Panduan cara mendapatkan kunci immobilizer duplikat mobil merk Suzuki di Ambon


Kunci Master butuh duplikat sebagai cadangan

Kunci Master butuh duplikat sebagai cadangan

Panduan  cara mendapatkan  kunci immobilizer duplikat  mobil merk Suzuki di Ambon

Ini kelanjutan dari cerita kisah si putih mobil imut saya saya boyong ke Ambon bisa di baca disini. Nah sekarang  drama nya berlanjut, kunci mobil yang saya pegang hanya satu saja. Hanya masternya, jadi saya merasa was was, sebenarnya kenapa  bisa kunci nya cuma satu?, kan mobil ini saya beli dari leasing yang dibantu om, mobil masih baru namun pemilik lama tak sanggup bayar jadi ditarik dan kunci hanya satu dikembalikan,  seharusnya mobil itu kuncinya diberikan ada tiga cuma satu, mungkin ceritanya ditarik paksa. Jadi saat beli saya cuma dikasih satu kunci master, terbayang kalau ada kekhilafan dari saya atau MB,  mobil tak bisa menyala.   Biasanya mobil saya sebelumya itu saya selalu ada cadangan satu dipegang kakak saya, saya pegang satu dan satunya taro di rumah.

Karena kunci di mobil mobil baru sekarang sudah menggunakan system immobilizer yang artinya hanya kunci yang diberikan dari showroom yang bisa membuat mesin menyala, saya pernah nekat di Makassar singgah di tukang kunci mencoba coba saya  buat kunci dengan biaya Rp 50,000 dan ternyata hanya bisa membuka pintu  mobilnya, pada saat mau dinyalakan mesin tak bisa. Karena sudah ada chip didalamnya.

 

Kunci Immobilizer adalah sistem enkripsi elektronik untuk menjaga agar cuma kunci asli yang bisa menyalakan mesin. Komponennya terdiri dari transponder chip yang terdapat pada kunci.

Selain itu, pada rumah kunci yang terdapat di belakang kemudi terdapat transponder qoil, transponder key amplifier, transponder key untuk electronic control unit.

Nah itu lah pengertian kunci immobilizer ini fungsinya biar mobil aman dari pencurian untuk keamanan sama sekali.Cuma saya takut saja kalau tiba tiba  kunci mobil saya tercecer jaga jaga saja makanya sempat buat kunci cadangan tanpa bertanya dulu hahaha akhirnya saya sama tukang kuncinya senyum senyum dan saya bawa pulang lah oleh oleh kunci yang hanya bisa membuka pintu mobil tersebut.

Sampai di Ambon, untuk showroom Suzuki ada di

Alamat Dealer Suzuki Ambon 

Tridharma Adigraha

JL WR. SUpratman No. 12 Kota Ambon

Phone:(0911) 311333

 

Sesampai disana, saya masuk ke ruang pelayanan, saya dilayani ya dengan service seadanya, beberapa CS makan di meja, mengunyah, ada yang sibuk utak atik HP. Ada ruang tunggu untuk duduk beberapa orang.

Akhirnya mereka mengecek, saya datang di tanggal 3 Januari 2017 sesuai kwitansi DP yang saya bayar. Saya shock mendengar mereka harga untuk kuncinya ini adalah Rp 491,333.

Kunci cadangan itu seharga hampir Rp 500k tapi saya harus order dulu ke Jakarta, menunggu sebulan atau dua bulan katanya.  Sambil mikir keras wah banyak juga ya, tapi dari pada was was mending prepare saja, kata petugasnya saya harus indent kunci dulu baru setelah mendapat kunci namun belum di buat di samakan kuncinya saya harus ke tukang kunci lagi dengan biaya sendiri. Lalu setelahnya saya harus kembali lagi ke showroom Suzuki untuk mengaktifkan chip kunci tersebut.

Namun si petugas tak memberitahu bahwa untuk aktivasi kunci saya harus membayar lagi dengan jumlah yang cukup besar. Jadi waktu itu saya langsung santai saja order. Kalau tahu begitu saya pasti mikir berat buat lanjutkan orderan kunci tersebut,

Beberapa kali tepatnya dua kali saya telpon di bulan Februari ternyata kuncinya belum ada, nanti diawal maret kemarin saya baru menelpon ke mereka dan ternyata kuncinya sudah ada dari beberapa minggu. Kalau bukan saya yang telpon bakalan tak akan di hubungi 😀

Datanglah saya kesana dan sudah diberikan kunci saya dibuatkan faktur pembayaran Rp 491339, saya bayar lalu petugas menjelaskan bahwa kunci ini harus dibawa ketukang kunci dibuat persis sama ujungnya dengan kunci exisiting ( kunci master )

Untuk di Ambon saya utus mas eddy suherman, macgyver andalan buat ke tukang kunci yang tempat nya ribet cari parkiran  setelah di konfimasi pak eddy ternyata biayanya Rp 75,000 wow mahal ya di Makassar Cuma 30 ribuan, helowww ini Ambon cin !!

Ya sudah lah biaya sudah membengkak ya, terus keesokan harinya saya ke Suzuki show room lagi untuk meregisterasi chip kuncinya agar diaktifkan dan saya diwajibkan membayar sebesar Rp 372000 untuk aktivasi kunci cadangan tersebut, jadi total biaya untuk membuat 1 kunci cadangan mobil yang bersistem kunci immobilizer merk Suzuki Wagon R GL 2016 adalah sebagai berikut:

  • Biaya pembelian 1 kunci cadangan di order ke Suzuki Jakarta Rp 491330
  • Biaya membentuk kunci di tukang kunci agar sama dengan gerigi kunci master Rp 75,000 ( buatnya di tukang kunci Samping Supermarket Citra jl Tulukabessi Ambon )
  • Biaya aktivasi kunci ke Jakarta sebesar Rp 372,000
  • Biaya fee buat yang buat antar dan ambil kunci Rp 25,000
  • Biaya buat kunci yang salah waktu di Makassar Rp 50,000

Total summary biaya kesemuanya adalah Rp 1,079,339

Ya hanya untuk sebuah kunci cadangan dengan technology immobilizer, dan nampaknya daftar harganya ini akan bergantung pada semakin elit mobilnya pasti semakin mahal item biaya biaya diatas, ini saja saya sudah dongkol sama team Suzuki Ambon yang tidak menginformasikan di awal bahwa akan ada  biaya aktivasi yang muncul padahal di awal saya sudah wanti wanti bertanya di sana berapa budget buat kunci cadangan. Ya wajarlah mereka senyum senyum santai saya nya yang merana jadi stress aja budgetnya bengkak sekali.

Saat mengorder pun mereka Cuma minta data mobil tahun berapa dan jenis dan typenya  tak minta ktp dll.

Jadi ini sharing pengalaman saja sih, tentang bagaimana jika kalian mau menambah kunci cadangan / duplikat untuk kendaraan roda empat yang sudah berteknologi immobilizer. Rempong dan mahal kalau bisa jaga baik baik kunci cadangan awal yang diberikan.lumayan 1 kunci bernilai sejuta. Mungkin ini paling murah secara kelas mobil biasa.

Untuk segala sesuatu terkait mobil Suzuki di Ambon letaknya di jl WR Supratman, tak  jauh dari Hotel Swissbell dan Pegadaian Cabang Ambon. Saya bakalan banyak berurusan dengan mereka untuk service rutin, dan harus banyak bersabar dan harap maklum kalau disini ya. Siap siap petugas banyak main hp depan meja CS atau santai mengunyah. Bagi dunia service mungkin itu sudah biasa disini jadi jangan kaget kan, bisa dibaca kisah kami di service sepeda motor Honda bersama MB.

Demikian panduan membuat kunci cadangan kunci mobil immobilizer merk Suzuki di kota Ambon. Semoga bermanfaat dan ingat hati hati menyimpan kunci mobil nya yah jangan sampai hilang.

BANNER FREE MEMBER

Artikel terkait cerita berkaitan dengan mobil bisa di baca :

 

 

 

 

 

 

 

 

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

My Life

Intermittent Fasting & Ketogenic

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

