Advertisements

Diet Ketofastosis (KF) ala bule part #1 Pengertian Ketofastosis & 3 fase Fastosis


Huntingan amunisi perdana diet keto

Huntingan amunisi perdana diet keto #abaikan nuggetnya 

Bermula dari beberapa kali saya coba arahkan MB buat diet namun selalu kurang sukses, adanya berat badan turun sedikit dan setelah selesai tak mengkomumsi produk tertentu ya normal kembali,  sebenarnya karena MB ini termasuk karakter yang tak bisa gigih dalam suatu hobby atau konsisten si lebih tipis dari pada istrinya jadinya selalu duluan kalah dalam segala program. Ya sudah saya sih serahkan sama beliau kalau mau beratnya seperti it uterus ya silahkan dan potensi penyakit akan banyak menghampiri dan permasalahan paling berat kami tinggal di Ambon sebagai perantau untuk sementara dan mau beli dimana baju ukuran 3XL disini, ini bukan amerika yang semua orang rata rata super big baju besae gampang didapat.

Jadi itu yang melandasi semangat saya pantang menyerah untuk MB, bukan harus six pack ya one pack kayak sekarang aja  cukup asal sehat dan istiqamah di agama dan saying istri dan keluarga. Namun MB sendiri tetap selalu bersemangat katanya mau sekali bisa memakai jubah pemberian bapak saya waktu umrah tahun lalu.Dia dapat hadiah jubah dari mertua kesayangannya dua jubah, 1 jubah sudah pas, dan satu jubahnya masih ketat padahal modelnya keren sekali ya ketatnya diperut secara hasil bertahun tahun tamping lemak makanan amerika dan tak pernah olahraga. Alhasil ya susahnya minta ampun menghilangkan lemak sisa, apalagi MB hobby olahraganya berganti ganti sesuai mood dan usia, pernah di candu main futsal pernah badminton, yah tapi tak ada yang konsisten. Pernah coba tennis tapi tak suka katanya, mau main golf mahal..maaf sayang hanya pejabat penting di INDONESIA yang main golf heheheh.

So akhirnya pertama kenal keto sama teman dari komunitas pernikahan campuran Sulawesi selatan ( KPCSS ) salah satu kawan yang tinggal di Francis selalu update menu KETO , saya bertanyalah dan akhirnya saya sedikit paham. Saya langsung semangat untuk saya yang berat badannya cukup ideal ya untuk ukuran tinggi badan saya seharusnya 48 ya saat di Makassar masih berkisar  49 kg pindah ke Ambon agak naik dikit maklum dikantor dikasih sarapan enak enak terus dan banyak lunch gratisan dan dinner mewah gratisan dari kantor ya doyan makan jadinya boom naik dikit jadi 52 kg-53kg. ya bisalah saya main pingpong rutin sudah cukuplah namun untuk MB yang stagnan beratnya dari dulu 115 kg waktu masuk rumah sakit juga sama dulu waktu diet juga ya turun dikt naik lagi secara MB juga sangat tak disiplin dalam berbagai  program yang saya jalanakan. Budget gede habis sia sia biasanya sisa produk saya yang komsumsi biar tetap sehat karena saya percaya produk produk MLM itu luar biasa bagusnya sama dengan harganya yang selangit. Sampai sekarang pun untuk suplemen saya tetap pakai smartdetox sedangkan di MLM lain saya pakai beberapa yang unggulan misal produk ALOE nya HERBALIFE  saya pakai bagus banget buat  pencernaan kalau susah  buang air campur saja sama air minum dijamin dalam beberapa jam lancar jaya tanpa hambatan.

Sekarang kita  balik memahami dulu ya soal keto

Apa sih Keto itu ?

  • Keto adalah asal katanya dari ketofastosis, ketofastosis adalah hasil penyingkatan dua kata yaitu Ketogenic dan fastosis.

Apa sih Ketogenic itu ?

  • Ketogenic adalah gaya hidup dengan pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein sedang.

Apa sih Fastosis itu ?

  • Fastosis adalah fasting on ketosis artinya adalah Puasa dalam kondisi ketosis. Fastosis bukan sebuah pola makan tapi merupakan sebuah gaya hidup yang harus diaplikasikan seumur hidup.
  • Fastosis adalah upaya mengembalikan Pola Hidup manusia sebenarnya, yang menghasilkan Pola Makan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi metabolisme lemak yang optimal (Ketosis). ( sumber : kefastosis.com )

Ketosis itu apa lagi ?

  • Ketosis adalah suatu kondisi dimana tubuh manusia tidak lagi mendapat asupan dari karbohidrat alias glukosa yang dijadikan sebagai sumber makanan yang diproses menjadi energy melainkan sumber energinya didapat dari ketone alias sumber energy yang berasal dari asupan lemak dan protein saja ,  Liver memproduksi “ketone” yang dipakai sebagai bahan bakar ( fuel ) yang digunakan oleh seluruh tubuh khususnya otak manusia

Kondisi saat ini kita berbalik, asupan energy yang digunakan sehari hari berasal dari karbohidrat  yang dominan  ( nasi, mie, kentang, roti dll ) yang menjadi glukosa.

Apa sih Ketone itu ?

  • Ketone adalah molekul yang didapatkan dari Liver berupa hasil dari  degradasi lemak (Fatty Acid) sebagai pengganti glukosa diotak dan dapat digunakan oleh semua sel ditubuh manusia kecuali Liver itu sendiri yang hanya menggunakan “Free Fatty Acid” (Lemak Bebas) untuk “substrate” (bahan) metabolismenya.

Semua sel ditubuh manusia bisa menggunakan Ketone atau Free Fatty Acid (Lemak Bebas) untuk dirubah menJadi energi didalam “Mitochondria” (generator energi sel) sebagai pengganti glukosa, namun sel-sel otak hanya mampu menggunakan Ketone saja, dikarenakan hanya Ketone yang mampu menyeberang ke dalam otak, karena cukup kecil untuk menembus “Blood Brain Barrier” (Lapisan Pemisah dan Penyaring darah diotak), jadi fungsi ketone sangat penting untuk tubuh.

Bagaimana cara mendapatkan Ketone ?

  • Berasal dari degradasi lemak (Fatty Acid) ditubuh, saat kadar glukosa darah (gula darah) menurun ( makanya glukosa itu ditarget hanya dibawah < 80 dalam diet keto) . Ketone hanya diproduksi oleh Liver seperti saat kondisi Puasa ( makanya ada namanya Fastosi = , Olahraga dengan intensitas tinggi, dan asupan makanan yang rendah karbohidrat (rendah sumber glukosa).

Ada beberapa sih jenis ketone itu ?

  • Ketone /“Ketone Bodies” terdiri dari 3 molekul yaitu “Acetoacetate”, “Beta Hydroxybutyrate” dan “Acetone”

Dimana dan kapan Ketone muncul dalam tubuh ?

  • Ketone diproduksi secara eksklusif di Liver dari degradasi lemak (Fatty Acid) dan hanya diproduksi saat cadangan “Glycogen” (simpanan Glukosa) di Liver telah habis ( kalau tak habis maka ketone tak akan di produksi ).Hanya bisa diproduksi saat  saat kondisi Puasa, atau makan rendah karbohidrat (sumber glukosa) disinilah letak pentingnya menggunakan pola hidup diet ketogenic. Keton membuat seseorang anti-tepar, kuat walau tidak makan alias puasa.

Bagaimana sih pola hidup ala ketogenic ( ala keto )  itu ?

  • Menjadi beralih dari metabolisme yang mencerna banyak karbohidrat menjadi metabolisme yang berdasarkan lemak. Alias menjadi PEMBAKAR LEMAK SEJATI bukan PEMBAKAR KARBO! Menjadi pembakar lemak berarti mengurangi resiko kelebihan berat badan atau metabolismenya kacau, dan menghindari diabetes. Badan jadi lebih fit dan aktif! Untuk menjadi pembakar lemak kita harus mengurangi konsumsi karbohidrat termasuk gula. Menjadi pembakar lemak dengan membatasi karbohidrat adalah inti dari diet ketogenic
Perbandingan metabolisme karbohidrat ( tangki karbo ) & metabolisme lemak ( Tangki lemak )

Perbandingan metabolisme karbohidrat ( tangki karbo ) & metabolisme lemak ( Tangki lemak )

Bagaimana sih kondisi ketosis itu ?

  • Suatu kondisi dimana badan sudah menggunakan metabolisme menggunakan tanki lemak untuk dibakar sebagai energy atau biasa disebiut keto-adapted)  dan orang orang yang sudah memilik tubuh keto adapted seperti memiliki tenaga yang tidak ada habisnya.Makaya diet ketogenic banyak digunakan para atlit dunia untuk memaksimalkan potensi prestasi, bisa dibayangkan kalau misalnya atlit lari marathon bisa berlari berjam jam tanpa harus makan dan berhenti namun masih kuat berlari ini karena menggunakan keton bukan hasil energy pembakaran dari karbohidrat yang  biasanya setelah dikomsumsi kita jadi mengantuk dan lapar kembali hanya dalam beberapa jam.

Bagaimana cara mendapatkan kondisi ketosis yang optimal?

  • Makan sangat rendah karbohidrat ditambah puasa dan olah raga akan menghasilkan kadar keton yang optimal untuk kesehatan yang prima. 

Apa lagi sih istilah Ketoers?

  • Yang menjalani program hidup sehat ini biasa disebut Ketoers, saya mendapatkan sebutan ini di kawan kawan grup KF Makassar ( Keto fastosis Makassar ) biasa bahasa gaul.

Bagaimana cara mengukur kondisi keton dalam tubuh ?

  • Ada beragam cara untuk memonitor kadar keton di dalam tubuh sebagai berikut : Metode pertama lewat urin, tapi setelah beberapa minggu dalam kondisi ketosis pengukuran keton menjadi kurang akurat karena ginjal bisa menyerap kembali keton-keton dan meminimalisasi waste keton jadi tidak mubazir. 
  • Yang paling akurat tentunya mengukur dengan alat yang menggunakan darah atau nafas sebagai sampel pengukuran keton. 

Apa sih manfaat lain dari diet ketogenic ini ?

  • Diet ketogenic juga menurunkan trigliserida atau lemak darah walau habis makan makan berlemak, trigliserida turun hingga lebih dari 50 persen!
  • keton itu selain sebagai bahan bakar sumber tenaga juga bisa berfungsi sebagai anti oksidan dan berpotensi sebagai anti penuaan mencegah penyakit degeneratif.
  • Selama ini pola makan ketogenic atau diet keto dianggap sarana yang ampuh untuk penurunan berat badan. 
  • Very Low Carbohydrate Ketogenic Diet(VLCKD) atau pola makan ketogenic yang sangat rendah karbohidrat jauh lebih unggul dalam menurunkan berat badan dibandingkan diet rendah lemak dengan pembatasan kalori. 
  • Pola makan keto baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung. 
  • Memperbaiki ukuran dari kolesterol pada LDL sehingga tidak terlalu menjadi  kolesterol ‘jahat’ dan HDL sebagai kolesterol yang dianggap baik meningkat signifikan pada diet ketogenic sangat rendah karbohidrat dibandingkan dengan diet rendah lemak (13% vs. 1% saja)

Semoga sudah paham dasar dasar dari pola hidup ketogenic ini ya, so apa sih yang saya dan MB lakukan untuk Hidup ala keto ini ?

  • ya mengganti semua asupan makanan kami dari yang full karbohidrat ( nasi ( MB tak suka nasi hanya saya yang makan nasi namun sejak pindah ke Ambon saja saya tak pernah masak nasi dirumah biasanya cuma mie saja atau saya makan diluar, termasuk bahan baku dapur, minyak, sayur dan lainnya, makananan apa saja yang bisa di makan dan tak bisa.

Menu apa saja yang termasuk rendah karbohidrat untuk sayuran?

  • Semua sayuran berdaun ( bebas ), bayam  ( bebas ), Belimbing sayur, brokoli, buncis, daun bawang, daun seledri, jamur.kailan, kangkung.Masing masing ada batasan maksimal komsumsi per hari ya biar tidak over.

Daftar kacang kacangan yang bisa dimakan untuk pola hidup ketogenic?

