Pantai Mardika ( Losari Ambon )

Terdapat lebih dari 55 varietas/jenis durian budidaya. Hingga 2005 terdapat 38 kultivar unggul yang telah diseleksi dan diperbanyak secara vegetative Beberapa di antaranya:

·         ‘Gapu ‘, dari Puncu,Kediri

·         ‘Hepe’, bijinya kempis dengan daging tebal

·         ‘Kelud’, dari Puncu, Kediri, Jawa Timur

·         ‘Ligit’, dari Kutai

·         ‘Mawar’, dari Long Kutai

·         ‘Ripto’, dariTrenggalek

·         ‘Salisun’, dari nunukan ‘Sememang’, dari banjarnegara

·         ‘Tong Medaye’, dari Lombok NTB

·         ‘Bentara’, dari Kerkap,Bengkulu Utara

·         ‘Bido Wonosalam’, dari Jombang Jawa Timur

·         ‘Perwira’, dari Simapeul, Majalengka

·         ‘Petruk’, dari Dukuh Randusari, Desa jepara Jawa Tengah

·         ‘Soya’, dari AmbonMaluku

·         ‘Sukun’, bijinya kempis dengan daging tebal

·         ‘Sunan’, dari Boyolali

·         ‘Kani’ (“chanee”, durian bangkok)

·         ‘Otong’, (alihnama dari durian “monthong”, durian bangkok, di Malaysia disebut klon D159)

Bisa dilihat kan varietas durian dari negeri SOYA pun masuk varietas unggulan, nah itulah kenapa semua orang selalu menyebut durian dari Ambon itu super enak.

Beberapa daerah penghasil buah durian terkenal lokalan di propinsi Maluku adalah dari Suli, dari Soya dan dari kepulauan Seram.

 

Buah durian dari Ambon sendiri tak beda jauh dari buah durian di Makassar untuk bentuk ukurannya, tapi soal rasanya beda jauh, super enak. Saya tak bisa deskripsikan tapi setiap buah yang dibela benar benar utuh, dan enak.

Mbak Ina Nona pedagang durian dari Makassar

Mbak Ina Nona pedagang durian dari Makassar

Harga saat ini karena belum sampai musim nya masiha wal musim, puncaknya nanti dibulan April –Mei maka harga durian akan sangat murah, saat ini harga masih  Rp 25,000 / buahn- Rp 50,000 tergantung cara kita menawar, mereka akan membelah duriannya dan memberi jaminan manis kalau tawar bisa diganti langsung. Behhh ini keren kan kalau makan ditempat. Di saat musim harga durian di kota Ambon  bisa turun hingga Rp 5,000/buah.

Adapun titik lokasi penjualan di kota Ambon saat musim durian bisa ditemui di :

  1. Pantai losari ( JL Mardika ) sepanjang penjual buah buahan disana bertebaran penjual durian dadakan diantara penjual buah.Mereka sediakan meja dan kursi sederhana dan air minum untuk santap di tempat, disanalah kami eksekusi 3 buah durian tadi sore dan habis ludes dengan harga Rp 75,000.
  2. Batu Meja
  3. Ruko Batu Merah
  4. Jalan menuju ke Passo
  5. Depan Rehobooth
  6. Batu Gajah

Paling enak di titik pertama Pantai mardika / Pasar Mardika, jalanan cukup lebar untuk parkir kendaraan dan bisa sambil santai disana.

Beberapa fakta tentang DURIAN

Benarkan durian mengandung kolesterol?

Ternyata faktanya tidak benar,

Durian mengandung 0 (nol) kolesterol. Kolesterol adalah zat yang ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Perlu diketahui bahwa semua buah-buahan, sayuran, bijian, atau makanan dari sumber tanaman tidak mengandung kolesterol. Durian justru menyediakan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung, bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Warnanya kekuningan, bijinya kecil dan dagingnya tebal

Warnanya kekuningan, bijinya kecil dan dagingnya tebal

So jangan takut soal kolesterol, sekarang pertanyaannya apakah durian membuat orang bertambah berat badan?

Betul adanya, karena  ternyata Rata-rata durian berat yang mendekati 1 kg akan memberikan sekitar 1.350 kalori. Makan satu buah durian sudah mencukupi sekitar 68% dari kebutuhan kalori yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata yaitu 2.000 kalori.  Satu biji durian saja, yang memiliki berat sekitar 40 g, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka diet nya akan gagal total.

Tips menyantap durian secara sehat sbb :

  1. Makan 2 atau 3 biji saja sudah cukup memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan, dan apapun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk.
  2. Jangan mengkonsumsi buah durian yang sudah terlalu matang, karena akibat fermentasi, buah ini menjadi mengandung alk*hol. Jadi, hal ini menjadikan durian sebagai salah satu makanan yang perlu diwaspadai oleh wanita hamil dan orang dengan tekanan darah yang tinggi.So jadi sudah tak ragu lagi kan akan kandungan dari buah durian, kalau liburan ke Ambon saat musim durian silahkan wajib mampir ke Losari nya Ambon ya, atau sepanjang Jl Pantai Mardika di situ pusat nya,dan sempat tadi saya simpan juga nomor pedangan pilihan kami  mbak ina  081247133524, Nona Muda asal Makassar yang berdagang disana dengan lincah membelah durian sampai tiga buah, saya hanya mampu makan 5 biji dan perut sudah mulai terasa panas, teman saya menghabiskan sisanya ya 2 durian mereka berduet. Dan ternyata memang enak untuk ukuran harga seperti itu. Duriannya pun utuh.

Selamat menyantap durian bagi penggemar durian ya……

Artikel terkait kota Ambon bisa dibaca disini :

BANNER FREE MEMBER

Advertisements

Tagged: , , , , , ,

7 thoughts on “Explore Maluku Part 8#Menikmati durian mentega terenak di kota Ambon Manise

  1. Rosanna Simanjuntak February 4, 2017 at 2:18 am Reply

    Kirain durian Medan yang paling enak! Ternyata sudah ada tandingannya ya, mbak.
    Kudu masuk bucket list, ini!

  2. Frany Fatmaningrum February 4, 2017 at 7:04 am Reply

    Ngeces liat duriannya. Yum! Saya penikmat durian.

    • siti February 5, 2017 at 11:50 am Reply

      yukss mari di coba heheh sy belum pernah coba durian medan sih katanya juga enak

  3. zainal arifin February 5, 2017 at 2:07 am Reply

    ternyata caca su keliling spot di ambon banyak ya :). tdi ade s4 baca bbrapa artikel, kalo oleh” makanan khas ambon daerah batu merah juga banyak caca. next trip utk cafe bisa ke wailela cafe and resto, view teluk dan kota ambon serta JMP bagus dr situ (apalagi kalo malam hari). dan semoga caca bisa ke ora (seram utara) atau pulau bair (tual) sebelum balik ke makassar, hehehe… 🙂

    • siti February 5, 2017 at 11:48 am Reply

      makasih adek, iya kemarin saya cari itu cafe dermaga, sudah 3 x bolak balik saya tak dapat itu cafe… PR saya itu, sama ORA juga rencana tahun ini mau kesana.. dan so pasti TUAL pun akan saya jelajahi…

  4. zainal arifin February 5, 2017 at 2:43 pm Reply

    cafe dermaga itu dekat sama monumen dr j. leimena (daerah poka) caca. memang dr arah jalan tidak keliatan soalnya ketutup sama rumah pemilik cafe :).

    • siti February 5, 2017 at 2:54 pm Reply

      pantas saja beta su 3 kali lewat sana dan cari cafenya seng ketemu jua nnti minggu depan sa beta kesana..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: