Ambon Jenaka part 4# Ketika air tandom su habis & Lampu kamar mandi mati


Episode Siklus pembersihan tandom air yang airnya habis

Episode Siklus pembersihan tandom air yang airnya habis

Ambon Jenaka Part 4 #Karena air so habis di tandom dan lampu kamar mandi mati pula

Senang sekali rasanya adrenalin saya hari ini setelah sukses melampau ketakutan pribadi saya, seperti kisahku hidupku merantau di kota Ambon ini, sudah memasuki bulan ke enam, ya masa probation kerjaan hampir selesai yeayyyyyyyyy gaji bakalan naik.   Seperti kisahku disini tentang krisis air bersih di kota Ambon ini, saya dapat jatah di Galunggung itu air mengalir tiap dua hari, kami sudah hafal jadwalnya.

Suami juga sudah sangat hafal sampai pasang di agenda kalender HP, dan dia selalu begadang menunggui jam 12 malam saat air mulai bergemercik dari pipa tandom air bagian belakang rumah kontrakan kami, saat itu terjadi dia akan sibuk mengisi semua wadah yang ada sampai semua toples biscuit pun dia isi pakai air termasuk botol aqua 1 liter di jejer  saya berasa melihat negara negara di Afrika yang kekurangan air deh. Soalnya ini  bule sangat panikan soal air, dia tak mau kehabisan air, kata dia seumur hidup hanya hidup di kota Ambon yang sangat dramatis begini. Kalau saya sih santai 4 bulan sebelumnya saya hidup sendiri di Ambon tak pernah pusing memikirkan kapan air mengalir, kalau mengailir ya silahkan ngalir toh yang pakai air waktu itu Cuma saya sendiri dan makan pun saya diluar hanya mandi saja dan kebutuhan di kamar mandi saya pakai,  saya bahkan tak pernah buka tutup tandom mengecek apakah air saya full atau kosong sepanjang 4 bulan itu saking damainya hidup saya saat itu.

Akhirnya MB gabung disini,  kebutuhan air bertambah 4x lipat karena :

  1. Baju dia semuanya besar-besar membuat kapasitas mesin cuci 7kg kami menjadi sangat kecil.
  2. Hobby bule satu ini suka mandi kalau keringat tahu sendiri Ambon panas teriknya minta ampun membuat saya meradang tenggorokan selama 4 bulan pertama.
  3. Kebiasaan ganti baju bule kalau keringat, dalam sehari ya 2 pasanglah, langsung masukkan mesin cuci walhasil terbayang minimal 2 hari sekali wajib mencuci
  4. Sejak MB ada saya akhirnya banyak memasak juga , walau kadang hanya buat roti saja buat sarapan dia tetap saya butuh mencuci piring apalagi week end pasti memasak. Mencuci piring butuh air yang banyak.

Ketiga hobby itu membuat tandom saya yang hanya 750 liter itu menjadi sangat sedikit, makanya kadang dalam 2 hari sudah habis, dan ini MB suka sekali buka tutup tandom air mengecek kedalam air sampai dimana,  dan saya sempat tadi lihat di dasar tandom sudah mulai kotor, wah saya ingat terakhir dibersihkan saat saya mau pindah ke rumah kontrakan kami ini oleh pahlawan kami OB dikantor yang suka bantu bantu dirumah.

trade online
Saya sih tak melihat prosesnya tapi dia hanya infokan kalau tandom itu dibersihkan sendiri dengan cara manual. Baru tadi saya kepikiran mau bersihkan, setelah pulang kantor tadi saya mau masak ternyata habis air di tandom, tak bisa ditarik sama mesin air karena sudah sampai di dasar tandom, jadi saya tadi masak pakai air gallon saja karena saya kelaparan dan butuh makan karena lagi pilek berat disini saya suka sekali pilek dan radang tenggorokan karena perbedaan cuaca extrim dikantor saya duduk dibawah AC yang dinginnya 16 Celcius saat keluar kantor saya merasakan AC alami tanah Ambon yang bisa mencapai 38 celcius panas menyengatnya kebayang kekebalan tubuh saya gampang drop dan sayam malas sekali minum air putih imbas nya radang tenggorokan berulang tiap minggu.

Tampungan cadangan air nya MB hahahah

Tampungan cadangan air nya MB ha3x saya sudah niat beli tandom cadangan belum ada waktu aja ke pasar

Namun itu tak membuat saya kendor menghadapi hidup, hahahhaha setelah masak sup hangat saya makan malam sama MB, nah tercetus lah ide minta OB kami dikantor untuk minta datang bantu bersihkan tandom mumpun air kosong dan ngalirnya jam 12 malam masih ada waktu 3 jam untuk membersihkan, saya pun sama Mas Edy, ekh ternyata dia nya lagi ada kunjungan Keluarga sama istrinya, jadi yah kembali lagi ke prinsip dasar saya dalam hidup, ketika saya masih mampu melakukan sendiri ya kenapa berharap sama orang lain, saya tantang MB bahwa saya bisa, kalau Mas Edy bisa bersihkan tandom nya saya juga bisa donk. Saya pun sms dia nanya gimana caranya? Karena tak ada balasan, saya langsung pakai otak saya yang masih encer, bukankah untuk menguras air tandom itu bisa pakai pompa air saya, karena pipa nya tak sampai dasar tandom jadi saya akalin,

Cara membersihkan tandom / tangki air sbb :

  1. Saya nyalakan lampu emergency saya ikat dibadan saya bisa sebenarnya pakai senter kalau ada maklum dirumah hanya ada lampu emergency dan senter kecil sekali jadi saya pakai lampu emergency saja.
  2. Saya pakai kos tangan, lalu turun kedalam tandom pelan pelan, pakai jurus meringankan tubuh bertumpu ditangan karena tinggi tandom cukup 1 meter kebawah saya sendiri, jadi saat berdiri kepala saya masih diatas kok, Cuma tegang saja ini pertama kali masuk ke tandom air.
  3. Ember pun saya masukkan ke tandom dengan sangat pelan pelan.
  4. Sekalian masukkan timba untuk menguras air ke ember
  5. Sekalian ambil sikat panjang buat sikat dasar kolam
  6. Ember di taroh pas dibawah pipa biar air di isap di ember oleh mesin air
  7. Lalu kuras air dasar tadi pakai timba ke ember
  8. Lakukan terus menerus sambil kuras pakai sikat bagian dasar tandom air pasti banyak pasir dan kotoran.
  9. Setelah habis ambil air cadangan diatas untuk bersihkan dinding tandom sama lap biar kotoran hilang lalu kuras kembali di ember sisa air tadi pakai mesin air sampai habis air di ember dan air tandom juga sudah hampir kering
  10. Ambil lap basahkan di sisa air tandom sampai habis biar terserap semua agar kotoran sisa pembersihan habis semua.
  11. Setelah semua bersih angkat semua peralatan satu persatu, ember, sikat, lap, timba sama senter ke atas / keluarkan dari tandom
  12. Hati hati dengan bulatan pendulum penahan air jika sudah penuh tetap di posisi tutup biar berfungsi dengan normal.
  13. Setelah semua sudah aman nah waktunya kita naik, caranya saya gunakan kaki kanan dan kiri memanjat didinding tandom dan kedua tangan bertumpu diatas tendon dan lompat dibantu sama Mrbig ditarik keatas, dan saya berhasil keluar dari Tandom 750 liter tadi.
  14. Silahkan tutup rapat tandom nya
  15. Silahkan tunggu air mengalir kedalam tandom sampai penuh otomatis akan berhenti mengalir karena ada pendulum nya didalam tandom
  16. Selesai deh.

Mudah kan caranya,  ini saya inisiatif sendiri karena terdesak melelahkan  memang tapi saya merasa Puas, MrBig pun terheran heran saya bisa melakukan semua ini, katanya dia tadi rekam dan kirim ke maminya di Amrik dan mereka amazed by me…. Super woman, hahahha  di Amrik air melimpah jadinya si bule satu ini parno hidup di kota yang air bersih nya kurang lancar.

dewaweb_promo_04_728x90

Tapi drama dirumah tadi ditambah lagi saat menanti air ngalir, lampu kamar mandi meletus dan tiba tiba tak bisa menyala lagi, saya bilang ke dia, nanti saya minta tolong ke tukang di seblah rumah yang kerja rumah buat bantu kita pasang lampu, karena atap plafond rumah ini cukup tinggi butuh tangga buat naik sedang kami tak punya tangga.

Sim salabim saya sangat bangga sama MrBig malam ini dia pun sudah mulai mirip McGyver yang serba bisa karena keterbatasan, saat dia adegan pipis dalam gelap tanpa air terpaksa saya kasih air gallon buat cuci cuci di toilet dan dia tiba tiba inisiatif sudah teriak minta saya ambil bohlam lampur di dapur yang ready karena dia sudah ada berdiri diatas dinding bak mandi dan karena dia tinggi dengan mudah dia meraih gagang bohlamp diatas kamar mandi saya serahkan ke dia yang baru dan dia pasang dan saya nyalakan lampunya dan menyala kembali alhamdulilah saya pun panic cara turunnya gimana soalnya berat badan over begitu ternyata dia bisa berpegangan di dinding dan melompat turun. Amazing yahhh !! dua hal luar biasa yang kami lakukan malam ini

Kadang ada hal hal yang membuat kita stress sendiri karena mental blok mengaggap kita tak mampu ternyata setelah di coba , SEMUA BISA kok!! WE DID IT!!! Hidup di perantauan dengan segala keterbatasan menjadi lading kreatifitas dan lading sabar, jika harus menunggu OB saya datang beruntung kalau dia ontime datangnya padahal mereka kalau selesai tugas seperti itu pasti dapat Fee lumayan tapi karena sebagai manusia tak boleh banyak berharap sama manusia lain minimal kalau yang lain tak bisa diri sendiri pun bisa dan kami bisa buktikan  hari ini. WE DID IT !!!

Bukan sesuatu yang hebat atau luar biasa tapi episode episode seperti ini berasa mengharukan, menjadi prestasi luar biasa bagi kami…  So you never know  until you try it !!!

Dan karena Ambon air su dekat tapi Berasa Jauh

Beberapa artikel Ambon Jenaka bisa dibaca :

  1. Ambon Jenaka Part 1 kisah penjual air galon
  2. Ambon Jenaka part 2, kisah petugas pompa bensin
  3. Ambon Jenaka part 3, Sumber air su dekat tapi jauh 

BANNER FREE MEMBER

MB=MrBig

Tagged: , , , ,

3 thoughts on “Ambon Jenaka part 4# Ketika air tandom su habis & Lampu kamar mandi mati

  1. Frany Fatmaningrum February 7, 2017 at 1:25 pm Reply

    Mbak & MB partner yg hebat. Saya yg penting gak pake drama, kalo udah drama udah gak asik aja bawaannya.

  2. penyukajalanjalan February 8, 2017 at 1:40 am Reply

    mantap kerjasamanya… sama gak pernah terlalu pusing kalo air lagi kurang. masih bisa mandi dengan jurus 3 timba…hehehe… kalo terpaksa…

    • siti February 8, 2017 at 1:31 pm Reply

      kalo sy betul mau 3 timba juga bisa kok

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

