Sunday Cooking Challenge#Mencoba Roti Pawa isi Kacang khas Makassar


Resep Roti Pawa Kacang Goreng

Resep Roti Pawa Kacang Goreng

Sunday Cooking Challenge #Mencoba Roti Pawa isi Kacang khas Makassar

Biar tak lupa saya tuliskan saja, sejak di Ambon saya mulai kembali memfungsikan Bread Maker kesayangan tiap week end, jadwal saya saat ini selama 2017 ini senin – jumat kerja dan sabtu wajib Explore Maluku dan minggunya ya bersih bersih rumah dan masak apa saja, terserah asal bread maker dan blender digunakan.

Minggu tadi, karena saya bingung mau buat roti apa lagi setelah beberapa kali trial di masa lalu, Rebread ini ternyata bisa dipakai untuk sekedar uleni, fermentasi atau yang lainnya. Canggih hahaha saya malah sukanya dulu yang masukkan bahan tindis satu kali tidur besoknya roti sudah jadi.

trade online

Akh kali ini saya manfaatkan tombol adonan dan lain lain, tadi saya sempat cari cari resep roti pawa khas Makassar karena di  buku resep Rebread tak ada di sesuaikan dengan bahan yang ada. Ternyata sangat mudah.

Bahan adonan Roti Pawa

Bahan adonan Roti Pawa

Di uleni pakai Bread Maker

Di uleni pakai Bread Maker

Kalau Rebread tekan tombol 11 ( adon/uleni 30 menit )

Kalau Rebread tekan tombol 11 ( adon/uleni 30 menit )

Hasil setelah 30 menit

Hasil setelah 30 menit

 

Isi 1 sendok kacang

Isi 1 sendok kacang sangrai dicampur gula tadi

Dibulatkan serapi mungkin

Dibulatkan serapi mungkin

Di Kukus 15 menit

Di Kukus 15 menit#maaf bentuknya kacau karena tak diukur per 50 gram

Hasilnya lumayan penggal perut dipagi hari

Hasilnya lumayan penggal perut dipagi hari, maaf bentuk belum indah tapi rasanya sama Pawa saat saya kecil dulu.

Bahan Bahan Adonan Roti Pawa Khas Makassar rasa Kacang :

Bahan Adonan :

  • Tepung Terigu 500 gram ( buat porsi 15 buah )
  • Mentega 50 gram
  • Air ( 300 ml )
  • Ragi instant ( Fermipan ) ½ bungkus

Bahan Isian :

  • Kacang yang sudah disangrai, secukupnya saya beli sebungkus isi 50 gram dari tukang sayur sudah di sangria ( heheh simple )
  • Gula pasir secukupnya

Cara mebuat isian :

  • Kacang tadi dikelupas dulu kulitnya kemudian di tumbuk ½ halus
  • Di campur gula pasir secukupnya sampai merata
Bahan Isian Pawa

Bahan Isian Pawa

Cara Membuat  Adonan :

  • Kalau cara manual bahan adonan dicampur rata lalu di remas / diuleni pakai tangan selama 10 menit lalu dibiarakan selama 30 menit sampai mengembang.
  • Kalau pakai cara saya, saya masukkan semua bahan adonan ke dalam rebread, saya tekan nomor 11 untuk raw dough ( uleni ) saja, sudah tersetting 30 menit akan diuleni sendiri otomatis saya tinggal saja.
  • Setelah bel dari rebread maker bunyi berarti proses uleni selesai, saya ambil adonan saya letakkan di baskom dan biarkan 30 menit hingga mengembang ( fermentasi )
  • Setelah mengembang 30 menit, bahan adonan kita bagi rata sesuai besaran porsi roti pawa yang mau di kukus, bulatkan dan tekan pilih lalu masukkan 1 sendok isian kacang dan gula pasir tadi baru di tutup kembali.
  • Jangan lupa beri plastic alas di tiap roti biar gampang diangkat dari panci saat selesai direbus dan tak lengket.
  • Lakukan sampai semua roti selesai diberi isian.
  • Panaskan panci dengan air mendidih, sampai mendidi masukkan satu per satu roti siap di kukus.Biarkan 15 menit dan angkat .
  • Hidangkan saat hangat.
Silahkan di cicipi saat hangat dari panci sama teh hangat dijamin lupa HUTANG !!

Silahkan di cicipi saat hangat dari panci sama teh hangat dijamin lupa HUTANG !!

Tadi saya sempat mencoba metode kukus enak rasanya, kalau metode panggang di oven rasanya beda roti Pawa ini cocoknya memang di kukus saja yah.Bentuk belum maksimal karena ini percobaan perdana mungkin percobaan kedua akan lebih baik lagi. Saat kecil dulu tiap pagi ibu saya beli roti pawa buat temani ngeteh pagi pagi kalau mau sekolah, wah ternyata caranya gampang bikinnya. Jadi semangat saya utak atik ini  bread maker.

dewaweb_promo_04_728x90

Di hidangkan dengan teh hangat disaat musim hujan di Ambon, alangkah nikmatnya.

BANNER FREE MEMBER

Beberapa artikel terkait hasil praktik Bread maker :

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