  • Kacang Almond, kacang buncis, kacang chestnut, kacang helznut, kacang kedelai, kacang macadamia,kacang merah, kacang mede, kacang panjang, kacang pecan, kacang tanah, kacang walnut. Ingat semua ada batasan maksimal ya biar tak over dalam komsumsi harian termasuk sayuran juga.

Untuk sumber protein di pola hidup keto bisa diambil asupan makanan dari mana saja?

  • Sumber PROTEIN bisa didapat dari Protein Tinggi ( Daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging bebek, telur, ikan air tawar, ikan laut, cumi/sotong, kerang), OLahan Susu ( keju, cream cheese ( favorit bule juga nih  makan berapa saja sanggup dia , plain yoghurt, whip cream (  favorit bule nih)

Sumber lemak untuk diet KETO dari mana saja ?

  • Lemak Hewani ( Mentega / butter, gajih dan jeroan ( ini bule anti sekali pantang makan beginian saya pun demikan ), usus ayam ( apalagi ini MB bakalan muntah muntah ), mayonnaise ( kesukaan bule juga nih ).
  • Lemak Nabati (minyak kelapa, alpokat, minyak zaitun, cacao fat, kacang mede, almond, pistachio.
Sumber energi pengganti karbohidrat, omelette bercampur keju, super fat hehe

Sumber energi pengganti karbohidrat, omelette bercampur keju, super fat hehe

Untuk kategori bumbu yang disarankan digunakan di diet keto?

  • Cabe, lada, merica, bawang merah, bawang putih.

Untuk kategori minuman yang disarankan untuk diet keto ?

  • Air Putih
  • Kopi
  • The
  • Cuka apel ( apple cider vinegar ) kesukaan bule nih
  • Cincau
  • Santan ( MB tak suka santan )
Camilan kalau lapar di sore hari, alpokat campur yogurt pakai santan

Camilan kalau lapar di sore hari, alpokat campur yogurt pakai santan 

Untuk camilan snack bagi para ketoers ini apa saja ya??

  • Rambak ( keripik kulit , yang beginian dulu kami hindari sekarang ya beli online jauh jauh dari jawa ).
  • Keripik kulit ayam
  • Daging kelapa
  • Jelly
  • Rumput laut
  • Kefir’
  • Kacang kacangan ( ingat semuanya disajikan tanpa tepung dan gula dan disajikan dengan volume terbatas ).
Snack sore MB, puding alpokat di tambah keju parut dan dark chocolate

Snack sore MB, puding alpokat di tambah keju parut dan dark chocolate

Berapa persen sih pembagian Lemak, protein dalam tubuh yang sesuai dengan metode  diet ketogenic?

  • Diet keto mengharuskan komposisi dalam tubuh mendapat asupan Karbohidrat 5% – 10% : Protein 15% – 20% : Lemak 75% – 80%
  • Adapun diet konvensional itu itu Karbohidrat 60% – 70% : Protein 25% – 30% : Lemak 10% – 15%

Apakah menjalani diet keto membutuhkan budget yang besar ?

  • Ya jujur pasti budget bengkak diawal tapi saran saya pelan pelan saja, kalau mau langsung bisa berat di ongkos.

Kami baru mulai dari hari jumat, sabtu mulai shopping perlengkapan alias amunisi didapur, saya kesulitan sih mencari bahan baku diatas di Ambon sendiri yang beberapa alternative supermarket yang mungkin semua bahan good fats diatas bisa didapat yaitu :

  1. Hypermart Mall Maluku City Mall ( MCM ) disini stok barang lumayan ada, keju, yoghurt, Apple cider vinegar, butter, minyak zaitun. Yang lain tak ada L
  2. Hypermart Mall Ambon City Centre ( ACC ) disini stok barang lebih banyak dan biasanya produk produk seperti keju, butter itu diskon maklum yang jarang yang beli. Tapi tetap yang sulit didapat di kota ini adalah Cheese Cream, butter, dan beberapa pengganti tepung low cab.
  3. Frishmart, sebuah supermarket local yang banyak menyediakan sayuran segar, ragam sayuran di packing segar tiap hari seperti buncis, kol, asparagus dll.
Produk olahan susu untuk diet keto di Hypermart Ambon

Produk olahan susu untuk diet keto di Hypermart Ambon #siap siap budget !! 

Namun walau sudah hunting disemua supermarket diatas tetap tak lengkap, karena saya kesulitan mencari Olahan susu maklum lidah local jarang yang cari. Lagian di Ambon tak terlalu banyak WNA jadi pastinya stok terbatas beda mungkin dengan di Bali.Makanya saya alihkan ke toko online, saya pakai tokopedia dan bukalapak buat belanja basic asupan makanan buat diet keto ini, beberapa contoh hasil huntingan dari tokoepedia dibawah ini, yang buat sesak adalah biaya kirimnya yang mahal untuk ke Ambon.

Hasil huntingan online  untuk amunisi di dapur buat diet KETO

Hasil huntingan belanja  online
untuk amunisi di dapur buat diet KETO

 

Beberapa bahan tambahan pengganti tepung untuk membuat olahan roti ala keto  sebagai berikut :

  • Untuk pengganti tepung biasa maka kalau mau buat kue bisa menggunakan tepung almond, tepung kelapa, tepung keto.
  • Untuk pengganti mie dengan kadar karbohidrat tinggi bisa diganti dengan mie sharataki basah khusus bagi penggiat diet keto, hanya dijual online sesame komunitas. Ribet bagi saya biaya kirim 200x harga 
  • Untuk pengganti coklat maka harus di cek NF ( Nutrition Fact nya/ NF ) karbo tak boleh diatas 10% apalagi gula nya juga harus rendah. Biasanya disarankan Dark chocolate.
  • Mentega diganti jadi butter .
  • Untuk pemanis digunakan diabetasol yang sangat low sugar atau bubuk stevia.

Budget untuk semua itu lumayan sebenarnya memang berat tapi saya niatnya benar benar maunya pola hidup sehat, jadi semua makanan yang saya stok selama ini saya cek kadar gizi nya ternyata semua high carb dan high sugar. Apalagi doyan saya buatkan  MB roti baru sadar deh. Diet keto ini memberi ilmu baru terkait selalu mengecek kadar gizi bungkusan makanan apapun yang dibeli.

Apa saja sih perlengkapan yang wajib pertama di sarankan dipunyai biar proses ketonya lancar dan terukur?

  • Sebelum mulai periksa gula darah dulu ke medical lab biar tahu kondisi awal sebelum mulai.
Hasil huntingan belanja online di bukalapak, alat cek GDP biar flexible

Hasil huntingan belanja online di bukalapak, alat cek GDP biar flexible #abaikan biaya kirim bikin sesak nafas!

  • Saran saya pribadi beli alat cek kadar gula darah, saya pribadi beli merk NESCO di tokopedia harganya tak sampai 300 ribu kok.Ini penting karena di Ambon mau periksa gula darah ribet harus ke dokter dan pasti bayar setidaknya kalau punya sendiri bisa lebih flexible.
  • Bahan buat roti sehat keto buat MB, pengganti roti dan biscuit, ya Tepung almond, tepung keto, tepung kelapa, Cacao fat, tepung kelapa, mie sharataki ( ini penting sekali kasihan MB makannya Cuma protein melulu dan sayuran ).
  • Kalau menjalani berdua harus paham basic dan prinsipnya jangan rancu karena sekali menjalani ini ketika kita cheating maka akan terjadi healing crisis ( HL ) indikasi alergi atau beberapa keluhan ditubuh yang tak boleh diobati dengan obat kimia, namun sesuai saran para ahli keto yang tetap dengan bahan bahan diatas.
  • Ready stok selalu keja buat jadi camilan kalau berasa lemas dan lapar di jam puasa.

Bisa dijelaskan Fase menjalani ketogenic atau Ketofastosis?

  • Fase Induksi ( 3 hari – 2 minggu)

fase dimana tubuh dipicu menggunakan  &  menghabiskan semua cadangan glukosa dalam bentuk “glycogen” pada massa otot dan liver ditubuh. Tujuannya agar setelah “glycogen” ini habis, maka tubuh akan menginisiasikan pembentukan “Ketone” di liver sebagai bahan bakar pengganti glukosa di seluruh tubuh, terutama untuk sel-sel otak.
Target utama dari fase Induksi adalah memperoleh keseimbangan “gula darah puasa” dibawah 80 mg/dL, dimana dengan memiliki gula puasa serendah itu dan dengan syarat tidak mengalami gejala “Hypoglycemic” di level tersebut, telah membuktikan bahwa tubuh sudah beralih menggunakan “Lemak” (Free Fatty Acid) dan “Ketone” sebagai sumber bahan bakar dominan ditubuh. Puasa merupakan kunci utama dalam program Fastosis, sehingga penguasaan terhadap jam puasa merupakan “Target Utama” didalam program ini. Puasa wajib dilakukan minimal selama 16 jam pada fase induksi, dimana disarankan untuk berhenti makan sebelum jam 8 malam dan bisa makan kembali setelah jam 12 siang di keesokan harinya. Dengan demikian otomatis hanya sarapan yang dihilangkan dari kebiasan makan sehari-hari. Kondisi puasa adalah kondisi dimana hormon insulin menjadi sangat rendah, dan sebaliknya hormon glucagon menjadi dominan ditubuh. Kondisi puasa juga merupakan kondisi dimana pencernaan manusia beristirahat, sehingga usus tidak lagi mengkonsumsi banyak energi untuk digunakan dalam proses mencerna makanan padat. Untuk mencapai hal ini, maka sudah pasti hanya sumber “Lemak” dalam bentuk cair (liquid) yang dapat dikonsumsi sebagai sumber kalori di jam puasa. Dan selain lemak hanya minuman bebas kalori yang dapat dikonsumsi disaat periode puasa. Protein dan karbohidrat dalam bentuk cair sekalipun tidak diperkenankan untuk dikonsumsi di jam puasa, sehingga kondisi puasa menjadi kondisi yang terjaga dari kenaikan hormon insulin akibat asupan minuman.
Lalu disaat jam makan telah datang, fase induksi hanya mengijinkan sumber “Hewani” (Fauna/Dunia Hewan) yang bisa dikonsumsi sebagai makanan dan menghindari semua sumber “Nabati” (Flora/Dunia Tumbuh-tumbuhan) didalam makanan, kecuali hanya sedikit seperti yang terdapat pada bumbu-bumbu masakan seperti contohnya bawang, merica, cabai dan sebagainya (Kecuali yang tinggi karbohidrat seperti gula, kecap, dll).
Hal ini bertujuan untuk memudahkan menjaga batasan sumber karbohidrat yang bisa masuk ketubuh sehingga akan menunda proses pembersihan “glycogen” didalam tubuh. Batas maksimal karbohidrat yang di ijinkan dalam fase induksi hanya 10g, sehingga dengan hanya memilih sumber makanan dari hewani, akan mudah menjaga batasan karbohidrat yang masuk ketubuh.
Sumber serat untuk memperlancar pencernaan dapat diperoleh dalam bentuk yang bebas karbohidrat, seperti contohnya agar-agar, cincau, rumput laut atau suplemen serat lainnya yang tidak memiliki nilai kalori sama sekali atau sangat rendah. ( sumber: http://www.ketofastosis.com/fastosis-faq )

Ilustrasi fase INDUKSI

Ilustrasi fase INDUKSI Fase Konsolidasi  (1 minggu – 1 bulan)

Fase Konsolidasi adalah fase dimana unsur Nabati seperti sayur (Daftar Sayuran Ketogenic) mulai dimasukkan dalam menu makanan. Unsur buah belum boleh dimasukkan pada Fase ini. Fase Konsolidasi ini otomatis menambahkan jumlah karbohidrat perhari, namun harus tetap dibawah 15g perhari. Sayuran yang dikonsumsi harus merupakan sayuran yang tinggi serat (daun / batang / bunga), contohnya seperti Bayam, Sawi, Bok Choy, Kangkung, Kol, Buncis, Kacang Panjang, Brokoli, Kembang Kol dan sebagainya.

Dalam Fase Konsolidasi, durasi puasa IF bisa ditambahkan menjadi 18 jam hingga 20 jam. Dalam Fase ini tubuh sudah mulai menggunakan lemak sebagi bahan bakar utama metabolisme (gula puasa < 80 mg/dL) dan gejala hypoglycemic (gejala gula darah rendah) sudah tidak muncul lagi.

Fase Konsolidasi ini dilakukan selama minimal 1 minggu hingga 1 bulan dengan selalu mengontrol gula puasa 3 hari atau perminggu, untuk melihat efek terhadap penambahan karbohidrat dari sayuran ini (tidak boleh menaikkan gula puasa lebih dari 80 mg/dL).Jika penambahan sayuran dalam fase konsolidasi ini menyebabkan naiknya gula puasa dari zona optimal gula puasa sebelumnya, maka harus kembali ke fase induksi untuk menurunkannya kembali

Fase Maintenance (Selama Program Berlangsung atau menjadi gaya hidup sehat)

fase pemeliharaan kondisi “Ketosis” yang optimal, dimana difase ini batasan karbohidrat yang masuk bisa lebih tinggi dibanding fase-fase sebelumnya. Dalam fase ini seharusnya gula darah puasa telah terpantau stabil dibawah 80 mg/dL, dimana penambahan sumber Nabati yang berasal dari sayur-sayuran tinggi serat, tidak memicu kenaikan gula darah puasa

Fase Maintenance adalah Fase dimana unsur Nabati seperti buah (Daftar Buah Ketogenic) mulai dimasukkan dalam menu makanan. Dalam Fase ini sayur dan buah harus memperhatikan jenis dan takaran saji perhari sesuai dengan Daftar Sayuran dan Buah Ketogenic. Fase Maintenance ini merupakan Fase dimana tubuh sudah terbiasa dengan menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama metabolisme (gula puasa < 80 mg/dL), dan penambahan jumlah asupan karbohidrat perhari dari buah (Daftar Buah Ketogenic) bisa dilakukan dengan tetap menjaga total karbohidrat dibawah 20g perhari (berat buah dibawah 100g dan dimakan dengan sumber lemak seperti whip cream / santan / cream cheese). Buah yang dapat dikonsumsi merupakan buah yang tinggi serat dan rendah karbohidrat seperti alpukat, zaitun, strawberry, blueberry, mulberry, raspberry, cranberry, blackberry, belimbing dan sebagainya. Buah alpukat dan zaitun yang tinggi lemak dapat dikonsumsi dalam jumlah besar dan bisa dimasukkan disemua Fase program i-KetoFast. ( sumber : http://menudietketogenik.com/protokol-ketofastosis-kf/

Nah sekarang sebenanya kami berdua belum masuk di tahap  fase induksi karena belum siap dengan Virgin coconut oil dan madu IH nya, sebenarnya tanpa itu bisa survive juga ya tapi ya jaga jaga aja biar tak lemas karena saya ini  harus bekerja secara fisik juga selain otak dikantor melelahkan kebayang kan kalau lemas susah nanti mencapai  target perusahaannya .

So saya sengaja menuliskan ini untuk mengontrol dan menuliskan milestone nya nanti dan progress serta kendala akan saya lanjutkan dan dibagi menjadi Keto ala bule  part 1  sampai seterusnya. Berbagi pengalaman memulai diet ketogonic,  dan semoga bisa menjawab pertanyaan apa itu diet ketogenik rendah karbohidrat, apa itu ketosis diet atkins, apa itu diet keto, apa itu diet keto fastosis, keto diet itu apaan dan 8 hour diet ketosis. Diatas semua terjawab mungkin  tak terlalu detail tapi akan saya lanjutkan sharing dari para suhu keto di sharing part 2 tentong keto .

Apapun usaha yang dilakukan demi kesehatan saya rasa bisa banyak pilihan untuk diet atau menempuh pola hidup sehat dengan pola tertentu dan diet keto bisa menjadi pilihan untuk pola hidup sehat  Ikuti terus cerita Diet Keto ala Bule di episode berikutnya ya.

BANNER FREE MEMBER

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MY EATING HABITS

Trying to live on Low Carb & Avoid Sugary

franyfatmaningrum

frany WordPress.com site

Life is a Rollercoaster

My Blog, My Stories

Thekitten

Indonesian Story

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

American & Indonesian = US

All about Our Life, he is American & I am Indonesian

%d bloggers like this: